gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 116 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa"
TEMA MINGGUAN : "Konsekuensi Mengikut Yesus"

Bacaan Alkitab: Matius 4:18-22
Yesus memanggil murid-murid yang pertama
4:18 Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. 4:19 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." 4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. 4:21 Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka 4:22 dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Seiring dengan perputaran zaman maka gereja pun terus mengkaji dan mengembangkan sistem dan mekanisme pelayanannya, sehingga mampu memberi jawab terhadap tuntutan pelayanan yang nyata dan kontekstual. Disadari bahwa jika gereja dan pelayanan hanya bertumpuh pada satu sistem yang baku dan "disakralkan" maka bukan tidak mungkin gereja tertutup terhadap suatu perubahan yang sesungguhnya sangat dibutuhkan untuk pengembangan pelayanan gereja. Misalnya pengalaman pelayanan gereja sejak tahun lalu sampai saat ini. Akibat merebaknya pandemi Covid-19 mau tidak mau gereja harus menata sedemikian rupa sistim pelayanannya. Tradisi untuk hanya boleh beribadah di gedung gereja dalam ibadah minggu, harus beribadah di rumah-rumah. Bentuk tata ibadahnya sampai penyampaian Firman harus dikondisikan hanya 60 menit, yang kesemuanya itu dulunya tidak pernah menjadi ketentuan dalam pelayanan gereja. Pada prinsipnya yang tidak dapat berubah adalah pengajaran tentang Kabar Baik Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat dunia. Penggenapan janji dari perjanjian lama dan Dialah Raja dalam Kerajaan Allah.

Dengan mencermati adanya perubahan-perubahan yang terjadi dengan kondisi dan situasi dunia di atas, termasuk di dalamnya berbagai alasan untuk menerima dan menjadi pelayan gereja "penjala manusia", maka perlu kematangan dalam memahami panggilan mengikut Yesus. Dalam maksud menjadi "penjala manusia" bahwa bersedia dan mau menerima panggilan pelayanan harus termotivasi dalam keyakinan iman bahwa Tuhan Yesus yang memanggil, umat menerima panggilan dan bersedia diubah oleh-Nya. Sehubungan dengan hal tersebut bacaan kita saat ini mengangkat tema "Konsekuensi Mengikut Yesus".

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Injil Matius ditulis sekitar tahun 70 sampai 80 di Syria, diperuntukan bagi orang-orang Yahudi. Pengarang Injil Matius bermaksud menyampaikan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Tuhan Yesus, memulainya dengan mengangkat silsilah Yesus, kelahiran Yesus, pembaptisan Yesus dan memulai karya pelayanan-Nya di Galilea. Karya-Nya di depan umum, penulis menjelaskan Sang Mesias harus memulai-Nya di Galilea dari pada di Yerusalem. Penulis Matius mengisahkan bahwa Yesus pada awal mula penampilan-Nya di Galilea memanggil beberapa orang untuk dijadikan sebagai pengikut-Nya. Penangkapan Yohanes pembaptis membuat Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi sebuah danau di daerah Zebulon dan Naftali (Matius 4:12-13).

Tentu penyingkiran ini bukan karena Yesus mau melarikan diri atau cari aman dan nyaman, namun ini terjadi sebagai bentuk pemenuhan nubuatan oleh nabi Yesaya (Matius 4: 14-16). Perjalanan dan penyingkiran ke Galilea akhirnya menjadi perjalanan membawa terang yang tidak lain adalah diri-Nya sendiri, sang Terang dunia di tengah kegelapan. Peristiwa penyingkiran ke Galiliea ada tujuannya yaitu agar Zebulon dan Naftali mendapatkan terang, ini jadi penekanan penulis kitab Matius agar jemaat dapat memperluas cakrawala misioner mereka untuk memasukkan diri ke daerah yang di anggap kafir.

Kehadiran Yesus di Galilea memberikan dampak perubahan bagi orang-orang di sana. Ada orang-orang yang bersedia jadi pengikut-Nya. Saat Dia sedang berjalan menyusur danau Galilea terjadilah pertemuan dan pemanggilan Simon, Andreas, Yakobus dan Yohanes (Matius 4:18,21). Di tepi danau itulah, Yesus memilih dan memanggil murid-murid-Nya. Bukan pergi ke istana (orang-orang yang punya kuasa) atau ke Yerusalem (para imam kepala dan tua-tua), tetapi ke danau Galilea suatu daerah terpencil dan terpinggirkan. Negeri orang terbuang, di mana kemurnian iman Yahudi dan kekafiran bangsa lain saling bercampuran. Jelas bahwa Kristus tidak melihat seperti cara manusia melihat. Kepada mereka, nelayan-nelayan Galilea, yang sementara sibuk bekerja, sang Mesias hadir dan menyapa: "Mari Ikutlah Aku".

