gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 228 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Peran Gereja Dalam Menghadirkan Tanda-tanda Kerajaan Allah"
TEMA MINGUAN : "Jadilah Teladan"

BACAAN ALKITAB : 1 Timotius 4:1-16
Tugas Timotius dalam menghadapi pengajar sesat
4:1 Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan 4:2 oleh tipu daya pendusta-pendusta yang hati nuraninya memakai cap mereka. 4:3 Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran. 4:4 Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatupun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, 4:5 sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan oleh doa. 4:6 Dengan selalu mengingatkan hal-hal itu kepada saudara-saudara kita, engkau akan menjadi seorang pelayan Kristus Yesus yang baik, terdidik dalam soal-soal pokok iman kita dan dalam ajaran sehat yang telah kauikuti selama ini. 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. 4:8 Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang. 4:9 Perkataan ini benar dan patut diterima sepenuhnya. 4:10 Itulah sebabnya kita berjerih payah dan berjuang, karena kita menaruh pengharapan kita kepada Allah yang hidup, Juruselamat semua manusia, terutama mereka yang percaya. 4:11 Beritakanlah dan ajarkanlah semuanya itu. 4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. 4:13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar. 4:14 Jangan lalai dalam mempergunakan karunia yang ada padamu, yang telah diberikan kepadamu oleh nubuat dan dengan penumpangan tangan sidang penatua. 4:15 Perhatikanlah semuanya itu, hiduplah di dalamnya supaya kemajuanmu nyata kepada semua orang. 4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.



ALASAN PEMILIHAN TEMA

Teladan menurut kamus bahasa Indonesia artinya sesuatu yang patut ditiru. Hal yang baik untuk ditiru diharapkan tampil dari figur pemimpin yang takut akan Tuhan dan memiliki kecerdasan: spiritual, emosional dan intelektual. Menyangkut kedewasaan spriritual, usia bukanlah menjadi ukuran. Ada banyak orang Kristen dipandang dari usia menerima Injil sudah dewasa namun sifat serta sikap masih menunjukkan ke-kanak-kanakan (bnd. Ibrani 5:12,13) sebaliknya ada yang usia muda namun sudah mampu tampil sebagai figur memberi contoh teladan yang baik dan memelihara iman, tutur kata yang santun, giat beribadah, tekun berdoa suka bekerja keras, rajin belajar Firman Tuhan.  Karena itu tema minggu ini adalah "Jadilah Teladan" adalah hal yang mutlak dimiliki oleh setiap pemimpin atau pelayan dalam memimpin maupun melayani seperti yang diteladankan oleh Yesus Kristus.

 

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Surat Rasul Paulus kepada Timotius adalah surat Pastoral yang ditulis sekitar tahun 55-60 M dari Makedonia untuk menghadapi pengajar sesat yang membuat orang bisa murtad mengikuti roh penyesat dan ajaran setan-setan. (Ayat 1) tipu daya, pendusta-pendusta, (ayat 2) larangan: orang kawin, makan makanan yang diciptakan Allah, (ayat 3) ajaran sesat yang berwujud sinkristisme merupakan perpaduan dari unsur gnostik dan unsur-unsur agama Yahudi.

Isi ajaran sesat ini adalah pantangan-pantangan yang berat (agama Yahudi) dan pengetahuan yang tinggi (unsur gnostik) Timotius masih relatif muda belum punya "kuasa" rasuli (1 Timotius 4:12) karena itu Timotius oleh Rasul Paulus memberi jaminan untuk menguatkan bahwa ia sudah dididik (bahasa Yunani Entrepho) yang berarti "diberi makan" dalam soal-soal pokok iman dalam ajaran yang sehat untuk diteruskan kepada jemaat (1 Timotius  4:6) sehingga jemaat Efesus bisa mengandalkan kepemimpinan Timotius sebagai pelayan Yesus Kristus yang baik. Isi ajaran sesat yang ada di Efesus yaitu: melarang orang nikah karena menganggap seks dan nikah sebagai dosa badani (ajaran gnostik), melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah karena dianggap mengandung dosa bendawi (tradisi Yudaisme).

