gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 4919 kali
Download MP3 Music

TEMA BULANAN : "Gereja yang Dibaharui Harus Terus Menerus Membaharui Diri"
TEMA MINGGUAN : "Umat Dikuduskan, Alam Diberkati"
Bahan Alkitab : Yoel 3 : 9 - 21
ALASAN PEMILIHAN TEMA

Berkat untuk umat TUHAN
3:9 Maklumkanlah hal ini di antara bangsa-bangsa: bersiaplah untuk peperangan, gerakkanlah para pahlawan; suruhlah semua prajurit tampil dan maju! 3:10 Tempalah mata bajakmu menjadi pedang dan pisau-pisau pemangkasmu menjadi tombak; baiklah orang yang tidak berdaya berkata: "Aku ini pahlawan!" 3:11 Bergeraklah dan datanglah, hai segala bangsa dari segenap penjuru, dan berkumpullah ke sana! Bawalah turun, ya TUHAN, pahlawan-pahlawan-Mu! 3:12 Baiklah bangsa-bangsa bergerak dan maju ke lembah Yosafat, sebab di sana Aku akan duduk untuk menghakimi segala bangsa dari segenap penjuru. 3:13 Ayunkanlah sabit, sebab sudah masak tuaian; marilah, iriklah, sebab sudah penuh tempat anggur; tempat-tempat pemerasan kelimpahan, sebab banyak kejahatan mereka. 3:14 Banyak orang, banyak orang di lembah penentuan! Ya, sudah dekat hari TUHAN di lembah penentuan! 3:15 Matahari dan bulan menjadi gelap, dan bintang-bintang menghilangkan cahayanya. 3:16 TUHAN mengaum dari Sion, dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya, dan langit dan bumi bergoncang. Tetapi TUHAN adalah tempat perlindungan bagi umat-Nya, dan benteng bagi orang Israel. 3:17 "Maka kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, yang diam di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, dan orang-orang luar tidak akan melintasinya lagi. 3:18 Pada waktu itu akan terjadi, bahwa gunung-gunung akan meniriskan anggur baru, bukit-bukit akan mengalirkan susu, dan segala sungai Yehuda akan mengalirkan air; mata air akan terbit dari rumah TUHAN dan akan membasahi lembah Sitim. 3:19 Mesir akan menjadi sunyi sepi, dan Edom akan menjadi padang gurun tandus, oleh sebab kekerasan terhadap keturunan Yehuda, oleh karena mereka telah menumpahkan darah orang yang tak bersalah di tanahnya. 3:20 Tetapi Yehuda tetap didiami untuk selama-lamanya dan Yerusalem turun-temurun. 3:21 Aku akan membalas darah mereka yang belum Kubalas; TUHAN tetap diam di Sion."


Penjelasan:
* Setelah melewati pergumulan, bencana dan berbagai peristiwa yang memilukan, hal yang indah adalah mengetahui bahwa Allah ada di tengah-tengah umat-Nya. Ia mau menyatakan kasih dan kuasa-Nya.

Kehadiran Allah itu pertama-tama dinyatakan lewat tindakan menghancurkan bangsa-bangsa musuh yang selama ini mendatangkan malapetaka, kemiskinan, dan penindasan bagi umat Allah. Ini menyatakan bahwa tangan Tuhanlah yang akan membalas semua kekejaman yang telah mereka lakukan. Bentuk tindakan Allah menghukum bangsa-bangsa karena kejahatan mereka itu berupa: seruan perang kepada bangsa-bangsa, bukan saja kepada serdadu baik yang ahli, tetapi juga yang tidak terlatih, yakni para petani dan pekerja di ladang. Semua orang didesak agar bersiap menyambut kedatangan hari Tuhan yang berarti juga hari pembalasan Tuhan.

Persiapan menghadapi hari Tuhan digambarkan sama dengan menghadapi perang (ayat 10). Allah akan datang pada hari-Nya itu sebagai hakim, di mana bangsa-bangsa dituntut Tuhan atas kesalahan yang telah mereka lakukan (ayat 12). Kekuatan Tuhan pada hari Tuhan itu diibaratkan seperti singa yang mengaum siap melindungi umat-Nya (ayat 16). Pada waktu itu, tiada yang sanggup menghalangi kekuatan Tuhan, bahkan benda penerang pun menjadi tidak berguna (ayat 15). Saat Allah hadir, kehidupan umat-Nya akan merasakan sukacita dan berkat melimpah (ayat 18).

