gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 127 kali
Download MP3 Music
Pdt. Jouke Ollivia Watuna - Bambulu, S.Th, M.Pd, Penulis adalah Pendeta

Jemaat GMIM Imanuel Wanea Wilayah Manado Tenggara

*/Saudara-saudara yang diberkati Tuhan Yesus.../*

Menjadi seorang hamba Tuhan memang tidak segampang yang kelihatan. Karena persoalan dalam jemaat itu beragam, ada yang menyangkut hubungan sehari - hari antar sesama juga ada yang menyangkut hubungan antara laki - laki dan perempuan dalam perkawinan. Seorang hamba Tuhan diharapkan mampu menjawab dengan bijak setiap pertanyaan yang diajukan. Karena itu sangat penting memperlengkapi diri dengan pengetahuan Alkitabiah dan aturan - aturan gereja. Bila pengetahuan tentang Firman dan ajaran serta aturan itu memadai, maka dengan hikmat yang dari Tuhan, jawaban yang diberikan, menjawab persoalan mereka.

Seperti Paulus yang menerima surat dari orang - orang Korintus berkaitan dengan sejumlah persoalan. Paulus dituntut untuk bijak menjawab, agar persoalan yang terjadi tidak semakin meruncing. Disinilah Paulus merespon pertanyaan - pertanyaan jemaat Korintus tentang perkawinan. Maklumlah, Korintus adalah pusat pertemuan banyak kebudayaan dan bereputasi sebagai kota yang "liar" dengan berbagai teater, pasar dan kuil. Korintus juga merupakan pusat penyembahan Asklepius, dewa penyembuhan dan pusat penyembahan terhadap dewi cinta, Afrodite. Berita buruk didengar oleh Paulus tentang kebejatan moral, perzinahan dan percabulan.

Paulus perlu meluruskan pandangan jemaat sekaligus menasehati mereka. Ungkapan Paulus di bagian awal "adalah baik bagi laki - laki kalau ia tidak kawin", tidak berarti bahwa adalah baik kalau laki - laki tidak menikah atau tidak terikat hubungan pernikahan. Dalam Alkitab berbahasa Inggris KJV (King James Version) kalimat ini berbunyi "/it is good a man not to touch a woman"/. Kata /"not to touch a woman"/ artinya tidak menyentuh perempuan. Berarti adalah baik kalau laki - laki tidak menyentuh perempuan yang tidak terikat hubungan pernikahan dengannya. Paulus melanjutkan "tetapi mengingat bahaya percabulan.....". Agar laki - laki dan perempuan, tidak melakukan percabulan, terlibat hubungan yang tidak sah, sehingga "baiklah setiap laki - laki mempunyai istrinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri" (ayat 2b). Laki - laki dan perempuan yang ingin hidup bersama, harus diresmikan dalam sebuah perkawinan karena hubungan seksual harus dilakukan dalam kekudusan pernikahan. Karena memang didapati ada yang telah bertahun - tahun hidup bersama dalam hubungan yang belum resmi, masih "kumpul kebo atau baku piara". Seks bebas sedang mengancam generasi kita, ada yang sulit keluar dari dosa seks, masih berstatus pacaran tetapi sudah melakukan hubungan yang layaknya suami istri, akibatnya hamil di luar nikah. Ini adalah wajah buruk generasi kita. Apa yang harus kita lakukan??membiarkan saja sama halnya dengan melegalkan dosa. Sangat dibutuhkan peran orang tua untuk mengingatkan bahaya percabulan, seks di luar pernikahan itu dosa. Membicarakan seks bagi sebagian orang dianggap tabu, padahal jika dibahasakan dengan santun dengan kalimat yang tepat maka pendidikan tentang seks sangat dibutuhkan anak - anak kita.

