gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 555 kali
Download MP3 Music
MTPJ 29 April s/d 5 Mei 2018

TEMA BULANAN : "Memperkokoh Sinergisme Demi Keutuhan dan Kesinambungan Pelayanan"
TEMA MINGGUAN : "Pemimpin yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi"

Bacaan Alkitab : 1 Raja-Raja 12:16-24
12:16 Setelah seluruh Israel melihat, bahwa raja tidak mendengarkan permintaan mereka, maka rakyat menjawab raja: "Bagian apakah kita dapat dari pada Daud? Kita tidak memperoleh warisan dari anak Isai itu! Ke kemahmu, hai orang Israel! Uruslah sekarang rumahmu sendiri, hai Daud!" Maka pergilah orang Israel ke kemahnya, 12:17 sehingga Rehabeam menjadi raja hanya atas orang Israel yang diam di kota-kota Yehuda. 12:18 Kemudian raja Rehabeam mengutus Adoram yang menjadi kepala rodi, tetapi seluruh Israel melontari dia dengan batu, sehingga mati, bahkan raja Rehabeam hampir-hampir tidak dapat menaiki keretanya untuk melarikan diri ke Yerusalem. 12:19 Demikianlah mulanya orang Israel memberontak terhadap keluarga Daud sampai hari ini. 12:20 Segera sesudah seluruh Israel mendengar, bahwa Yerobeam sudah pulang, maka mereka menyuruh memanggil dia ke pertemuan jemaah, lalu mereka menobatkan dia menjadi raja atas seluruh Israel. Tidak ada lagi yang mengikuti keluarga Daud selain dari suku Yehuda saja. 12:21 Ketika Rehabeam datang ke Yerusalem, ia mengumpulkan segenap kaum Yehuda dan suku Benyamin, seratus delapan puluh ribu teruna yang sanggup berperang untuk memerangi kaum Israel dengan maksud mengembalikan kerajaan itu kepada Rehabeam, anak Salomo. 12:22 Tetapi datanglah firman Allah kepada Semaya, abdi Allah, demikian: 12:23 "Katakanlah kepada Rehabeam, anak Salomo, raja Yehuda, dan kepada segenap kaum Yehuda dan Benyamin dan kepada selebihnya dari bangsa itu: 12:24 Beginilah firman TUHAN: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang melawan saudara-saudaramu, orang Israel. Pulanglah masing-masing ke rumahnya, sebab Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi." Maka mereka mendengarkan firman TUHAN dan pergilah mereka pulang sesuai dengan firman TUHAN itu.

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Realitas hidup sering mempertontonkan kepada kita rangkaian kisah dan peristiwa memilukan; ada juga yang mengenaskan, tentang para pemimpin yang tersandung kasus-kasus hukum aki-bat penyimpangan atau penyalahgunaan kekuasaan.  Memilukan,  karena ujung perjalanan bukan pada kesenangan dan kehor-matan, melainkan penderitaan dan kesukaran. Mengenaskan, sebab hukum sering dijadikan alat untuk dapat membenarkan tindakan-tindakan jahat.

Hilangnya kepekaan atas penderitaan orang lain, lemahnya ko-mitmen terhadap kepentingan bersama dan pengelolaan jabatan/ kekuasaan untuk keuntungan diri tidak hanya menghambat pen-capaian tujuan bersama, tetapi dapat menjadi pemicu timbulnya gejolak sosial yang kemudian mewujud dalam sikap penyang-kalan dan ketidak patuhan. Bahkan dapat menjadi ancaman bagi keutuhan suatu komunitas. Dalam realitas hidup seperti ini, hadirnya pemimpin-pemimpin yang bijaksana, yang mendengar aspirasi masyarakat dan peka terhadap penderitaan sesama, sangatlah diperlukan. Karena itu maka Tema: "Pemimpin Yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi" dipilih sebagai tema pemberitaan sepanjang minggu ini.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

