gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 189 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa"
TEMA MINGGUAN : "Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan"

BACAAN ALKITAB: Yudas 1:17-25
Nasihat-nasihat untuk meneguhkan iman
1:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan kepada kamu oleh rasul-rasul Tuhan kita, Yesus Kristus. 1:18 Sebab mereka telah mengatakan kepada kamu: "Menjelang akhir zaman akan tampil pengejek-pengejek yang akan hidup menuruti hawa nafsu kefasikan mereka." 1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus. 1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus. 1:21 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal. 1:22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, 1:23 selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.
Penutup
1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya, 1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.



ALASAN PEMILIHAN TEMA
Gereja adalah persekutuan orang percaya, qahal YHWH (baca: Adonai) yang dikuduskan dan yang dipanggil keluar dari dalam gelap ke dalam terang-Nya yang ajaib (ekklesia; kuriakhe/milik Tuhan; 1 Petrus. 2:9-10), yang hadir di tengah dunia untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Persekutuan merupakan hal bersekutu, persatuan, perhimpunan, ikatan (orang-orang yang sama kepentingannya. Persekutuan orang Kristen artinyaorang-orang yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat yang terikat dan berinteraksi satu sama lain dalam ikatan kasih Kristus. Persekutuan yang membangun komitmen iman yang terjalin dalam hubungan yang akrab dengan Tuhan dan sesama.

Gereja sebagai wadah dari kumpulan orang-orang percaya tetap menghadapi tantangan baik dari dalam maupun dari luar gereja. Tantangan dari luar jelaslah dapat kita lihat dari penganiayaan orang-orang percaya, sedangkan dari dalam ialah krisis iman yang disebabkan oleh pengaruh ajaran sesat. Tidak lepas dari tantangan yang ada, setiap orang Kristen, walaupun mereka sudah berhasil mempertahankan dan membina iman, tetap mempunyai tanggung jawab di dalam menghadapi penyesat yang berada di sekitar bahkan di dalam gereja, sehingga menimbulkan perpecahan.

Untuk itu gereja atau orang percaya perlu memiliki sikap, baik kepada diri sendiri (intern) maupun kepada para penganut ajaran sesat (ekstern) dalam rangka menjaga persekutuan supaya tetap utuh, solid dan rukun sehingga tidak terpecah-belah oleh karena perbedaan, kepentingan diri, kelompok dan ajaran-ajaran yang menyesatkan. Oleh karena itu tema minggu ini : Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan.

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Surat Yudas ditulis kira-kira antara tahun 50 sampai dengan 80 M yang ditujukan kepada para orang Kristen yang setia terpanggil, serta dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus" (Yudas 1:1). Tujuan surat ini untuk mendorong orang percaya supaya "tetap berjuang untuk mempertahankan iman" melawan para guru palsu yang telah menyusup ke dalam Gereja dan yang telah menunjukkan perilaku amoral serta ajaran-ajaran palsu yang menyangkal Tuhan Yesus Kristus (Yudas 1:3). Yudas 1:17-25 diawali dengan kata: "Tetapi..." tujuannya untuk membedakan atau pembanding, maksudnya adalah pengikut Kristus cara hidupnya harus berbeda dengan orang duniawi yang tidak mengenal hukum Tuhan. Ayat 17b, Yudas mengingatkan agar orang percaya sadar dan hidup demi mempertahankan iman sesuai dengan ajaran yang dikatakan para rasul.

Kata, ingatlah menegaskan bahwa perkataan rasul-rasul (bdk. 2 Petrus 3:2 1 Korintus 2:13) telah memberi jaminan bahwa Kitab Suci bukan hanya ajarannya yang benar, tetapi juga setiap kata-katanya (inerrant). (ayat 18), bahwa menjelang akhir zaman' yakni masa di antara kedatangan Yesus yang pertama dan kedua disebut zaman akhir. Pada saat ini akan tampil nabi-nabi palsu. Pada saat-saat akhir, makin mendekati kedatangan Kristus kembali akan muncul nabi palsu (bdk. Matius 24:11,24; 2 Tesalonika 2:3-10; Wahyu 13:11-17). Mereka itu disebut pengejek-pengejek' adalah orang-orang yang hidup menuruti hawa nafsu kefasikan. Mereka disebut juga sebagai pemecah-belah (Yun. apodiorizontev: pecah-belah; menyebabkan perselisihan; membedakan). Pemecah-belah menunjukkan penetapan garis-garis pemisah yang menimbulkan sikap perpecahan. Selanjutnya sikap memecah-belah ini menunjukkan adanya rasa diri lebih tinggi pada pihak para guru palsu tersebut. Mereka menghinakan kebaikan dan tingkah laku mereka dikuasai oleh keinginan hawa nafsu semata (keinginan-keinginan dunia), dan mereka hidup tanpa Roh Kudus. (ayat 19).