Bagi pasangan suami istri yang sudah terikat dalam hubungan perkawinan.  Hendaklah memahami tanggung jawab masing - masing. Ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi, tidak boleh diabaikan. Istri harus menghormati suami. Karena ada istri yang setelah menikah, mempunyai karir yang bagus, pergaulan yang luas, ekonomi yang mapan mulai tidak memperhitungkan kehadiran suaminya, sehingga suami merasa tidak lagi dianggap. Sebaliknya ada Suami yang merasa bahwa dirinya berperan penting dalam keluarga, semua yang dibutuhkan sudah tersedia, menganggap remeh istri yang dinikahinya dengan cinta, mulai berkata dan bertindak kasar sehingga istri merasa terluka lahir dan batin. Mencintai itu satu paket dengan menghormati dan menghargai. Jadi kalau kita mencintai dia, maka hormatilah dan hargailah. Kebutuhan lahiriah, batiniah harus dipenuhi. Paulus menegaskan "janganlah saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu........sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama - sama supaya Iblis jangan menggoda kamu karena kamu tidak tahan bertarak"(ayat 5). Faktor jarak dan faktor kesibukan sering membuat kebutuhan seksual tidak terpenuhi. Akhirnya ada yang mencari di luar rumah, apalagi dengan godaan teman - teman lama di jejaring social, ada yang mulai tergoda dengan cinta lama yang menawarkan kepuasan yang tidak diperolehnya di dalam rumah, keutuhan rumah tangga yang dibangun bertahun - tahun terancam retak karena kehadiran orang ketiga. Bila godaan itu datang, bertekunlah dalam doa, lawan dengan segenap kekuatan, agar iblis tidak menggiring kita pada keinginan yang mencelakakan, jangan ikuti hawa nafsu yang menjerumuskan. Karena kalau kita kalah, maka keindahan dan kebahagiaan dalam pernikahan itu akan berubah jadi bencana.

Jika ada yang memilih untuk tidak menikah atau tidak menikah lagi setelah ditinggalkan oleh suami atau istrinya, maka pilihan harus dihormati. Tidak boleh dipersoalkan atau dipandang rendah. Setiap orang mempunyai pilihan masing - masing. Jika ia kuat membujang maka jalanilah itu dengan bijak. Jangan jadi seorang bujang yang terkesan "liar", tidak dapat mengendalikan diri. Memilih tidak menikah, tidak salah. Jadilah seorang pribadi yang produktif, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Bagikanlah cinta itu bagi orang tua, bahagiakanlah mereka di masa tua, juga bagi anak - anak yang kurang
beruntung karena ditinggalkan oleh orang tua dan isilah dengan hal - hal yang bermanfaat. Supaya keadaan membujang yang dipilih itu benar - benar mendatangkan berkat. Tetapi seandainya tidak sanggup menahan keinginan maka hiduplah dalam perkawinan supaya tidak hangus karena hawa nafsu.

Tuhan menghendaki, perkawinan itu langgeng. "kepada orang -orang yang telah kawin.....Tuhan perintahkan, supaya seorang istri tidak boleh menceraikan suaminya..............dan seorang suami, tidak boleh menceraikan istrinya"(ayat 10 - 11). Berarti, Tuhan tidak menghendaki perceraian. Ada banyak pasangan suami istri yang tidak mampu mempertahankan ikatan pernikahan, sampai maut memisahkan. Janji - janji sehidup semati yang diikrarkan di hari pernikahan, seakan dilupakan ketika badai persoalan datang. Begitu mudahnya suami istri mengambil keputusan untuk mengakhiri perkawinan yang awalnya mereka dasari dengan cinta itu. Perceraian tidak dikehendaki Tuhan, karena merusak tatanan kehidupan yang sudah diberkati di hadapan Tuhan. Perceraian merugikan banyak pihak, bukan hanya suami dan istri tetapi juga ada hati anak - anak yang terluka. Karena itu ketika kita sudah berpikir untuk berpisah, mengakhiri hubungan pernikahan, pikirkanlah dan renungkanlah kembali, dengan pikiran yang jernih dan hati yang tenang. Ada hati yang harus dijaga, hati pasangan hidup yang diberikan oleh Tuhan, hati buah cinta yaitu anak - anak yang membutuhkan kasih sayang yang utuh dari mama dan papa.

