gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 291 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Ketaatan Melaksanakan Kehendak Allah adalah Wujud Kedewasaan Iman"
TEMA MINGGUAN : "Belajar Dari Orang Berhikmat"

BACAAN ALKITAB: 1 Raja-Raja 10:1-13

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Ada ungkapan berkata: "Long Live Education", Belajar adalah proses yang berlangsung seumur hidup. Orang disebut pintar apabila lulus sekolah atau kuliah dengan predikat sangat memuaskan atau Cum Laude. Terutama jika pelajaran Ilmu Pasti Alam dan Matematika mendapat nilai A. Walaupun pada kenyataannya tidak semua orang pintar di sekolah, sukses dalam kehidupan. Untuk meraih suatu kesuksesan hidup sangat ditentukan pada kecerdasan seseorang dalam menghadapi dan mengatasi suatu persoalan. Cerdas adalah perkembangan akal budi yang sempurna (KBBI) untuk berpikir, memahami dan merasakan. Akal budi yang sempurna dimiliki oleh orang yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual, merekalah yang disebut bijaksana. Kebijaksanaan atau hikmat terpancar dari orangorang yang berhasil dalam menyikapi suatu persoalan dengan baik dan benar. Karena itu belajar di sekolah dan perguruan tinggi itu penting. Namun akan menjadi lebih sempurna lagi apabila kita terus belajar dari kehidupan bersama dengan Tuhan. Hidup dan belajar bersama dengan Tuhan memungkinkan kita semakin mengerti tentang nilai-nilai kehidupan manusia, alam serta kehendak Tuhan. Sebab proses kehidupan untuk menjadi manusia yang bijaksana selalu menuntut seseorang untuk tidak pernah berhenti untuk belajar dan belajar sehinga dapat menjadi bijaksana dengan manusia, alam serta Tuhan. Belajar Dari Orang Berhikmat adalah suatu keharusan untuk menjadi bijaksana.

PEMBAHASAN TEMATIS
* Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kitab 1 dan 2 Raja-raja merupakan bagian dari kitab Perjanjian Lama, dan termasuk dalam Alkitab Yahudi yaitu Thora/Tanak. Kitab Raja-raja ditulis sekitar tahun 560-540 SM. Siapa penulis kitab Raja-raja tidak di disebutkan secara jelas siapa, hanya dalam tulisan ini berlaku suatu pengakuan berdasarkan tradisi bahwa kitab ini ditulis oleh Yeremia. Kitab


1 Raja-raja ini masih kelanjutan dari kitab 1 dan 2 Samuel yang diawali dengan kisah kenaikan Salomo menjadi raja setelah kematian Daud. Kisah ini berawal dari kerajaan yang bersatu tapi juga diakhiri dengan kerajaan yang terbelah menjadi dua yakni Yudea dan Israel. Hal itu boleh terjadi sebagai akibat dari kekerasan hati raja Rehabeam yang lebih mendengar nasihat-nasihat dari penasihat yunior dibandingkan dengan penasihat senior. Kitab 1 Raja-raja 10:1-13 termasuk pada pembagian pertama dalam kitab Raja-raja. Dimana pasal 1-11 berisi tentang Pemerintahan Salomo, sedangkan 1 Raja- raja pasal 12 sampai 2 Raja-raja pasal 17 (1Raja-raja 12: 1- 2 Raja-raja 17:29) berisi tentang Kerajaan yang terpecah. Kitab 1Raja-raja 10:1-13, lebih pada menceritakan tentang pemerintahan dizaman raja Salomo, lebih khusus pada kedatangan ratu Syeba ke Yerusalem untuk membuktikan kemasyuran dan kebesaran peme-rintahan dan kepemimpinan Salomo sebagai raja Israel. Kedatangan ratu negeri Syeba menemui Salomo karena kemashyurannya sebagai orang berhikmat. Untuk apa ia datang? Ia hendak mengujinya dengan teka-teki.

