gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 27 kali
Download MP3 Music
MTPJ 15 - 21 November 2020
TEMA BULANAN : "Memelihara Keutuhan Ciptaan "


TEMA MINGGUAN : "Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara"

BACAAN ALKITAB: Roma 15:1-13

ALASAN PEMILIHAN TEMA
Spiritualitas merupakan pengalaman manusia secara umum dari suatu pengertian akan makna, tujuan dan moralitas. Menjadi seorang yang spiritual berarti menjadi seorang yang terbuka, memberi dan penuh kasih. Spiritualitas Kristen hanya bergantung pada Allah dan bukan pada manusia. Sedangkan kerukunan berarti hidup bersama, sepakat, tidak bertengkar atau damai, bersatu hati dan satu suara. Kerukunan bukanlah sesuatu yang mudah didapat, tetapi harus melewati banyak proses sampai pada sikap yang berani mengambil keputusan demi kepentingan banyak orang. Komunitas apapun tanpa spiritualitas kerukunan: satu hati dan satu suara tidak akan pernah mencapai tujuan hidup tenang dan damai. Kenyataan, spiritualitas kerukunan antar sosial budaya dan agama sering terabaikan seiring dengan maraknya prilaku sombong dan tidak tenggang rasa yang berujung pada radikalisme, kriminalisme dan terorisme.

Kerusuhan antar agama terjadi disebabkan latarbelakang sosial, budaya dan agama mengakibatkan kerusakan dan ketakutan bahkan trauma. Banyak biaya dan waktu yang harus dikeluarkan untuk memulihkan totalitas tatanan kehidupan masyarakat dan lingkungan sebagai korban ketiadaan spiritualitas kerukunan. Spiritualitas kerukunan juga menjadi mahal karena tokoh-tokoh sentral di negeri tidak berani bertindak cerdas bahkan tidak peduli terhadap kehidupan damai dan tentram. Gereja dalam hidup bersama baik dengan sesama orang percaya maupun dengan orang-orang yang tidak seiman harus hidup dalam bingkai spiritualitas kerukunan; satu hati dan satu suara atau satu jiwa dan satu pikiran demi hidup bermartabat dan berwibawa. Tanpa spiritualitas kerukunan, gereja kehilangan martabat, wibawa dan eksistensi diri karena tidak menjadi terang dan garam bagi dunia. Karena itu tema minggu ini adalah: "Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara "

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Surat Roma ditulis Paulus di kota Korintus ±tahun 57 M dan ditujukan kepada orang Kristen Yahudi (diaspora) dan non Yahudi (masyarakat Romawi-Yunani). Roma 15:1-13, berisi nasehat pada kedua kelompok jemaat: yang kuat iman (dunatoi) dan tidak kuat iman (adunaton). Ayat 1-6 berupa nasehat agar umat meneladani Kristus dalam kaitan hidup saling menerima dan menanggung (yang kuat dan tidak kuat) sehingga nama Tuhan dimuliakan dalam bingkai kerukunan. Ayat 7-13, menekankan agar saling menerima antar jemaat hingga meluas pada kesatuan bangsa Israel dengan bangsa-bangsa lain. Paulus menyatakan bahwa dia termasuk orang yang kuat iman dan menyadari bahwa Yesus Kristus adalah sumber kekuatan (bdk. 14:15). Ia mengajak mereka yang kuat iman agar peduli terhadap mereka yang tidak kuat iman sebab itu adalah kewajiban (opheilomen). Hidup dan mati orang percaya berada di tangan Tuhan sehingga jemaat tidak boleh hidup untuk dirinya sendiri dan berkewajiban menanggung setiap kelemahan (asthenema) dan beban orang lain. Jadi, orang kuat disamping menanggung bebannya sendiri juga beban orang lain, sebagai pekerjaan mulia yang memenuhi hukum Kristus (lihat Gal.6:2). Paulus menekankan larangan mencari kesenangan (areskein) diri sendiri (keegoisan) melainkan demi sukacita bersama untuk mengusahakan ketentraman dan ketenangan batin.


