gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 98 kali
Download MP3 Music
MTPJ 11 - 17 Oktober 2020
TEMA BULANAN :*/"Memelihara Keutuhan Ciptaan"/*
TEMA MINGGUAN : */"Memelihara Kekudusan Perkawinan"/*

BACAAN ALKITAB : *1 Korintus 7:1-16*
Tentang perkawinan
7:1 Dan sekarang tentang hal-hal yang kamu tuliskan kepadaku. Adalah baik bagi laki-laki, kalau ia tidak kawin, 7:2 tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri. 7:3 Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. 7:4 Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. 7:5 Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak. 7:6 Hal ini kukatakan kepadamu sebagai kelonggaran, bukan sebagai perintah. 7:7 Namun demikian alangkah baiknya, kalau semua orang seperti aku; tetapi setiap orang menerima dari Allah karunianya yang khas, yang seorang karunia ini, yang lain karunia itu. 7:8 Tetapi kepada orang-orang yang tidak kawin dan kepada janda-janda aku anjurkan, supaya baiklah mereka tinggal dalam keadaan seperti aku. 7:9 Tetapi kalau mereka tidak dapat menguasai diri, baiklah mereka kawin. Sebab lebih baik kawin dari pada hangus karena hawa nafsu. 7:10 Kepada orang-orang yang telah kawin aku -- tidak, bukan aku, tetapi Tuhan -- perintahkan, supaya seorang isteri tidak boleh menceraikan suaminya. 7:11 Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya. 7:12 Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia. 7:13 Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu. 7:14 Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus. 7:15 Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera. 7:16 Sebab bagaimanakah engkau mengetahui, hai isteri, apakah engkau tidak akan menyelamatkan suamimu? Atau bagaimanakah engkau mengetahui, hai suami, apakah engkau tidak akan menyelamatkan isterimu?


*ALASAN PEMILIHAN TEMA*
Gereja dalam pelayanan diperhadapkan pada realitas kehidupan warga jemaat yang sangat kompleks dengan berbagai permasalahannya. Salah satu pergumulan yang dihadapi gereja dalam pelayanannya adalah semakin banyaknya kegagalan hidup berumahtangga yang berakhir pada perceraian. Hal itu disebabkan antara lain semakin melemahnya semangat untuk menghayati janji perkawinan yang telah diikrarkan pada saat menikah. Seharusnya dalam perkawinan dimana tanggung-jawab untuk saling mengasihi dan memelihara kekudusan hidup terpatri dalam ikrar cinta mereka. Sesungguhnya, panggilan hidup sebagai suami-isteri merupakan panggilan yang ber-langsung sepanjang hidup dan dipanggil untuk hidup dalam kesetiaan satu sama lain.

Tak sedikit pernikahan orang Kristen zaman sekarang dilanda masalah mengenai ketidakpuasan dalam hubungan antara suami dan istri, masalah ekonomi dan komunikasi sehingga berdampak pada ketidakharmonisan dalam keluarga dan pada mentalitas anak-anak. Paulus mengingatkan kepada pasangan suami dan isteri supaya terhindar dari bahaya percabulan dan perceraian bukanlah jalan keluar apabila diperhadapkan dengan berbagai pergumulan. Suami dan isteri membangun suatu rumah tangga karena cinta kasih dan itu bukan lagi bermain pada tataran perasaan semata melainkan kesetiaan untuk saling melayani dan mempersembahkan keluarga Kristen sebagai milik kepunyaan-Nya dengan tetap menjaga kekudusan perkawinan supaya selalu kudus dihadapan Tuhan Yesus.


