gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 41 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN :"Memelihara Keutuhan Ciptaan
TEMA MINGGUAN : "Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah

BACAAN ALKITAB : Lukas 13:22-30
Siapa yang diselamatkan
13:22 Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. 13:23 Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?" 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. 13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. 13:26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. 13:27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! 13:28 Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. 13:29 Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."


ALASAN PEMILIHAN TEMA
Keselamatan adalah anugerah yang bukan hanya berlaku sesudah mati atau nanti di seberang kubur tetapi sekarang juga, di dunia ini, sungguhpun belum secara sempurna. Keselamatan yang diterima oleh manusia meru-pakan relasi yang benar dengan Yesus Kristus yang terwujud di dalam Kerajaan Allah. Dalam memelihara keutuhan ciptaan-Nya maka keselamatan harus nampak dalam praktek hidup yang berkenan kepada Tuhan. Seperti dalam Matius 8:11 "Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga". Perjamuan Sorgawi bukan makan dan minuman dalam arti sebenarnya, tapi ikut ambil bagian dalam tugas panggilan gereja yaitu bersekutu, bersaksi dan melayani termasuk duduk sehidangan dalam mengkuti perjamuan kudus. Namun begitu banyak orang Kristen mengabaikan tugas panggilan gereja dengan tidak peduli akan pentingnya hubungan yang baik dengan Tuhan Yesus yang adalah wujud kerajaan Allah. Malahan masih ada sifat dan sikap yang penuh dengan kesombongan dan sering melakukan kejahatan serta mementingkan diri sendiri sehingga untuk menikmati duduk makan di dalam kerjaan Allah makin tidak nampak. Bahkan masih ada anggota jemaat yang tidak suka duduk bersama Tuhan dalam bentuk mengikuti persekutuan ibadah. Karena itu tema minggu ini adalah: Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah dengan tujuan supaya jemaat mengetahui bahwa sehidangan dengan Tuhan akan senantiasa membawa kebenaran, damai sejahtera dan bersukacita.


PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Lukas menceritakan bahwa dalam perjalanan Tuhan Yesus ke Yerusalem, ada seorang bertanya kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan? (Ei oligoi hoi sozomenoi). Pertanyaan ini menjadi sangat penting, karena orang Israel terikat kepada hal-hal yang kelihatan, maka mereka tidak mampu mengenal bahwa Yesus adalah Mesias yang dijanjikan dan penghantar ke dalam Kerajaan Allah. Yesus tidak memberikan jawaban langsung terhadap pertanyaan ini, sebab Ia datang untuk membimbing hati nurani manusia, bukan untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Justru Ia mengatakan: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Banyak orang akan berusaha untuk masuk tetapi tidak akan dapat". Jawaban Kristus berisi nasihat dan petunjuk yang menggugah hati yaitu berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Pintu yang sempit atau sesak adalah orang harus menanggalkan segala keka-yaannya dan sesudah itu menundukkan diri dan meren-dahkan diri dan mengusahakan diri untuk masuk, satu demi satu. Semua orang yang ingin diselamatkan harus masuk melalui pintu yang sesak itu, dan harus mengalami perubahan seutuhnya dalam dirinya, sampai menjadi seperti orang yang dilahirkan kembali dan harus menjalani pola hidup yang ketat. Orang-orang yang ingin masuk melalui pintu yang sesak itu harus berjuang untuk memasukinya dan kesusahan bukanlah penghalang untuk hidup dalam ketekunan dan berjuang dengan Allah di dalam doa untuk melawan dosa dan berjuang seperti orang yang berlari untuk mendapatkan hadiah dan mengerahkan segala daya dan upaya kita (ayat 22-24).Ayat 25, dikatakan
bahwa tuan rumah akan bangkit dan menutup pintu. Kristus adalah tuan rumah, yang selalu memperhatikan semua orang yang sering mengunjungi rumah-Nya dan yang bekerja sebagai pelayan-pelayan di dalamnya. Ia membiarkan segala sesuatu terbuka lebar-lebar, tetapi akan datang harinya ketika Ia akan bangkit dan menutup pintu. Pintu yang ditutup adalah pintu penolakan dan pengucilan, dimana pintu belas kasihan dan anugerah telah lama terbuka bagi mereka, namun mereka tidak mau datang melaluinya, tidak mau tergerak menerima kebaikan yang ditawarkannya. Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

