gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 2644 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN: "Gereja yang Mengutuhkan"

TEMA MINGGUAN: "Hidup dalam Kasih Karunia"
Bahan Alkitab : Kisah Para Rasul 4:32-37

Kisah Para Rasul 4:32-37

Cara hidup jemaat
4:32 Adapun kumpulan orang yang telah percaya itu, mereka sehati dan sejiwa, dan tidak seorangpun yang berkata, bahwa sesuatu dari kepunyaannya adalah miliknya sendiri, tetapi segala sesuatu adalah kepunyaan mereka bersama. 4:33 Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. 4:34 Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa 4:35 dan mereka letakkan di depan kaki rasul-rasul; lalu dibagi-bagikan kepada setiap orang sesuai dengan keperluannya. 4:36 Demikian pula dengan Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus. 4:37 Ia menjual ladang, miliknya, lalu membawa uangnya itu dan meletakkannya di depan kaki rasul-rasul.

Penjelasan:
* Kis 4:32
Ayat 32-37 berisi suatu ringkasan yang lain tentang sifat persekutuan Kristen yang mula-mula itu yang serupa dengan yang terdapat di dalam 2:42-47. Salah satu ciri khas yang menonjol dari gereja yang dipenuhi Roh ini ialah kesatuan, suatu rasa bersatu yang termanifestasikan dalam saling membagi kekayaan materi.

* Kis 4:34
Untuk memenuhi kebutuhan orang-orang Kristen yang miskin, orang-orang percaya yang lebih kaya menjual tanah atau rumah mereka lalu mempersembahkan uang itu untuk dipakai bagi kesejahteraan bersama.

* Kis 4:35
Para rasul mengawasi pelayanan kasih ini, yang dilaksanakan bukan berdasarkan azas kesetaraan, tetapi pada azas kebutuhan pribadi.

* Kis 4:36-37 - Barnabas
Satu orang Kristen memperoleh perhatian khusus: yaitu Yusuf, seorang Kristen Yahudi yang berasal dari pulau Siprus, yang memiliki sanak keluarga di Yerusalem (bdk. 12:12; Kol. 4:10). Nama keluarganya, Barnabas dapat berarti anak penghiburan atau anak yang memberi semangat atau dorongan. Nama-nama keluarga semacam itu sering kali diberikan kepada orang-orang untuk menunjukkan watak mereka.

* Kis 4:32-37 - Saling melayani dan memberi
Apa ciri khas jemaat pertama selain giat memberitakan Injil? Memiliki persekutuan yang intim dan indah. Itu-lah yang diperlihatkan dalam perikop yang kita renungkan hari ini. Jemaat yang telah diselamatkan oleh Kristus menunjukkan sifat Kristus mulai terbentuk dalam hidup bergereja.
Saling melayani dan saling memberi adalah wujud yang terlihat dalam gereja perdana. Pertama-tama, mereka dikatakan sehati dan sejiwa bukan dalam bentuk abstrak, tetapi konkret. Sedemikian konkret sehingga setiap orang berkata bahwa kepunyaan sendiri adalah milik bersama (ayat 32). Dasarnya adalah oleh kuasa kebangkitan Kristus, mereka telah menerima kasih karunia yang berlimpah-limpah. Kedua, bukan hanya dalam tataran kata-kata, melainkan dalam tindakan nyata setiap anggota jemaat menyatakan kasih dengan harta mereka. Mereka yang diberkati membagikan hartanya kepada yang berkekurangan sehingga semua diberkati. Ketiga, jemaat Tuhan melayani dan memberi bukan dengan sembarangan atau semau sendiri. Mereka memercayakan hal itu kepada para rasul yang menjadi pemimpin gereja saat itu. Ini menunjukkan kedewasaan dalam memberi, bukan sekadar unjuk diri sebagai seorang yang murah hati.
Kini kita menyebut pelayanan kasih seperti itu dengan pelayanan diakonia. Pelayanan ini memerhatikan kebutuhan jasmani dengan kesadaran bahwa Tuhan menyelamatkan manusia secara utuh. Pelayanan ini dibutuhkan dalam kon-teks bergereja di Indonesia, terutama dalam masa krisis berkepanjangan yang melanda negara kita dan dialami oleh banyak orang. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengabaikan pelayanan kasih ini atas nama pelayanan rohani atau penga-baran Injil. Sebab semua pelayanan harus mendapatkan tem-pat secara proporsional dalam pelayanan gereja dan terutama harus terintegrasi dengan visi dan misi gereja. Sebagai jemaat, sudahkah Anda terlibat dalam pelayanan kasih ini? Sebagai majelis atau pelayan Tuhan, sudahkah Anda menjadikan pelayanan diakonia sebagai program yang teratur?


