gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 19 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Memelihara Keutuhan Ciptaan"
TEMA MINGGUAN : Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan

BACAAN ALKITAB: Imamat 25:1-7
Tahun Sabat dan tahun Yobel
25:1 TUHAN berfirman kepada Musa di gunung Sinai: 25:2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu telah masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat bagi TUHAN. 25:3 Enam tahun lamanya engkau harus menaburi ladangmu, dan enam tahun lamanya engkau harus merantingi kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanah itu, 25:4 tetapi pada tahun yang ketujuh haruslah ada bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh, suatu sabat bagi TUHAN. Ladangmu janganlah kautaburi dan kebun anggurmu janganlah kaurantingi. 25:5 Dan apa yang tumbuh sendiri dari penuaianmu itu, janganlah kautuai dan buah anggur dari pokok anggurmu yang tidak dirantingi, janganlah kaupetik. Tahun itu harus menjadi tahun perhentian penuh bagi tanah itu. 25:6 Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu, yakni bagimu sendiri, bagi budakmu laki-laki, bagi budakmu perempuan, bagi orang upahan dan bagi orang asing di antaramu, yang semuanya tinggal padamu. 25:7 Juga bagi ternakmu, dan bagi binatang liar yang ada di tanahmu, segala hasil tanah itu menjadi makanannya.


ALASAN PEMILIHAN TEMA
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara air  sekaligus penopang akar. Allah menciptakan dunia dan segala isinya, termasuk "tanah" sebagai bagian penting dimana manusia tinggal, hidup dan berkarya di atas tanah yang diciptakan TUHAN. Manusia membutuhkan tanah, karena itu tanah memiliki nilai yang tinggi. Demi kebahagiaan dan kesuksesan, maka orang akan berusaha memiliki tanah dengan lokasi yang strategis untuk membangun rumah, sekolah, tempat usaha dan tanah yang subur untuk pertanian. Tanah memang unik, karena tanah adalah berkat

Allah untuk kehidupan.
Di negeri ini, kita berdiri di atas tanah Indonesia dan diberi kebebasan berkarya serta menikmati anugerah kehidupan. Indonesia sebagai negara kepulauan dengan 17.504 pulau, memiliki tanah yang subur. Hal ini menjadi satu kebanggaan yang patut disyukuri, karena setiap yang ditanam akan mem-buahkan hasil yang dapat dinikmati dan memberi kesejahteraan bagi manusia. Bahkan dari tanah itu, manusia dapat menikmati kejayaan hidup karena hasil pertanian dan perkebunan.

Realita masa kini dengan adanya tanah yang memberi kemakmuran, ternyata manusia terjebak pada sikap mengejar keuntungan. Di beberapa tempat tanah terus-menerus dipaksa berproduksi sehingga mengakibatkan lahan kritis yang ber-dampak kurangnya pangan, sebaliknya ada lahan tidur yang tidak diolah, sengketa tanah yang berujung konflik berke-panjangan, sementara ada orang memiliki banyak tanah tapi sebaliknya masih ada juga yang tidak memiliki tanah. Tanah dapat menjadi berkat tapi juga kutuk sebab kemakmuran tanah bisa membuat orang menjadi lupa diri dan berpaling dari TUHAN. Karena itu manusia harus menghormati kemerdekaan tanah, memelihara keutuhan ciptaan TUHAN dengan cara: menjaga, mengolah dan melestarikan kesuburannya agar tetap memberi hasil yang maksimal. Untuk mewujudkan hal ini, maka dipilihlah tema minggu ini: "Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan".

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Kitab Imamat secara umum menceritakan tentang bagai-mana TUHAN memberikan berbagai hukum dan peraturan kepada Musa dan umat Israel. Imamat (Inggris Leviticus) yang diambil dari nama salah satu suku Israel "Levi" atau "Lewi" yaitu satu suku Israel yang secara khusus ditunjuk melayani dalam kemah Tuhan, dan nama Kitab Imamat diambil karena anggungjawab para imam dan orang Lewi pada umumnya. Pokok dalam kitab ini ialah kesucian Allah, dan manusia harus hidup kudus dan beribadat supaya tetap mempunyai hubungan baik dengan TUHAN, Allah Israel.