Menghadapi para pengejek orang percaya harus mempertahankan iman dengan membangun diri sendiri di dalam iman yang paling suci/kudus. Iman kudus ialah penyataan Perjanjian Baru yang disampaikan kepada mereka oleh Kristus dan para rasul (lih. Yudas 1:3). Hal ini menuntut agar mereka mempelajari Firman Allah dan mempunyai ketetapan teguh untuk berusaha mengetahui kebenaran dan ajaran Alkitab (bdk. Kisah Para Rasul 2:42; 20:27; 2 Timotius 2:15; Ibrani 5:12). Lalu berdoa dengan kemampuan yang diberikan Roh Kudus, yaitu dengan memohon Roh Kudus untuk mengilhami, menuntun, menguasai, memelihara, dan menolong untuk berjuang dalam doa (bdk. Galatia 4:6; Efesus 6:18). Berdoa dalam Roh termasuk berdoa denganpikiran dan berdoa dengan roh. Doa adalah sesuatu yang penting supaya bisa membangun iman orang percaya secara pribadi. Dengan tetap memelihara kehidupan dan tinggal dalam lingkaran kasih Allah yang menyelamatkan. Inilah bentuk ketaatan kepada Allah dan Firman-Nya (Yohanes 15:9-10). Tetapi dengan demikian itu berarti bahwa kita juga harus memelihara kasih kita kepada Allah, karena itu adalah dasar ketaatan kita (Yohanes 14:15,21a) sambil menantikan (menunjuk akhir zaman) rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal' .

Kata 'rahmat' ( Ing. mercy: belas kasihan). (ayat 20-21). Membangun diri dalam iman, berdoa dalam Roh Kudus, dan memelihara diri dalam kasih Allah bukanlah jaminan, tetapi orang percaya tetap membutuhkan rahmat dari Tuhan Yesus Kristus, karena apapun yang dilakukan tidak bisa menyelamatkan dan mengampuni serta membawa orang percaya ke surga! Setelah membicarakan hal-hal yang harus dilakukan untuk diri sendiri, sekarang ia membicarakan tentang bagaimana bertindak dan melayani kepada orang lain. Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu' (Yun. diakrinomenous: 'ragu-ragu' (bdk. Yakobus. 1:6; Matius 21:21 ; Markus, 11:22 ; Roma, 4:20). Kata ini juga bisa diartikan 'membantah/bertengkar', seperti dalam Yudas 1:9. Kata belas kasihan menunjuk pada tindakan penyelamatan, (ayat 22). 'Selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api'! Mereka harus berusaha dengan segala macam cara, asal tidak bertentangan dengan Firman Tuhan, untuk menyelamatkan mereka yang tersesat. (ayat 23a). 'Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa' (ayat 23b). Dalam Wahyu 3:4, 'pakaian' menunjuk pada kehidupan orang itu. Jadi di sini terlihat prinsip 'mengasihi orang berdosa, tetapi membenci dosanya'.

Sebagai penutup, menyatakan bahwa Allah yang berkuasa menjaga orang yang percaya supaya tidak tersandung oleh pengajaran sesat. Kata 'tersandung' jelas bukan menunjukkan pada 'jatuh ke dalam dosa', tetapi tersandung' ini menunjuk pada 'total apostasy' (kemurtadan total). Hal ini menegaskan bahwa orang Kristen sejati tidak mungkin murtad. Allah akan memampukan orang percaya berdiri di hadapan kemuliaan-Nya tanpa bernoda/cela (Yun.amomos) dan membawa-nya ke dalam kegembiraan-Nya tanpa ketakutan, (ayat 24). Kemudian mengajarkan keesaan Allah dan kesetaraan Yesus Kristus dengan Allah Bapa. Dengan demikian ajaran ini menyerang pandangan bahwa keilahian Kristus merupakan
penciptaan gereja pasca rasuli. Allah disebut sebagai Juruselamat sebanyak tujuh kali dalam Perjanjian Baru. Di sini kuasa-Nya untuk menyelamatkan di dalam diri Anak-Nya, yang oleh gereja diakui sebagai
Tuhan, yaitu Allah. Sebutan terakhir tentang kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa merupakan kesaksian Yudas tentang watak agung Allah yang mengerjakan keselamatan melalui Kristus, (ayat 25).

Makna dan Implikasi Firman
 Gereja atau orang percaya diingatkan supaya tetap menjaga iman,kekudusan dan kemurnian ajaran yang telah diterima. Adapun iman tersebut adalah kepercayaan akan Yesus sebagai Juruselamat manusia. Saat ini banyak tantangan yang berat seperti halnya terorisme, radikalisme, ajaran sesat, dan godaan yang lainya, harus memiliki kecerdasan spiritual dengan membangun kehidupan atas dasar iman, berdoa dalam Roh Kudus, menjaga relasi kehidupan di dalam kasih Allah dan terus berharap. Jika kita tidak teguh maka kita akan mudah diombang-ambingkan, menyerah dan meninggalkan iman yang menyelamatkan tersebut.

