gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 139 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa"
TEMA MINGGUAN : "Melayani Demi Kepentingan Kristus"

Bacaan Alkitab: Filipi 2:19-3:1a

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Melayani berarti membantu menyiapkan dan mengurus apa-apa yang diperlukan. Melayani adalah salah satu dari Tri-tugas panggilan gereja. Sebagai persekutuan dan umat Allah di dunia ini gereja dipanggil untuk melayani Allah dan manusia secara utuh. Melayani Allah berarti melakukan kehendak Allah, itu berarti berada di dunia untuk melayani sesama.

Begitu sebaliknya, melayani manusia bermaksud melakukan apa yang ia butuhkan yang berkenan kepada Allah. Dasar pelaksanaan pelayanan gereja adalah harus mengacu pada pelayanan Yesus Kristus. Di dunia yang modern ini, GMIM juga harus konsisten dalam menata pelayanannya, apalagi dalam membangun peradaban di era disrupsi yang merupakan sebuah inovasi yang akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara baru termasuk pelayanan melalu live streaming. Para pelayanpun harus dapat beradaptasi di era disrupsi ini dalam pelayanannya untuk kepentingan Kristus bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompoknya. Seorang Pelayan Khusus melayani bukan dengan tujuan untuk mencari keuntungan diri sendiri, ingin dipuji "makang puji" dan mengorbankan orang lain dengan cara menjatuhkan dan merusak nama baik teman sepelayanan yang pada akhirnya menimbulkan perpecahan dalam persekutuan umat Tuhan. GMIM dengan rendah hati harus sehati, sepikir, setujuan dalam kasih untuk melayani demi kepentingan Kristus; Yesuslah yang harus menjadi pusat pelayanan gereja. Karena itu tema perenungan di minggu ini adalah: Melayani demi Kepentingan Kristus.

PEMBAHASAN TEMATIS
 Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kota Filipi terletak di propinsi Romawi Makedonia, di negeri Yunani, bagian utara. Injil diberitakan oleh Paulus disertai Silas dan Timotius di Filipi. Paulus datang pertama kalinya ke Filipi dalam perjalanan penginjilan yang kedua (Kisah Para Rasul 16) sekitar tahun 52 M. Mereka disambut dengan baik oleh seorang pedagang kain yang bernama Lidia.

Keluarga Lidia bertobat dan ini merupakan cikal bakal jemaat Filipi. Paulus harus meninggalkan kota Filipi karena adanya penganiayaan (1 Tesalonika 2:2), tetapi gereja di sana tetap setia kepadanya (Filipi 4:16). Hal ini menunjukkan bahwa Paulus memiliki hubungan yang hangat dengan gereja di sana, karena biasanya ia selalu dengan cermat membiayai kehidupannya sendiri (Filip 4:15). Akan tetapi, hanya dari jemaat Filipi, Paulus setuju untuk menerima suatu pemberian. Ketika Paulus menulis surat ini, ia sedang berada dalam penjara di Roma. Melalui suratnya, Paulus memberikan nasihat kepada anggota jemaat Filipi, supaya mereka teguh berdiri dalam iman (1:27-28), bersatu, merendahkan diri dan melayani satu sama lain (2:1-4) menurut pola hidup Kristus (2:5-11), dan supaya mereka hidup sesuai dengan panggilan mereka sebagai anak-anak Allah (2: 12-18), ia memberitahukan rencana yang mau ia laksanakan terhadap mereka, yaitu bahwa ia bermaksud untuk mengirimkan Timotius - Penginjil yang setia, yang telah menolongnya dalam pekerjaannya, dan mengirimkan kembali Epafroditus kepada mereka. Teks ini dapat dimengerti dengan membaginya menjadi dua bagian : Pertama : Timotius (ayat 19-24).

Paulus mengirimkan Timotius kepada jemaat Filipi karena ia tahu bahwa Timotius melakukan pelayanan Injil tanpa mencari kepentingannya sendiri. Paulus dapat mempercayakan jemaat Filipi kepada Timotius. Kepada orang-orang yang lain tidak mungkin. Terhadap mereka, Paulus selalu merasa waspada, karena berlainan dengan Timotius, mereka semuanya mencari kepentingan sendiri bukan kepentingan Kristus (2:20-22).

