gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 169 kali
Download MP3 Music
Pdt. Tonny Daud Kaunang., S.Th., MM., Penulis adalah Kepala Dinas PPWG
Sinode GMIM
---------------------------

Jemaat Tuhan,
Siapakah penulis Surat Yudas ? Ada banyak nama Yudas dalam Kitab Perjanjian Baru. Ayat 1 menjelaskan bahwa ia adalah saudara Yakobus. Yakobus adalah ketua sinode gereja mula-mula yang berpusat di Yerusalem. Yudas adalah saudara seibu YESUS! (Matius 13:55) Sebelumnya, Yudas dan saudara-saudaranya tidak percaya bahwa YESUS saudara mereka adalah Anak Allah, Mesias, Juruselamat. Namun setelah mereka melihat dan merasakan mujizat yang dilakukan YESUS, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke sorga mereka menjadi percaya dan jadi pemberita Injil.Berita kebangkitan! Kemenangan YESUS atas maut! Sebagai jalan keselamatan.

Yudas prihatin dengan perpecahan yang terjadi dalam persekutuan pengikut YESUS. Penyebabnya adalah karena 'ada orang tertentu yang telah menyelusup di tengah-tengah kamu' (Ayat 4). Petrus mengatakan penyelusup tersebut adalah guru-guru palsu. (1 Petrus 2:17) Apa motif guru-guru palsu menyelusup ke tengah-tengah persekutuan orang percaya? Setelah peristiwa pentakosta, ribuan orang Yahudi diaspora menjadi percaya kepada YESUS dan memberi diri dibaptis. Ketika mereka kembali ke kampung halamannya dan oleh pekabaran Injil para Rasul serta Paulus maka banyak pengikut YESUS membangun persekutuan jemaat. Mereka setia bersekutu, berdoa, beribadah dan berbagi kebutuhan bersama sehingga tidak ada yang berkekurangan. Pemimpin jemaat yang memberi diri sepenuhnya memberitakan firman dijamin kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, paling tidak ada dua motif penyelusupan guru-guru palsu itu. Pertama, agar mereka dengan mudah mendapatkan pengikut. Kedua, demi keuntungan ekonomi dan pemuasan hawa nafsu. (ayat 16)

Guru-guru palsu menyelusup artinya berada di tengah-tengah persekutuan seakan-akan pengikut YESUS tetapi sebenarnya ajaran mereka menyangkal YESUS KRISTUS sebagai satu-satunya Penguasa dan Tuhan dunia. (Ayat 4) Karena ajaran mereka bertentangan dengan ajaran para rasul YESUS. Mereka percaya YESUS tetapi menyalahgunakan kasih karunia ALLAH dengan perilaku hidup seperti binatang, 'Guru-guru palsu ini seperti binatang yang tidak berakal' 2 Petrus 2:12.

Jemaat Tuhan,
Ada banyak guru palsu dan pengikut guru palsu dalam kehidupan persekutuan jemaat mula-mula. Bahkan sangat mungkin ada di tengah-tengah persekutuan jemaat GMIM. Paulus pernah mengalaminya. Ketika berkeliling memberitakan Injil, seorang perempuan selalu mengikuti Paulus dari belakang sambil berseru, katanya: "Orang-orang ini adalah hamba Allah Yang Mahatinggi. Mereka memberitakan kepadamu jalan kepada keselamatan."

Kis. 16:17 Tetapi ternyata ucapan perempuan itu karena dirasuki oleh roh iblis. Jadi dalam kehidupan persekutuan akan selalu ada penyelusup-penyelusup yang menjadi pemecah-belah persekutuan jemaat. Mulut memuji YESUS, tapi kelakuan seperti binatang yang dikuasai hawa nafsu birahi, nafsu kekuasaan, keserakahan ekonomi, dan nafsu-nafsu lain yang bertentangan dengan firman Tuhan. Karena itu, Yudas mengingkatkan lagi apa yang dikatakan rasul-rasul YESUS bahwa "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka." (ayat 18)

Jemaat Tuhan,
Yudas menasihati persekutuan orang percaya agar tetap berjuang mempertahankan iman yang telah diberitakan oleh para rasul YESUS. (ayat 2) Dalam suratnya ini Yudas mengemukakan cara mengidentifikasi guru-guru palsu itu. Ada lima indikator yang dikemukakan dalam ayat 16 untuk menentukan guru palsu dan pengikutnya;