Ayat 26, pembelaan atas penolakan. Pertama, mereka telah menjadi tamu-tamu Kristus dan bergaul dekat dengan-Nya dan telah turut berbagi dalam kebaikan-kebaikan-Nya yaitu kami telah makan dan minum di hadapan-Mu, di meja-Mu. Kedua, mereka telah menjadi para pendengar Kristus, telah menerima perintah dari-Nya dan mengenal dengan baik ajaran serta hukum-Nya yaitu "Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami". Dengan kata lain, mereka berkata bahwa "telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami". Walaupun demikian, mereka tetap tidak boleh masuk karena dikucilkan dari Kerajaan Allah.


Pada akhirnya, keyakinan mereka mengecewakan. Mereka ditolak karena kejahatan yang dilakukannya. Kristus tidak menyangkal bahwa apa yang mereka serukan itu benar, namun benar juga bahwa mereka telah merendahkan perintah-Nya dan tidak mau menaatinya. Oleh karena itu, Ia tidak mengakui mereka dan berkata "Aku tidak mengenalmu, kamu bukan dari keluarga-Ku". Kemudian Ia mencampakkan mereka: "Enyahlah dari hadapan-Ku." Dicampakkan dari Kristus adalah neraka, kesengsaraan yang paling ngeri yang dirasakan orang-orang terkutuk. Kristus menegaskan bahwa perbuatan jahat mereka menyebabkan kebinasaan mereka. Penolakan tersebut membawa mereka pada hukuman yang mengerikan. Di sanalah akan terdapat ratap tangis dan kertak gigi, penderitaan dan kemarahan yang teramat dahsyat ketika melihat kebahagiaan orang-orang yang diselamatkan" kamu akan melihat Abraham, Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan keluar (ayat 27-28).

Ayat 29-30 menegaskan bahwa orang-orang yang duduk makan di dalam Kerajaan Allah adalah mereka yang sudah bersusah payah untuk sampai di sana, sebab mereka datang dari jauh (dari Timur, Barat, Utara dan Selatan). Mereka telah menerobos banyak kesusahan dan kekecewaan tetapi sekarang bepergian untuk melayani Allah dan tidak lama lagi akan duduk beristirahat di dalam Kerajaan Allah. Kalau ingin mengalami kehidupan yang sempurna yang Kristus janjikan bagi setiap orang percaya terlebih dahulu salib atau penderitaan itu harus dialami, sehingga dengan demikian di situlah tercermin dari kerendahan hati yang menyadari kehidupan akan pengorbanan Kristus karena inilah salah satu kriteria dalam memperjuangkan nilai-nilai Kristiani secara nyata dalam kehidupan di dunia ini.

Makna dan Implikasi Firman

* Pintu yang sesak menunjukkan pentingnya kita memiliki pilihan berdasarkan Injil untuk mengikuti Yesus Kristus. Tuhan Yesus mau mengajak kita untuk berjuang terus-menerus dan berpartisipasi dalam perjamuan abadi di sorga. Yesus tidak mengatakan jumlah orang secara detil tetapi yang jelas, orang-orang yang berjuang dan setia mengikuti-Nya akan memperoleh keselamatan yang digambarkan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Orang-orang percaya yang ingin masuk melalui pintu yang sesak untuk memasukinya dan kesusahan bukanlah men-jadi penghalang untuk hidup berjuang dan bertekun dalam doa kepada Tuhan Allah yang adalah Bapa, Anak dan Roh Kudus.