*PEMBAHASAN TEMATIS*

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kota Korintus menjadi kota metropolitan Yunani karena memiliki dua pelabuhan dan terkenal karena percabulannya. Korintus sebagai pusat perdagangan dan industri namun juga merupakan pemeo atau olok-olok bagi kehidupan yang jahat dan penyelewengan yang tidak terkendali. Penduduk Korintus menyembah Dewi Venus yang adalah "Dewi Cinta" berdasarkan hawa nafsu. Jemaat Korintus terpengaruh dengan berbagai pan-dangan Filsafat Yunani dan mereka yang mengaku berhikmat mem-berikan pertanyaan kepada Paulus sebagai suatu bahan perdebatan. Mereka menulis surat kepada Paulus dan menga-takan bahwa hal yang baik bagi seorang pria untuk tidak menikah. Bagi Paulus, pernikahan adalah wajib untuk orang-orang yang tidak memiliki karunia bertarak walaupun membujang itu adalah pilihan pribadi dari setiap orang. Ia menginginkan supaya setiap orang Kristen fokus kepada pelayanan karena bila seseorang telah menikah, maka perhatiannya akan terbagi-bagi (lihat ayat 32-35). Paulus diminta untuk membenarkan hal membujang sebagai kewajiban bagi semua orang dan diakui olehnya bahwa hal itu adalah suatu tindakan yang baik tapi bukan berarti dianggap lebih kudus daripada pernikahan.

Ia menegaskan bahwa khususnya laki-laki, "adalah baik untuk tidak kawin" dan meninggikan tujuan pernikahan terlebih memelihara kekudusan pernikahan. Paulus mengingatkan tentang suatu pernikahan sebagai kewajiban bagi orang-orang yang tidak tahan terhadap bahaya percabulan yang sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat. Paulus menunjukkan bahwa perkawinan telah ditentukan oleh Allah sebagai penangkal terhadap percabulan. Keberadaan sebagai laki-laki atau perem-puan bukan sifat tambahan, tetapi diberikan kepada manusia dalam penciptaan-Nya. Allah memaksudkan seks antara satu suami dan isterinya untuk menciptakan suatu keakraban penuh kasih sayang sehingga membuat dua orang yang berbeda menjadi satu sampai maut memisahkan (ayat 1-2).

Ia mengatakan bahwa baik suami maupun isteri, harus memenuhi kewajibannya. Para suami untuk terus-menerus memberikan kebaikan yang menjadi hak dari isteri dan begitu sebaliknya. Kejadian 2:24, Allah
menekankan bahwa seorang laki-laki harus meninggalkan ayah dan ibunya. Hubungan ini harus disahkan secara tepat (bukan sama sekali dihapuskan, tetapi dipisahkan secara tepat) sehingga hubungan yang mula-mula, yang ada ketika seorang anak masih tinggal di rumah orang tuanya, tidak akan berlanjut karena suami akan menjadi kepala bagi keluarganya dan menjadi teladan bagi isteri dan anak-anaknya (ayat 3).

Paulus menegaskan bahwa suami dan isteri terikat oleh perjanjian pernikahan dan ada sukacita yang dialami bila kewajiban pernikahan Kristen tidak menahan hak dari pasangannya. Selanjutnya ia menganjurkan suami-isteri untuk tidak "berpuasa" hubungan seks dalam jangka waktu yang lama, sehingga tidak tergoda karena tidak tahan bertarak yang memungkinkan seorang suami atau isteri melakukan percabulan. Ia mengungkapkan suatu fakta bahwa saling menjauhi hanya dapat dilakukan dengan persetujuan bersama dan untuk sementara waktu. Jika seksualitas ini tidak diberi kesempatan untuk pelepasan yang sewajarnya, timbul bahaya terjadinya percabulan (ayat 4-6).

Paulus mengajak jemaat, "namun demikian alangkah baiknya, kalau semua orang seperti aku," dimana Paulus mampu mengendalikan diri. Konteks ini, berbicara mengenai karunia untuk tidak menikah dan menikah sebagai karunia yang khas dari Tuhan. Selanjutnya ia berbicara kepada jemaat yang tidak menikah dan para janda yang menginginkan suatu jawaban apakah mereka sebagai orang Kristen harus menikah atau tidak! Paulus menegaskan tidak menjadi suatu kewajiban melainkan tergantung pada pilihan dari setiap pribadi sebagaimana ia memilih untuk tidak menikah dan memfokuskan dirinya untuk melayani Tuhan. Tapi bagi mereka yang tidak dapat menguasai hawa nafsu, dan karena itu diperbolehkan untuk menikah daripada melakukan perzinahan (ayat 7-9). Sebab pernikahan itu adalah sebuah perintah dari Allah, dan ketika dua orang Kristen menikah, maka itu harus dipelihara hingga maut karena perceraian tidak diperkenankan oleh Tuhan (bdk. Mat 5:32 Mat 19:6). Jika terjadi perceraian, Paulus melarang mereka untuk kawin lagi. Dalam ayat 11a, tertulis bahwa mereka yang sudah terlanjur bercerai harus kembali "berdamai" menjaga hubungan dengan suaminya atau tetap hidup melajang dan tidak mencari suami baru, karena Tuhan Yesus sendiri juga berkata bahwa ketika seseorang menceraikan pasangannya lalu menikah lagi, maka mereka berzinah (ayat 10-11).