Ajaran ini oleh Paulus disebut ajaran sesat sebagai takhayul dan dongeng yang harus dijauhi  (1 Timotius  4:7a). Takhayul bahasa Yunani "bebolos" artinya cerita-cerita yang tercemar atau kosong. Sedang kata "dongeng" (kata Yunani muthos) artinya cerita-cerita isapan jempol yang bersifat turun-temurun dari para nenek tua. Terhadap takhyul dan dongeng Paulus perintahkan Timotius untuk menjauhi atau menolaknya.

Timotius adalah anak yang lahir dari perkawinan campur Ibu seorang Yahudi bernama Eunike dan ayah seorang Yunani. Neneknya Lois (Kisah Para Rasul 16:1). Timotius bahasa Yunani "Timotheos" artinya memuliakan. Ia sudah mengenal Kitas Suci dari kecil (2 Timotius 3:15). Timotius ditahbiskan sebagai Rasul dan menerima penumpangan tangan dari Rasul Paulus dalam sidang Penatua (1 Timotius 4:14). Pada usia 80 tahun Timotius dilontari dengan batu dan diseret di jalan karena ia berkhotbah menghalangi prosesi penyembahan berhala oleh orang-orang di Efesus.

Menurut Rasul Paulus untuk menjauhkan diri dari takhyul, dongeng nenek-nenek tua, Timotius harus terus melatih diri dengan beribadah (ayat 7). Melatih diri dalam dua hal yang berbeda (ayat 7,8) latihan badan seperti olahraga teratur, makan makanan bergizi agar kebugaran tubuh tetap terjaga namun latihan ini terbatas ketika ada di dunia. Tetapi melatih diri beribadah memiliki manfaat melampui baik untuk kini maupun untuk masa depan (ayat 8). Timotius diperintahkan "memagari" membentengi dirinya dan jemaat dengan ajaran-ajaran yang benar (ayat 6) yaitu rajin beribadah, melayani sesuai dengan karunia (ayat 7, 9, 14). Tetap berjuang dalam kebenaran Allah (ayat 10). Bertekun dalam firman dan pengajaran (ayat 11, 13, 15) dan menjadi teladan (ayat 12)

Tradisi orang Yahudi bahwa seorang yang belum berusia 40 tahun belum layak untuk suatu posisi pemimpin (band. 1 Samuel 17:33). Karena itu Rasul Paulus meminta Timotius untuk tampilkan peran sekalipun masih relatif muda tapi terampil sebagai pemimpin dewasa yang memberi teladan di tengah-tengah pelayanan di Efesus melalui karunia yang ia miliki sehingga tidak di pandang rendah. Pemberitaannya akan didengar sehingga "menyelamatkan" semua orang yang mendengar setiap perkataannya (ayat 16 band 2 Timotius 3:15) juga Timotius diingatkan supaya mengawasi dirinya dan ajarannya.
Makna dan Implikasi Firman

    Pertumbuhan gereja pada beberapa dekade sekarang ini begitu cepat dengan berbagai aliran karena itu sangat rentan terhadap munculnya ajaran-ajaran yang menyesatkan atau dapat menjadi batu sandungan bagi anggota gereja yang lain. Karena itu nasihat Rasul Paulus kepada Timotius di masa lampau menjadi peringatan bagi gereja. Berbagai doktrin ajaran seperti: Hari Tuhan, baptisan, sabat, makanan, kenikmatan/ hedonistis, kedudukan, jabatan, harta, uang, popularitas bisa menjebak pada pembenaran diri, kelompok bahkan saling menghakimi.
    Di zaman modern ini masih banyak orang Kristen percaya takhayul seperti tuyul, santet, roh-roh leluhur, cari-cari mimpi, penyembahan berhala, hobatan jampi-jampi sehingga menjadi batu sandungan dalam pelayanan gereja Tuhan. Kita percaya hanya kepada Yesus Kristus orang percaya diselamatkan. Mari kita lakukan Firman Tuhan dengan benar supaya iman bertumbuh, sehat dan kuat sehingga tidak tertipu oleh ajaran-ajaran yang menyesatkan. Yesus Kristus mengajarkan bahwa Dia datang supaya manusia mempunyai hidup dalam segala kelimpahan.
    Taatilah dirimu dalam beribadah. Data empiris membuktikan kehadiran warga jemaat GMIM dalam beribadah tiap minggu 40-50 %. Marilah terus melatih diri dalam hal ibadah agar jemaat memagari/ membentengi diri dengan Firman Tuhan supaya tidak muda diombang-ambingkan oleh rupa-rupa ajaran yang menyesatkan.
    Marilah terus melatih diri dengan rajin beribadah, tekun berdoa, giat baca Firman Tuhan, terus bekerja keras, suka mengucap syukur. Karena dengan berbuat demikian, engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau.
    Sebagai gereja marilah terus waspada untuk mengawasi anak-anak remaja, pemuda yang tidak saja berkaitan dengan ajaran, tetapi masalah penyakit sosial masyarakat yang ada di depan mata seperti narkoba, seks bebas, LGBT, Materialisme, penggunaan media elektronik, media sosial yang merusak moral, bahaya radiasi akibat berjam-jam dihadapan layar elektronik.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