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Di era post modern sekarang ini manusia semakin sibuk dengan pekerjaan ataupun aktivitas kesehariannya. Setiap indi-vidu berlomba-lomba untuk memenuhi berbagai keperluan, baik dari segi kebutuhan jasmani, sosial, ekonomi, kerohanian, kese-hatan, pendidikan dan lain sebagainya. Dalam berlomba meme-nuhi segala kebutuhan itu, sebagian manusia semakin sejahtera, namun sebagian lainnya menjadi semakin terpinggirkan. Gam-baran hidup seperti itu bukan hanya terjadi di dunia sekuler saja, tetapi ternyata dalam gerak langkah pelayanan gereja, kesen-jangan hidup itu makin kentara. Hal ini terjadi karena dalam segala kesibukan kerja pelayanan, ternyata manusia menjadi semakin individualis, egois, hedonis yaitu menganggap kese-nangan dan kenikmatan materi adalah yang utama, materialis yaitu mengukur segala sesuatu dari materi. Model hidup seperti itu telah membuat manusia lebih memikirkan diri sendiri atau kepentingannya, kesenangan sendiri walau orang lain menderita dan tidak lagi peduli terhadap orang lain. Gaya hidup yang individualis, materialis dan hedonis telah menyita perhatian kasih kita terhadap mereka yang harusnya menjadi alamat kita membagi kasih atau berdiakonia.

    "Hidup dalam Kasih Karunia" adalah sebuah gaya hidup yang ditunjukkan oleh jemaat mula-mula, untuk menggambar-kan bahwa mereka yang telah menerima kasih karunia Allah, yaitu keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus, adalah duta Kristus untuk merealisasikan kasih karunia Allah itu dalam hidup berjemaat, supaya jemaat makin kuat dan pelayanan gereja Tuhan makin berkembang.

          Tema "Hidup dalam Kasih Karunia" dipilih menjadi tema utama perenungan Firman Tuhan bagi kita dalam pembacaan Alkitab sepanjang minggu ini.


PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Penulis Kisah Para Rasul hendak menunjukkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat menghalangi usaha penye-barluasan Injil Yesus Kristus ke seluruh dunia. Kisah Para Rasul 4:32-37 adalah sebuah potret kehidupan dari jemaat mula-mula yang bertumbuh dalam hidup percaya kepada Kristus karena pekerjaan Roh Kudus. Sebagai murid atau pengikut Kristus, pada awalnya jemaat mula-mula mengorganisir kehidupan ber-jemaat dengan cara: tiap-tiap hari mereka berkumpul untuk memecahkan roti serta berdoa bersama (Kisah 2 : 41 - 47). Kemudian dalam perkembangan pelayanan berjemaat, mereka hidup sehati dan sejiwa, tidak mementingkan diri sendiri sebab segala kepunyaan mereka adalah milik bersama.

          Perilaku saling mempedulikan membuat mereka dapat saling berbagi dalam segala keperluan. Dengan berbuat demi-kian, maka tidak ada seorangpun yang berkekurangan dari antara mereka.

          Walaupun memiliki berbagai pergumulan dengan segala perbedaan yang ada, jemaat mula-mula justru makin giat ber-usaha membangun keutuhan jemaat yang terus bertumbuh serta berakar pada Kristus, sumber kasih karunia. Kasih karunia Allah yang yang sudah nyata yaitu keselamatan sejati melalui kebang-kitan Kristus, telah membuat para rasul mampu melakukan pekerjaan pelayanan terhadap jemaat dan jemaat tergerak untuk berlomba-lomba mengambil bagian dalam pelayanan kasih.

