gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 233 kali
Download MP3 Music
TEMA MINGGUAN : "Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah"
TEMA BULANAN : "Allah Tidak Memandang Bulu"

Bacaan Alkitab : Roma 2:1-16
Hukuman Allah atas semua orang
2:1 Karena itu, hai manusia, siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama. 2:2 Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian. 2:3 Dan engkau, hai manusia, engkau yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah? 2:4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan? 2:5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan. 2:6 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, 2:7 yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, 2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. 2:9 Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani, 2:10 tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. 2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu. 2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat. 2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan. 2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri. 2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela. 2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Sadar atau tidak sadar, seringkali kita bertindak menjadi hakim atas orang lain, menghakimi kesalahan ataupun kejahatan mereka. Menghakimi orang lain memang mudah tetapi yang tanpa disadari telah menghakimi diri kita sendiri. Realitas hidup ini kita sering melakukan hal yang sama, seperti yang dilakukan oleh orang lain kepada kita. Bahkan dapat saja apa yang kita perbuat jauh lebih jahat dari apa yang dilakukan orang lain. Fenomena yang menarik bahwa kita lebih suka dan mudah melihat kesalahan orang lain dari pada kesalahan kita. Ada pepatah mengatakan: gajah dipelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak. Artinya kebenaran seseorang yang jelas ada, tidak dibicarakan namun kesalahan yang sangat kecil dibesar-besarkan. Memang soal baik dan buruk sering dipraktekan oleh orang percaya, tetapi yang luar biasa adalah melihat dan menilai keburukan orang lain serta menjatuhkan hukuman kepada orang tersebut karena berbuat salah dan jahat. Padahal menghakimi bukanlah urusan kita manusia tapi urusan Tuhan.

Benar atau salah keputusan yang diambil orang lain bukan hak kita untuk memberikan penghakiman, melainkan ukuran yang dipakai Tuhan untuk menghakimi. Semua manusia sama di hadapan Tuhan Allah dan tidak ada yang sempurna dan istimewa. Tuhan tidak pernah membeda-bedakan kita karena status dan jabatan. Siapapun kita manusia, yang terlibat dengan kejahatan maka kita tidak akan pernah luput dari penghakiman Tuhan. Tuhan Allah akan menghakimi setiap orang tanpa pandang bulu. Dimata Tuhan kita semua sama. Karena itu alasan tersebut di atas maka tema minggu ini adalah "Allah tidak Memandang Bulu".

PEMBAHASAN TEMATIS
n Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Surat Roma diyakini ditulis oleh Rasul Paulus, ketika berada di Korintus dalam perjalanannya menuju ke Spanyol menjelang akhir pelayanan Misionaris. Kitab Roma ditulis pada tahun 55/56 M. Surat ini dialamatkan kepada jemaat Kristen Roma, yang berlatar belakang Yahudi dan Non Yahudi (Roma 1:13). Sayangnya Jemaat yang begitu dipuji-puji oleh Paulus, ternyata di dalamnya telah terjadi perpecahan. Salah satu konflik yang terjadi di jemaat Roma adalah mengenai pemahaman yang berbeda tentang siapa yang dibenarkan dan diselamatkan di hadapan Tuhan Allah? Masing-masing, baik kelompok Yahudi maupun non Yahudi menganggap diri mereka paling benar. Paulus memberi penegasan kepada mereka bahwa Injil itu adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan semua orang yang percaya kepada-Nya ( baik Yahudi maupun non Yahudi). Injil menjadi Representasi dari kekuatan Allah yang menyelamatkan.(bnd Roma 1:16)

Dalam Roma 2:1-16 Paulus ingin menasehati jemaat Kristen yang ada di Roma untuk tidak saling mengganggap diri paling benar atau diri lebih baik, lebih kudus dan suci dari yang lain. Sebab di hadapan Tuhan semua orang adalah berdosa. "semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah". (Roma 3:23 ). Di hadapan Tuhan semua manusia sama dibenarkan dan bukan hasil usaha atau perbuatan baik, tapi hanya karena anugerah semata dari Tuhan. (Roma 3:24). Selanjutnya Paulus menjelaskan tentang kata menghakimi ( Yunani: krino = hukuman, keputusan, dengan menjatuhkan, aku telah memutuskan) kata ini diulangi sampai tiga kali, mengapa? Karena Paulus sangat serius mengkritisi akan sikap hidup dari orang-orang Yahudi yang suka menghakimi orang lain, seharusnya keadaan mereka tidaklah lebih baik dari orang orang yang dihakimi (bukan Yahudi). "Hai manusia, siapapun engkau yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah" (ayat.1). Paulus menasehatkan mereka supaya tidak boleh saling menghakimi orang lain.

