gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 193 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah"
TEMA MINGGUAN : "Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar"


BACAAN ALKITAB : 1 Raja-Raja 3:16-28
Hikmat Salomo pada waktu memberi keputusan
3:16 Pada waktu itu masuklah dua orang perempuan sundal menghadap raja, lalu mereka berdiri di depannya. 3:17 Kata perempuan yang satu: "Ya tuanku! aku dan perempuan ini diam dalam satu rumah, dan aku melahirkan anak, pada waktu dia ada di rumah itu. 3:18 Kemudian pada hari ketiga sesudah aku, perempuan inipun melahirkan anak; kami sendirian, tidak ada orang luar bersama-sama kami dalam rumah, hanya kami berdua saja dalam rumah. 3:19 Pada waktu malam anak perempuan ini mati, karena ia menidurinya. 3:20 Pada waktu tengah malam ia bangun, lalu mengambil anakku dari sampingku; sementara hambamu ini tidur, dibaringkannya anakku itu di pangkuannya, sedang anaknya yang mati itu dibaringkannya di pangkuanku. 3:21 Ketika aku bangun pada waktu pagi untuk menyusui anakku, tampaklah anak itu sudah mati, tetapi ketika aku mengamat-amati dia pada waktu pagi itu, tampaklah bukan dia anak yang kulahirkan." 3:22 Kata perempuan yang lain itu: "Bukan! anakkulah yang hidup dan anakmulah yang mati." Tetapi perempuan yang pertama berkata pula: "Bukan! anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup." Begitulah mereka bertengkar di depan raja. 3:23 Lalu berkatalah raja: "Yang seorang berkata: Anakkulah yang hidup ini dan anakmulah yang mati. Yang lain berkata: Bukan! Anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup." 3:24 Sesudah itu raja berkata: "Ambilkan aku pedang," lalu dibawalah pedang ke depan raja. 3:25 Kata raja: "Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua dan berikanlah setengah kepada yang satu dan yang setengah lagi kepada yang lain." 3:26 Maka kata perempuan yang empunya anak yang hidup itu kepada raja, sebab timbullah belas kasihannya terhadap anaknya itu, katanya: "Ya tuanku! Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia." Tetapi yang lain itu berkata: "Supaya jangan untukku ataupun untukmu, penggallah!" 3:27 Tetapi raja menjawab, katanya: "Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia; dia itulah ibunya." 3:28 Ketika seluruh orang Israel mendengar keputusan hukum yang diberikan raja, maka takutlah mereka kepada raja, sebab mereka melihat, bahwa hikmat dari pada Allah ada dalam hatinya untuk melakukan keadilan.

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Hikmat artinya: kebijaksanaan, kearifan (lihat KBBI) bahasa inggrisnya Wisdom adalah suatu pengertian dan pemahaman mengenai orang, barang, kejadian, atau situasi untuk menerapkan persepsi, penilaian dan
perbuatan sesuai pengertian. Hikmat Allah selalu berhubungan dengan tindakan dan keputusan Allah yang benar, sedangkan hikmat manusia sering mengalami kesalahan. Apalagi manusia sering ada kecenderungan untuk menyombongkan diri padahal dituntut untuk bertindak benar.

Segala yang berhubungan dengan sikap dan tindakan orang beriman membutuhkan hikmat seperti Amsal 4:7a mengatakan permulaan hikmat, ialah perolehlah hikmat. Hikmat adalah penerapan praktis dari pengetahuan yang dimiliki seseorang ke dalam kehidupan sehari-hari. Karena orang percaya yang memiliki hikmat mampu bertindak yang baik dan bisa menghindari hal-hal yang jahat. Hikmat Ilahi bukan semata-mata hikmat pada akal budi secara rasional, melainkan hikmat yang dikaruniakan Allah yang menjadikan orang percaya bersikap benar dan adil. Sebab kalau hikmat yang menekan ratio itu tidak cukup, haruslah seseorang memiliki kepekaan terhadap hati sesama yang menunjuk pada kasih. Hendaklah dengan memahami hikmat orang percaya mampu menjawab persoalan dalam kehidupannya supaya bertindak seperti yang dikehendaki Allah. Karena itu tema minggu ini adalah "Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar".

PEMBAHASAN TEMATIS
* Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kitab 1 Raja-raja menceritakan sejarah para raja Israel dan Yehuda yang ditulis sekitar tahun 1050-586 SM sedangkan raja Salomo tampil di tahun 970 SM hingga masa pembuangan di Babel yang memerintah selama 40 tahun. Salomo meminta hikmat dari Tuhan untuk menimbang perkara yang baik dan jahat (1 Raja-raja 3:9).