    Jemaat mula-mula sangat terinspirasi dengan motivasi kepe-layanan yang diberikan para rasul melalui kesaksian mereka tentang kebangkitan Kristus. Hal ini memotivasi mereka untuk hidup dalam kasih karunia yang berlimpah-limpah. Mereka me-nunjukkan kesaksian iman yang luar biasa yaitu yang mem-punyai tanah dan rumah menjual kepunyaannya itu dan mem-bawa hasilnya kepada rasul-rasul, supaya diatur atau didistribusi-kan kepada setiap orang, sesuai keperluan masing-masing.

          Kisah Para Rasul 4:32-37 menunjukkan tentang manaje-men pengorganisasian jemaat yang paripurna, bahwa dari segi kebutuhan jasmani mereka saling mempedulikan, dari segi kebu-tuhan sosial-ekonomi mereka saling berbagi dan mencukupkan, dari segi kebutuhan spiritual atau kerohanian mereka sehati-sejiwa dalam mengusahakan kehidupan berjemaat yang saling mendoakan, ada persekutuan yang beribadah bersama.

          Cara hidup jemaat mula-mula dalam hal penataan or-ganisasi, nampak juga dalam membangun kerja sama. Hal ini nampak dalam pendistribusian materi kepada yang memerlukan bukan dilakukan sendiri-sendiri, melakukan dengan rela hati mereka meletakkan semua itu di kaki rasul-rasul. Para rasul yang bertanggung jawab dalam menyalurkan segala keperluan yang dibutuhkan jemaat, guna mengokohkan kehidupan berjemaat yang saling mempedulikan dan penuh dengan kasih karunia.

          Kasih karunia adalah istilah yang dalam Perjanjian Lama, bentuk terjemahan Ibrani dari kata 'khen' yang mempunyai arti perbuatan atasan kepada bawahannya tentang kasih karunia. Sedangkan dalam terjemahan Yunani 'kharis' mempunyai arti perbuatan Allah kepada manusia yang sebenarnya tidak layak menerimanya. Oleh kasih karunia Allah, manusia dapat mene-rima atau mengalami segala tindakan baik dari Tuhan Allah dalam hidupnya.

          Dalam Perjanjian Baru yaitu pada Injil Sinoptis dan Kisah Para Rasul, pengertian kasih karunia menunjuk pada istilah 'kharis', yaitu suatu tindakan mengagumkan yang adalah karu-nia Roh Kudus yang luarbiasa dan diberikan kepada orang percaya, untuk dapat melayani umat. Dengan demikian, 'kharis' mengandung pengertian sebuah wibawa pelayanan yang didasarkan pada kesaksian hidup yang benar. Kebenaran hidup itu nampak dalam perilaku orang percaya kepada Kristus yang menghadirkan damai sejahtera, hingga menjadi berkat bagi setiap orang yang dijumpainya dalam hidup dan segala karya yang menimbulkan kekaguman.

                   Hidup dalam Kasih Karunia telah memperlengkapi je-maat mula-mula, untuk memberi perhatian kasih kepada mereka yang memerlukan, sambil mempercayakan pekerjaan kasih karunia itu kepada para rasul. Setiap anggota dalam perse-kutuan jemaat mula-mula, termasuk Yusuf Barnabas yang telah hidup dalam kasih karunia, telah mengimplementasikan gaya hidup berimannya dengan menjual tanah ladangnya dan diper-gunakan dalam pelayanan kasih. Demikianlah setiap anggota jemaat berjerih lelah untuk saling melengkapi dan mereka juga membawa persembahan dari hasil jerih lelah atau usaha keras mereka. Persembahan itu dibawa kepada para rasul, supaya diatur dengan baik demi tujuan pelayanan, terhadap segenap anggota jemaat.