Sebuah kalimat singkat, namun mampu mengubah hidup para nelayan di danau Galilea. Apa maksud ajakan ini? Di ayat 19 kata ikutlah digunakan kata-kata "deute opisoo mou", yang berarti marilah di belakang-Ku. Jadi ajakan Tuhan Yesus mempunyai arti khusus: "Mari berjalanlah di belakang-Ku". Arti berjalan dibelakang mau menunjuk pada keteladanan seorang murid kepada Gurunya. Hidup seseorang akan berubah dan perubahan itu tergantung dari siapa yang kita ikuti. Dengan mengikuti Yesus, mau tidak mau kita akan berubah.


Dicatat dalam Matius 4:20-22, mereka "segera" meninggalkan jalanya, perahunya serta ayahnya dan ikut Yesus. Bagi kita yang membacanya, respon ini sangat radikal, sebab terkesan tanpa dipikir-pikir terlebih dahulu. Bahkan sebuah respon yang muncul bukan karena di latar belakangi oleh iming-iming sesuatu atau di bujuk-bujuk seperti mendapatkan janji karunia. Perhatikan, penulis Injil Matius nanti menempatkan cerita atau kisah Yesus mampu melenyapkan segala penyakit dan kelemahan, nanti sesudah pemilihan para murid (Matius 4:23-25). Para nelayan yang sementara sibuk bekerja, tanpa ragu-ragu untuk mengikuti Yesus. Sesuatu keputusan yang beresiko, tanpa tahu kemana dan keuntungan apa yang akan diterima. Namun resiko itu yang di ambil keempat orang ini. Meninggalkan kemapanan dan zona nyaman yaitu pekerjaan dan keluarga, tentu sebuah resiko yang juga sudah sering mereka ambil jika mau menangkap ikan di danau. Yesus saat memanggil para murid tidak menjanjikan sebuah upah atas pemanggilan tersebut, tapi sebuah perubahan orientasi dari penjala ikan ke penjala manusia.

Makna dan Implikasi Firman
 Pemanggilan yang mencakup misi Allah yang besar dikerjakan di dalam Yesus menuntut pengorbanan. Pengorbanan mengikut Yesus sering diperhadapkan dengan resiko baik dalam gereja maupun diluar gereja.
 Memanggil dan mengubahkan murid Yesus dari penjala ikan menjadi penjala manusia merupakan ajakan dan bukan paksaan, tetapi mengandung unsur kerelaan. Sebagai penjala manusia maka gereja hendaknya terus-menerus memberitakan Injil Kabar baik dimanapun gereja berada.


 Pilihan dan panggilan kemuridan bukan didasarkan pada status, melainkan pada keterbukaan, ketulusan untuk menjawab panggilan Yesus dan itu dilakukan bukan untuk manusia tapi untuk Tuhan. Jauhkanlah diri dari panggilan yang hanya didasarkan pada status seseorang tetapi semua kita sama dihadapan Tuhan Yesus untuk menjadi pengikut-Nya.
 Kesiapan pada panggilan Yesus berarti siap menerima perubahan dari latar belakang apapun dan mengikuti pola pelayanan Yesus. Mengikuti Yesus bukan lagi secara fisiknya Yesus tapi mengikuti Firman-Nya.
 Menjawab panggilan Yesus harus disertai dengan kesabaran, pantang menyerah, tangguh dan berani sebagaimana yang menjadi ciri khas penjala ikan (nelayan).

PERTANYAAN DISKUSI :

 1. Apa yang saudara pahami tentang konsekuensi mengikut Yesus dalam     teks bacaan Matius 4:18-22?
 2. Bagaimana pengalaman saudara tentang komitmen mengikut Yesus?

POKOK - POKOK DOA :
 Memohon agar komitmen pelayanan mengikuti Yesus tetap dimiliki oleh setiap pelayan.
 Firman Tuhan menjadi dasar pemberitaan kekal dan tidak berubah


 Pemimpin menjadi teladan, memiliki sikap sabar, tekun dan berani untuk hal yang benar.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN :
HARI MINGGU BENTUK II

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Kemuliaan Bagi Allah: KJ. No. 355 Yesus Memanggil Mari Seg'ra.
Ses Doa Penyembahan : KJ No.375 Saya Mau Ikut Yesus.
Pengakuan Dosa: KJ No. 441 Kuingin Menyerahkan
Janji Anugerah Allah: NKB No.125 Kudengar Panggilan Tuhan.
Puji-pujian : Mengikut Yesus Keputusanku.
Ses Pembacaan Alkitab : KJ. No. 52 Sabda Tuhan Allah.
Pengakuan Iman : Tabah Dan Setiawan.
Persembahan: NKB. No. 197 Besarlah Untungku.
Penutup: NKB. No. 126 Tuhan Memanggilmu

ATRIBUT :
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(83)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,