Khusus Imamat 25:1-7 berbicara tentang tanah perjanjian yang akan mereka duduki sebagai berkat Allah, karena itu umat wajib menghormati Allah dengan cara mematuhi aturan tentang tahun Sabat atas tanah yang bertujuan untuk memastikan bahwa tanah Israel 'Erets Yisrael' benar-benar memberi kesejahteraan. Untuk memahami hal ini, maka tafsiran teks Alkitab ini diuraikan sebagai berikut: Ayat 1; Peraturan ini disampaikan kepada Musa, di gunung Sinai disebutkan secara istimewa, dimana umat Israel dianggap tinggal di kaki gunung itu selama seluruh peristiwa yang diriwayatkan dalam kitab itu, dan gunung Sinai adalah tempat kudus bagi TUHAN menampakkan diri untuk berfirman kepada Musa dan memberikan dua Loh batu atau sepuluh hukum Tuhan (Lihat. Kel 19:12; 20; 24:12). Ayat 2; We syavet a' arets syabbat, 'maka tanah itu harus mendapat perhentian'.Sesudah enam tahun masa tanam, pemeliharaan dan panen, maka tahun ke-7 tanah dibiarkan tidak ditanami selama 1 tahun. Ayat 3-4; Enam tahun adalah masa untuk bercocok tanam, menikmati dan mengumpulkan hasil, kemudian tahun ketujuh adalah tahun sabat. "Sabat, masa perhentian penuh". (Bdk. Kel. 23:10-11). Ketika tanah tidak dipaksa untuk berproduksi, humus tanah kembali dan tanah siap ditanami lagi.

Tanaman dan rerumputan yang tumbuh selama tahun itu akan membuat tanah yang dibajak lebih kaya humus dan subur. Disamping itu sama seperti manusia beristirahat selama hari sabat setiap minggu, demikian tanah mengalami sabat setahun dalam tujuh tahun, sebagai tanda hubungan erat antara Allah dengan manusia dan antara Allah dengan tanah dimana pemilik tanah yang sesungguhnya adalah Tuhan. Ayat 5; "apa yang tumbuh sendiri": menunjuk secara tepat kepada gandum yang tumbuh sendiri ketika tanah dibiarkan dan ditinggalkan begitu saja. "yang tidak dirantingi": Nazir (bahasa Ibrani), bandingkan ungkapan "seorang nazir Allah" dalam Hakim-hakim 13:5. Artinya tanaman yang tumbuh secara liar, tidak dipakai untuk diri sendiri melainkan diserahkan kepada Allah dan digunakan untuk sesama. Disamping itu meninggalkan tanah hingga tandus adalah sesuatu yang sangat perlu bagi para petani yang tidak tahu tentang pupuk atau panen-panen perputaran. Dalam hal ini tanah tetap subur sebagai hasil dari pembentukan humus (sisa-sisa tumbuhan dan hewan yang mengalami perombakan oleh organisme dalam tanah). Humus memiliki kontribusi terbesar terhadap kebertahanan dan kualitas kesuburan tanah sehingga mereka memperoleh panen-panen yang lebih baik. Ayat 6-7; Di tahun Sabat, Allah tetap menjamin kebutuhan hidup manusia yaitu pemilik tanah dan pekerjanya boleh makan apa yang tumbuh sendiri di ladangnya. Kel. 23:10-11, dimana tanaman itu diperuntukkan bagi orang miskin dan sisanya bagi ternak dan margasatwa (binatang hutan). Jadi pada tahun sabat, mereka tidak akan lapar. Dengan mempraktekkan Sabat untuk tanah, umat Israel diingatkan bahwa tanah diberikan bukan untuk memuaskan kerakusan manusia, sebab tanah mempunyai hak dan keberadaannya sendiri yang harus dihormati agar tercipta keseimbangan alam.