Kata Ibrani teka-teki : חידה : chydh: khee-daw' juga berarti peribahasa; pepatah; pertanyaan sulit. Alkitab King James Version menerjemahkan dengan kata hard question: pertanyaan sulit atau teka-teki tentang misteri kehidupan. Ia datang dari jauh, kurang lebih 1.500 mil (1 mil=1,6 km) dari Yerusalem untuk mencari jawaban atas kegelisahannya tentang teka-teki misteri kehidupan. Setelah ia sampai kepada Salomo, dikatakannyalah segala yang ada dalam hatinya kepadanya. Artinya kekuasaan dan kekayaan telah dimilikinya, namun kegelisahan bagaimana menjawab tekai-teki misteri kehidupan agar hidup bahagia belum didapatnya. Setelah mendengar jawaban Salomo dan melihat bagaimana ia menata kehidupan berdasarkan hikmat: rumah yang telah didirikannya, Makanan dimejanya, cara duduk pegawaipegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, minumannya dan korban bakaran yang biasa dipersembahkannya di rumah TUHAN, maka tercenganglah ratu itu. Ayat 4-5: Arti kata Hikmat dalam bahasa Ibrani: khokh-mah, "h k m ", kata benda: hokmah adalah kebijaksanaan, sedangkan kata sifat: bijak, bijaksana, bahasa Yunani " so-fi‟a, bah. inggris: wise artinya pengertian atau pemahaman. Ratu menjadi percaya tentang berita kemahsyuran hikmat dan kemakmuran Salomo setelah mendengar dan melihat bagaimana ia menerapkan hikmat dalam kehidupan keseharian bangsa Israel. Bukan hanya percaya, tetapi tercengang. Merasa kagum dan takjub, luar biasa.

Ayat 6-7: Ternyata bagi sang ratu kekayaan tidak menjamin kemakmuran dan kebahagiaan sehingga ia tercengang: kagum dan takjub dengan kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Israel oleh karena hikmat raja Salomo.(ayat 8). Kendati sang ratu percaya kepada dewa-dewinya, akan tetapi setelah mendengar, melihat dan merasakan suasana kemakmuran dan kebahagiaan bangsa Israel maka terucaplah pengakuan iman memuji kebesaran Tuhan Allah Israel. Yang menarik ialah sang ratu menyimpulkan bahwa manifestasi hikmat adalah melakukan keadilan dan kebenaran. Ayat 10-13: Menceritakan proses pertukaran hadiah antara raja Salomo dan ratu Syeba. Pertukaran hadiah antara raja Salomo dan ratu Syeba dimasa itu telah menjadi tradisi atau kebiasaan. Dimana dalam tradisi ini kedua belah pihak wajib untuk saling memberikan hadiah sebagai bentuk pengakuan dan penghormatan terhadap pemerintahan masing-masing, tapi juga sebagai bentuk kerja sama dari kedua kerajaan ini. Adapun hadiah yang diberikan bukan hanya sembarang hadiah, tapi harus yang menunjukkan keunggulan dari produk atau hasil kekayaan masing-masing kerajaan.

* Makna dan Implikasi Firman
* Perkataan dan perbuatan orang yang mendapatkan kasih karunia Tuhan Allah (ayat 9) seperti rumah kaca begitu transparan, terdengar, terlihat dandapat dirasakan suasana damai sejahtera oleh orang lain. Kemakmuran dan kebahagiaan terwujud oleh karena diterapkannya keadilan dan kebenaran atas dasar hikmat Tuhan Allah.
* Kekuasan dan kekayaan ratu negeri Syeba tidak dapat menjawab kegelisahannya atas teka-teki misteri kehidupan tentang bagaimana meraih hidup makmur dan bahagia. Semangat dan antusias sang ratu mencari jawab menuntut pengorbanan waktu, tenaga dan materi. Ia dan rombongan harus menempuh jarak kl. 2.400 km dengan membawa berbagai barang berharga sebagai harga yang harus dibayar untuk memperoleh jawaban atas kegelisahan tentang misteri kehidupan itu.
* Hal yang sangat menarik adalah Yesus Kristus mengutip bagian Alkitab ini seperti yang diungkapkan dalam Matius 12:42 "Ratu dari selatan akan bangkit bersama-sama generasi ini pada hari penghakiman dan akan menghukumnya karena ia datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo. Dan, lihat, yang lebih besar daripada Salomo ada disini." "Lihat yang lebih besar dari Salomo ada di sini!".

Sehebat dan terkenalnya hikmat Salomo tidak lebih besar dari Yesus Kristus. Sebab, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah. (1 Kor.1:24) Jika Salomo dapat menjawab teka-teki misteri Kehidupan yang menjadi kegelisahan ratu negeri Syeba, maka Yesus Kristus yang adalah hikmat Allah adalah jawaban dari semua persoalan hidup. Dalam Yesus Kristus ada jawaban atas kegelisahan dan harapan hidup orang percaya.

