gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 394 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah"
TEMA MINGGUAN : "Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia"
Bacaan Alkitab : Mazmur 7:1-18

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Tiada hari tanpa berita kekerasan dan kejahatan yang terjadi. Ketidakadilan dalam berbagai aspek kehidupan terjadi di berbagai tempat di belahan bumi ini. Berbagai alasan di balik tindakan kekerasan antara lain karena sakit hati, dendam, jabatan/kedudukan, dan materi. Yang sangat menyedihkan, sering ketidakadilan dilakukan dengan alasan untuk sebuah kebaikan seperti membenarkan tindakan, memperjuangkan keadilan walau tanpa perikemanusiaan. Salah menjadi benar asalkan untuk kepentingan banyak orang. Bahkan ada kekerasan dilakukan sekelompok orang mengatasnamakan agama dan keyakinan.

Banyak yang telah menjadi korban ketidakadilan sehingga penderitaan, ketakutan, dan kehilangan peng-harapan akan masa depan. Di tengah kejahatan yang tiada habisnya, keadilan Allah seringkali dipertanyakan. Bagaimana sikap Allah terhadap segala kejahatan yang terjadi di dunia ini dan apa tindakan Allah terhadap ketidakadilan dan kelaliman manusia? Pasti Allah yang adil, menyatakan kuasa-Nya, kepada siapapun manusia tanpa dapat dipengaruhi oleh dunia ini. Karena itu keadilan Allah hanya dapat dipahami manakala kita kembali pada kesaksian Alkitab. Keadilan Allah telah ada bahkan sebelum dunia dijadikan. Keadilan Allah tetap akan ada karena memang demikianlah yang Allah kehendaki. Keadilan Allah mencerminkan kepribadian Allah yang adil. Dalam keadilan-Nya, tak ada keputusan-Nya yang keliru dan selalu tepat dan Ia tidak pernah berkompromi dengan segala kejahatan. Untuk itulah tema minggu ini adalah "Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman manusia".

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Mazmur 7, adalah mazmur dari Daud, yang merupakan nyanyian ratapan (ratapan berarti tangisan yang disertai dengan kata-kata). Nyanyian ratapan (Ibrani: Shiggayown) hanya digunakan dalam Mazmur 7:1 dan Habakuk 3:1. Kata "Shiggayown" menggambarkan realita kehidupan pemazmur yang penuh dengan airmata dan kepedihan yang kemudian disyairkan menjadi satu nyanyian. Pemazmur berada dalam situasi itu disebabkan oleh Kush, orang Benyamin. Suku Benyamin adalah salah satu suku dari dua belas suku Israel. Nama suku ini mengikuti nama anak bungsu Yakub dan Rahel (Kejadian 35:16-17). Kush, dari suku Benyamin tidak muncul dalam cerita-cerita tentang Daud. Yang jelas Kush, orang Benyamin ini membuat Daud dikejar-kejar untuk dihabisi.

Ayat 2-3. Pemazmur menempatkan dirinya di bawah perlindungan Allah dan memohon keselamatan dari Allah terhadap orang-orang yang mengejarnya. Dengan berucap: "Ya Tuhan, Allahku, pada-Mu aku berlindung; selamatkanlah aku" Pemazmur mengakui keterbatasannya sebagai manusia sekaligus mengakui kebesaran Tuhan. Upaya orang-orang ini, digambarkan seperti singa yang menerkam dan menyeret mangsanya. Singa, binatang buas, menangkap mangsanya dengan cara menerkam, melompat dan menubrukkan badannya lalu mencekam, memegang erat-erat dengan cakar. "Dengan tidak ada yang melepaskan" (Ibrani: ayin natsal) maksudnya dengan tidak seorangpun akan menyelamatkan/ memberi pertolongan.

