gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : “Menjawab Panggilan Untuk Melayani”
TEMA MINGGUAN : “Kenakanlah Manusia Baru”

BACAAN ALKITAB: Efesus 4:17-32
Manusia baru
4:17 Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia 4:18 dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. 4:19 Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. 4:20 Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. 4:21 Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, 4:22 yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, 4:23 supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, 4:24 dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. 4:25 Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota. 4:26 Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu 4:27 dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. 4:28 Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan. 4:29 Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia. 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan. 4:31 Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.


ALASAN PEMILIHAN TEMA
Tanggal 31 Oktober 1517 merupakan salah satu peristiwa sejarah Gereja dimana Martin Luther menyampaikan 95 dalil sebagai respon atas sikap gereja yang menurutnya telah menyimpang dari ajaran yang benar menurut Alkitab. Oleh karena itulah tanggal 31 Oktober diperingati sebagai Hari Reformasi dan Hari Doa Alkitab dengan semboyan Sola Gratia (hanya oleh Anugerah), Sola Fide (hanya oleh Iman), dan Sola Scriptura (hanya oleh Kitab Suci). Berkaitan dengan Reformasi Gereja ini, maka motto yang di
kenal pada masa itu yang terus menjiwai pelayanan gereja, yaitu: "Ecclesia Reformata Semper Reformanda" artinya gereja yang dibaharui senantiasa terus membaharui diri. Motto ini tidak terlepas dari Kesaksian Alkitab bahwa kehidupan kita telah diubahkan menjadi manusia baru melalui karya penyelamatan Yesus Kristus.

Diminggu ini, gereja sementara berupaya mempersiapkan pelayanan untuk periode 2022-2026 melalui terpilihnya Diaken, Penatua dan Kompelka (BIPRA) serta tahapantahapan selanjutnya. Dengan semangat hari reformasi dan hari doa Alkitab, warga gereja dihentar untuk menjalani kehidupan sebagai orang percaya dengan tema perenungan “Kenakanlah Manusia Baru”.

PEMBAHASAN TEMATIS
* Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Efesus merupakan kota terbesar kedua setelah Roma, jumlah penduduk pada abad pertama lebih dari +300.000 orang. Efesus merupakan kota penting dalam kekaisaran Romawi dan orang Yahudi banyak tinggal disana. Kota ini merupakan kota pelabuhan, perdagangan, politik dan agama. Efesus terletak di wilayah Turki dan kota ini telah lama hancur akibat gempa bumi pada tahun 614 M, yang kemudian tumpukan endapan sungai Cayster.

Rasul Paulus tinggal di Efesus selama dua tahun (Kisah Para Rasul 19:10) dalam perjalanan Pekabaran Injil ketiga, yang sebelumnya Paulus juga pernah perkunjung ke Efesus pada perjalanan Pekabaran Injil kedua (Kisah Para Rasul. 18:18-21). Pasal 4:17-32 lebih banyak berisi ajaran dan nasihat (Paranesis). Ayat 17-19 berkaitan dengan penegasan Rasul Paulus agar kehidupan orang percaya di Efesus tidak terpengaruh dengan latar belakang budaya dan kepercayaan penyembahan kepada dewi Artemis/Diana (dewi kesuburan melalui ritual “pelacuran suci”) maupun karakter yang tidak pantas (ay 25, 26, 28, 29, 31).

Kata “sia-sia” dalam ayat 17 ini dapat diartikan hampa dan semu, tanpa arti; karena menurut Kisah Para Rasul19:27,34, penyembahan lagi dewi Artemis ini sangat berpengaruh di Asia dan seluruh dunia (kekaisaran Romawi). Ayat 20-23 memberi penegasan bahwa orang-orang percaya di Efesus tidak sama dengan orang yang belum percaya kepada Kristus, sehingga harus ada perbedaan pikiran dan perbuatan terlebih bagi mereka yang baru belajar mengenal dan percaya kepada Kristus. Sebab kehidupan mereka telah diubahkan di dalam dan melalui Yesus Kristus yang merupakan sumber kebenaran. Kata “menanggalkan” manusia lama adalah ungkapan metafora yang menggambarkan perubahan karakteristik rohani; hal ini berkaitan dengan pertobatan dan perubahan hidup yang nampak. Sebab orang percaya harus menunjuk pembaharuan hidup; pembaharuan roh dan pikiran dalam karya Roh Kudus. Ayat 24, kalimat “mengenakan manusia baru”: punya pengertian metafora juga yang artinya hidup baru dalam Kristus (2 Korintus 5:17). Diciptakan menurut kehendak Allah dalam kebenaran dan kekudusan; perubahan hidup yang diupayakan dalam pertolongan Tuhan. Jadi orang percaya harus hidup dalam kebenaran dan kekudusan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Ayat 25-31 merupakan manifestasi dari kehidupan “manusia lama” melalui sikap, sifat, karakter dan perbuatan yang tercela: dusta, amarah dan tidak mau mengampuni; mencuri, perkataan kotor, mendukakan Roh Kudus, akar pahit, pertikaian, fitnah dan segala bentuk kejahatan. Menurut Krisostomus
(uskup Konstantinopel pada abad ke 4 M) “Kemalasan membuat orang menjadi pencuri”. Dalam pernyataan Yunani “to gar kleptein argias estin” artinya mencuri adalah akibat dari kemalasan. Jadi orang percaya bukan hanya harus bekerja keras untuk makan dan hidup, tetapi juga harus menjadi saluran berkat bagi mereka yang berkekurangan dan membutuhkan pertolongan. Ayat 32 merupakan klimaks dari ajaran Paulus tentang kehidupan sebagai “Manusia Baru” yakni: keramahtamahan, penuh kasih mesra, dan saling mengampuni. Dengan demikian ajaran Kristus tentang pengampunan dan mengampuni menjadi sangat penting, seperti ungkapan Paulus dalam akhir ayat ini yaitu: “seperti Allah di dalam Yesus Kristus yang telah lebih dahulu mengampuni kamu”.