Menjadi umat Allah merupakan hak istimewa karena kita berada dalam perlindungan Allah yang berkuasa. Tak ada satu pun yang mampu "menyentuh" kita karena Dialah perisai kita. Meski pergumulan, penderitaan, penyakit, perusakan, pembunuhan, peperangan, permusuhan berdatangan seolah-olah menyerbu umat Allah, semuanya itu tidak dapat menghalangi kehadiran Allah untuk menjagai umat-Nya.

-------------------------

Gereja diutus ke dalam dunia untuk menjadi garam dan terang dunia. Gereja menunjuk pada orang-orang yang menerima dan percaya kepada Tuhan Yesus Sang Kepala Gereja. Orang-orang yang percaya kepada Tuhan terhimpun dalam satu persekutuan sebagai umat Tuhan. Gereja atau orang-orang percaya hidup dan beraktifitas di tengah-tengah dunia, berintegrasi dengan sesama manusia dan berintegrasi dengan alam ciptaan Tuhan. Di dalam dunia ini dengan segala tantangan, ancaman dan hambatan, orang-orang percaya harus mampu untuk tetap hidup sebagai orang-orang kudus.

Panggilan gereja di tengah dunia ini adalah untuk menya-takan kehendak Tuhan. Sebagai gereja yang juga merupakan persekutuan umat Tuhan memiliki peran penting dalam membangun kehidupan yang ada, menjaga dan memelihara kekudusan hidup sebagai umat Tuhan dan berperan bagi pemeliharaan alam ciptaan Tuhan. Mengingat praktik peng-rusakan lingkungan, seperti ilegal logging, reklamasi pantai, pengalihan fungsi lahan dari pertanian, perkebunan ke lahan perumahan dan pendirian tempat usaha.  Sehubungan dengan hal ini maka diangkatlah tema "Umat Dikuduskan, Alam Diberkati". Hal ini bermaksud memberikan pemahaman bahwa orang-orang percaya yang adalah umat yang diku-duskan Tuhan harus mampu mewujudnyatakan imannya dalam kehidupan keseharian termasuk melestarikan/ menjaga/ memelihara alam/lingkungan ciptaan Tuhan ini.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Yoel adalah seorang nabi yang dipakai Tuhan untuk menyam-paikan nubuat-Nya bagi orang-orang yang ada di tanah Yehuda tepatnya di pusat kota Yerusalem. Nabi Yoel dikenal sebagai seorang nabi yang sangat taat dan memberikan perhatian pada kegiatan-kegiatan keagamaan, seperti upacara imamat dan perayaan-perayaan keagamaan lainnya. Tema sentral kitab Yoel adalah: "Hari Tuhan yang Besar dan Mengagumkan". Tema tentang hari Tuhan ini sama dengan yang diberitakan oleh nabi-nabi lain, seperti nabi Amos. Hari Tuhan sering digambarkan sebagai hari kehancuran, kege-lapan, disertai dengan kejadian-kejadian alam yang luar biasa. Nabi Yoel menegaskan bahwa hari Tuhan itu datang dalam bentuk serangan dahsyat yang diakibatkan oleh hama belalang yang berterbangan di atas tanah bangsa Israel. Dahsyatnya hama belalang yang berterbangan telah menghalangi sinar matahari, sehingga mengakibatkan terjadinya kegelapan. Bagi Nabi Yoel, munculnya hama belalang menjadi tanda bahwa Tuhan Allah menghukum Israel karena dosa-dosa mereka.