Suami atau Istri yang beriman diharapkan menjadi pembawa damai sejahtera dalam keluarga. Jika suaminya atau istrinya tidak atau belum beriman, jangan diceraikan. Bawalah dia dalam doa kepada Tuhan, tuntunlah dalam pengenalan akan Firman Tuhan, tunjukkanlah kualitas hidup orang beriman, melalui tutur kata dan sikap yang membawa sukacita, supaya seisi rumah akan diberkati oleh Tuhan. Sehingga tepatlah ungkapan Paulus "suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh istrinya dan istri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya" (ayat 14). Dikuduskan berarti dipisahkan dari kehidupan yang cemar. Bila orang tua hidup kudus, maka anak - anak sebagai buah cinta akan menjadi anak -anak kudus bukan anak -anak cemar.

Jagalah kekudusan hidup sebagai pribadi yang memilih membujang, bagi yang sudah menikah tetap menjaga kekudusan perkawinan, setialah pada pasangan yang Tuhan berikan, jangan tergoda pada tawaran - tawaran yang akan merusak kebahagiaan rumah tanggamu, hiduplah sesuai dengan kehendakNya. Tuhan Yesus pasti menolong. */Amin/*





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2020
1 Korintus 7:1-16(1)
1 Petrus 4:7-19(1)
1 SAMUEL 8:1-22(1)
2 Timotius 4:1-8(1)
Amsal 8:14-21(2)
Galatia 2:1-10(1)
Ibrani 4:14-5:10(1)
Kejadian 2:8-25(2)
Kejadian 9:1-17(1)
Keluaran 20:1-17(1)
Lukas 13:22-30(1)
Matius 25:31-46(1)
MATIUS 27:45-56(1)
Matius 28:1-10(1)
Mazmur 46:1-12(1)
Nehemia 2:11-20(1)
Roma 12:9-21(1)
Roma 15:1-13(1)
Rut 4:1-17(2)
Ulangan 1:9-18(3)
Yesaya 8:23-9:6(1)
Yohanes 8:30-36(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17


Sebelum:

MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16



All Khotbah MTPJ GMIM 2020:

MTPJ Senin, 27 Desember 2020 - 2 Januari 2021 - Yesus Imam Besar Agung Kita - Ibrani 4:14-5:10

MTPJ Sabtu, 26 Desember 2020 - Natal Hari kedua - Stop Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan - Matius 2:13-18

MTPJ 13 - 19 Desember 2020 - Minggu Adven III

Siapkan Diri Menerima Raja Kemuliaan - Mazmur 24:1-10 - Minggu, 13 December 2020

MTPJ 6 - 12 Desember 2020 - Minggu Adven II

Dari tempat terkecil datang Penyelamat - Mikha 5:1-14

MTPJ 29 NOVEMBER - 5 DESEMBER 2020 (Minggu Adven 1) - Yesaya 8:23-9:6

MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31

MTPJ 22 - 28 NOVEMBER 2020 - Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:22-30

Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020

MTPJ 15 - 21 November 2020 - Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara - Roma 15:1-13

MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17

MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41

MTPJ 25 - 31 Oktober 2020 - Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

Khotbah Minggu, 25 October 2020 - Tanah, Rahmat Allah Bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu GMIM - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25

Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25 oleh Pdt. Roy Dekky Tamaweol, M.Th

MTPJ 30 September 2020 HUT ke-86 GMIM Bersinode - Tunaikanlah Tugas Pelayananmu - 2 Timotius 4:1-8

MTPJ 27 September - 3 Oktober 2020 - GMIM Gereja Misioner - Galatia 2:1-10

MTPJ 20 - 26 September 2020 - Hikmat Tuhan Membentuk Profesionalisme Kerja - Amsal 8:14-21

Khotbah GMIM Minggu, 20 September 2020 - Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja - Amsal 8:14-21

MTPJ 13 - 19 September 2020 - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 Samuel 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 13 September 2020 - Demokrasi Dalam Perspektif Iman Kristen - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 SAMUEL 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 6 September 2020 - Hidup Dalam Kasih dan Perdamaian - Roma 12:9-21