Ayat 4-6. Pemazmur tidak hanya meminta keadilan Tuhan dinyatakan, tapi ia meminta Tuhan menghukumnya bilamana ia tidak memberlakukan keadilan Allah. "Jika ada kecurangan di tanganku" maksudnya kecurangan dipandang sebagai perbuatan yang melekat pada tangan seperti halnya dusta merupakan perbuatan jahat yang melekat pada mulut seseorang (band 1 Samuel 24:12; Yesaya 1:15). Kecurangan (Ibrani: evel) berarti berbohong, menipu, memperdaya orang. Melakukan yang jahat terhadap orang yang hidup damai dengan aku" (Ibrani: shalam) dapat juga berarti menyalah-gunakan hubungan baik yang telah terbangun. "Merugikan" (Ibrani: chalats) berarti mempersenjatai diri. "Merugikan orang yang melawan aku dengan tidak ada alasannya" berarti mempersenjatai diri untuk melawan musuh tanpa alasan. Berbuat curang, melakukan yang jahat, merugikan orang berarti tidak hidup dalam keadilan Allah. Bagi pemazmur, siapapun yang berbuat demikian patut mendapat peng-hukuman Allah; tidak terkecuali pemazmur. Tanpa keraguan, Pemazmur meminta Tuhan menghukumnya bilamana ia berbuat jahat, melalui serangan musuh yang menangkap dan menginjak-injak hidupnya ke tanah dan menaruh kemuliaannya ke dalam debu. Bagi Pemazmur, kekalahan terhadap musuh dipandang bukan karena kekuatan dan kehebatan musuh tapi karena Allah menyerahkannya kepada musuh. Ketika jatuh ke tangan musuh, kehormatan tercabut dan nama baiknya lenyap. Pada pemahaman Pemazmur, tidak seorang pun yang berlaku jahat luput dari penghukuman Allah karena penghukuman Allah itulah keadilan Allah.

Ayat 7-12. Pemazmur memohon kepada Tuhan untuk segera bertindak bangkit, berdiri, bangun, untuk melawan segala kejahatan dan ketidakadilan. Tuhan Allah adalah Hakim bagi segala bangsa. Hakim (Ibrani: Shaphat) adalah seseorang yang menegakkan keadilan dan kebenaran dengan cara mengadili, menghukum orang yang bersalah dan meneguhkan orang yang benar. "meneguhkan" (Ibrani: kuwn) berarti menegakkan, mengokohkan. "Bertakhtalah" (takhta berarti singgasana atau kursi duduk resmi bagi
penguasa untuk menjalankan tugas) dan "Tuhan mengadili" merupakan ungkapan pemazmur menggambarkan Allah sebagai Hakim. Sama seperti ungkapan Rasul Paulus, dalam Roma 14:10b menuliskan "Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah."Sebagai Hakim, Allah adalah Hakim yang adil dan yang murka (sangat marah) setiap saat. Tentunya kemurkaan Allah muncul karena kejahatan, kelaliman, ketidakadilan yang terjadi. Bagi orang-orang yang tulus hati, Allah adalah perisai. Perisai adalah perlengkapan perang yang bermanfaat untuk mempertahankan diri dari serangan musuh. Perisai seringkali disalut dengan emas atau tembaga (2 Samuel 8:7; 1 Raja-raja 14:27). Ada juga yang dibuat dari kayu berbentuk persegi panjang. Perisai terbungkus kain tebal atau kulit binatang dan dilumuri minyak (2 Samuel 1:21; Yesaya 21:5) atau direndam di dalam air sebelum digunakan, sehingga ketika panah api menghujam perisai, panah api itu padam.

Ayat 13-17. Inilah keadilan Allah. Tidak seorangpun yang melakukan ketidakadilan akan bebas dari peng-hukuman. Orang yang melakukan kejahatan, disadari atau tidak, sedang membawa diri mereka pada penghukuman Allah. Pedang, busur dan anak panah merupakan peralatan perang untuk menyerang lawan. Bagi mereka yang melakukan kejahatan, senjata itu akan seperti kata pepatah "senjata makan tuan". Artinya sesuatu yang direncanakan untuk mencelakakan orang lain berbalik mengenai diri sendiri. Dengan orang terperosok ke dalam lobang, pasti orang itu tidak dapat menyelamatkan dirinya. Tapi bagi mereka yang lalim/bertindak sewenang-wenang, akan seperti kata pepatah "barang siapa menggali lubang, ia akan terperosok ke dalamnya." Artinya siapa yang berbuat jahat terhadap orang lain, maka dialah yang akan mendapat celaka akibat perbuatannya. Ayat 18. Pemazmur menutup nyanyian ratapannya dengan ucapan syukur, dimana hanya Allah yang sanggup melindungi dan menyelamatkannya, karena Allah adalah Tuhan yang Mahatinggi. Dan alasan inilah pemazmur bersyukur karena Tuhan itu adil bahkan di tengah kejahatan dan kelaliman manusia.

Makna dan Implikasi Firman
* Allah adalah Hakim yang adil. Sebagai Hakim, Allah meneguhkan orang benar dan mendatangkan penghukuman bagi yang bersalah. Penghukuman dari Allah tidak memandang orang termasuk umat Tuhan yang melakukan ketidakadilan, tidaklah luput dari penghukuman Allah. Karena penghukuman Allah itulah keadilan Allah. Penghukuman cepat atau lambat akan berlaku.  Allah adalah tempat berlindung juga saat dalam penderitaan. Apalagi dewasa ini sering saja ada orang yang suka membenci dan mempersalahkan kita tanpa sebab. Namun sebagai orang percaya kita andalkan Tuhan Allah dalam Yesus Kristus sumber kelepasan kita.