Nubuatan nabi Yoel ini merupakan cara Tuhan untuk meng-ajak umat Tuhan bertobat dan berbalik kepada-Nya. Bahwa tidak akan ada seorangpun yang akan luput dari dahsyatnya hukuman yang dirancang Tuhan atas orang-orang Israel. Nabi Yoel menegaskan, untuk bebas dari hukuman, umat Israel diharapkan bertobat dan berbalik kepada Tuhan, sebagaimana penegasan dari pasal  2:12 : "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh". Para imam dan pelayan Tuhan yang ada di tengah-tengah umat, juga dimintakan untuk berbuat seperti yang diharapkan Tuhan, yakni menyesali dosa mereka dengan memohon, "sayangilah, ya Tuhan, umat-Mu, dan janganlah biarkan milik-Mu sendiri menjadi cela," (2:17b). Umat Israel belum terlambat untuk berbalik kepada Tuhan dan memohon ampun kepada-Nya. Dengan berbalik kepada Tuhan dan menyesali kesalahan secara sungguh-sungguh, baik oleh umat maupun oleh imam dan pelayan-pelayan Tuhan. Nabi Yoel menyakini Tuhan akan berbalik menyesal dengan rancangan penghukuman-Nya (2:14) dan umat pasti akan menerima berkat-Nya lagi. Keyakinan nabi didasarkan pada keper-cayaannya bahwa Tuhan Allah Israel ialah Tuhan Allah yang pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Tuhan pasti mendengar dan menyelamatkan mereka dari kehancuran, tidak hanya dengan memulihkan panen pertanian mereka, tetapi juga memberi jaminan kepada setiap orang bahwa Ia benar Tuhan Allah yang mengasihi dan menyayangi mereka.

Pasal 3:9-21 merupakan penegasan dari nabi Yoel tentang sikap Tuhan Allah atas pertobatan yang dilakukan oleh umat Israel yang dinyatakan melalui sikap menyesali dosa dan berbalik kepada-Nya. Nabi mengajak umat untuk siap menghadapi dan berada di medan peperangan  menghadapi musuh-musuh mereka. Ajakan ini bermaksud agar umat siap sedia mengalami apa yang akan dilakukan Tuhan atas mereka. Yoel membandingkan hama belalang itu dengan kuda-kuda dalam peperangan. Tuhan sendirilah yang akan bersama-sama dengan umat-Nya di medan dan tampil sebagai pahlawan untuk menghadapi para musuh. Bahkan Ia telah menyediakan satu tempat untuk menghakimi bagsa-bangsa yang menjadi seteru umat-Nya Israel. Tuhan Allah menjadi benteng perlin-dungan bagi umat-Nya, dan dalam kuasa-Nya Ia meng-kuduskan umat-Nya, sehingga tidak akan ada bangsa atau orang-orang yang akan menggangu kehidupan umat-Nya Israel. Kemahakuasaan Tuhan akan dinyatakan-Nya atas bangsa Israel dengan rancangan kehidupan. Di zaman nabi Yoel, umat Israel merupakan bangsa yang sumber hidup mereka berasal dari pertanian dan peternakan. Serangan hama belalang sangat berdampak besar dalam kehidupan mereka. Jika hama belalang yang dahsyat datang melahap semua hasil panen mereka, pasti manusia dan hewan akan kelaparan. Tuhan Allah tidak membiarkan umat-Nya mengalami pen-deritaan dan kehancuran yang mengerikan. Ia dengan kuasa-Nya akan menjadi sumber kehidupan bagi umat yang menyesali dosanya dan berbalik kepada Tuhan. Dan bagi umat-Nya Israel, hari Tuhan akan menjadi masa di mana Tuhan akan memulihkan mereka. Mereka akan mempunyai banyak makanan dan berdagang dengan orang lain tanpa diganggu oleh musuh (ayat 17) dan Tuhan akan menjadi sumber air kehidupan atas umat-Nya. Tuhan menjadikan alam ciptaan-Nya sebagai sarana dan tempat bagi-Nya untuk memberkati kehidupan umat-Nya yang kudus.