Makna dan Implikasi Firman

Belajar dari bagian Alkitab ini, maka kita dapat me-ngetahui betapa pentingnya Hidup dalam Kasih Karunia yang kita maknai dalam Kisah Para Rasul 4 : 32 - 37, seperti berikut:

  1. Sebagai orang-orang yang telah diberkati dan menerima kasih karunia Allah, yaitu keselamatan melalui kebangkitan Kristus, hendaklah kita menjadi pribadi-pribadi yang suka mengambil bagian dalam pelayanan gereja Tuhan, baik dalam perse-kutuan, kesaksian dan berdiakonia. Disamping itu, hendaklah kita menjadi pribadi yang tahu menghargai kerja pelayanan dari mereka yang menerima pengutusan Tuhan, yaitu setiap orang yang melakukan pekerjaan rasuli dalam topangan jemaat. Kita juga diajak untuk membawa persembahan kita dengan kerelaan dan sepenuh hati, dalam rangka pelayanan dan keutuhan gereja.
  2. Sebagai persekutuan gereja Tuhan yang diberkati-Nya untuk berkarya di tanah Minahasa, di Indonesia dan di muka bumi ini, baiklah kita menjadi saksi kebangkitan Kristus yang hidup, untuk menghidupkan sesama melalui perilaku yang saling mempedulikan, menolong, berbagi, mendoakan, menguatkan, dan mengusahakan kesejahteraan hidup bersama. Supaya yang lemah dikuatkan, yang berbeban dihiburkan dan yang tak berpengharapan dipulihkan.
  3. Sebagai pelayan Tuhan, peliharalah selalu wibawa kerasulan yang diberikan Tuhan, untuk dapat mengatur kehidupan jemaat, termasuk dalam mengelola pemberian-pemberian je-maat demi mencukupkan keperluan penatalayanan, di da-lamnya diakonia. Diakonia bukan harus dibagi sama rata seperti yang banyak dipraktekkan jemaat-jemaat, tapi belajar dari bagian Alkitab ini, diakonia artinya dibagi sesuai kebu-tuhan, supaya maksud pemberian yaitu yang kuat menolong yang lemah, yang kaya atau berkelimpahan mencukupkan yang miskin/berkekurangan, dapat dipenuhi dengan sukacita dan rela hati. Maka Tuhan Yesus sumber kasih karunia dipermuliakan dalam hidup kita. 

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI       

  1. Bagaimana jemaat mula-mula mempraktekkan makna 'Hidup dalam Kasih Karunia', sesuai bacaan Alkitab kita saat ini?
  2. Apakah kita sudah 'Hidup dalam Kasih Karunia' dan bagaimana cara kita mengimplementasikannya di tengah keluarga, jemaat dan masyarakat? Berikan contoh-con-tohnya!

NAS PEMBIMBING: 2 Petrus 3:18 

POKOK-POKOK DOA:

  • Pemberdayaan ekonomi jemaat.
  • Usaha-usaha diakonal gereja.
  • Pelayan khusus dalam melaksanakan tugas pelayanan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK III

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: KJ No. 15 Berhimpun Semua Menghadap Tuhan

Nyanyian Masuk: NNBT No 4 Naikkan Doa pada Allah

Pengakuan Dosa:  NNBT 36 Barangsiapa yang Percaya Kepada Tuhan

Berita Anugerah:  NNBT No 37 Tuhan Yesus Adalah Penabur

Doa Untuk Pembacaan Alkitab dan Pemberitaan Firman: KJ No. 356 Tinggallah dalam Yesus

Pembacaan Alkitab: NKB No. 116 Siapa yang Berpegang

Khotbah: KJ No. 383 Sungguh Indah Kabar Mulia

Pengakuan Iman:  PKJ No. 19 Mari Sembah

Persembahan: NKB No. 199 Sudahkah yang Terbaik Kuberikan

Doa Bapa Kami dinyanyikan: NNBT No. 18 Bapa Kami yang Di Sorga

Nyanyian Penutup: NNBT No 43 Pujilah Allah Semesta Alam

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.