* Sebagai gereja yang adalah persekutuan orang-orang percaya kepada Tuhan Yesus selalu saja ada badai dan gelombang yang sering menerpa kita seperti Covid 19. Namun kita percaya Tuhan akan selalu menolong dan melindungi gereja-Nya. Waspada dalam pelayanan, karena ada saja iblis suka merongrong orang percaya, supaya jatuh pada perbuatan jahat dan kelaliman. Sebagai warga gereja kita harus perbanyak meditasi dan doa di rumah dan dimana saja kita berada.

* Allah sebagai Hakim tidak akan pernah berpihak pada ketidakadilan dan kelaliman sekalipun itu dilakukan dengan dalih untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Siapapun orangnya, termasuk korban dari suatu ketidakadilan, tak akan dapat dibenarkan memperjuangkan keadilan itu dengan cara melakukan ketidakadilan. Karena di hadapan Tuhan, salah adalah salah dan benar adalah benar dan Allah tidak pernah berkompromi dengan kejahatan.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:
1. Bagaimana Daud menghadapi situasi ketidakadilan dan kelaliman yang dilakukan Kush, orang Benyamin ?
2. Bagaimana kita memahami keadilan Allah di tengah kejahatan yang tiada habisnya, berdasarkan perikop bacaan kita dalam Mazmur 7:1-18?
3. Apa peran gereja dalam menerapkan keadilan Allah?

POKOK-POKOK DOA:
 Jemaat dimampukan melakukan kebenaran, keadilan dan kebaikan.
 orang-orang yang menjadi korban ketidakadilan.
 Bagi mereka yang bertindak sewenang-wenang, yang melakukan kejahatan dan kelaliman supaya bertobat

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK II

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Kemuliaan Bagi Tuhan: NNBT No. 2 Dunia Tercipta Oleh Kar'na Tuhanmu
Doa Penyembahan: NKB No.34 Setia-Mu Tuhanku, Tiada Bertara
Pengakuan Dosa: KJ No. 467 Tuhanku Bila Hati Kawanku
Janji Anugerah Allah: NKB No. 195 Kendati Hidupku Tent'ram Dan Senang.
Puji-pujian: NNBT No. 9 Ku Akan Selalu Bersyukur
Ses Pemb Alkitab: KJ No. 52 Sabda Tuhan Allah
Pengakuan Iman: KJ No.280 Aku Percaya
Persembahan: KJ No. 367 Pada-Mu Tuhan Dan Allahku
Nyanyian Penutup: NNBT No. 34 Tuhanlah Perlindunganmu

ATRIBUT
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.







Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Markus 7:24-30(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 26 Desember 2021 - Dedikasi Paripurna Bagi Yesus - oleh Pdt. Vivian Ch. Aray, S.Th LIRIK
MTPJ Minggu, 26 Desember 2021 - Sabtu, 1 Januari 2022 LIRIK
MTPJ Sabtu, 25 Desember 2021 (Khotbah Natal Hari I) - Lukas 2:8-20 LIRIK
MTPJ GMIM Jumat, 24 Desember 2021 (Khotbah Malam Natal) - Lukas 2:1-7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 19 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 19 Desember - Sabtu, 25 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
Video Khotbah Minggu, 12 Desember 2021 oleh Ibu Pdt Tirsa Tairas LIRIK
MTPJ Minggu, 12 Desember 2021 – Sabtu, 18 Desember 2021 (Minggu Adven III) LIRIK
KHOTBAH KHOTBAH MTPJ GMIM Minggu, 5 Desember - 11 Desember 2021 - TERBITLAH SURYA KEBENARAN - MALEAKHI 4:1-6 - MINGGU ADVEN 1 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 28 Nopember 2021 - PENGHARAPAN AKAN KESELAMATAN – Zakharia 9:9-17 - Minggu Adven I LIRIK
MTPJ Selasa, 23 Nopember 2021 - HUT ke-84 W/KI GMIM - TEMA: Iman Ibu Menyelamatkan Keluarga - Markus 7:24-30 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 November - Sabtu, 4 Desember 2021 - Minggu Adven 1 - Tema: Pengharapan Akan Keselamatan - Zakharia 9:9-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Berita GMIM 2022(2)
Contoh Doa GMIM(7)
Contoh Tata Ibadah GMIM(28)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(65)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
Lagu Rohani GMIM(1)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(124)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(7)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1036,   renungan gmim untuk ibadah remaja,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1852,   khotbah gmim Filemon 1 : 4-22,   buku lagu pemuda gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   teks mars pria kaum apa gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,