Tuhan Allah adalah adil dan jujur untuk menjatuhkan hukuman, kepada siapapun. Karena itu Ia berlaku adil dan benar. Tuhan menghukum menurut kebenaran, dan bukan berdasarkan latar belakang hidup, baik Yahudi atau non Yahudi (ayat 2). Perkataan engkau menghukum mereka berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya. (ayat 3). Paulus menuding orang-orang ini adalah orang orang yang jahat, sombong dan munafik. Paulus menentang pandangan yang salah, bahwa orang Yahudi tidak akan dihakimi karena mereka saleh benar dan tak berdosa. Yang paling penting untuk mereka sadari adalah kasih karunia Tuhan adalah untuk menuntun pada pertobatan.(ayat 4). Maksudnya supaya mereka meninggalkan perbuatan jahat dan kembali kepada-Nya. Memang murka Allah akan berlaku bagi mereka yang keras kepala tidak mau bertobat, yang hatinya telah mengeras seperti batu. dan bagi mereka yang hanya mencari-cari kepentingan untuk diri sendiri dan yang tidak taat pada kebenaran ( ayat 8) Namun bagi mereka yang percaya pasti diselamatkan, akan memiliki hidup kekal tetapi bagi mereka yang menolak kebenaran akan dihukum. (band. 2 Tes 2:12.)

Tuhan tidak memandang bulu untuk menghukum, baik orang Yahudi dan Yunani yang berbuat jahat. Tetapi Tuhan akan menyatakan kemuliaan, kehormatan dan sejahtera bagi mereka yang berbuat baik. Kemudian kata memandang bulu (Yunani: prosopolepsia = memandang bulu, memandang muka memandang orang) Allah tidak memandang bulu, tidak memandang muka, dan tidak memandang orang. Paulus ingin mempertegas bahwa semua orang sama di hadapan Tuhan. Dan Tuhan tidak membeda-bedakan orang Yahudi dan non Yahudi, semua istimewa di hadapan Tuhan. Tuhan memperlakukan semua orang sama, apakah orang Yahudi dan non Yahudi. (ayat 9-11). Tuhan menghukum manusia tanpa membeda-bedakan latar belakang bangsa karena Yahudi dan non Yahudi, yang memiliki Taurat atau tidak. Tuhan mengetahui isi hati, apakah terbuka untuk Kristus atau menolak dan mengeraskan hati. Hukum Taurat bukan untuk membenarkan diri tetapi untuk mengetahui apakah orang tersebut berbuat dosa atau tidak. Tuhan mengenal isi hati manusia, baik ataupun buruk, tidak ada yang tersembunyi di hadapan Dia.

n Makna dan Implikasi Firman
 Di hadapan Tuhan tidak ada manusia yang sempurna, semua telah bersalah dan jatuh ke dalam dosa (Roma 8:23). Semua manusia memiliki sisi gelap karena itu jangan pernah menganggap diri paling benar, suci dan saleh. Siapapun kita, tidak akan bisa terlepas dari penghakiman Tuhan. Hukum Tuhan akan berlaku secara adil tanpa memandang muka, tanpa memandang status dan jabatan sebab Tuhan tidak pernah memandang bulu. Tuhan tidak akan pernah memihak kepada siapapun, dan tidak akan pernah memihak orang-orang tertentu. Tuhan Yesus datang ke dalam dunia untuk menyelamatkan orang berdosa, dan sekarang Ia telah terangkat ke sorga dan akan datang kembali bukan sebagai penebus dosa dan sebagai Hakim yang adil (2 Timotius 4:1). Ingat hukuman Tuhan akan diberlakukan menurut perbuatan kita. Karena itu jagalah dan dan rawatlah hati kita supaya penghukuman tidak berlaku atas kita.

 Kita menilai dan menghakimi orang lain, mulai dari cara berpakaian, sikapnya, hartanya dan paling parah kita sering menghakimi hidup mereka. Menilai kekurangan, kelemahan dan menghakimi orang lain paling mudah dan gampang dilakukan oleh orang tertentu. Janganlah kita saling mencari-cari kesalahan orang lain apalagi meng-hakimi, sebab hak menghakimi bukan urusan manusia, tapi urusan Tuhan. (Matius 7:1 ). Kita dihadirkan Tuhan di dunia untuk menyatakan damai sejahtera dan terpanggil untuk saling melengkapi satu dengan yang lain supaya kita semua menjadi anggota gereja yang dewasa dan misioner. ( band Efesus 4:12-16 )