1. Suka menggerutu

2. Suka mengeluh tentang nasibnya

3. Suka hidup menuruti hawa nafsunya

4. Suka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan

5. Suka menjilat orang untuk mendapat keuntungan.

6. Menggerutu, γογγυστής: goggustēs ; a grumbler: - murmurer: mengomel, berungut-sungut.
Orang yang suka menggerutu atau bersungut-sungut atau mengomel, menurut Yudas adalah seperti bangsa Israel yang bersungut-sungut di padang belantara menuju tanah Kanaan. Mereka adalah orang yang tidak percaya pada kemahakuasaan TUHAN ALLAh dan akibatnya mereka binasa.(ayat 5) Jadi orang yang suka mengomel, bersungut-sungut, mengerutu adalah orang tidak percaya kemahakuasan pemerintahan ALLAH atas dunia ini. Mengapa kehidupan di Mesir lebih baik dari di padang belantara menuju tanah Kanaan? Mengapa hidup orang lain lebih baik dan lebih sukses dari saya? Tidak pernah puas ! Menggerutu, mengomel, bersungut-sungut atas kuasa, kasih, pemeliharaan Allah dan pemimpin yang dipilih Allah.

7. Mengeluh , μεμψίμοιρος: mempsimoiros: blaming fate that is querulous (discontented): - complainer: menyalahkan nasib (tidak puas): Menganggap diri benar dan selalu menyalahkan orang lain, menyalahkan
keadaan bahkan menyalahkan TUHAN ALLAh. Harus diingat bahwa tidak semua orang mau memperhatikan keluhan kita. Bahkan mungkin ada yang senang ketika kita mengeluh.

8. Hawa nafsu, nalurinya seperti binatang yang tidak berakal (ayat 10), hidupnya dikuasai oleh keinginan dunia atau keinginan daging dan hidup tanpa ROH KUDUS. (Ayat 19)

9. Perkataan-perkataan yang bukan-bukan. Mereka bagaikan ombak laut yang ganas, yang membuihkan keaiban mereka sendiri; mereka bagaikan bintang-bintang (ayat 13) Membuihkan, orang Manado bilang tukang bagabu. Kata-kata bohong, hoaks. Bermimpi- mimpian (ayat 8) tukang menghayal 10. Menjilat orang untuk mendapat keuntungan. Mengutip firman atau kata-kata yang menyenangkan telinga orang kaya dan berkuasa, orang Manado bilang sorga talinga.

Jemaat Tuhan,
Rasul Paulus mengatakan, " Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik." (1 Tesalonika 5:21) "Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji." (1 Korintus 13:5) Marilah kita memakai indikator yang diberikan Yudas pada ayat 16 untuk menguji, apakah pemimpin Jemaat/Gereja kita adalah guru-guru palsu atau tidak? Dan marilah kita juga menguji diri kita sendiri bercermin dari apa yang dikemukakan Yudas, apakah saya menganut ajaran palsu atau tidak ? Indikator lain yang dikemukakan Yudas adalah guru-guru dan murid-murid Yesus yang palsu adalah penyebab perpecahan dan kehancuran peresekutuan orang percaya. Murid yang setia diperdaya, dimanfaatkan dan disesatkan. Yudas mengingatkan bahwa pengajar dan pengikut ajaran palsu menimbulkan murka TUHAN dan berakibat kesengsaraan dan kebinasaan. Yudas menasihati jemaat agar berjuang mempertahankan iman yang benar (ayat 3), pelihara diri agar jangan dikuasai oleh nafsu kebinatangan. Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, selamatkanlah mereka dengan merampas mereka dari api. Dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan dosa. (ayat 21,22,23) Pakaian adalah metafora perilaku hidup.

Jemaat Tuhan,
Jika kita telah mengenal dan mengetahui ciri-ciri guru-guru palsu dan pengikutnya, bagaimana kita berjuang menangkal ajaran sesat ? Yudas menasihati, ayat 20, "Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus." Membangun iman adalah selalu membangun keyakinan bahwa TUHAN ALLAH adalah maha kuasa, maha mengetahui, maha hadir dan di dalam dan melalui YESUS, Ia mengaruniakan kita jalan keselamatan dan kebahagiaan kekal di dunia ini dan di dunia nanti.

Beribadah atau berbakti melayani TUHAN adalah bentuk pengakuan dan pengabdian. Mengucap syukur dalam segala keadaan artinya tidak menggerutu, bersungut-sungut, mengomel, mengeluh (menyalahkan orang lain, keadaan, bahkan menyalahkan Tuhan) . Berdoa menjaga hubungan dengan TUHAN. Sebab, " Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuhkegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya, Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran,kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin." (ayat 24-25).








Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22


Sebelum:

MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25



All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(83)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,