Sekarang ini semakin banyak orang yang beranggapan, uang dan kekuasaan sebagai syarat kemakmuran dan kebahagiaan. Padahal pengalaman ratu negeri Syeba sebaliknya. Bahwa tanpa hikmat, uang dan kekuasaan mendatangkan kegelisahan dan kehampaan. Karena itu, Tuhan Yesus berkata, "janganlah mencari barang apa yang hendak kamu makan, dan yang hendak kamu minum, janganlah kamu bimbang. Karena semuanya ini dituntut oleh orang kafir di dalam dunia ini; tetapi Bapamu terlebih mengetahui akan hal itu perlu bagi kamu. Tetapi carilah kerajaan-Nya, maka sekaliannya itu ditambahkan kepadamu (Lukas 12:29-31). Carilah dan belajarlah terus mencari hikmat dari sumber hikmat yaitu Yesus Kristus agar hidup kita makmur dan bahagia.


PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

Apakah maksud tema "Belajar dari orang berhikmat" menurut 1 Raja-raja 10
: 1-13 ?

Menurut pengamatan saudara di era four point zero (4.0) umat lebih memilih hikmat atau kekayaan. Jelaskan!

NAS PEMBIMBING: Amsal 1:7

POKOK-POKOK DOA :
* Berdoa untuk pemimpin-pemimpin bangsa agar menjadi pemimpin yang berhikmat.
* Berdoa bagi Gereja untuk tetap menjadi tempat melatih umat untuk berhikmat.
* Berdoa bagi umat agar menjadi umat yang selalu mengejar hikmat dari Tuhan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

HARI MINGGU BENTUK I.

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Panggilan Beribadah: KJ.No.4 Tuhan Allah Nama-Mu

Ses. Nas. Pembimbing: NKB No.3 Terpujilah Allah
Ses. Pengakuan Dosa: KJ.No.29 Di Muka TuhanYesus.
Ses Pemberitaan Anugerah Allah. NKB No.17 Agunglah Kasih Allahku
Ses Pengakuan Iman: KJ.No.280 Aku percaya.
Hukum Tuhan: KJ.No.50a Sabda-Mu Abadi.
Pembacaan Alkitab: KJ.No.53 Tuhan Allah T‟lah Berfirman.
Persembahan: KJ.No.287a. Sekarang Bersyukur.
Nyanyian Penutup: KJ.No.413. Tuhan Pimpin Anak-Mu.

ATRIBUT:
Warna dasar putih dengan lambang bunga bakung dan salib berwarna kuning

Label:   1 Raja-Raja 10:1-13 





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Markus 7:24-30(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10


Sebelum:

MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22



All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 26 Desember 2021 - Dedikasi Paripurna Bagi Yesus - oleh Pdt. Vivian Ch. Aray, S.Th LIRIK
MTPJ Minggu, 26 Desember 2021 - Sabtu, 1 Januari 2022 LIRIK
MTPJ Sabtu, 25 Desember 2021 (Khotbah Natal Hari I) - Lukas 2:8-20 LIRIK
MTPJ GMIM Jumat, 24 Desember 2021 (Khotbah Malam Natal) - Lukas 2:1-7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 19 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 19 Desember - Sabtu, 25 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
Video Khotbah Minggu, 12 Desember 2021 oleh Ibu Pdt Tirsa Tairas LIRIK
MTPJ Minggu, 12 Desember 2021 – Sabtu, 18 Desember 2021 (Minggu Adven III) LIRIK
KHOTBAH KHOTBAH MTPJ GMIM Minggu, 5 Desember - 11 Desember 2021 - TERBITLAH SURYA KEBENARAN - MALEAKHI 4:1-6 - MINGGU ADVEN 1 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 28 Nopember 2021 - PENGHARAPAN AKAN KESELAMATAN – Zakharia 9:9-17 - Minggu Adven I LIRIK
MTPJ Selasa, 23 Nopember 2021 - HUT ke-84 W/KI GMIM - TEMA: Iman Ibu Menyelamatkan Keluarga - Markus 7:24-30 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 November - Sabtu, 4 Desember 2021 - Minggu Adven 1 - Tema: Pengharapan Akan Keselamatan - Zakharia 9:9-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(8)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,