Label:   Kisah Para Rasul 4:32-37 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab
1 Korintus 15:1-11(1)
1 Korintus 1:1-9(1)
1 Korintus 1:4(1)
1 Korintus 1:8(2)
1 Petrus 2:1-10(1)
1 Samuel 2:8-9; Yakobus 2:5-11(1)
1 Tawarikh 29:1-9(1)
2 Korintus 8:1-9(1)
2 Samuel 7:18-29(1)
Amsal 3:1-10(1)
Amsal 9:1-18(1)
Ayub 36:1-15(1)
azmur 92:14(1)
Filipi 4:2-9(1)
Kejadian 11:1-9(1)
Kejadian 8:1-22(1)
Kisah Para Rasul 3:1-10(1)
Kisah Para Rasul 4:32-37(1)
Kolose 1:3-14(1)
Kolose 3:18-25(1)
Kolose 3:5-17(1)
Lukas 1:39(1)
Lukas 1:39-45(1)
Lukas 1:40(1)
Lukas 1:41-42a(1)
Lukas 1:42b(1)
Lukas 1:43(1)
Lukas 1:44(1)
Lukas 24:13-35(1)
Lukas 2:21-40(1)
Markus 12:41-44(1)
Markus 15:1-20a(1)
Matius 1:20(1)
Matius 1:24(1)
Matius 1:25(1)
Matius 28:16-20(1)
Matius 3:1-12(1)
Matius 3:1-2(1)
Matius 3:10(1)
Matius 3:11-12(1)
Matius 3:3(1)
Matius 3:4-6(1)
Matius 3:7-8(1)
Matius 3:9-10(1)
Mazmur 106:1-12(2)
Mazmur 25:1-22(1)
Mazmur 25:14(1)
Mazmur 25:15-18(1)
Mazmur 25:19-22(1)
Mazmur 25:4-6(1)
Mazmur 25:7-9(1)
Mazmur 34:1-23(1)
Mazmur 40:17-18; Lukas 4:16-19(1)
Mazmur 92:6-16(1)
Nahum 1:11(1)
Nahum 1:12(1)
Nahum 1:13(1)
Nahum 1:15b(1)
Nahum 1:9-10(1)
Nahum 1:9-15(1)
Obaja 1:1-16(1)
Obaja 1:11-12(1)
Obaja 1:15-16(1)
Obaja 1:3-4(1)
Obaja 1:5-7(1)
Obaja 1:8-10(1)
Pengkhotbah 11:1-8(1)
Roma 8:1-17(1)
Ulangan 16:1-17(1)
Ulangan 8:1-20(1)
Wahyu 2:8-11(1)
Yeremia 10:6-16(1)
Yeremia 12:1 -17(1)
Yeremia 12:10-11(1)
Yeremia 12:12-13(1)
Yeremia 12:14(1)
Yeremia 30:1-11(1)
Yesaya 11:1-10(1)
Yesaya 11:10(1)
Yesaya 11:2-4(1)
Yesaya 11:5(1)
Yesaya 11:6-7(1)
Yesaya 11:8(1)
Yesaya 11:9(1)
Yesaya 35:1-10(1)
Yesaya 49:1-7(1)
Yoel 3:12-13(1)
Yoel 3:18 (1)
Yoel 3:19(1)
Yoel 3:9-21(1)
Yohanes 17:126(1)
Yohanes 21:1-14(1)
Yohanes 6:48-59(1)
Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab:
Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Sabtu, 31 Desember 2016 31 Dec 2016 - Matius 1:25

Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Jumat, 30 Desember 2016 - Yusuf Mengambil Maria Sebagai Isterinya Matius 1:24

RHK Kamis, 29 Desember 2016 Allah Menyertai Kita Matius 1:22-23

RHK Selasa, 27 Desember 2016 - Allah Sumber Pertolongan - Matius 1:20

Khotbah 26 Desember 2016, Hari Natal 2 - Lukas 2:21-40

Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016 TEMA :Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai - Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11

RHK Jumat, 23 Desember 2016 - Kegirangan Memuliakan Tuhan - Lukas 1:44

RHK Kamis, 22 Desember 2016 - Kerendahan Hati - Lukas 1:43

RHK Rabu, 21 Desember 2016 - Memberkati Melalui Pujian - Lukas 1:42b

RHK Senin, 19 Desember 2016 - Salam: Sapaan Kasih - Lukas 1:40

RHK Selasa, 20 Desember 2016 Roh Kudus Melingkupi Elisabeth Lukas 1:41-42a

MTPJ 18 - 24 Desember 2016 Minggu Adven IV - Menyambut Yesus Dengan Kasih Persaudaraan - Lukas 1:39-45

RHK Minggu, 18 Desember 2016 - Mempererat Tali Persaudaraan - Lukas 1:39

RHK Jumat, 16 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Waspada Terhadap Kuasa Kegelapan - Matius 3:10

RHK Sabtu, 17 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hidup Rendah Hati - Matius 3:11-12