Bagi mereka yang menikah dengan isteri tidak seiman, begitu pula sebaliknya. Paulus menegaskan bahwa apapun yang terjadi, mereka tetap tidak boleh menceraikan isteri atau suami mereka, sepanjang isteri atau
suami mereka mau hidup bersama-sama dengan dia. Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa tidak ada perceraian bagi orang Kristen yang menikah dengan non-Kristen. Kalaupun terjadi perceraian, maka orang yang bercerai itu tidak boleh kawin lagi dengan orang lain melainkan dibolehkan untuk rujuk dengan suami atau istri yang diceraikan. Dalam konteks ini, Paulus hendak mengatakan apa yang menjadi jawabannya ditujukan bukan kepada orang-orang yang akan kawin, tetapi kepada orang-orang yang sudah kawin dan ada kemungkinan keduanya menikah tidak mengenal Kristus lalu salah satunya bertobat dan menjadi orang Kristen (ay.12-13).

Bagi Paulus sebaiknya suami atau isteri yang Kristen harus mempertahankan pernikahan agar tetap hidup dalam damai sejahtera, dan itu bisa terjadi apabila keduanya melibatkan Tuhan dalam setiap pergumulan keluarga. Oleh karena itu, melalui iman dari orang percaya tersebut maka seisi rumahnya-pun akan diselamatkan. Ini menggambarkan suatu misi penye-lamatan dalam sebuah pernikahan yang bersifat terbuka ter-hadap siapa saja tanpa memaksakan kehendak kepada pasangannya dan biarlah yang kudus menyelamatkan mereka yang cemar dan bukan sebaliknya.

Pada akhirnya, pasangan yang tidak beriman akan dikuduskan oleh pasangannya yang beriman dan itu terjadi karena anugerah-Nya dan hubungan ini merupakan cara untuk menyelamatkan jiwa pasangan yang tidak beriman. Pasangan yang tidak beriman harus dianggap, bukan sebagai sesuatu yang najis untuk dihindari dengan penolakan, melainkan sebagai jiwa yang harus dimenangkan bagi Allah (ayat 14-17).

*Makna dan Implikasi Firman*
Tuhan Allah sebagai pemilik lembaga pernikahan mem-benci percabulan dan perzinahan serta perceraian karena ber-dampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Seharusnya suami-isteri selalu mengingat janji nikah yang diikrarkan pada saat diteguhkan dan diberkati sehingga kedua-nya mampu memelihara kekudusan pernikahan sebagai tin-dakan dari kehidupan yang dikehendaki oleh Tuhan. Hendaklah suami-isteri saling mengasihi dan meyakini bahwa pernikahan adalah karunia dari Tuhan untuk tetap dipelihara dan selalu dibawa dalam doa sehingga kehadiran Allah menuntun kehidupan berumah tangga. Janganlah suami atau isteri tergoda oleh tawaran duniawi melainkan menguasai diri dan mampu menahan hawa nafsu yang mengakibatkan rusaknya pernikahan.

Peneguhan dan pemberkatan nikah serta pencatatan nikah memberi kekuatan hukum bagi setiap suami-isteri. Walaupun begitu, tugas dan tanggungjawab gereja atas pernikahan belum berakhir untuk tetap bertanggungjawab membimbing, mem-perlengkapi dan mengarahkan serta menasihati suami-isteri agar selalu memelihara kekudusan pernikahan serta memuliakan Tuhan Allah dalam Yesus Kristus.

*PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:*

1. Apa yang saudara pahami tentang "Memelihara Kekudusan Pernikahan
menurut 1 Korintus 7:1-16?
2. Apa tanggapan saudara dengan perkawinan beda agama?
3. Apa peran keluarga, gereja dan pemerintah dalam menjaga perkawinan
agar tidak terjadi perceraian?

POKOK-POKOK DOA:
 Setiap warga gereja diharapkan untuk hidup dalam perkawinan yang
saling mengampuni dan mengasihi.
 Keluarga Kristen selalu menjaga kekudusan perkawinan walaupun
banyak pergumulan yang dialami.

*TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:*
HARI MINGGU BENTUK II

*NYANYIAN YANG DIUSULKAN:*
Kemuliaan Bagi Allah: KJ No. 454. Indahnya Saat Yang Teduh
Ses Doa Penyembahan: KJ No. 318. Berbahagia Tiap Rumah Tangga
Pengakuan Dosa: NNBT No. 32. Dunia Semakin Berkabut
Janji Anugerah Allah: NNBT No. 20. Kami Bersyukur Pada-Mu Tuhan
Puji-pujian: KJ No. 10. Pujilah Tuhan Sang Raja
Ses Pembacaan Alkitab: KJ No. 49. Firman Allah Jayalah
Pengakuan Iman: KJ No. 280. Aku Percaya
Persembahan: NKB No. 100. Rindukah Engkau Mendapat Berkat Tuhan
Nyanyian Penutup: Nimbole Bacere (Kita so janji pa Tuhan)

*ATRIBUT:*
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.

Label:   1 Korintus 7:1-16 





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2020
1 Korintus 7:1-16(1)
1 Petrus 4:7-19(1)
1 SAMUEL 8:1-22(1)
2 Timotius 4:1-8(1)
Amsal 8:14-21(2)
Galatia 2:1-10(1)
Ibrani 4:14-5:10(1)
Kejadian 2:8-25(2)
Kejadian 9:1-17(1)
Keluaran 20:1-17(1)
Lukas 13:22-30(1)
Matius 25:31-46(1)
MATIUS 27:45-56(1)
Matius 28:1-10(1)
Mazmur 46:1-12(1)
Nehemia 2:11-20(1)
Roma 12:9-21(1)
Roma 15:1-13(1)
Rut 4:1-17(2)
Ulangan 1:9-18(3)
Yesaya 8:23-9:6(1)
Yohanes 8:30-36(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16


Sebelum:

MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25



All Khotbah MTPJ GMIM 2020:

MTPJ Senin, 27 Desember 2020 - 2 Januari 2021 - Yesus Imam Besar Agung Kita - Ibrani 4:14-5:10

MTPJ Sabtu, 26 Desember 2020 - Natal Hari kedua - Stop Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan - Matius 2:13-18

MTPJ 13 - 19 Desember 2020 - Minggu Adven III

Siapkan Diri Menerima Raja Kemuliaan - Mazmur 24:1-10 - Minggu, 13 December 2020

MTPJ 6 - 12 Desember 2020 - Minggu Adven II

Dari tempat terkecil datang Penyelamat - Mikha 5:1-14

MTPJ 29 NOVEMBER - 5 DESEMBER 2020 (Minggu Adven 1) - Yesaya 8:23-9:6

MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31

MTPJ 22 - 28 NOVEMBER 2020 - Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:22-30

Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020

MTPJ 15 - 21 November 2020 - Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara - Roma 15:1-13

MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17

MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41

MTPJ 25 - 31 Oktober 2020 - Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

Khotbah Minggu, 25 October 2020 - Tanah, Rahmat Allah Bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu GMIM - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25

Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25 oleh Pdt. Roy Dekky Tamaweol, M.Th

MTPJ 30 September 2020 HUT ke-86 GMIM Bersinode - Tunaikanlah Tugas Pelayananmu - 2 Timotius 4:1-8

MTPJ 27 September - 3 Oktober 2020 - GMIM Gereja Misioner - Galatia 2:1-10

MTPJ 20 - 26 September 2020 - Hikmat Tuhan Membentuk Profesionalisme Kerja - Amsal 8:14-21

Khotbah GMIM Minggu, 20 September 2020 - Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja - Amsal 8:14-21