* Semua orang ingin diselamatkan harus mengalami peru-bahan seutuhnya dan menjalani pola iman yang ketat. Orang percaya hendaknya fokus melakukan apa yang dikehendaki oleh Tuhan dan menjauhi kejahatan. Kese-lamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. Kita semua dengan lidah mengaku: bahwa Yesus adalah Tuhan (Fil 2:11)

* Tuhan Yesus menegaskan bahwa yang akan duduk makan di dalam Kerajaan-Nya ialah mereka yang datang dari segala penjuru dan menyembah Tuhan Yesus dalam Roh dan Kebenaran, (Yoh 4:23). Gereja yang di dalamnya ada Pelayan Khusus diberikan wewenang untuk mengajak jemaat supaya dengan senang hati duduk makan di dalam Kerajaan Allah dengan rajin mengikuti persekutuan ibadah yang sudah diatur oleh gereja kita termasuk bagi anggota sidi jemaat dalam mengikuti perayaan perjamuan kudus.

* Gereja adalah persekutuan orang-orang yang telah diselamatkan sebagai berkat kasih karunia Allah di dalam Kristus, yang telah membenarkan orang berdosa. Gereja sebagai sarana yang diberikan oleh Allah kepada orang-orang percaya untuk membina dan memelihara mereka dalam iman. Iman yang menyelamatkan hanya ada di dalam nama Yesus Kristus. Kalaupun ada usaha manusia tidaklah penting untuk bisa mendapatkan keselamatan tetapi itu merupakan ucapan syukur atas keselamatan yang Tuhan Yesus anugerahkan kepada setiap orang percaya.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

1. Jelaskan makna duduk makan di dalam Kerajaan Allah menurut Lukas 13:22-30 ?
2. Mengapa ada pertanyaan dari seseorang kepada Tuhan Yesus tentang begitu sedikit yang diselamatkan?
3. Bagaimana orang percaya memperjuangkan keselamatan untuk duduk makan di dalam Kerajaan Allah?

NAS PEMBIMBING: Roma 14:17

POKOK-POKOK DOA:
* Memohon pertolongan dan belas kasihan dari Tuhan Yesus bagi keselamatan yang sudah dianugerahkan kepada kita selaku orang percaya.
* Tuntunan Roh Kudus memampukan orang percaya memperjuangkan keselamatan yang sudah disediakan oleh Tuhan Yesus.


* Gereja terus-menerus memberikan Injil Kerajaan Allah.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK IV

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Persiapan: Hormat Bagi Allah Bapa
Pembukaan:
Pengakuan Dosa: NNBT No. 27. Ya Tuhan, Engkaulah
Berita Pengampunan: KJ No. 178 Kar'na Kasih-Nya Padaku
Ses Pembacaan Alkitab: KJ No. 50. Sabda-Mu Abadi
Persembahan: KJ No. 367 Pada-Mu Tuhan Dan Allahku
Nyanyian Penutup: KJ No. 353 Sungguh Lembut Tuhan Yesus Memanggil

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.

Label:   Lukas 13:22-30 





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2020
1 Korintus 7:1-16(1)
1 Petrus 4:7-19(1)
1 SAMUEL 8:1-22(1)
2 Timotius 4:1-8(1)
Amsal 8:14-21(2)
Galatia 2:1-10(1)
Ibrani 4:14-5:10(1)
Kejadian 2:8-25(2)
Kejadian 9:1-17(1)
Keluaran 20:1-17(1)
Lukas 13:22-30(1)
Matius 25:31-46(1)
MATIUS 27:45-56(1)
Matius 28:1-10(1)
Mazmur 46:1-12(1)
Nehemia 2:11-20(1)
Roma 12:9-21(1)
Roma 15:1-13(1)
Rut 4:1-17(2)
Ulangan 1:9-18(3)
Yesaya 8:23-9:6(1)
Yohanes 8:30-36(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31


Sebelum:

Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020



All Khotbah MTPJ GMIM 2020:

MTPJ Senin, 27 Desember 2020 - 2 Januari 2021 - Yesus Imam Besar Agung Kita - Ibrani 4:14-5:10

MTPJ Sabtu, 26 Desember 2020 - Natal Hari kedua - Stop Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan - Matius 2:13-18