RHK Kamis, 15 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Tetap Menyegarkan Hidup Beriman - Matius 3:9-10

RHK Rabu, 14 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Menghasilkan Buah Pertobatan - Matius 3:7-8

RHK Selasa, 13 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Mempersembahkan Talenta Bagi Kemuliaan Tuhan - Matius 3:4-6

RHK Senin, 12 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya - Matius 3:3

MTPJ 11 - 17 Desember 2016 Minggu Adven III - Menyambut Yesus Dengan Pertobatan - Matius 3:1-12

RHK Minggu, 11 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hati yang Bertobat - Matius 3:1-2

RHK Sabtu, 10 Desember 2016 - Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia - Yesaya 11:10

RHK Jumat, 9 Desember 2016 - Jauhkan Perilaku Jahat dan Perilaku Busuk - Yesaya 11:9

RHK Kamis, 8 Desember 2016 - Yang Kuat Tidak Menyakiti yang Lemah - Yesaya 11:8

RHK Rabu, 7 Desember 2016 - Belajar dari Binatang - Yesaya 11:6-7

RHK Selasa, 6 Desember 2016 - Lakukan: Keadilan, Kejujuran, kebenaran dan Kesetiaan - Yesaya 11:5

RHK Senin, 5 Desember 2016 Hidup dalam Tuntunan Roh Kudus - Yesaya 11:2-4

MTPJ 4-10 Desember 2016 Minggu Adven II - Menyongsong Raja Damai - Yesaya 11:1-10

RHK Sabtu, 3 Desember 2016 - Ketulusan dan Kejujuran Hidup - Mazmur 25:19-22

RHK Jumat, 2 Desember 2016 - Mohon Ampun dan Pengasihan Tuhan - Mazmur 25:15-18

RHK Kamis, 1 Desember 2016 - Tuhan Sahabat Karib - Mazmur 25:14

RHK Selasa, 29 November 2016 - Tuhan itu Baik dan Benar - Mazmur 25:7-9

RHK Senin, 28 November 2016 - Jalan Kebenaran dan Kasih Setia Tuhan - Mazmur 25:4-6

MTPJ 27 November s/d 3 Desember 2016 Minggu Adven 1 - Orang Yang Menantikan Tuhan Tidak akan Mendapat Malu - Mazmur 25:1-22

RHK Sabtu, 26 November 2016 - Merayakan Keselamatan - Nahum 1:15b

RHK Kamis, 24 November 2016 - Jatuh dan Tak Bisa Bangkit Lagi - Nahum 1:14

RHK Rabu, 23 November 2016 - Dilepaskan dari Beban dan Belenggu - Nahum 1:13

RHK Selasa, 22 November 2016 - Yang Kuat yang Terkalahkan - Nahum 1:12

RHK Senin, 21 November 2016 - Perancang Kejahatan - Nahum 1:11

MTPJ 20-26 November 2016 - Otoritas Firman Dalam Persekutuan - Nahum 1:9-15

RHK Minggu, 20 November 2016 - Jangan Menentang Tuhan - Nahum 1:9-10

RHK Sabtu, 19 November 2016 Hari Tuhan - Obaja 1:15-16

RHK Jumat, 18 November 2016 Jangan Menindas Orang yang Menderita - Obaja 1:13-14

RHK Kamis, 17 November 2016 Jangan Memandang Rendah - Obaja 1:11-12

RHK Rabu, 16 November 2016 - Penindas akan Dilenyapkan - Obaja 1:8-10

RHK Selasa, 15 November 2016 - Terperangkap Keangkuhan Obaja 1:5-7

RHK Senin, 14 November 2016 - Keangkuhan akan Menjatuhkan - Obaja 1:3-4

MTPJ 13 - 19 November 2016 - Karakter Buruk Merusak Jati Diri dan Persekutuan - Obaja 1:1-16

RHK Jumat, 11 November 2016 - Tuhan adalah Pembela Yoel 3:19

RHK Kamis, 10 November 2016

RHK Rabu, 9 November 2016

RHK Selasa, 8 November 2016

RHK Senin, 7 November 2016 - Yoel 3:12-13

MTPJ 6-12 November 2016 - Yoel 3:9-21 - Umat Dikuduskan, Alam Diberkati

RHK Sabtu, 5 November 2016

RHK Kamis, 3 November 2016

RHK Rabu, 2 November 2016

31 Oktober 2016 Hari Alkitab dan Reformasi Gereja

MTPJ Minggu, 30 Oktober-5 November 2016 - Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru - Kolose 3:5-17