Orang kuat iman yang menanggung beban seperti keteladanan yang dilakukan Kristus yang telah merendahkan diri demi kebaikan jemaat dan membangun gereja-Nya. Keteladanan dalam Alkitab mengungkapkan sifat-sifat Tuhan yang tidak berubah sejak dahulu sampai sekarang dan selamanya. Mempelajari kitab suci membuat orang semakin teguh berpegang pada pengharapan tentang Kerajaan Allah yang dirindukan segala bangsa (bdk. ayat 9-12). Pengharapan dimiliki karena ketekunan dan kesabaran seperti tokoh-tokoh dalam Alkitab. Itulah sebabnya Paulus berkeyakinan dan berdoa supaya Tuhan sebagai sumber ketekunan dan penghiburan mengaruniakan kerukunan sesuai kehendak Kristus. Kerukunan (phroneinenallelois - satu hati dan satu suara bersikap sehati sepikir (bdk.ayat 12:16) adalah mutlak karena hanya dengan cara demikian gereja memuliakan Tuhan. Hanya dengan satu hati, satu suara dalam doa, nyanyian dan pemberitaan Firman, jemaat mengarah ke tujuan tertinggi yakni memuliakan Tuhan secara murni. Karya penyelamatan-Nya menjadi dasar perintah agar jemaat bersatu. Yesus Kristus jugalah yang menganugerahkan hingga jemaat hidup dalam spiritualitas kerukunan.

Selanjutnya tema kesatuan antara bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain adalah gambaran sebagian karya selamat Tuhan yang menjadi latar belakang supaya jemaat Roma hidup dalam kerukunan. Tuhan bertindak karena belas kasihan (eleos) hingga bangsa-bangsa lain dapat memuliakan Dia. Pujian kepada Allah (ayat 9)diambil dalam kesaksian Mazmur 18:50, ayat 10 dari ulangan 32:43, ayat 11 dari Mazmur 117:1, dan ayat 12 dari Yesaya 11:10. Kesaksian kitab suci tentang karya Tuhan digenapi dalam Kristus, sebagai taruk dari pangkal Isai. Jika dalam kerukunan; satu hati satu suara tembok pemisah antara Israel dan kafir terbongkar, maka tembok pemisah antara yang kuat iman dan tidak kuat iman pasti hancur. Paulus sangat berharap hingga ia berdoa supaya Tuhan memenuhi jemaat dengan sukacita dan damai sejahtera (paseskharas kai eirenes). Hidup dalam pertengkaran dan saling menolak dilarang dalam jemaat, sebaliknya hidup dalam kerukunan (ada rasa gembira dan damai) menandakan hidup dalam pengharapan. Peng-harapan bukan praduga atas sesuatu yang mungkin akan terjadi, tapi kepastian bahwa apa yang dinantikan pasti datang.