Makna dan Implikasi Firman
* Tanah adalah rahmat Allah bagi kehidupan manusia dan ternak. Allah yang menciptakan tanah, dengan demikian pemilik tanah yang sesungguhnya adalah TUHAN Allah. Manusia bukan pemilik sesungguhnya, manusia hanya dimandatkan untuk mengurus dan memelihara serta mengelolah tanah, sehingga manusia wajib menghormati Allah sebagai pencipta dan pemilik tanah.
* Hukum sabat sebagai perintah TUHAN, tujuannya agar umat tidak memperlakukan tanah secara sewenang-wenang dan memeras sampai batas terakhir kemampuannya demi keuntungan manusia. Manusia wajib menaati peraturan siklus tanah dengan cara menghargai tahun sabat sehingga tercipta keseimbangan alam. Sebagai contoh ada kebiasaan di kampung tertentu bahwa tanah diistirahatkan satu kali musim tanam.
* Manusia wajib membangun relasi yang baik dengan Allah, sesama dan lingkungan artinya manusia tidak boleh egois dan serakah ekonomi. Pemanfaatan tanah bukan semata-mata terus-menerus mencari keuntungan pribadi melainkan harus berbagi dengan kaum miskin, ternak dan margasatwa. (bdk Mat 22:37-40)
* Management waktu: Bekerja dan istirahat. Seperti manusia memiliki waktu untuk beristirahat, demikian tanah butuh waktu istirahat dan tidak dipaksakan untuk terus berproduksi, (Bdk Ef 5:16).
* Tanah sebagai anugerah Allah yang harus disyukuri. Jika ada konflik atas kepemilikan tanah atau konflik pembagian hasil panen, maka hal itu harus diselesaikan dengan baik sebab manusia hanya meminjamnya untuk sementara dan ditugaskan sebagai pengurus yang wajib mengatur tanah dengan benar di hadapan Allah.
* Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober, jemaat diingatkan tentang tanah air Indonesia. Hal ini memberi inspirasi bagi orang Indonesia pada umumnya dan warga gereja pada khususnya untuk menjaga keutuhan ciptaan TUHAN termasuk tanah air Indonesia. (Bdk Mzm 65:9).

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:
 1. Apa yang saudara pahami tentang "tanah, rahmat Allah bagi kehidupan"  menurut Imamat 25:1-7
 2. Mengapa sabat bagi tanah dibutuhkan dalam memelihara keutuhan ciptaan Tuhan?
 3. Bagaimana peran gereja dan pemerintah dalam peman-faatan tanah yang benar?

NAS PEMBIMBING: Keluaran 20:11

POKOK - POKOK DOA:
* Bersyukur untuk tanah yang dianugerahkan Tuhan bagi kesejahteraan manusia.
* Tanah Indonesia yang semakin subur dan usaha pertanian semakin maksimal.
* Sengketa tanah diantara warga gereja, kiranya Roh kudus mengingatkan bahwa pemilik tanah yang sesungguhnya adalah Tuhan.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
HARI MINGGU BENTUK IV

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Persiapan: KJ No. 19. Tuhanku Yesus Raja Alam Raya
Pembukaan: KJ No. 21. Hari Minggu Hari Yang Mulia
Pengakuan Dosa: PKJ No. 265. Bukan Kar'na Upahmu
Berita Pengampunan: NKB.3 No.4 Setia-Mu, Tuhanku
Ses Pemb Alkitab: KJ No. 52 Sabda Tuhan Allah
Persembahan:KJ.No.337 Betapa Kita Tidak Bersyukur
Penutup: KJ No. 335. Manusia Yang Meluku

ATRIBUT:
Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2020
1 Korintus 7:1-16(1)
1 Petrus 4:7-19(1)
1 SAMUEL 8:1-22(1)
2 Timotius 4:1-8(1)
Amsal 8:14-21(2)
Galatia 2:1-10(1)
Kejadian 2:8-25(2)
Kejadian 9:1-17(1)
Keluaran 20:1-17(1)
Lukas 13:22-30(1)
Matius 25:31-46(1)
MATIUS 27:45-56(1)
Matius 28:1-10(1)
Mazmur 46:1-12(1)
Nehemia 2:11-20(1)
Roma 12:9-21(1)
Roma 15:1-13(1)
Rut 4:1-17(2)
Ulangan 1:9-18(3)
Yesaya 8:23-9:6(1)
Yohanes 8:30-36(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41


Sebelum:

MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17



All Khotbah MTPJ GMIM 2020:
MTPJ 29 NOVEMBER - 5 DESEMBER 2020 (Minggu Adven 1) - Yesaya 8:23-9:6


MTPJ 23 November 2020 (HUT Ke-85 W/KI GMIM) - Amsal 31:10-31


MTPJ 22 - 28 NOVEMBER 2020 - Duduk Makan di dalam Kerajaan Allah - Lukas 13:22-30


Download Khotbah GMIM - Minggu, 15 November 2020


MTPJ 15 - 21 November 2020 - Spiritualitas Kerukunan: Satu Hati, Satu Suara - Roma 15:1-13


MTPJ 8 - 14 November 2020 - Janji Pemeliharaan Allah - Kejadian 9:1-17


MTPJ 1 - 7 November 2020 - Yesus Kristus Berkuasa atas Alam Semesta - Markus 4:35-41