    Apa tugas orang Kristen menghadapi pengajar-pengajar sesat menurut 1 Timotius 4:1-16?
    Mengapa warga gereja sangat rentan dipengaruhi oleh ajaran-ajaran kepercayaan takhayul?
    Bagaimana melatih, mengajar, membimbing warga gereja agar tidak lalai mempergunakan berbagai karunia Tuhan?

NAS PEMBIMBING : 2 Timotius 2:15-16

 POKOK - POKOK  DOA :

    Usaha gereja melatih warga jemaat supaya setia dalam beribadah, rajin baca Firman Tuhan, tekun berdoa, giat berkerja keras dan sadar dalam mempersembahkan korban syukur.
    Pelayan khusus maupun pemimpin jadi teladan dalam kehidupan sehari-hari.
    Gereja di dunia termasuk GMIM supaya terus menyebarkan api injil ke seluruh dunia.
    GMIM akan merayakan 85 tahun bersinode.
    Pemerintah Republik Indonesia, bangsa-bangsa di dunia untuk memelihara perdamaian dunia serta keselamatan lingkungan hidup.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

HARI MINGGU BENTUK IV

 NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: NNBT  No. 5 Sorak-sorailah

Pembukaan: KJ No. 426 Yesus Menginginkan Daku

Pengakuan Dosa: NNBT No. 10 Ya Tuhan Yang Kudus

Berita Pengampunan: NNBT No 26 Tuhan Yesusku, Mutiara Hatiku

Ses Pembacaan Alkitab: KJ No. 54 Tak Kita Menyerahkan

Persembahan: KJ No. 407 Tuhan Kau Gembala Kami

Penutup: KJ.No. 438  Jika Padaku Ditanyakan

 

ATRIBUT :

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang





Daftar Label dari Kategori MTPJ 2019
1 Tawarikh 17:16-27(1)
1 Tawarikh 6:31(1)
Bilangan 27:1-11(1)
Bilangan 27:1-2(1)
Efesus 2:11-22(1)
Lukas 15:11-32(1)
Maleakhi 3:1-12(1)
Markus 1:1-8(1)
Mazmur 128:1-6(1)
Mazmur 146:1-10(1)
Mazmur 37:34-40(1)
Mazmur 96:1-13(1)
Roma 13:1-7(1)
Ulangan 15:12-18(1)
Wahyu 21:9-27(1)
Yeremia 29:1-14(1)
Yeremia 29:1-3(1)
Yohanes 3:16-18(1)
Zakharia 8:1-19(2)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19


Sebelum:

MTPJ 15 - 21 September 2019 - Bangkitlah, Jadilah Terang - Yesaya 60:1-22



All MTPJ 2019:
MTPJ Minggu, 29 Desember 2019 s/d Sabtu, 4 Januari 2020 - /Nyanyikanlah dan Ceritakanlah: Allah adalah Raja atas Kosmos - Mazmur 96:1-13



MTPJ Selasa, 24 Desember 2019 (Malam Natal - Anak Allah Datang Memberi Hidup Kekal - Yohanes 3:16-18 Penjelasan Ayat



MTPJ Minggu 22- Sabtu 28 Desember 2019 Minggu Adven 4 - Kedatangan Mesias Untuk Melayani - Markus 1:1-8



MTPJ 8-14 Desember 2019 (Minggu Adven 2) - Kembalilah Kepada-Ku, Aku Akan Kembali Kepada-Mu - Maleakhi 3:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 1-7 Desember 2019 - Allah Datang untuk Merangkul dan Memulihkan - Mikha 4:6-14 - Minggu Adven 1