RHK Jumat, 28 Oktober 2016 - Tak Bercacat Sampai pada Hari Tuhan - 1 Korintus 1:8

RHK Kamis, 27 Oktober 2016 - Jangan Kekurangan Satu Karunia pun! - 1 Korintus 1:8

RHK Selasa, 25 Oktober 2016 - Bersyukur atas Anugerah Allah bagi Sesama 1 Korintus 1:4

MTPJ 23 - 29 Oktober 2016 - Memelihara Kekudusan Bergereja 1 Korintus 1:1-9

RHK Jumat, 21 Oktober 2016 - Yeremia 12:14

RHK Kamis, 20 Oktober 2016 - Yeremia 12:12-13

RHK Rabu, 19 Oktober 2016 - Gembala yang Baik - Yeremia 12:10-11

RHK Selasa, 18 Oktober 2016 - Hidup yang Mengandalkan Tuhan - Yeremia 12:7-9

MTPJ 16-22 Oktober 2016 - Tuhan Menghukum dan Memulihkan untuk Keadilan - Yeremia 12:1 -17

MTPJ 9 - 15 Oktober 2016 - Jabatan adalah Anugerah Tuhan

MTPJ 2-8 Oktober 2016 - Tubuh dan Darah Kristus yang Menyelamatkan - Yohanes 6:48-59

MTPJ 25 September s/d 1 Oktober 2016 - Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli - 1 Petrus 2:1-10

MTPJ 18-24 September 2016 - Gereja yang Membawa Kabar Bahagia - Matius 5:1-12

MTPJ 11 - 17 September 2016 - Umat yang Terus Berkarya Pengkhotbah 11:1-8

MTPJ 4 - 10 September 2016 - Pengakuan Umat: Tuhan Semesta Alam Yeremia 10:6-16

MTPJ 28 Agustus s/d 3 September 2016 - Hikmat Tuhan Membawa Berkat - Amsal 3:1-10

MTPJ 21-27 Agustus 2016 - Hidup dalam Kasih Karunia - Kisah Para Rasul 4:32-37

MTPJ 14 - 20 Agustus 2016 - Kerelaan Memberi - Markus 12:41-44

RHK Minggu, 14 Agustus 2016 Yesus Mengetahui Setiap Persembahan - Markus 12:41a

MTPJ 7 - 13 Agustus 2016 - Bersyukur Atas Penyelamatan Tuhan - Yesaya 35:1-10

MTPJ 31 Juli-6 Agustus 2016 - Keluarga Yang Diberkati Untuk Menjadi Berkat - 2 Samuel 7:18-29

RHK Jumat, 29 Juli 2016 - Ditanam di Bait Tuhan Mazmur 92:14

MTPJ 24 - 30 Juli 2016 - Berbuah Sampai Masa Tua - Mazmur 92:6-16

MTPJ 17 - 23 Juli 2016 - Mazmur 65:2-14 - Bersyukur Atas Berkat Tuhan

MTPJ 10-16 Juli 2016 - Pengucapan Syukur Memperkuat Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan - Ulangan 16:1-17

MTPJ 3-9 Juli 2016 - Buah Pekabaran Injil - Kolose 1:3-14

MTPJ 26 Juni - 2 Juli 2016 - Kualitas Hidup Orang Kristen - Filipi 4:2-9

MTPJ 19-25 Juni 2016 - Hikmat Yang Membangun - Amsal 9:1-18

MTPJ 12 - 18 Juni 2016 - Menabur Benih Injil Matius 28:16-20

MTPJ 5-11 Juni 2016 Ketaatan Membawa Berkat, Ketidaktaatan Membawa Malapetaka - Ulangan 8:1-20

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2016 Memberi Karena Cinta - 1 Tawarikh 29:1-9