Khusus bacaan minggu ini 1 Raja-raja 3:16-28 mence-ritakan sebuah keputusan yang berhikmat dimana Salomo akan menentukan mana yang adil dan yang tidak. Pada waktu itu ada dua perempuan sundal yang hampir bersamaan melahirkan seorang bayi masing-masing dalam satu rumah dengan tidak ada saksi. Namun karena kecerobohan dari seorang perempuan sundal yang pada waktu saat malam, dalam pertiduran ia menindih anaknya sampai mati. Dalam keadaan kalut maka perempuan ini menukarkan bayi yang sudah mati tersebut dengan bayi atau anak yang masih hidup. Ia mengambilnya dan menaruh dalam pengkuannya sedangkan anaknya yang sudah mati ditaruhnya dalam pangkuan perempuan sundal yang pertama.

Keesokan harinya karena mempunyai hubungan batin yang sangat kuat, saat perempuan sundal pertama bermaksud untuk menyusui anaknya maka ia mengamat-ngamati bahwa bayi yang sudah mati tersebut bukanlah anaknya sebab ia menyakini bahwa anaknyalah yang hidup. Mereka saling mengklaim dan bertengkar bahwa "anakkulah yang hidup sedangkan anakmulah yang mati" (Ayat 16-22).

Untuk menentukan siapa pemilik bayi atau anak tersebut maka tidak ada pilihan selain menghadap Raja Salomo untuk mengambil keputusan siapa sebenarnya ibu kandung dari anak yang sedang diperebutkan itu. Karena saling mempertahankan masing-masing, maka Salomo meminta untuk diambilkan pedang dengan maksud membagi dua anak tersebut. Kedengaran adil tetapi konsekwensinya anak tersebut tidak akan hidup. Dengan mengambil pedang menggambarkan sikap yang harus dilakukan oleh seorang raja Salomo pada situasi yang sulit. Keputusan dengan memenggal anak yang hidup itu menjadi dua bagian merupakan pengujian kebenaran. Maka timbullah rasa belas-kasihan dari seorang ibu yang merasakan bahwa anak itu adalah anaknya. Asalkan anak itu tidak mati ia berkata:"Ya tuanku! Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia". Tetapi perempuan sundal lainnya tidak mempunyai belaskasihan sehingga ia berkata" supaya jangan untuk aku ataupun untukmu, penggallah. (ayat 23-26)

Hikmat Allah menuntun untuk bertindak benar seperti yang dilakukan oleh Raja Salomo dalam pengambilan kepu-tusan kepada siapa yang berhak atas anak itu. Hikmat Allah yang diberikan kepada Salomo menjadikannya mampu mengerti bahasa suara hati seorang ibu sehingga Salomo berkata "Berikanlah kepadanya bayi yang hidup itu, jangan sekali-kali membunuh dia; dia itulah ibunya. Hikmat dan keputusan yang sangat tetap karena diyakini hal tersebut berasal dari hikmat keadilan Allah kepada Salomo. Dengan hikmat yang Allah berikan kepada Salomo dengan benar mengambil keputusan siapa sesungguhnya pemilik anak yang hidup tersebut yang diperebutkan oleh dua orang perempuan sundal maka seluruh orang Israel menjadi takut kepada Raja Salomo yang melihat hikmat daripada Allah ada dalam hati Salomo. Ayat 27-28. Bahkan hikmat Salomo melebihi hikmat segala bani Timur dan melebihi segala hikmat orang Mesir. 1 Raja-raja 4:30.

* Makna dan Implikasi Firman
* Setiap keputusan yang berasal dari hikmat Allah selalu mendatangkan dan menghadirkan keputusan yang adil. Keadilan Allah tidak dapat diputarbalikan atau disalah-gunakan apalagi hanya mengambil hak atau milik orang lain. Hikmat Allah menuntun untuk bertindak benar ketika orang percaya melakukan itu berdasarkan keadilan Allah. Tidak ada kuasa yang dapat membendung atau menghalangi kebenaran yang Tuhan berikan kepada kita. Sekalipun ada orang yang ingin menukar kesalahan dengan kebenaran. Semuanya Tuhan yang Maha mengetahuinya.

* Hikmat menunjuk pada kasih yang menerima dan member-lakukan keadilan Allah harus dipraktekkan dengan benar sehingga mendatangkan rasa takut dan hormat kepada Allah. Sesungguhnya orang beriman hendaklah memiliki hikmat dengan mengandalkan Allah atau petunjuk Allah. Hikmat memberikan keuntungan bagi kita yang cerdas, berpengetahuan, benci terhadap kejahatan, kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat dan mulut yang penuh tipu muslihat, ada nasihat, pertimbangan, pengertian dan ada kekuatan (band Ams 8:11-15).