* Makna dan Implikasi Firman
Orang percaya harus mengenakan manusia baru artinya hidup dalam pertobatan untuk terus membaharui diri dalam terang Firman Tuhan atau hidup dalam kemurnian ajaran Kristus dan dalam pertobatan yang sesungguhnya. Oleh karena itu mengimplementasikan manusia baru sebagai bentuk pembaharuan hidup harus dinampakkan dalam beberapa hal:  Kehidupan orang percaya masa kini tidak boleh terpengaruh dengan perubahan dan gaya hidup yang negatif, tetapi justru harus menjadi agen perubahan hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Menjadikan Firman Tuhan dalam Alkitab sebagai sumber kebenaran yang tidak akan pernah berubah, tetapi justru akan membawa perubahan bagi kehidupan manusia.


* Memanfaatkan kemajuan di era disrupsi ini sebagai peluang dan sarana untuk memberitakan Firman Tuhan dan kebenarannya melalui: Whatsapp, Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Zoom, dan lain sebagainnya; Bukan sebaliknya sebagai sarana untuk memfitnah, menyampaikan berita bohong (hoax), ancaman, penipuan, penyesatan, pornografi, dan perbuatan tercela lainnya yang di sebut sebagai pola hidup “manusia lama”

* Terus memaknai kehidupan dengan semangat Reformasi Gereja untuk membaharui dan menjadi berkat, sekaligus mengingatkan bahwa kebenaran Firman Tuhan dalam Alkitab adalah nilai positif yang tetap relevan dan tidak akan pernah berubah. Kita harus selalu terbuka untuk terus dibaharui dan membaharui diri menurut perkembangan zaman, termasuk dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sangat cepat berubah (Industri 4.0). Namun tidak meninggalkan esensi dan nilai dasar yaitu kebenaran dalam Firman Tuhan/Alkitab. Zaman bisa berubah namun Firman Tuhan tidak akan pernah berubah dan selalu relevan dalam setiap masa.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI

1. Apa pemahaman saudara tentang perikop bacaan ini dalam kaitan dengan tema “Kenakanlah Manusia Baru” menurut teks Efesus 4 : 17-32?
2. Mengapa kita harus menampakan sikap kita sebagai gereja yang adalah Manusia Baru di tengah perkembangan dunia masa kini ?
3. Bagaimana memberi contoh konkret tentang kehidupaN manusia lama dan manusia baru pada masa kini (di eradisrupsi)?

POKOK POKOK DOA
* Warga Gereja untuk terus hidup menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru sesuai dengan kehendak Tuhan.
* Peran warga gereja untuk menjadi agen perubahan dalam terang Firman Tuhan.
* Keesaan dan pembaharuan hidup bagi seluruh gereja di dunia dan di Indonesia sesuai dengan kebenaran Alkitab
* Keutuhan dan persatuan bangsa termasuk kerukunan antar umat beragama di Indonesia dan di sekitar kehidupan kita masing-masing.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK V
NYANYIAN YANG DIUSULKAN

Mari Menghadap Hadirat-Nya: DSL. 118 Sambutlah Bersekutu Dalam Nama-Nya:
NNBT No. 4 Naikkan Doa Pada
Allah.
Persekutuan Yang Mengaku Dosa: NNBT No. 11 Ya Allahku, Kami Mengaku Dosa
Jaminan-Nya Menguatkan : DSL. 133 Tongkatlah Ku Tuhan
Doa/Nyanyian Mohon Tuntunan Roh: KJ. No.55 Ya Sumber Kasih Roh Kudus
Berilah Yang Baik : NNBT.No. 15 Hai Seluruh Umat Tuhan
Tembang Tekad : NKB. No.111 Gereja Bagai Bahtera

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Markus 7:24-30(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 26 Desember 2021 - Dedikasi Paripurna Bagi Yesus - oleh Pdt. Vivian Ch. Aray, S.Th LIRIK
MTPJ Minggu, 26 Desember 2021 - Sabtu, 1 Januari 2022 LIRIK
MTPJ Sabtu, 25 Desember 2021 (Khotbah Natal Hari I) - Lukas 2:8-20 LIRIK
MTPJ GMIM Jumat, 24 Desember 2021 (Khotbah Malam Natal) - Lukas 2:1-7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 19 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 19 Desember - Sabtu, 25 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
Video Khotbah Minggu, 12 Desember 2021 oleh Ibu Pdt Tirsa Tairas LIRIK
MTPJ Minggu, 12 Desember 2021 – Sabtu, 18 Desember 2021 (Minggu Adven III) LIRIK
KHOTBAH KHOTBAH MTPJ GMIM Minggu, 5 Desember - 11 Desember 2021 - TERBITLAH SURYA KEBENARAN - MALEAKHI 4:1-6 - MINGGU ADVEN 1 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 28 Nopember 2021 - PENGHARAPAN AKAN KESELAMATAN – Zakharia 9:9-17 - Minggu Adven I LIRIK
MTPJ Selasa, 23 Nopember 2021 - HUT ke-84 W/KI GMIM - TEMA: Iman Ibu Menyelamatkan Keluarga - Markus 7:24-30 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 November - Sabtu, 4 Desember 2021 - Minggu Adven 1 - Tema: Pengharapan Akan Keselamatan - Zakharia 9:9-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(8)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,