MTPJ 17-23 November 2019 - Tuhan itu Baik pada Umat-Nya, tetapi Menghukum Lawan-Nya - Nahum 1:1-8



MTPJ 10-16 November 2019 - Mengamalkan Iman dengan Tidak Memandang Muka - Yakobus 2:1-13



MTPJ 03-09 November 2019 - Diusir dari Taman Kebahagiaan - Kejadian 3:1-24



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 22 - 28 September - Jadilah Teladan - 1 Timotius 4:1-16



MTPJ 15 - 21 September 2019 - Bangkitlah, Jadilah Terang - Yesaya 60:1-22



MTPJ 8 - 14 September 2019 - Rumah Sorgawi Bagi yang Setia - Wahyu 21:9-27



RHK Minggu, 1 September 2019 - Pemimpin yang Berintegritas - Ezra 8:15



MTPJ 25 - 31 Agustus 2019 - Penatalayanan yang Profesional - 1 Tawarikh 6:31-53



RHK Minggu, 25 Agustus 2019 - Pujian Jemaat untuk Tuhan - 1 Tawarikh 6:31



MTPJ 18 - 24 Agustus 2019 - Pemerintah adalah Hamba Allah - Roma 13:1-7



MTPJ 11 - 17 Agustus 2019 - Perjuangan Kaum Perempuan Mendobrak Tradisi Ketidakadilan - Bilangan 27:1-11



RHK Minggu, 11 Agustus 2019 - Menyelesaikan Persoalan dengan Prosedur yang Tepat - Bilangan 27:1-2



MTPJ 5 Agustus 2019 Hari Kesehatan GMIM - Kemerdekan yang Saling Membebaskan - Ulangan 15:12-18



MTPJ 4 - 10 Agustus 2019 - Mengusahakan Kesejahteraan Kota - Yeremia 29:1-14



RHK Minggu, 4 Agustus 2019 - Menjadi Pembawa Kabar Sukacita - Yeremia 29:1-3



MTPJ 28 Juli s/d 3 Agustus 2019 - Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan - Mazmur 37:34-40



MTPJ 21 - 27 Juli 2019 - Beribadah dan Menghormati Tuhan Mendatangkan Berkat - Imamat 26:1-13



MTPJ 23-29 Juni 2019



MTPJ 16 - 22 Juni 2019



MTPJ 10 Juni 2019 (Hari Raya Pentakosta 2) dan HAPSA P/KB GMIM



MTPJ 2 - 8 Juni 2019 - Keluarga yang Diberkati - Mazmur 128:1-6



MTPJ 19-25 Mei 2019 - Gereja yang Membangun Bangsa - Efesus 2:11-22



MTPJ 12 - 18 Mei 2019 - Berdoa untuk Keluarga - 1 Tawarikh 17:16-27



MTPJ 5 - 11 Mei 2019 - Pemulihan yang Holistik - Yehezkiel 47:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 22 April 2019 Hari Raya Paskah II & Hari Persekutuan Pemuda GMIM



MTPJ 14 - 20 April 2019 (Minggu Sengsara VI) - Yohanes 18:38b-19:16a



MTPJ, 24-30 Maret 2019 Minggu Sengsara III



MTPJ, 17 - 23 Maret 2019 Minggu Sengsara II



MTPJ, 10 - 16 Maret 2019 (Minggu Sengsara I)



MTPJ 24 Feb - 2 Maret 2019 - Lebih dari Pemenang - Roma 8:28-39



MTPJ, 17 - 23 Februari 2019 - Andalkan Allah dan Bukan Manusia - Mazmur 146:1-10



MTPJ 10 - 16 Februari 2019



MTPJ Minggu, 3 Februari 2019 - Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir - Wahyu 22:6-17



MTPJ Minggu, 27 Januari 2019 - Kota yang Diberkati - Yeremia 33:1-9



MTPJ Minggu, 13 Januari 2019 - Pemeliharaan Tuhan bagi Kehidupan Manusia dan Alam - Yehezkiel 34:24-31






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah Minggu GMIM 2020(1)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip MTPJ 2019..


Register   Login  

Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,