1 Raja-Raja 12 : 16 - 24 merupakan bagian dari kisah tentang pecahnya kerajaan Israel setelah berakhirnya pemerintahan Raja Salomo. Semasa pemerintahan Raja Salomo, ada pemberlakuan kerja paksa dan pemungutan pajak tinggi yang disinyalir untuk membiayai kemewahan hidup sang raja (Bandingkan. 2 Ta-warikh. 10). Beban kerja paksa membuat masyarakat mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari, apalagi ditambah dengan beban pajak yang tinggi. Akibatnya, ada yang harus menjual harta mereka guna membiayai kebutuhan hidup dan untuk membayar pajak. Kondisi ini telah mendorong Yerobeam, Putera Nabat,  seorang pegawai Salomo yang tangkas dan rajin (1Raja-Raja. 11 : 28), menggerakkan  pemberontakan namun gagal dan akhirnya ia melarikan diri ke Mesir, menghindar dari hadangan tentara Salomo (bandingkan 1Raja-Raja 11 : 40).

Peralihan kekuasaan dari Salomo kepada anaknya Rehabeam, telah mendorong Yerobeam kembali ke Israel guna melanjutkan gerakannya. Bersama rakyat ia menghadap  Rehabeam, meminta keringanan atas beban kerja dan pajak yang berlaku semasa pemerintahan Salomo. Namun respons sang raja tak sesuai dengan harapan sebahagian besar rakyat. Nasihat para tua-tua agar sang raja memenuhi aspirasi rakyat yang disuarakan Yerobeam dikesampingkan oleh sang raja, yang lebih memilih, mendengar dan mengambil keputusan sesuai nasihat orang-orang muda yang haus akan kekuasaan. Beban yang harus ditanggung oleh rakyat bertambah (1Raja-Raja. 12 : 10 &14). Rakyat bereaksi keras terhadap keputusan raja. Reaksi itu, mencapai klimaks pada peristiwa pembunuhan Adoram, kepala kerja rodi, yang diutus raja, dan pengalaman Rehabeam yang hampir tak dapat menyelematkan diri seperti dikisahkan dalam ayat 18. Sikap arogan dan otoriter, serta kebijakan raja yang tidak berpihak pada kepentingan rakyatmemicu terjadinya pemberontakan yang berujung pada perpecahan, dimana 10 suku di bagian utara memisahkan diri membentuk kerajaan sendiri dengan mengang-kat Yerobeam sebagai raja. Sedangkan suku-suku di bagian selatan, yaitu Yehuda dan Benyamin menjadi kerajaan sendiri dengan Rehabeam sebagai rajanya.

Yerobeam adalah bagian dari komunitas  masyarakat yang  ikut serta berjuang untuk pembebasan umat dari  ketidakadilan akibat tindakan dan kebijakan Pemimpin yang tidak peka terhadap penderitaan rakyatnya. Perjuangannya ditopang oleh Nabi Ahia, orang Silo,  yang kehadirannya merupakan representasi dari keinginan, maksud dan rencana Allah bagi umat-Nya. Dalam sistim pemerintahan yang bersifat Teokratis seperti yang berlaku di Israel zaman itu, kesetiaan dan ketaatan kepada Tuhan dan Kehendak-Nya merupakan "harga mati" bagi umat, terutama bagi seorang raja. Karena itu selalu ada keterlibatan/peran nabi danhamba Allah dalam penanganan masalah bahkan dalam seluruh aspek hidup. Dimaksudkan, agar umat Israel tetap setia dan hidup benar dan melakukan kehendak Tuhan. Apa yang terjadi dalam kehidupan bangsa Israel sesungguhnya menjadi bagian dari rencana Allah untuk memenuhi janji-Nya kepada Yerobeam dan sebagai bentuk penghukuman atas ketidaksetiaan Salomo karena terlibat dalam penyembahan berhala.