Makna dan Implikasi Firman

  • Tuhan Allah menghendaki umat-Nya hidup kudus. Ia tidak menghendaki umat-Nya melakukan perbuatan yang men-datangkan dosa. Perbuatan dosa hanya mendatangkan penghukuman. Dan Tuhan Allah akan menyatakan kea-dilan-Nya bagi orang-orang yang hidup dalam dosa. Tidak ada seorangpun yang akan luput dari penghukuman.
  • Tuhan Allah kita ialah Allah yang selalu menyatakan kebaikkan-Nya bagi orang-orang yang setia dan taat kepada-Nya. Tuhan terus memberkati dengan limpah, agar umat-Nya dapat menikmati kesejahteraan dan kebaha- Berkat Tuhan datang kepada umat-Nya melalui alam ciptaan Tuhan yang indah dan subur. Dengan alam yang diberkati, hasil pertanian pasti akan baik. Dengan lingkungan yang diberkati, akan mendatangkan kesehatan dan dengannya orang-orang percaya dapat beraktifitas, bekerja dan berusaha dengan baik, yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan dan berkat yang begitu besar. Segala berkat Tuhan yang dianugerahkan-Nya kepada orang-orang percaya juga bertujuan agar setiap orang yang menerima berkat-Nya akan juga menjadi berkat bagi orang lain. Sebagai gereja Tuhan, orang-orang percaya terpanggil untuk berbagi berkat dalam hidup dan pelayanannya. Ini adalah salah satu cara yang dikehendaki Allah untuk memelihara kehidupan bersama dengan sesama manusia dan dengan alam ciptaan Tuhan yang indah ini.
  • Gereja memiliki tanggung jawab memperlengkapi setiap warga gereja untuk melestarikan alam ciptaan Tuhan ini, menjaga dan memeliharanya dengan baik. Alam yang indah akan memberikan kehidupan yang indah kepada semua orang. Tetapi sebaliknya, pengrusakan alam/ lingkungan mengakibatkan penderitaan dan kesengsaraan. Tuhan Allah melalui orang-orang yang kudus terpanggil untuk hidup baik terhadap sesama dan terhadap alam ciptaan Tuhan ini. Dialah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan semua mata air (Wahyu 14:7b). Gereja dalam kemitraan dengan pemerintah mengambil bagian dalam pemeliharaan dan pelestarian alam ciptaan Tuhan dalam bentuk-bentuk yang nyata, seperti penghijauan, buang sampah pada tempatnya, pengangkatan eceng gondok di danau Tondano dan penanaman mangrove (pohon bakau).

PERTANYAAN DISKUSI:

  1. Apa pendapat saudara mengenai hari Tuhan berdasarkan kitab Yoel 3:9-21?
  2. Kekudusan hidup yang bagaimana yang dikehendaki oleh Tuhan?
  3. Apa upaya gereja dalam melestarikan lingkungan hidup?

NAS PEMBIMBING: Mazmur 145:8-9 

POKOK-POKOK DOA:

  • Gereja yang kudus
  • Pergumulan gereja
  • Peran serta warga gereja dalam pelestarian alam ciptaan Tuhan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK I 

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Panggilan Beribadah KJ. No.7 Ya Tuhan Kami Puji Nama-Mu Besar

Ses Nas Pembimbing: NNBT No. 17 Ya Tuhan, Tuhan Kami

Pengakuan Dosa & Pemberitaan Anugerah Allah: NNBT No.27 Ya Tuhan Engkaulah

Ses Pengakuan Iman: KJ No. 38 T'lah Kutemukan Dasar Kuat

Ses Hukum Tuhan: KJ No. 293 Puji Yesus

Persembahan: KJ.No.289 Tuhan Pencipta Semesta

Penutup : KJ.No.428:1,6 Lihatlah Sekelilingmu

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.