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

Khotbah GMIM Minggu, 30 Agustus 2020 - Bersama Bertanggung Jawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 23 - 29 Agustus 2020 - Demokrasi bukan Demonstrasi - Kisah Para Rasul 17:1-9

MTPJ 17 Agustus 2020 HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia - Kemerdekaan di dalam Kristus - Yohanes 8:30-36

MTPJ 16 - 22 Agustus 2020 - Hukum Tuhan sebagai Pelita Hidup - Keluaran 20:1-17

MTPJ 9 - 15 Agustus 2020 - Bersama Membangun Bangsa - Nehemia 2:11-20

Khotbah GMIM Minggu 9 Agustus 2020 - Pembacaan Alkitab: Nehemia 2:11-20 Temazflersama Membangun Bangsa. Oleh: Pdt. Drs. G.E.W Kumaat, S.Th, M.Si

MTPJ 5 Agustus 2020 (Hari Kesehatan GMIM)

MTPJ 2-8 Agustus 2020 - Berpikir, Berkata dan Bertindak Dengan Hikmat - Pengkhotbah 10:1-20

MTPJ 26 JULI - 1 AGUSTUS 2020 - Pelayanan Gereja Yang Menyembuhkan - Markus 2:1-12

MTPJ 19 - 25 JULI 2020 - Kuatkan Iman Dalam Pergumulan - Mazmur 46:1-12

MTPJ 12 - 18 Juli 2020 - Melayani Sesama berarti Melayani Tuhan - Matius 25:31-46

MTPJ 5 - 11JULI 2020 - Hargai dan Topanglah Mereka yang Bekerja Keras untuk Kebaikan - 1 Petrus 4:7-19

MTPJ 21 - 27 Juni 2020 - Hindari Perseteruan, Jadilah Berkat - Filipi 4:1-9

MTPJ 28 JUNI S/D 4 JULI 2020 - Bertolong-tolonglah Menanggung Bebanmu - 1 Korintus 16:1-9

Khotbah Paskah Minggu, 12 April 2020 - Matius 28:1-10

Khotbah Perjamuan Kudus - Jumat, 10 April 2020 - MATIUS 27:45-56

Minggu 29 Maret 2020 - KHOTBAH KETUA BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina untuk Ibadah Keluarga - YESUS DI HADAPAN MAHKAMAH AGAMA - LUKAS 22:63-71



MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(49)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2020..

Register   Login  

Pembacaan Alkitab Minggu ini GMIM 2021,   khotbah gmim Roma 2 : 1-16,   mtpj gmim 6 juni 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Tata Cara Ibadah GMIM,   TATA CARA IBADAH GMIM MEI 2021,   MTPJ GMIM 16 MEI 2021,   MATERI KATEKISASI STRUKTUR gmim,   bentuk kerjasama GMIM materi katekisasi,   Materi katekisasi bentuk bentuk kerjasama gmim,   Mtpj gmim 16-22 mei 2021 dan stola,   lirik lagu Mars guru sekolah minggu GMIM,   susunan lagu untul ibdah pemuda remaja gmim,   Renungan obor Pemuda GMIM mei 2021,   bacaan gmim 25 april 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   materi katekisasi lengkap gmim,   mtpj 11 april 2021,   TATA IBADAH GMIM,   Mars Pemuda GMIM,   tata cara ibadah gmim menggunakan NNBt,   perenungan gmim 14-20 maret2021,   lagu rohani remaja gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   susunan lagu tata ibadah gmim di minggu sengsara,   tata cara ibadah kolom gmim,   pembacaan gmim 7 maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   tata cara ibadah gmim,   Mtpj bulan februari,   Atribut GMIM,   Atribut GMIM,   mars pria kaum bapa gmim lirik,   lirik lagu HARI PERSATUAN remaja gmim,   pengajaran baptisan gmim,   buku katekisasi baptisan gmim,   mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,