Makna dan Implikasi Firman

Keberhasilan seorang pemimpin bukan pada besarnya kekua-saan yang dimiliki atau pada banyaknya materi yang dihimpun selama menjalankan kekuasaannya, melainkan padabesarnya karya yang dilakukan bagi kebaikan segenap anggota komu-nitas. Karena itu, seorang pemimpin tidak boleh kehilangan kepekaan terhadap penderitaan orang lain terutama komunitas yang dipimpinnya; memegang teguh komitmen terhadap kepentingan umat; dan menghindarkan serta mengendalikan diri terhadap godaan untuk memanfaatkan jabatan atau kekuasaan yang dimiliki bagi pemenuhan keinginan dan kepentingan diri sendiri.
Dengan berpegang teguh pada kesadaran terhadap kuasa dan kehendak Allah, maka gereja dipanggil untuk secara aktif mengambil bagian dalam tindakan-tindakan pembaharuan dan pembebasan kaum lemah dan tertindas; penegakan keadilan peningkatan kesejahteraan yang sangat dirindukan masyarakat, terutama kaum buruh yang sedang memperingati hari buruh nasional.
Dalam kesaksian Alkitab, Injil Yohanes pasal 13, kita me-nyaksikan bagaimana Yesus mengimplementasikan pengajar-an-Nya kepada murid-murid-Nya tentang pola hidup dan pola kepemimpinan melalui tindakan pembasuhan kaki para murid. Kasih yang tulus, kerelaan untuk berkorban, kesetiaan pada misi dan kesediaan merendahkan diri, itulah yang memungkin-kan tindakan pembasuhan kaki itu terjadi. Pola hidup dan kepemimpinan yang bersifat kehambaan mengantar Yesus kepada kemuliaan, sebaliknya, Rehabeam melalui pola kepe-mimpinan yang otoriter dengan mengandalkan kekuasaan berujung pada hilangnya rasa hormat dan kepercayaan ter-hadap dirinya. Berkaca dari realitas ini, kita melihat pentingnya lembaga-lembaga pendidikan, termasuk keluarga dijadikan wahana pendidikan dan penanaman serta pengimplemen-tasian nilai-nilai kristiani.
Kisah ini juga memberi kesaksian tentang pentingnya men-dengar dan mempertibangkan aspirasi umat dalam pengam-bilan kebijakan, sebab ketidak pedulian terhadap kerinduan dan harapan umat, dapat berdampak buruk bagi keutuhan hidup bersama.
PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

Kemukakan sifat-sifat kepemimpinan yang hendaknya dite-rapkan dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat dan berkeluarga !
Berikan contoh-contoh konkrit dalam penyelenggaraan pela-yanan yang menunjukkan kepedulian dan keperpihakan gereja terhadap penderitaan dan kepentingan orang banyak.
Apa fungsi dan peran para pelayan Tuhan di tengah-tangah kehidupan masyarakat, khususnya bagi umat Tuhan ?

POKOK - POKOK  DOA :

Terwujudnya kerinduan dan harapan orang-orang yang miskin, lemah dan menderita untuk dapat menikmati keadilan dan kesejahteraan hidup.
Para pemimpin masyarakat dan gereja agar terhindar dari penyimpangan atau penyalahgunaan kekuasaan.
Keutuhan hidup berbangsa dan bergereja.
TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK V (ORATORIUM)

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Mari Menghadap HadiratNya: KJ No. 15 Berhimpun Semua

Bersekutu Dalam Nama-Nya: NNBT No. 4 Naikkan Doa Pada Allah

Ungkapan Sembah: KJ No. 252 Batu Penjuru Gereja

Persekutuan Yang Mengaku Dosa: KJ No. 27 Meski Tak Layak Diriku

Jaminan Yang Menguatkan: KJNo. 260 Dalam Dunia Penuh Kerusuhan

Ses Doa Mohon Tuntunan Roh Kudus: PKJ No. 15 Kusiapkan Hatiku Tuhan

Ses Pemberitaan  Firman: KJ No.432 Jika Padaku Ditanyakan

Berilah Yang Baik: KJ No.407 Tuhan, Kau Gembala Kami

Tembang Tekad: NNBT No.28 Ya Tuhan Tolong Aku

ATRIBUT:

Warna dasar putih dengan lambang bunga bakung dan salib berwarna kuning.