 Dalam menjaga keutuhan persekutuan, pentingnya kepedulian sosial yang dinyatakan dengan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang raga-ragu di dalam imannya, dan mereka yang tersesat dan telah bertekun di dalam dosa. Gereja harus menjangkau mereka dengan melakukan tindakan penyelamatan dari ancaman kebinasaan dan tetap berhati-hati di dalam melakukan usaha tersebut supaya kita pun tidak tergoda dan terseret.

 Gereja harus proaktif dalam mengatasi setiap perbedaan. Gereja harus bersatu, sehati sepikir, seperasaan dan jangan saling menyalahkan sehingga menyebabkan perselisihan yang berakibat pada perpecahan. Iblis selalu berusaha memecahkan gereja melalui mereka yang sering tidak mendapat perhatian, yang dibiarkan dan yang sering dikucilkan. Gereja mungkin tidak dapat menghalangi hadirnya sang penyesat dan para  pemecah-belah persekutuan tetapi gereja dapat menjadikan kondisi ini sebagai batu loncatan untuk menumbuhkan iman di dalam Dia dan memperteguh persekutuan.

 Gereja hadir di dunia untuk berperan aktif, kreatif, kritis dan positif untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dan bersama negara mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sehingga kehadiran gereja tidak lepas dari pergerakan suatu bangsa dan negara dengan berbagai dinamika dalam perkembangannya. Ketika gereja tersebar di berbagai penjuru bumi (Matius 28:19-20), dalam kenyataannya berjumpa dengan banyak bangsa dan ia berada di dalamnya. Gereja yang menjadi bagian dari bangsa itu memiliki tanggungjawab dalam hal membangun kehidupan bangsa dan negara dimana ia berada dengan tetap memegang teguh identitasnya sebagai umat pilihan, imamat rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI :

1. Apa pendapat saudara tentang, "Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan" menurut Yudas 1 : 17 - 25 ?
2. Bagaimana seharusnya kita memaknai persekutuan yang saling menjaga?
3. Jelaskan upaya-upaya gereja dan pemerintah dalam mengantisipasi ajaran-ajaran sesat ?

NAS PEMBIMBING : Yesaya 30:1

POKOK-POKOK DOA
 Keutuhan persekutuan jemaat sebagai benteng yang saling menjaga dari godaan.
 Kemampuan menerima perbedaan dalam komunitas gereja.
 Cerdas dalam memahami ajaran-ajaran gereja.
 Kerjasama Gereja dan Pemerintah dalam menjaga keutuhan alam ciptaan Tuhan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK I

NYANYIAN YANG DIUSULKAN
Persiapan: NNBT No. 2 Dunia Tercipta Oleh Kar'na TuhanMu.
Ses. Nas Pembimbing: NNBT No.30 Allah Tuhan Kekuatanmu.


Pengakuan Dosa: NNBT No. 31 "Dalam Dunia Penuh Kemelut".


Pemberitaan Anugerah Allah: NKB.No. 19 Dalam Lautan Yang Kelam.
Ses. Pengakuan Iman: NKB No. 194 Kau Tetap Tuhanku, Yesus.
Ses Hukum Tuhan: NKB No. 204 Di Dunia Yang Penuh Cemar.
Persembahan: KJ No. 388 S'lamat Di Tangan Yesus.
Penutup: Persaudaraan Yang Rukun.

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol Salib dan Perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(75)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Mtpj gmim 24-30 oktober 2021,   materi penggembalaan Katekisasi GMIM,   Pemberitahuan Bulan Syukur ke-87 GMIM bersinode,   Bahan Khotbah Yudas 1 : 17-25 MTPJ GMIM,   Pembacaan Alkitab Minggu ini GMIM 2021,   khotbah gmim Roma 2 : 1-16,   mtpj gmim 6 juni 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Tata Cara Ibadah GMIM,   TATA CARA IBADAH GMIM MEI 2021,   MTPJ GMIM 16 MEI 2021,   MATERI KATEKISASI STRUKTUR gmim,   bentuk kerjasama GMIM materi katekisasi,   Materi katekisasi bentuk bentuk kerjasama gmim,   Mtpj gmim 16-22 mei 2021 dan stola,   lirik lagu Mars guru sekolah minggu GMIM,   susunan lagu untul ibdah pemuda remaja gmim,   Renungan obor Pemuda GMIM mei 2021,   bacaan gmim 25 april 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   materi katekisasi lengkap gmim,   mtpj 11 april 2021,   TATA IBADAH GMIM,   Mars Pemuda GMIM,   tata cara ibadah gmim menggunakan NNBt,   perenungan gmim 14-20 maret2021,   lagu rohani remaja gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   susunan lagu tata ibadah gmim di minggu sengsara,   tata cara ibadah kolom gmim,   pembacaan gmim 7 maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   tata cara ibadah gmim,   Mtpj bulan februari,   Atribut GMIM,   Atribut GMIM,   mars pria kaum bapa gmim lirik,   lirik lagu HARI PERSATUAN remaja gmim,   pengajaran baptisan gmim,   buku katekisasi baptisan gmim,   mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,