MTPJ 13 - 19 Desember 2020 - Minggu Adven III

Siapkan Diri Menerima Raja Kemuliaan - Mazmur 24:1-10 - Minggu, 13 December 2020

MTPJ 6 - 12 Desember 2020 - Minggu Adven II

Dari tempat terkecil datang Penyelamat - Mikha 5:1-14

MTPJ 29 NOVEMBER - 5 DESEMBER 2020 (Minggu Adven 1) - Yesaya 8:23-9:6

MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31

MTPJ 22 - 28 NOVEMBER 2020 - Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:22-30

Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020

MTPJ 15 - 21 November 2020 - Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara - Roma 15:1-13

MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17

MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41

MTPJ 25 - 31 Oktober 2020 - Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

Khotbah Minggu, 25 October 2020 - Tanah, Rahmat Allah Bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7

MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu GMIM - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17

Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16

MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25

Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25 oleh Pdt. Roy Dekky Tamaweol, M.Th

MTPJ 30 September 2020 HUT ke-86 GMIM Bersinode - Tunaikanlah Tugas Pelayananmu - 2 Timotius 4:1-8

MTPJ 27 September - 3 Oktober 2020 - GMIM Gereja Misioner - Galatia 2:1-10

MTPJ 20 - 26 September 2020 - Hikmat Tuhan Membentuk Profesionalisme Kerja - Amsal 8:14-21

Khotbah GMIM Minggu, 20 September 2020 - Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja - Amsal 8:14-21

MTPJ 13 - 19 September 2020 - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 Samuel 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 13 September 2020 - Demokrasi Dalam Perspektif Iman Kristen - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 SAMUEL 8:1-22

Khotbah GMIM Minggu, 6 September 2020 - Hidup Dalam Kasih dan Perdamaian - Roma 12:9-21

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

Khotbah GMIM Minggu, 30 Agustus 2020 - Bersama Bertanggung Jawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18

MTPJ 23 - 29 Agustus 2020 - Demokrasi bukan Demonstrasi - Kisah Para Rasul 17:1-9

MTPJ 17 Agustus 2020 HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia - Kemerdekaan di dalam Kristus - Yohanes 8:30-36

MTPJ 16 - 22 Agustus 2020 - Hukum Tuhan sebagai Pelita Hidup - Keluaran 20:1-17

MTPJ 9 - 15 Agustus 2020 - Bersama Membangun Bangsa - Nehemia 2:11-20

Khotbah GMIM Minggu 9 Agustus 2020 - Pembacaan Alkitab: Nehemia 2:11-20 Temazflersama Membangun Bangsa. Oleh: Pdt. Drs. G.E.W Kumaat, S.Th, M.Si

MTPJ 5 Agustus 2020 (Hari Kesehatan GMIM)

MTPJ 2-8 Agustus 2020 - Berpikir, Berkata dan Bertindak Dengan Hikmat - Pengkhotbah 10:1-20

MTPJ 26 JULI - 1 AGUSTUS 2020 - Pelayanan Gereja Yang Menyembuhkan - Markus 2:1-12

MTPJ 19 - 25 JULI 2020 - Kuatkan Iman Dalam Pergumulan - Mazmur 46:1-12

MTPJ 12 - 18 Juli 2020 - Melayani Sesama berarti Melayani Tuhan - Matius 25:31-46

MTPJ 5 - 11JULI 2020 - Hargai dan Topanglah Mereka yang Bekerja Keras untuk Kebaikan - 1 Petrus 4:7-19

MTPJ 21 - 27 Juni 2020 - Hindari Perseteruan, Jadilah Berkat - Filipi 4:1-9

MTPJ 28 JUNI S/D 4 JULI 2020 - Bertolong-tolonglah Menanggung Bebanmu - 1 Korintus 16:1-9

Khotbah Paskah Minggu, 12 April 2020 - Matius 28:1-10

Khotbah Perjamuan Kudus - Jumat, 10 April 2020 - MATIUS 27:45-56

Minggu 29 Maret 2020 - KHOTBAH KETUA BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina untuk Ibadah Keluarga - YESUS DI HADAPAN MAHKAMAH AGAMA - LUKAS 22:63-71




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(4)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2020..

Register   Login  

mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,