Label:   Yoel 3:9-21 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab
1 Korintus 15:1-11(1)
1 Korintus 1:1-9(1)
1 Korintus 1:4(1)
1 Korintus 1:8(2)
1 Petrus 2:1-10(1)
1 Samuel 2:8-9; Yakobus 2:5-11(1)
1 Tawarikh 29:1-9(1)
2 Korintus 8:1-9(1)
2 Samuel 7:18-29(1)
Amsal 3:1-10(1)
Amsal 9:1-18(1)
Ayub 36:1-15(1)
azmur 92:14(1)
Filipi 4:2-9(1)
Kejadian 11:1-9(1)
Kejadian 8:1-22(1)
Kisah Para Rasul 3:1-10(1)
Kisah Para Rasul 4:32-37(1)
Kolose 1:3-14(1)
Kolose 3:18-25(1)
Kolose 3:5-17(1)
Lukas 1:39(1)
Lukas 1:39-45(1)
Lukas 1:40(1)
Lukas 1:41-42a(1)
Lukas 1:42b(1)
Lukas 1:43(1)
Lukas 1:44(1)
Lukas 24:13-35(1)
Lukas 2:21-40(1)
Markus 12:41-44(1)
Markus 15:1-20a(1)
Matius 1:20(1)
Matius 1:24(1)
Matius 1:25(1)
Matius 28:16-20(1)
Matius 3:1-12(1)
Matius 3:1-2(1)
Matius 3:10(1)
Matius 3:11-12(1)
Matius 3:3(1)
Matius 3:4-6(1)
Matius 3:7-8(1)
Matius 3:9-10(1)
Mazmur 106:1-12(2)
Mazmur 25:1-22(1)
Mazmur 25:14(1)
Mazmur 25:15-18(1)
Mazmur 25:19-22(1)
Mazmur 25:4-6(1)
Mazmur 25:7-9(1)
Mazmur 34:1-23(1)
Mazmur 40:17-18; Lukas 4:16-19(1)
Mazmur 92:6-16(1)
Nahum 1:11(1)
Nahum 1:12(1)
Nahum 1:13(1)
Nahum 1:15b(1)
Nahum 1:9-10(1)
Nahum 1:9-15(1)
Obaja 1:1-16(1)
Obaja 1:11-12(1)
Obaja 1:15-16(1)
Obaja 1:3-4(1)
Obaja 1:5-7(1)
Obaja 1:8-10(1)
Pengkhotbah 11:1-8(1)
Roma 8:1-17(1)
Ulangan 16:1-17(1)
Ulangan 8:1-20(1)
Wahyu 2:8-11(1)
Yeremia 10:6-16(1)
Yeremia 12:1 -17(1)
Yeremia 12:10-11(1)
Yeremia 12:12-13(1)
Yeremia 12:14(1)
Yeremia 30:1-11(1)
Yesaya 11:1-10(1)
Yesaya 11:10(1)
Yesaya 11:2-4(1)
Yesaya 11:5(1)
Yesaya 11:6-7(1)
Yesaya 11:8(1)
Yesaya 11:9(1)
Yesaya 35:1-10(1)
Yesaya 49:1-7(1)
Yoel 3:12-13(1)
Yoel 3:18 (1)
Yoel 3:19(1)
Yoel 3:9-21(1)
Yohanes 17:126(1)
Yohanes 21:1-14(1)
Yohanes 6:48-59(1)
Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab:
Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Sabtu, 31 Desember 2016 31 Dec 2016 - Matius 1:25

Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Jumat, 30 Desember 2016 - Yusuf Mengambil Maria Sebagai Isterinya Matius 1:24

RHK Kamis, 29 Desember 2016 Allah Menyertai Kita Matius 1:22-23

RHK Selasa, 27 Desember 2016 - Allah Sumber Pertolongan - Matius 1:20

Khotbah 26 Desember 2016, Hari Natal 2 - Lukas 2:21-40

Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016 TEMA :Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai - Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11

RHK Jumat, 23 Desember 2016 - Kegirangan Memuliakan Tuhan - Lukas 1:44

RHK Kamis, 22 Desember 2016 - Kerendahan Hati - Lukas 1:43

RHK Rabu, 21 Desember 2016 - Memberkati Melalui Pujian - Lukas 1:42b

RHK Senin, 19 Desember 2016 - Salam: Sapaan Kasih - Lukas 1:40

RHK Selasa, 20 Desember 2016 Roh Kudus Melingkupi Elisabeth Lukas 1:41-42a

MTPJ 18 - 24 Desember 2016 Minggu Adven IV - Menyambut Yesus Dengan Kasih Persaudaraan - Lukas 1:39-45

RHK Minggu, 18 Desember 2016 - Mempererat Tali Persaudaraan - Lukas 1:39

RHK Jumat, 16 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Waspada Terhadap Kuasa Kegelapan - Matius 3:10

RHK Sabtu, 17 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hidup Rendah Hati - Matius 3:11-12

RHK Kamis, 15 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Tetap Menyegarkan Hidup Beriman - Matius 3:9-10