MTPJ 22-28 Mei 2016 Kesatuan Dalam Keanekaragaman Yohanes 17:1-26

16 Mei 2016 Pentakosta 2 & HAPSA P/KB - Bapa Pelopor Perdamaian Kolose 3:18-25

MTPJ 15 - 21 Mei 2016 Pentakosta 1 - Kuasa Yang Menghidupkan - Roma 8:1-17

MTPJ 8 - 14 Mei 2016 Komunikasi Dapat Menyatukan dan Mengacaukan - Kejadian 11:1-9

MTPJ 1 - 7 Mei 2016 Diberdayakan Bukan Diperdayakan Kisah Para Rasul 3:1-10

MTPJ 24 - 30 April 2016 Melawan Radikalisme -Bahan Alkitab : Lukas 6:27-36

MTPJ 17 - 23 April 2016 - Kejadian 8:1-22 - Selamatkan Bumi

MTPJ 10 - 16 April 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 21:1-14

MTPJ 3 - 9 April 2016 - Berjalan Bersama Yesus Yang Telah Bangkit - Lukas 24:13-35

28 Maret 2016 Paskah II

MTPJ 27 Maret - 2 April 2016 Paskah 1 - 1 Korintus 15:1-11

25 Maret 2016 Jumat Agung

MTPJ 20 - 26 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Markus 15:1-20a

MTPJ 13 - 19 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 16:16-33

MTPJ 6 - 12 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 34:1-23

MTPJ 28 Februari - 5 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Wahyu 2:8-11

MTPJ 21-27 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 14-20 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Ayub 36:1-15

MTPJ 7-13 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kisah Para Rasul 17:22-34

MTPJ 31 Januari s/d 06 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 24-30 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 17-23 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 2 Korintus 8:1-9

MTPJ 10-16 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 03-09 Januari 2016 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip Pembacaan Alkitab..

Register   Login  

mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   tata ibadah natal GMIM,   tata ibadah pra natal GMIM,   mtpj yesaya 35:1-10,   mtpj yesaya 35:1-10,   tata ibadah remaja gmim,   tata cara ibadah pkb gmim,   tata ibadah remaja gmim,   liturgi natal GMIM terbaru,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Susunan Tata Ibadah GMIM minggu hari ini 24 November 2019,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   liturgi natal gmim,   tata ibadah GMIM,   pembacaan alkitab gmim minggu ini,   pembacaan alkitab gmim,   liturgi ibadah pemuda natal gmim,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Liturgi Ibadah Natal anak sekolah minggu GMIM,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars wki gmim,   tata ibadah Natal Gereja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   tata ibadah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim,   pembacaan gmim minggu ini,   liturgi ibadah minggu gmim,   khotbah gmim minggu ini,   obor pemuda gmim edisi Oktober 2019,   tata gereja gmim 2017 bab 17,   tata gereja gmim 2017 bab 2,   mtpj 3 november 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2019,   mtpj gmim bulan november2019,   bacaan mingguan gmim november 2019,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata gereja gmim 2016,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   khotbah minggu ini gmim,   pelita pkb gmim 2019,   pelita pkb gmim 2019,   pelita pkb gmim 2019,    MTPJ gmim tanggal 20-26 oktober 2019,   renungan kaum ibu gmim minggu yg brjalan,    MTPJ gmim tanggal 20-26 oktober 2019,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   mtpj gmim dibaharui menjadi pembaharu,   lagu rohani gmim,   liturgi dalam Gmim,   tata gereja gmim,   download tata gereja Gmim 2016,   mtpj gmim 20 oktober - 26 oktober 2019,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   mtpj gmim bulan oktober,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   tata ibadah gmim 2019,   lyrik mars pkb gmim,   lyrik mars pkb gmim,   mtpj gmim oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim 2019,   download lagu anak panah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim,   mars guru sekolah minggu gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   Nada dasar lagu mars wki gmim,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah gmim,   lagu gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   Nyanyian pembukaan ibadah Gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   download tata gereja gmim 2016 pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah kreatif gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lirik mars wki sinode gmim,   mars wki gmim,   anak sekolah minggu gmim lyric,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   download video doa bapa kami gmim,   tata cara ibadah pemudagmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   tata gereja gmim 2017,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah kolom gmim,   renungan pelita pria kaum bapa gmim september 2019,   Lirik lagu hymne pria kaum bapa gmim,