Label:   1 Raja-Raja 12:16-24 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab GMIM 2018
1 Korintus 12:1-11(1)
1 Raja-Raja 12:16-17(1)
1 Raja-Raja 12:16-24(1)
1 Yohanes 4:7-21(1)
2 Timotius 2:1-13(1)
2 Timotius 3:10-17(2)
Ayub 5:27(1)
Kejadian 13:1-18(1)
Kejadian 1:1-31(1)
Kejadian 39:1-23(1)
Kejadian 50:15(1)
Kejadian 50:21(1)
Kejadian 6:9-22(1)
Keluaran 4:1-17(1)
Kidung Agung 1:1-8(1)
Kisah Para Rasul 15:33-34(1)
Kisah Para Rasul 17:10-15(1)
Lukas 16:10-18(1)
Lukas 2:1-7(1)
Maleakhi 2:10-16(1)
Markus 10:13-16(1)
Markus 10:35-45(1)
Markus 16:1-2(1)
Matius 16:21-28(1)
Matius 26:47-56(1)
Mazmur 71:17-24(1)
Pengkhotbah 3:1-15(1)
Roma 10:4-15(1)
Roma 1:16-17(1)
Ulangan 31:1-8(1)
Yesaya 28:23-29(2)
Yesaya 6:1-13(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 6 - 12 Mei 2018 - Kesetiaan Dimulai dari Hal-hal Kecil - Lukas 16:10-18


Sebelum:

RHK Minggu, 22 April 2018 Doa dan Puasa adalah Panggilan Iman Ester 4:1-3



All Pembacaan Alkitab GMIM 2018:

MTPJ 24 Desember 2018 Khotbah Malam Natal - Menyambut Kelahiran Yesus - Lukas 2:1-7

MTPJ 23 s-d 29 Desember 2018 (Minggu Adven 4) - Yesus Kristus Penyelamat Dunia - 1 Yohanes 4:7-21

MTPJ 2 s-d 8 Desember 2018 (Minggu Adven 1)

MTPJ 25 November s/d 1 Desember 2018 - Gunakan Media Sebagai Sarana Pelayanan - Keluaran 4:1-17

RHK Sabtu, 10 November 2018 - Ungkapan yang Menghibur, Menenangkan Hati - Kejadian 50:21

RHK Minggu, 4 November 2018 - Berprasangka Buruk Bukanlah Hal yang Baik - Kejadian 50:15

MTPJ 28 Oktober s/d 3 November 2018 - Stop Hoax - Matius 28:11-15

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

RHK Sabtu, 20 Oktober 2018 - Melangkah dengan Damai - Kisah Para Rasul 15:33-34

MTPJ 14 s-d 20 Oktober 2018 - Media Sebagai Sarana Memelihara Kehidupan Beriman - Kisah Para Rasul 15:22-34

MTPJ 7 s-d 13 Oktober 2018 - Gereja di Era Digital - Kejadian 6:9-22

MTPJ 30 Sept - 6 Oktober 2018 - Gunakan Karunia untuk Kepentingan Bersama - 1 Korintus 12:1-11

Pembacaan Alkitab GMIM MTPJ 23 s-d 29 September 2018 - Cinta Allah Menerobos Perbedaan - Kidung Agung 1:1-8

MTPJ 16 - 22 September 2018 - Panggilan Gereja Memelihara Perdamaian di Tengah Masyarakat Majemuk - Kejadian 13:1-18

MTPJ 2 - 8 September 2018 - Firman Allah Menjadikan Orang Lebih Baik Hati - Kisah Para Rasul 17:10-15

MTPJ 26 Agust s/d 1 Sept 2018 Komitmen Iman Di Tengah Keberagaman - Maleakhi 2:10-16

MTPJ 19 s-d 25 Agustus 2018

MTPJ 12 - 18 Agustus 2018

MTPJ 5 s-d 11 Agustus 2018

MTPJ 22 s-d 28 Juli 2018 - Markus 10:13-16

MTPJ 15 s d 21 Juli 2018 - Pengalaman Membentuk dan Memperteguh Hidup dalam Pengharapan Iman - Pengkhotbah 3:1-15