RHK Rabu, 14 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Menghasilkan Buah Pertobatan - Matius 3:7-8

RHK Selasa, 13 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Mempersembahkan Talenta Bagi Kemuliaan Tuhan - Matius 3:4-6

RHK Senin, 12 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya - Matius 3:3

MTPJ 11 - 17 Desember 2016 Minggu Adven III - Menyambut Yesus Dengan Pertobatan - Matius 3:1-12

RHK Minggu, 11 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hati yang Bertobat - Matius 3:1-2

RHK Sabtu, 10 Desember 2016 - Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia - Yesaya 11:10

RHK Jumat, 9 Desember 2016 - Jauhkan Perilaku Jahat dan Perilaku Busuk - Yesaya 11:9

RHK Kamis, 8 Desember 2016 - Yang Kuat Tidak Menyakiti yang Lemah - Yesaya 11:8

RHK Rabu, 7 Desember 2016 - Belajar dari Binatang - Yesaya 11:6-7

RHK Selasa, 6 Desember 2016 - Lakukan: Keadilan, Kejujuran, kebenaran dan Kesetiaan - Yesaya 11:5

RHK Senin, 5 Desember 2016 Hidup dalam Tuntunan Roh Kudus - Yesaya 11:2-4

MTPJ 4-10 Desember 2016 Minggu Adven II - Menyongsong Raja Damai - Yesaya 11:1-10

RHK Sabtu, 3 Desember 2016 - Ketulusan dan Kejujuran Hidup - Mazmur 25:19-22

RHK Jumat, 2 Desember 2016 - Mohon Ampun dan Pengasihan Tuhan - Mazmur 25:15-18

RHK Kamis, 1 Desember 2016 - Tuhan Sahabat Karib - Mazmur 25:14

RHK Selasa, 29 November 2016 - Tuhan itu Baik dan Benar - Mazmur 25:7-9

RHK Senin, 28 November 2016 - Jalan Kebenaran dan Kasih Setia Tuhan - Mazmur 25:4-6

MTPJ 27 November s/d 3 Desember 2016 Minggu Adven 1 - Orang Yang Menantikan Tuhan Tidak akan Mendapat Malu - Mazmur 25:1-22

RHK Sabtu, 26 November 2016 - Merayakan Keselamatan - Nahum 1:15b

RHK Kamis, 24 November 2016 - Jatuh dan Tak Bisa Bangkit Lagi - Nahum 1:14

RHK Rabu, 23 November 2016 - Dilepaskan dari Beban dan Belenggu - Nahum 1:13

RHK Selasa, 22 November 2016 - Yang Kuat yang Terkalahkan - Nahum 1:12

RHK Senin, 21 November 2016 - Perancang Kejahatan - Nahum 1:11

MTPJ 20-26 November 2016 - Otoritas Firman Dalam Persekutuan - Nahum 1:9-15

RHK Minggu, 20 November 2016 - Jangan Menentang Tuhan - Nahum 1:9-10

RHK Sabtu, 19 November 2016 Hari Tuhan - Obaja 1:15-16

RHK Jumat, 18 November 2016 Jangan Menindas Orang yang Menderita - Obaja 1:13-14

RHK Kamis, 17 November 2016 Jangan Memandang Rendah - Obaja 1:11-12

RHK Rabu, 16 November 2016 - Penindas akan Dilenyapkan - Obaja 1:8-10

RHK Selasa, 15 November 2016 - Terperangkap Keangkuhan Obaja 1:5-7

RHK Senin, 14 November 2016 - Keangkuhan akan Menjatuhkan - Obaja 1:3-4

MTPJ 13 - 19 November 2016 - Karakter Buruk Merusak Jati Diri dan Persekutuan - Obaja 1:1-16

RHK Jumat, 11 November 2016 - Tuhan adalah Pembela Yoel 3:19

RHK Kamis, 10 November 2016

RHK Rabu, 9 November 2016

RHK Selasa, 8 November 2016

RHK Senin, 7 November 2016 - Yoel 3:12-13

MTPJ 6-12 November 2016 - Yoel 3:9-21 - Umat Dikuduskan, Alam Diberkati

RHK Sabtu, 5 November 2016

RHK Kamis, 3 November 2016

RHK Rabu, 2 November 2016

31 Oktober 2016 Hari Alkitab dan Reformasi Gereja

MTPJ Minggu, 30 Oktober-5 November 2016 - Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru - Kolose 3:5-17