Makna dan Implikasi Firman
• Kekuatan iman yang dianugerahkan Tuhan secara cuma-cuma kepada setiap orang percaya, sehingga tidak men-jadi sombong dan menganggap rendah yang lain. Seba-liknya harus saling memperhatikan dan mengusahakan kesejahteraan demi kebaikan dan terbentuknya karakter yang baik pada orang yang goyah iman. Dengan demikian ada kebahagiaan yang diberikan Tuhan bagi siapapun yang memperhatikan mereka yang lemah (lihat Mzm. 41:2a).
• Pemberian diri melayani orang lain didasarkan atas kesadaran pribadi sebagai pelayan (diakonos) yang diutus Tuhan dengan tugas istimewa, sehingga harus dilakukan dalam ketekunan dan kesetiaan sebagai bentuk meren-dahkan diri (doulos) seperti yang telah diteladankan oleh Kristus. Melalaikan pelayanan pada orang lain merupakan penyangkalan terhadap diri sendiri sebagai utusan Tuhan.
• Keharmonisan nampak dalam hidup saling menerima, menghargai, melindungi satu dengan yang lain adalah mutlak karena itu menjadi dasar terbentuknya spiritualitas kerukunan; satu hati dan satu suara yang
berdasarkan kasih Kristus.
• Spiritualitas kerukunan; satu hati satu suara adalah hal yang tidak bisa ditawar dalam kehidupan berjemaat, sebab hanya dengan kondisi demikianlah jemaat dapat hidup bersama untuk memuliakan Tuhan secara murni.
• Gereja harus mempersiapkan dan mengusahakan penye-lenggaraan pembentukan-pembentukan mental yang menggelorakan spiritualitas kerukunan; bersatu hati dan satu suara secara terstruktur dan sistematis. Gereja harus berani memasuki dan melewati banyak proses dengan segala konsekwensi demi munculnya spiritualitas keru-kunan: satu hati dan satu suara serta menggelorakan gaya hidup tersebut sebagai model yang dapat di tiru orang lain.
• Yesus Kristus telah memberikan keteladanan hingga bangsa-bangsa dapat memuliakan Tuhan, karenanya tidak ada alasan bagi orang percaya untuk bersikap pasif, justru dengan kesadaran ini harus menjadi pelopor kerukunan dalam segala ruang kehidupan. Tuhanlah sumber ke-kuatan yang akan mencurahkan rahmat-Nya bagi yang sungguh-sungguh bersedia dipakai Tuhan untuk meng-upayakan hidup rukun; satu hati dan satu suara.
• Tuhan telah menganugerahkan kuasa pada orang percaya sehingga wajib untuk berusaha hidup dalam kerukunan dengan semua makhluk dan lingkungan hidup sebagai tanggungjawab memelihara keutuhan ciptaan.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

1. Apa pendapat saudara tentang spiritualitas kerukunan; satu hati dan satu suara menurut Roma 15:1-13 ?
2. Apa upaya gereja dan pemerintah dalam menjaga keru-kunan di tengah-tengah kemajemukan?

NAS PEMBIMBING: Filipi 2:1-3a

POKOK-POKOK DOA:
* Gereja yang saling memperhatikan dan menerima satu dengan yang lain.
* Gereja yang berjuang untuk memiliki spiritualitas keru-kunan; satu hati dan satu suara dalam kehendak Tuhan.


* Gereja yang menolak tiap upaya menghancurkan spiritualitas kerukunan dalam segala bidang kehidupan.
* Gereja yang menjadi pelopor kerukunan dalam segala bidang kehidupan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN :
HARI MINGGU BENTUK III.

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Nyanyian Masuk: KJ No. 7. Ya Tuhan, Kami Puji Nama-Mu Besar
Ses Nas Pembimbing: KJ No. 413 Tuhan Pimpin Anak-Mu
Pengakuan Dosa: NNBT No. 10. Ya Tuhan Yang Kudus
Pemberitaan Anugerah Allah: KJ No. 40. Ajaib Benar Anugerah
Ses Pembacaan Alkitab: Firman-Mu P'lita Bagi Kakiku
Persembahan: KJ. No.288. Mari, Puji Raja Sorga
Penutup: Persaudaraan Yang Rukun.

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.

Label:   Roma 15:1-13 





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2020
1 Korintus 7:1-16(1)
1 Petrus 4:7-19(1)
1 SAMUEL 8:1-22(1)
2 Timotius 4:1-8(1)
Amsal 8:14-21(2)
Galatia 2:1-10(1)
Kejadian 2:8-25(2)
Kejadian 9:1-17(1)
Keluaran 20:1-17(1)
Lukas 13:22-30(1)
Matius 25:31-46(1)
MATIUS 27:45-56(1)
Matius 28:1-10(1)
Mazmur 46:1-12(1)
Nehemia 2:11-20(1)
Roma 12:9-21(1)
Roma 15:1-13(1)
Rut 4:1-17(2)
Ulangan 1:9-18(3)
Yesaya 8:23-9:6(1)
Yohanes 8:30-36(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020


Sebelum:

MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17



All Khotbah MTPJ GMIM 2020:
MTPJ 29 NOVEMBER - 5 DESEMBER 2020 (Minggu Adven 1) - Yesaya 8:23-9:6


MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31


MTPJ 22 - 28 NOVEMBER 2020 - Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:22-30


Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020


MTPJ 15 - 21 November 2020 - Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara - Roma 15:1-13


MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17


MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41


MTPJ 25 - 31 Oktober 2020 - Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7


Khotbah Minggu, 25 October 2020 - Tanah, Rahmat Allah Bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7


MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17


Khotbah Minggu GMIM - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17


Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16


MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16


MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25


Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25 oleh Pdt. Roy Dekky Tamaweol, M.Th


MTPJ 30 September 2020 HUT ke-86 GMIM Bersinode - Tunaikanlah Tugas Pelayananmu - 2 Timotius 4:1-8


MTPJ 27 September - 3 Oktober 2020 - GMIM Gereja Misioner - Galatia 2:1-10 Penjelasan Ayat


MTPJ 20 - 26 September 2020 - Hikmat Tuhan Membentuk Profesionalisme Kerja - Amsal 8:14-21


Khotbah GMIM Minggu, 20 September 2020 - Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja - Amsal 8:14-21


MTPJ 13 - 19 September 2020 - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 Samuel 8:1-22


Khotbah GMIM Minggu, 13 September 2020 - Demokrasi Dalam Perspektif Iman Kristen - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 SAMUEL 8:1-22


Khotbah GMIM Minggu, 6 September 2020 - Hidup Dalam Kasih dan Perdamaian - Roma 12:9-21


MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


Khotbah GMIM Minggu, 30 Agustus 2020 - Bersama Bertanggung Jawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


MTPJ 23 - 29 Agustus 2020 - Demokrasi bukan Demonstrasi - Kisah Para Rasul 17:1-9


MTPJ 17 Agustus 2020 HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia - Kemerdekaan di dalam Kristus - Yohanes 8:30-36


MTPJ 16 - 22 Agustus 2020 - Hukum Tuhan sebagai Pelita Hidup - Keluaran 20:1-17


MTPJ 9 - 15 Agustus 2020 - Bersama Membangun Bangsa - Nehemia 2:11-20


Khotbah GMIM Minggu 9 Agustus 2020 - Pembacaan Alkitab: Nehemia 2:11-20 Temazflersama Membangun Bangsa. Oleh: Pdt. Drs. G.E.W Kumaat, S.Th, M.Si


MTPJ 5 Agustus 2020 (Hari Kesehatan GMIM)


MTPJ 2-8 Agustus 2020 - Berpikir, Berkata dan Bertindak Dengan Hikmat - Pengkhotbah 10:1-20


MTPJ 26 JULI - 1 AGUSTUS 2020 - Pelayanan Gereja Yang Menyembuhkan - Markus 2:1-12


MTPJ 19 - 25 JULI 2020 - Kuatkan Iman Dalam Pergumulan - Mazmur 46:1-12


MTPJ 12 - 18 Juli 2020 - Melayani Sesama berarti Melayani Tuhan - Matius 25:31-46


MTPJ 5 - 11JULI 2020 - Hargai dan Topanglah Mereka yang Bekerja Keras untuk Kebaikan - 1 Petrus 4:7-19


MTPJ 21 - 27 Juni 2020 - Hindari Perseteruan, Jadilah Berkat - Filipi 4:1-9


MTPJ 28 JUNI S/D 4 JULI 2020 - Bertolong-tolonglah Menanggung Bebanmu - 1 Korintus 16:1-9


Khotbah Paskah Minggu, 12 April 2020 - Matius 28:1-10


Khotbah Perjamuan Kudus - Jumat, 10 April 2020 - MATIUS 27:45-56


Minggu 29 Maret 2020 - KHOTBAH KETUA BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina untuk Ibadah Keluarga - YESUS DI HADAPAN MAHKAMAH AGAMA - LUKAS 22:63-71





Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(41)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2020..

Register   Login  

lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,