MTPJ 25 - 31 Oktober 2020 - Tanah, Rahmat Allah bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7


Khotbah Minggu, 25 October 2020 - Tanah, Rahmat Allah Bagi Kehidupan - Imamat 25:1-7


MTPJ 18 - 24 Oktober 2020 - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17


Khotbah Minggu GMIM - Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan - Rut 4:1-17


Khotbah Minggu, 11 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16


MTPJ 11 - 17 Oktober 2020 - Memelihara Kekudusan Perkawinan - 1 Korintus 7:1-16


MTPJ 4 - 10 Oktober 2020 - Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25


Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan - Kejadian 2:8-25 oleh Pdt. Roy Dekky Tamaweol, M.Th


MTPJ 30 September 2020 HUT ke-86 GMIM Bersinode - Tunaikanlah Tugas Pelayananmu - 2 Timotius 4:1-8


MTPJ 27 September - 3 Oktober 2020 - GMIM Gereja Misioner - Galatia 2:1-10 Penjelasan Ayat


MTPJ 20 - 26 September 2020 - Hikmat Tuhan Membentuk Profesionalisme Kerja - Amsal 8:14-21


Khotbah GMIM Minggu, 20 September 2020 - Hikmat Tuhan membentuk profesionalisme kerja - Amsal 8:14-21


MTPJ 13 - 19 September 2020 - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 Samuel 8:1-22


Khotbah GMIM Minggu, 13 September 2020 - Demokrasi Dalam Perspektif Iman Kristen - Kolusi, Korupsi dan Nepotisme Merusak Tatanan Kehidupan - 1 SAMUEL 8:1-22


Khotbah GMIM Minggu, 6 September 2020 - Hidup Dalam Kasih dan Perdamaian - Roma 12:9-21


MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


MTPJ 30 Agustus - 5 September 2020 - Bersama Bertanggungjawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


Khotbah GMIM Minggu, 30 Agustus 2020 - Bersama Bertanggung Jawab atas Kesusahan, Beban dan Perkara - Ulangan 1:9-18


MTPJ 23 - 29 Agustus 2020 - Demokrasi bukan Demonstrasi - Kisah Para Rasul 17:1-9


MTPJ 17 Agustus 2020 HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia - Kemerdekaan di dalam Kristus - Yohanes 8:30-36


MTPJ 16 - 22 Agustus 2020 - Hukum Tuhan sebagai Pelita Hidup - Keluaran 20:1-17


MTPJ 9 - 15 Agustus 2020 - Bersama Membangun Bangsa - Nehemia 2:11-20


Khotbah GMIM Minggu 9 Agustus 2020 - Pembacaan Alkitab: Nehemia 2:11-20 Temazflersama Membangun Bangsa. Oleh: Pdt. Drs. G.E.W Kumaat, S.Th, M.Si


MTPJ 5 Agustus 2020 (Hari Kesehatan GMIM)


MTPJ 2-8 Agustus 2020 - Berpikir, Berkata dan Bertindak Dengan Hikmat - Pengkhotbah 10:1-20


MTPJ 26 JULI - 1 AGUSTUS 2020 - Pelayanan Gereja Yang Menyembuhkan - Markus 2:1-12


MTPJ 19 - 25 JULI 2020 - Kuatkan Iman Dalam Pergumulan - Mazmur 46:1-12


MTPJ 12 - 18 Juli 2020 - Melayani Sesama berarti Melayani Tuhan - Matius 25:31-46


MTPJ 5 - 11JULI 2020 - Hargai dan Topanglah Mereka yang Bekerja Keras untuk Kebaikan - 1 Petrus 4:7-19


MTPJ 21 - 27 Juni 2020 - Hindari Perseteruan, Jadilah Berkat - Filipi 4:1-9


MTPJ 28 JUNI S/D 4 JULI 2020 - Bertolong-tolonglah Menanggung Bebanmu - 1 Korintus 16:1-9


Khotbah Paskah Minggu, 12 April 2020 - Matius 28:1-10


Khotbah Perjamuan Kudus - Jumat, 10 April 2020 - MATIUS 27:45-56


Minggu 29 Maret 2020 - KHOTBAH KETUA BPMS GMIM Pdt. Dr. Hein Arina untuk Ibadah Keluarga - YESUS DI HADAPAN MAHKAMAH AGAMA - LUKAS 22:63-71





Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(41)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2020..

Register   Login  

lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,