Selain itu, satu hal lagi yang menjadi alasan bagi Paulus untuk mengirimkan Timotius kepada mereka, yaitu karena mereka tahu, bahwa kesetiaannya telah teruji dan bahwa ia telah menolong Paulus dalam pelayanan Injil. Timotius dalam melakukan pelayanannya, selalu ia kerjakan dengan setia dan itu terbukti dari cara dia melayani: sama seperti seorang anak melayani (untuk) bapanya. Sebab pelayanan Timotius bukanlah pelayanan untuk dirinya pribadi ataupun Paulus tapi kepada Tuhan: kepada pemberitaan firman-Nya. Kedua: Epafroditus (ayat 25-30) adalah seseorang yang diutus jemaat Filipi untuk mengirim pemberian kasih kepada Paulus dan juga membantu Paulus dalam pelayanannya. Tetapi Epafroditus jatuh
sakit dan setelah ia sembuh, ia ingin kembali ke Filipi. Paulus mengerti keinginan Epafroditus tapi dia juga kuatir kalau hal itu tidak disetujui anggota jemaat Filipi.

Karena itu, Paulus mengirim surat dengan harapan bahwa jemaat Filipi akan menerima Epafroditus dengan sukacita. Paulus meng- gambarkan dengan kata saudaraku, teman sekerjaku, teman seperjuanganku kepada jemaat Filipi bahwa betapa besar arti Epafroditus untuk melayaninya dalam keperluannya (Yunani: tes chreias mou = dari keperluan atau kebutuhanku). Namun, Paulus harus mengirimkan Epafroditus kembali ke Filipi karena ia sakit dan nyaris mati tetapi Allah mengasihi dan menyembuhkannya. Paulus lebih cepat mengirimkan Epafroditus agar berkurang dukacitanya.

Paulus pun meminta jemaat Filipi menyambut Epafroditus dengan sukacita di dalam Tuhan karena Epafroditus telah menyerahkan hidupnya bahkan hampir mati karena pekerjaan Kristus, ia mempertaruhkan jiwanya untuk memperhatikan serta membantu Paulus dalam pelayanannya. Setia kawan dalam menopang pelayanan dibuktikan oleh Epafroditus. Hal ini sangat jelas bahwa pelayanan yang dilakukan oleh Epafroditus terhadap Paulus merupakan pelayanan demi kepentingan Kristus (ayat 30) bdk Kolose 3 : 23.

Sesudah Paulus membicarakan rencana pengutusan yang ia buat untuk Timotius dan Epafroditus ke jemaat Filipi, ia mengakhirinya dengan suatu ajakan: Akhirnya saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan (pasal 3:1a). Ini adalah ajakan Paulus untuk jemaat Filipi agar bersukacita dalam Tuhan, dalam persekutuan dengan Dia dan dalam kehendak-Nya. Tapi juga merupakan panggilan bagi setiap orang percaya dalam segala waktu dan tempat sebagai anggota tubuh Kristus.

* Makna dan Implikasi Firman
* Melayani adalah panggilan iman bagi semua orang percaya karena itu harus dilakukan berdasarkan pada pola pelayanan Kristus. Dan hendaklah pelayanan yang dilakukan adalah untuk kepentingan Kristus dan bukan untuk kepentingan pribadi karena Dia adalah pusat pelayanan.

* Pelayan khusus hendaknya memiliki sikap yang tulus, rendah hati, setia kawan, sehati sepikir setujuan dalam kasih Kristus (bdk Filipi 2:2-4) dan menyerahkan hidupnya untuk kepentingan Kristus; rela berkorban dengan tidak mencari keuntungan dirinya sendiri. Tuhan Yesus telah melakukan-Nya dengan pengorbanan yang sempurna setia dan taat sampai mati di kayu salib demi menyelamatkan manusia. Sebagai gereja Tuhan kita terpanggil merespon kasih Tuhan ini dengan memperhatikan sesama yang saling menopang dalam pelayanan bukan saling menjatuhkan; saling menguatkan bukan saling melemahkan. Seperti yang dilakukan oleh rasul Paulus, Timotius dan Epafroditus dalam bacaan Alkitab Filipi 2:19-3:1a.

Pelayan khusus harus siap melayani sesama baik atau tidak baik waktunya di tengah jemaat pun di tengah bangsa dan negara Republik Indonesia tercinta yang boleh merayakan 76 tahun kemerdekaan di era disrupsi dimana masyarakat menggeser aktivitas yang awalnya dilakukan di dunia nyata beralih ke dunia maya.