RHK Jumat, 28 Oktober 2016 - Tak Bercacat Sampai pada Hari Tuhan - 1 Korintus 1:8

RHK Kamis, 27 Oktober 2016 - Jangan Kekurangan Satu Karunia pun! - 1 Korintus 1:8

RHK Selasa, 25 Oktober 2016 - Bersyukur atas Anugerah Allah bagi Sesama 1 Korintus 1:4

MTPJ 23 - 29 Oktober 2016 - Memelihara Kekudusan Bergereja 1 Korintus 1:1-9

RHK Jumat, 21 Oktober 2016 - Yeremia 12:14

RHK Kamis, 20 Oktober 2016 - Yeremia 12:12-13

RHK Rabu, 19 Oktober 2016 - Gembala yang Baik - Yeremia 12:10-11

RHK Selasa, 18 Oktober 2016 - Hidup yang Mengandalkan Tuhan - Yeremia 12:7-9

MTPJ 16-22 Oktober 2016 - Tuhan Menghukum dan Memulihkan untuk Keadilan - Yeremia 12:1 -17

MTPJ 9 - 15 Oktober 2016 - Jabatan adalah Anugerah Tuhan

MTPJ 2-8 Oktober 2016 - Tubuh dan Darah Kristus yang Menyelamatkan - Yohanes 6:48-59

MTPJ 25 September s/d 1 Oktober 2016 - Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli - 1 Petrus 2:1-10

MTPJ 18-24 September 2016 - Gereja yang Membawa Kabar Bahagia - Matius 5:1-12

MTPJ 11 - 17 September 2016 - Umat yang Terus Berkarya Pengkhotbah 11:1-8

MTPJ 4 - 10 September 2016 - Pengakuan Umat: Tuhan Semesta Alam Yeremia 10:6-16

MTPJ 28 Agustus s/d 3 September 2016 - Hikmat Tuhan Membawa Berkat - Amsal 3:1-10

MTPJ 21-27 Agustus 2016 - Hidup dalam Kasih Karunia - Kisah Para Rasul 4:32-37

MTPJ 14 - 20 Agustus 2016 - Kerelaan Memberi - Markus 12:41-44

RHK Minggu, 14 Agustus 2016 Yesus Mengetahui Setiap Persembahan - Markus 12:41a

MTPJ 7 - 13 Agustus 2016 - Bersyukur Atas Penyelamatan Tuhan - Yesaya 35:1-10

MTPJ 31 Juli-6 Agustus 2016 - Keluarga Yang Diberkati Untuk Menjadi Berkat - 2 Samuel 7:18-29

RHK Jumat, 29 Juli 2016 - Ditanam di Bait Tuhan Mazmur 92:14

MTPJ 24 - 30 Juli 2016 - Berbuah Sampai Masa Tua - Mazmur 92:6-16

MTPJ 17 - 23 Juli 2016 - Mazmur 65:2-14 - Bersyukur Atas Berkat Tuhan

MTPJ 10-16 Juli 2016 - Pengucapan Syukur Memperkuat Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan - Ulangan 16:1-17

MTPJ 3-9 Juli 2016 - Buah Pekabaran Injil - Kolose 1:3-14

MTPJ 26 Juni - 2 Juli 2016 - Kualitas Hidup Orang Kristen - Filipi 4:2-9

MTPJ 19-25 Juni 2016 - Hikmat Yang Membangun - Amsal 9:1-18

MTPJ 12 - 18 Juni 2016 - Menabur Benih Injil Matius 28:16-20

MTPJ 5-11 Juni 2016 Ketaatan Membawa Berkat, Ketidaktaatan Membawa Malapetaka - Ulangan 8:1-20

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2016 Memberi Karena Cinta - 1 Tawarikh 29:1-9