 Sebagai pemimpin dalam keluarga atau pemimpin dalam pelayanan gereja dan pemerintah selalu diperhadapkan dengan pengambilan keputusan untuk kepentingan orang banyak. Keputusan harus dilandasi dengan hikmat yang berasal dari Tuhan Allah dalam Yesus Kristus sehingga menghasilkan tindakan yang benar. Yak. 1:5: "Tetapi apabila kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati".

* Setiap tindakan dan perbuatan yang melawan kehendak Allah berarti melawan keadilan Allah. Berbicara tentang keadilan Allah tidak hanya soal memilih mana yang baik saat pengambilan keputusan, tetapi keadilan Allah juga menyangkut bagaimana seseorang melakukan segala aturan dan ketetapan Allah, aturan gereja serta organisasi apapun hendaknya berdasakan hikmat Allah.

* Tuhan Yesus selalu menunjukkan belaskasihan kepada siapa Ia menunjukkan belaskasih-Nya. Begitu juga kita dengan memilki belaskasihan sebagai orang percaya hendaknya mampu memberlakukan yang adil dan benar. Sedangkan yang tidak adil akan membawa pada perbuatan yang menyakiti orang lain dan mendatangkan dosa.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

1. Bagaimana hikmat Allah menuntun untuk bertindak benar menurut 1 Raja-Raja 3:16-28?
2. Apa beda sikap orang berhikmat dan orang yang tidak berhikmat dalam kehidupan setiap hari?
3. Bagaimana kita sebagai orang percaya dan Pelayan Khusus untuk mempraktekan hikmat Allah untuk bertindak benar dalam setiap keputusan di Sidang-sidang Majelis di semua aras?

NAS PEMBIMBING: Amsal 8:11

POKOK - POKOK DOA :
- Memohon Tuhan mengubah orang-orang yang menyalagunakan keadilan.
- Supaya orang percaya mengutamakan hikmat Allah menuntun untuk bertindak benar.
- Memberlakukan yang adil dalam sikap melalui pikiran, perkataan dan perbuatan
- Pemimpin gereja disanggupkan untuk mengambil keputusan secara benar dan adil.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK IV

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Persiapan: KJ No. 17 Tuhan Allah Hadir
Pembukaan: NKB No. 3 Terpujilah Allah
Pengakuan Dosa & Pengampunan: KJ. No. 344 Ingat Akan Nama Yesus.
Ses Pembacaan Alkitab: NKB No. 116 Siapa Yang Berpegang
Persembahan: NNBT No. 15 Hai Seluruh Umat Tuhan
Nyanyian Penutup: NKB No.189 Pegang Tanganku

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Markus 7:24-30(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28


Sebelum:

Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 26 Desember 2021 - Dedikasi Paripurna Bagi Yesus - oleh Pdt. Vivian Ch. Aray, S.Th LIRIK
MTPJ Minggu, 26 Desember 2021 - Sabtu, 1 Januari 2022 LIRIK
MTPJ Sabtu, 25 Desember 2021 (Khotbah Natal Hari I) - Lukas 2:8-20 LIRIK
MTPJ GMIM Jumat, 24 Desember 2021 (Khotbah Malam Natal) - Lukas 2:1-7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 19 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 19 Desember - Sabtu, 25 Desember 2021 - Firman Menjadi Manusia - Yohanes 1:1-14 LIRIK
Video Khotbah Minggu, 12 Desember 2021 oleh Ibu Pdt Tirsa Tairas LIRIK
MTPJ Minggu, 12 Desember 2021 – Sabtu, 18 Desember 2021 (Minggu Adven III) LIRIK
KHOTBAH KHOTBAH MTPJ GMIM Minggu, 5 Desember - 11 Desember 2021 - TERBITLAH SURYA KEBENARAN - MALEAKHI 4:1-6 - MINGGU ADVEN 1 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 28 Nopember 2021 - PENGHARAPAN AKAN KESELAMATAN – Zakharia 9:9-17 - Minggu Adven I LIRIK
MTPJ Selasa, 23 Nopember 2021 - HUT ke-84 W/KI GMIM - TEMA: Iman Ibu Menyelamatkan Keluarga - Markus 7:24-30 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 November - Sabtu, 4 Desember 2021 - Minggu Adven 1 - Tema: Pengharapan Akan Keselamatan - Zakharia 9:9-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(8)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,