 Tuhan tidak memandang bulu, manusia dari latar belakang suku, bangsa, bahasa, harta dan jabatan serta kekuasaan. Siapa yang percaya dan melakukan kehendak-Nya akan diselamatkan tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum. Karena itu jangan pernah memandang rendah, meremehkan orang lain apalagi membenci hanya karena mereka berbeda dan tidak sama dengan kita. " Sebab Tuhan Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap" ( Ulangan 10:17 )

 Keselamatan bukan hanya milik orang-orang tertentu atau gereja-gereja tertentu. Sebab tidak ada gereja/lembaga yang bisa memberi jaminan tentang keselamatan. Keselamatan tidak ada di dalam gereja, tetapi gereja mengajarkan tentang keselamatan yang, bukan hasil usaha dan kerja keras manusia tetapi keselamatan adalah pemberian cuma-cuma dari Tuhan. "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri. (Efesus 2:8-9). Band. Roma 3:20,28. Karena itu keselamatan adalah anugerah terindah dari Tuhan untuk semua orang yang percaya dan Dia yang mengasihi serta melakukan kehendak Tuhan.


 Tuhan mengasihi kita bukan karena kita baik dan benar di hadapan Tuhan, tetapi oleh karena anugerah-Nya, supaya kita tidak binasa oleh dosa melainkan kita beroleh hidup kekal. (Yohanes 3:16). Cara Tuhan menyelamatkan kita ialah Dia rela menderita, tersalib dan mati di atas kayu salib di bukit Golgota untuk menebus dosa kita manusia. Untuk itu sebagai warga gereja kita diingatkan untuk meninggalkan semua perbuatan jahat dan kembali hidup di jalan Tuhan, bertobat, membaharui hati dan pikiran serta beralih dari dalam gelap kepada terang. "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang". (2 Korintus 5:17.)

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

1. Apa yang saudara pahami tentang, "Allah tidak memandang bulu" berdasarkan bacaan Roma 2:1-16?
2. Bagaimana praktek kita sebagai warga gereja untuk tidak memandang bulu ?

NAS PEMBIMBING: Ulangan 10:17

POKOK-POKOK DOA:
 Pemimpin tidak boleh memandang muka.
 Jemaat tidak saling menghakimi
 Hidup toleransi antar agama dan antar gereja serta golongan agama.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK III

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Nyanyian Masuk : KJ No. 2 Suci, Suci Suci
Nas Pembimbing : NNBT No.30 Allah Tuhan Kekuatanmu
Pengakuan Dosa : DSL 141. Iringlah Tuhan Dalam T'rang
Pemberitaan Anugerah Allah: NNBT No.7 Mari Puji Tuhan Yesus
Ses Pembacaan Alkitab: KSK. 38 Harap Saja pada Allah
Persembahan: NKB No. 197 Besarlah Untungku
Nyanyian Penutup: Alangkah Indah Hidup Rukun

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Markus 7:24-30(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16


Sebelum:

MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18



All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 26 Desember 2021 - Dedikasi Paripurna Bagi Yesus - oleh Pdt. Vivian Ch. Aray, S.Th LIRIK
MTPJ Minggu, 26 Desember 2021 - Sabtu, 1 Januari 2022 LIRIK
MTPJ Sabtu, 25 Desember 2021 (Khotbah Natal Hari I) - Lukas 2:8-20 LIRIK
MTPJ GMIM Jumat, 24 Desember 2021 (Khotbah Malam Natal) - Lukas 2:1-7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 19 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 19 Desember - Sabtu, 25 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
Video Khotbah Minggu, 12 Desember 2021 oleh Ibu Pdt Tirsa Tairas LIRIK
MTPJ Minggu, 12 Desember 2021 – Sabtu, 18 Desember 2021 (Minggu Adven III) LIRIK
KHOTBAH KHOTBAH MTPJ GMIM Minggu, 5 Desember - 11 Desember 2021 - TERBITLAH SURYA KEBENARAN - MALEAKHI 4:1-6 - MINGGU ADVEN 1 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 28 Nopember 2021 - PENGHARAPAN AKAN KESELAMATAN – Zakharia 9:9-17 - Minggu Adven I LIRIK
MTPJ Selasa, 23 Nopember 2021 - HUT ke-84 W/KI GMIM - TEMA: Iman Ibu Menyelamatkan Keluarga - Markus 7:24-30 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 November - Sabtu, 4 Desember 2021 - Minggu Adven 1 - Tema: Pengharapan Akan Keselamatan - Zakharia 9:9-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(8)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,