MTPJ 22-28 Mei 2016 Kesatuan Dalam Keanekaragaman Yohanes 17:1-26

16 Mei 2016 Pentakosta 2 & HAPSA P/KB - Bapa Pelopor Perdamaian Kolose 3:18-25

MTPJ 15 - 21 Mei 2016 Pentakosta 1 - Kuasa Yang Menghidupkan - Roma 8:1-17

MTPJ 8 - 14 Mei 2016 Komunikasi Dapat Menyatukan dan Mengacaukan - Kejadian 11:1-9

MTPJ 1 - 7 Mei 2016 Diberdayakan Bukan Diperdayakan Kisah Para Rasul 3:1-10

MTPJ 24 - 30 April 2016 Melawan Radikalisme -Bahan Alkitab : Lukas 6:27-36

MTPJ 17 - 23 April 2016 - Kejadian 8:1-22 - Selamatkan Bumi

MTPJ 10 - 16 April 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 21:1-14

MTPJ 3 - 9 April 2016 - Berjalan Bersama Yesus Yang Telah Bangkit - Lukas 24:13-35

28 Maret 2016 Paskah II

MTPJ 27 Maret - 2 April 2016 Paskah 1 - 1 Korintus 15:1-11

25 Maret 2016 Jumat Agung

MTPJ 20 - 26 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Markus 15:1-20a

MTPJ 13 - 19 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 16:16-33

MTPJ 6 - 12 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 34:1-23

MTPJ 28 Februari - 5 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Wahyu 2:8-11

MTPJ 21-27 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 14-20 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Ayub 36:1-15

MTPJ 7-13 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kisah Para Rasul 17:22-34

MTPJ 31 Januari s/d 06 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 24-30 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 17-23 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 2 Korintus 8:1-9

MTPJ 10-16 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 03-09 Januari 2016 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip Pembacaan Alkitab..

Register   Login  

mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   tata ibadah natal GMIM,   tata ibadah pra natal GMIM,   mtpj yesaya 35:1-10,   mtpj yesaya 35:1-10,   tata ibadah remaja gmim,   tata cara ibadah pkb gmim,   tata ibadah remaja gmim,   liturgi natal GMIM terbaru,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Susunan Tata Ibadah GMIM minggu hari ini 24 November 2019,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   liturgi natal gmim,   tata ibadah GMIM,   pembacaan alkitab gmim minggu ini,   pembacaan alkitab gmim,   liturgi ibadah pemuda natal gmim,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Liturgi Ibadah Natal anak sekolah minggu GMIM,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars wki gmim,   tata ibadah Natal Gereja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   tata ibadah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim,   pembacaan gmim minggu ini,   liturgi ibadah minggu gmim,   khotbah gmim minggu ini,   obor pemuda gmim edisi Oktober 2019,   tata gereja gmim 2017 bab 17,   tata gereja gmim 2017 bab 2,   mtpj 3 november 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2019,   mtpj gmim bulan november2019,   bacaan mingguan gmim november 2019,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata gereja gmim 2016,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   khotbah minggu ini gmim,   pelita pkb gmim 2019,   pelita pkb gmim 2019,   pelita pkb gmim 2019,    MTPJ gmim tanggal 20-26 oktober 2019,   renungan kaum ibu gmim minggu yg brjalan,    MTPJ gmim tanggal 20-26 oktober 2019,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   lagu rohani gmim,   liturgi dalam Gmim,   tata gereja gmim,   download tata gereja Gmim 2016,   mtpj gmim 20 oktober - 26 oktober 2019,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   tata ibadah gmim 2019,   lyrik mars pkb gmim,   lyrik mars pkb gmim,   mtpj gmim oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim 2019,   download lagu anak panah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim,   mars guru sekolah minggu gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   Nada dasar lagu mars wki gmim,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah gmim,   lagu gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   Nyanyian pembukaan ibadah Gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   download tata gereja gmim 2016 pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah kreatif gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lirik mars wki sinode gmim,   mars wki gmim,   anak sekolah minggu gmim lyric,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   download video doa bapa kami gmim,   tata cara ibadah pemudagmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   tata gereja gmim 2017,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah kolom gmim,   renungan pelita pria kaum bapa gmim september 2019,   Lirik lagu hymne pria kaum bapa gmim,