MTPJ 13 - 19 September 2020 - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 Samuel 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 13 September 2020 - Demokrasi Dalam Perspektif Iman Kristen - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 SAMUEL 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 6 September 2020 - Hidup Dalam Kasih dan Perdamaian - Roma 12:9-21

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

Khotbah GMIM Minggu, 30 Agustus 2020 - Bersama Bertanggung Jawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 23 - 29 Agustus 2020 - Demokrasi bukan Demonstrasi - Kisah Para Rasul 17:1-9

MTPJ 17 Agustus 2020 HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia - Kemerdekaan di dalam Kristus - Yohanes 8:30-36

MTPJ 16 - 22 Agustus 2020 - Hukum Tuhan sebagai Pelita Hidup - Keluaran 20:1-17

MTPJ 9 - 15 Agustus 2020 - Bersama Membangun Bangsa - Nehemia 2:11-20

Khotbah GMIM Minggu 9 Agustus 2020 - Pembacaan Alkitab: Nehemia 2:11-20 Temazflersama Membangun Bangsa. Oleh: Pdt. Drs. G.E.W Kumaat, S.Th, M.Si

MTPJ 5 Agustus 2020 (Hari Kesehatan GMIM)

MTPJ 2-8 Agustus 2020 - Berpikir, Berkata dan Bertindak Dengan Hikmat - Pengkhotbah 10:1-20

MTPJ 26 JULI - 1 AGUSTUS 2020 - Pelayanan Gereja Yang Menyembuhkan - Markus 2:1-12

MTPJ 19 - 25 JULI 2020 - Kuatkan Iman Dalam Pergumulan - Mazmur 46:1-12

MTPJ 12 - 18 Juli 2020 - Melayani Sesama berarti Melayani Tuhan - Matius 25:31-46

MTPJ 5 - 11JULI 2020 - Hargai dan Topanglah Mereka yang Bekerja Keras untuk Kebaikan - 1 Petrus 4:7-19

MTPJ 21 - 27 Juni 2020 - Hindari Perseteruan, Jadilah Berkat - Filipi 4:1-9

MTPJ 28 JUNI S/D 4 JULI 2020 - Bertolong-tolonglah Menanggung Bebanmu - 1 Korintus 16:1-9

Khotbah Paskah Minggu, 12 April 2020 - Matius 28:1-10

Khotbah Perjamuan Kudus - Jumat, 10 April 2020 - MATIUS 27:45-56

Minggu 29 Maret 2020 - KHOTBAH KETUA BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina untuk Ibadah Keluarga - YESUS DI HADAPAN MAHKAMAH AGAMA - LUKAS 22:63-71



MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(49)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2020..

Register   Login  

Pembacaan Alkitab Minggu ini GMIM 2021,   khotbah gmim Roma 2 : 1-16,   mtpj gmim 6 juni 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Tata Cara Ibadah GMIM,   TATA CARA IBADAH GMIM MEI 2021,   MTPJ GMIM 16 MEI 2021,   MATERI KATEKISASI STRUKTUR gmim,   bentuk kerjasama GMIM materi katekisasi,   Materi katekisasi bentuk bentuk kerjasama gmim,   Mtpj gmim 16-22 mei 2021 dan stola,   lirik lagu Mars guru sekolah minggu GMIM,   susunan lagu untul ibdah pemuda remaja gmim,   Renungan obor Pemuda GMIM mei 2021,   bacaan gmim 25 april 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   materi katekisasi lengkap gmim,   mtpj 11 april 2021,   TATA IBADAH GMIM,   Mars Pemuda GMIM,   tata cara ibadah gmim menggunakan NNBt,   perenungan gmim 14-20 maret2021,   lagu rohani remaja gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   susunan lagu tata ibadah gmim di minggu sengsara,   tata cara ibadah kolom gmim,   pembacaan gmim 7 maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   tata cara ibadah gmim,   Mtpj bulan februari,   Atribut GMIM,   Atribut GMIM,   mars pria kaum bapa gmim lirik,   lirik lagu HARI PERSATUAN remaja gmim,   pengajaran baptisan gmim,   buku katekisasi baptisan gmim,   mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,