MTPJ 8 s-d 14 Juli 2018 - Kebajikan Allah (Bersyukur adalah Karakter Orang Percaya) - Mazmur 111:1-10

MTPJ 1 s-d 7 July 2018 - Hidup sebagai anak-anak terang (Mengertilah Kehendak Tuhan) - Efesus 5:1-21

MTPJ 24 s-d 30 Juni 2018 - Pendidikan Seumur Hidup - Mazmur 71:17-24

MTPJ 17 s-d 23 Juni 2018 - Firman Mempersatukan dan Menyelamatkan Bangsa - Roma 10:4-15

MTPJ 12 Juni 2018 (HUT PI dan Pendidikan Kristen ke-187) - Injil Yang Menyelamatkan - Roma 1:16-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

RHK Sabtu, 9 Juni 2018 - Keterbatasan Pengetahuan Manusia - Ayub 5:27

MTPJ 3 s/d 9 Juni 2018 - Allah Mendidik Umat-Nya - Ayub 5:17-27

MTPJ 27 Mei s/d 2 Juni 2018

MTPJ 20 - 26 Mei 2018 ( Hari Raya Pentakosta1)

MTPJ 6 - 12 Mei 2018 - Kesetiaan Dimulai dari Hal-hal Kecil - Lukas 16:10-18

MTPJ 29 April s/d 5 Mei 2018 - Pemimpin yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi - 1 Raja-Raja 12:16-24

RHK Minggu, 22 April 2018 Doa dan Puasa adalah Panggilan Iman Ester 4:1-3

Pembacaan Alkitab GMIM Minggu, 29 April 2018 - Belajar Mendengar 1 Raja-Raja 12:16-17

MTPJ 8 - 14 April 2018

MTPJ 1 - 7 April 2018 Hari Raya Paskah 1 (Hari Anak GMIM)

RHK Minggu, 1 April 2018

Jumat Agung 30 Maret 2018 - Setia Sampai Mati - Bacaan Alkitab : Yohanes 19 : 28 - 30

MTPJ 25 - 31 Maret 2018 - Hidup ada Dalam Rancangan Allah - Minggu Sengsara VI

MTPJ 18 - 24 Maret 2017 Minggu Sengsara V

RHK 11 - 17 Maret 2018 Minggu Sengsara IV - Syarat Mengikut Yesus - Matius 16:21-28

MTPJ 4 - 10 Maret 2018 Minggu Sengsara III - Komitmen Mengikut Yesus

MTPJ 25 Feb. s/d 3 Maret 2018 Minggu Sengsara II - Markus 10:35-45

MTPJ 18 - 24 Februari 2018 Minggu Sengsara I - Panggilan Untuk Ikut Menderita - 2 Timotius 2:1-13

MTPJ 11 - 17 Februari 2018

MTPJ 28 Januari s/d 3 Februari 2018 - Ini Aku, Utuslah Aku - Yesaya 6:1-13

MTPJ 21 - 27 Januari 2018 - Pola Hidup Sehat MendatangkanKecerdasan

MTPJ 14 - 20 Januari 2018 - Kejadian 39:1-23 - Meraih Sukses dengan Iman

MTPJ 7 - 13 Januari 2018 - Tuhan Mencipta, Manusia Memelihara - Kejadian 1:1-31

MTPJ 31 Desember 2017 s/d 6 Januari 2018 - Kemarin, Hari Ini dan Besok Dalam Tangan Tuhan - Ulangan 31:1-8

Pembacaan Alkitab GMIM Januari 2019



MENU UTAMA:
Berita GMIM 2022(2)
Contoh Doa GMIM(7)
Contoh Tata Ibadah GMIM(28)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(65)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
Lagu Rohani GMIM(1)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(124)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(7)

Arsip Pembacaan Alkitab GMIM 2018..

Register   Login  

https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1036,   renungan gmim untuk ibadah remaja,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1852,   khotbah gmim Filemon 1 : 4-22,   buku lagu pemuda gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   teks mars pria kaum apa gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,