* Sebagai jemaat Tuhan, kita harus mempraktekkan sikap hidup yang peduli dengan sesama, mengasihi dan saling memberi dengan sukacita, membantu/menopang pelayanan di jemaat dan juga di masyarakat. Apapun yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu (Kolose3:23a). Dan bersukacitalah serta penuhi tugas panggilan pelayanan sebagai orang-orang percaya yang melayani demi kepentingan Kristus.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI

 1. Apa yang saudara pahami tentang "Melayani demi Kepentingan Kristus" berdasarkan bacaan Filipi 2: 19-30:1a?
 2. Bagaimana sikap pelayan khusus dan juga warga gereja masa kini jika belajar dari bagian Alkitab ini?
 3. Apa komitmen kita baik sebagai pelayan khusus maupun sebagai anggota jemaat dalam melayani?

POKOK-POKOK DOA:
* Memohon Tuhan terus menuntun gereja semakin dimurnikan dalam melaksanakan tugas pelayanan-Nya.
* Memohon agar gereja dapat melaksanakan tugas pelayanan untuk kepentingan Kristus di masa kini.
* Memohon agar pelayan-pelayan gereja semakin teguh dalam komitmennya untuk melayani demi kepentingan Kristus.

NAS PEMBIMBING: Kolose 3 : 23

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN
HARI MINGGU BENTUK IV

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Persiapan: NNBT No.3 Mari Kita Puji Allah Pembukaan: Melayani, Melayani Lebih Sungguh
Pengakuan Dosa dan Pengampunan : NNBT. No 11 Ya Allahku, Kami Mengaku Dosa
Ses Pemb Alkitab: Firman-Mu P'lita Bagi Kakiku
Persembahan: KJ No. 363 Bagi Yesus Kuserahkan Nyanyian Penutup: Sukacita Melayani

ATRIBUT
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:

Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16

MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16

MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11

Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11

MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16

Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13

MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13

Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27

MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27

MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22

Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20

MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20

Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21

MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21

Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22

MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22

Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021

MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25

Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18

MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18

Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a

MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a

Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29

MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29

KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22

MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22

MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17

Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17

MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11

Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17

MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17

MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22

Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19

MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19

Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28

MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28

Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16

MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16

MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18

Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7

Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30

MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30

Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8

MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8

MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM)

MTPJ 23 - 30 Mei 2021

Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14

MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14

Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20

MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20

Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10

MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13

MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22

Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22

MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12

Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12

Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14

MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14

MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12

MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32

Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32

JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75

MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75

MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11

MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3

MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73

MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10

MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a

MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18

MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6

MTPJ 17 - 23 Januari 2021

MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021

MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021

MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26

MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8



MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(75)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Mtpj gmim 24-30 oktober 2021,   materi penggembalaan Katekisasi GMIM,   Pemberitahuan Bulan Syukur ke-87 GMIM bersinode,   Bahan Khotbah Yudas 1 : 17-25 MTPJ GMIM,   Pembacaan Alkitab Minggu ini GMIM 2021,   khotbah gmim Roma 2 : 1-16,   mtpj gmim 6 juni 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Stola gmim ini hari minggu 30 mei 2021,   Tata Cara Ibadah GMIM,   TATA CARA IBADAH GMIM MEI 2021,   MTPJ GMIM 16 MEI 2021,   MATERI KATEKISASI STRUKTUR gmim,   bentuk kerjasama GMIM materi katekisasi,   Materi katekisasi bentuk bentuk kerjasama gmim,   Mtpj gmim 16-22 mei 2021 dan stola,   lirik lagu Mars guru sekolah minggu GMIM,   susunan lagu untul ibdah pemuda remaja gmim,   Renungan obor Pemuda GMIM mei 2021,   bacaan gmim 25 april 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   MTPJ GMIN BAHAN BACAAN MINGGU 25 APRIL 2021,   materi katekisasi lengkap gmim,   mtpj 11 april 2021,   TATA IBADAH GMIM,   Mars Pemuda GMIM,   tata cara ibadah gmim menggunakan NNBt,   perenungan gmim 14-20 maret2021,   lagu rohani remaja gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   susunan lagu tata ibadah gmim di minggu sengsara,   tata cara ibadah kolom gmim,   pembacaan gmim 7 maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   hotba Kaum Ibu GMIM Bulan maret 2021,   tata cara ibadah gmim,   Mtpj bulan februari,   Atribut GMIM,   Atribut GMIM,   mars pria kaum bapa gmim lirik,   lirik lagu HARI PERSATUAN remaja gmim,   pengajaran baptisan gmim,   buku katekisasi baptisan gmim,   mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,