gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 226 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Allah Pencipta, Penyelamat dan Pemelihara Manusia dan Alam Semesta"
TEMA MINGGUAN : "Pemeliharaan Tuhan bagi Kehidupan Manusia dan Alam"

BACAAN ALKITAB: Yehezkiel 34:24-31
34:24 Dan Aku, TUHAN, akan menjadi Allah mereka serta hamba-Ku Daud menjadi raja di tengah-tengah mereka. Aku, TUHAN, yang mengatakannya. 34:25 Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka dan Aku akan meniadakan binatang buas dari tanah itu, sehingga mereka dapat diam di padang gurun dengan aman tenteram dan dapat tidur di hutan-hutan. 34:26 Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat. 34:27 Pohon-pohon di ladang akan memberi buahnya dan tanah itu akan memberi hasilnya. Mereka akan hidup aman tenteram di tanahnya. Mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku mematahkan kayu kuk mereka dan melepaskan mereka dari tangan orang yang memperbudak mereka. 34:28 Mereka tidak lagi menjadi jarahan bagi bangsa-bangsa dan binatang liar tidak akan menerkam mereka, sehingga mereka akan diam dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apapun. 34:29 Aku akan mendirikan bagi mereka suatu taman kebahagiaan, sehingga di tanah itu tidak seorangpun akan mati kelaparan dan mereka tidak lagi menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa. 34:30 Dan mereka akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka dan mereka, kaum Israel, adalah umat-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH. 34:31 Kamu adalah domba-domba-Ku, domba gembalaan-Ku, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."

PENJELASAN AYAT:

* DAUD DITETAPKAN SEBAGAI RAJA GEMBALA. 34:23,24.
Daripada banyak gembala tetapi tak layak, lebih baik ada satu orang gembala ... Daud, hamba-Ku ... raja (ay. 23, 24). Di sini tidak ada petunjuk tentang kebangkitan Daud. Tetapi, penguasa masa depan yang ideal akan seperti Daud, hamba Tuhan, yang membawa aturan universal, dan menjaga kedamaian bagi bangsa itu (Yes. 55:3, 4; Yer. 23:5, 6). Dia akan menjadi wakil Tuhan atau raja (nś") selamanya. Bandingkan 37:24, 25. Kristus sebagai gembala yang baik (Yoh. 10:14-18) dan "Anak Daud" menggenapi sepenuhnya janji-janji yang ter dapat dalam II Samuel 7:13; Yeremia 23:5, 6; Mikha 5:2-5; Yesaya 9:6, 7; Daniel 9:25, 26; Bandingkan Matius 1:1; 22:41-45; Lukas 1:31-33; Yohanes 1:43; 4:25; Kisah Para Rasul 2:29-33; 13:22, 23, dan masih banyak janji lainnya. Nubuat Mesianis menunjuk pada semua nubuat yang berbicara mengenai pribadi, karya, atau kerajaan Kristus. Secara luas itu meliputi ayat-ayat Yang berbicara tentang keselamatan, kemuliaan, dan penggenapan Kerajaan Allah pada masa mendatang bahkan jika sang perantaranya tidak disebutkan namanya secara khusus. Masa Mesianis melingkupi zaman ketika Kristus mulai berkarya dan berperan sebagai raja perantara, entah dipandang secara keseluruhan atau hanya dalam beberapa aspek.

* PERJANJIAN DAMAI ALLAH BAGI TANAH ITU. 34:25-31.
Perjanjian Damai Allah akan menyingkirkan semua hal yang menyebabkan penderitaan dari tanah itu (ay. 25, 28). Perjanjian itu akan mendatangkan hujan yang membawa berkat (ay. 26) dan memulihkan produktivitas alam (ay. 27, 29). Dan yang terpenting, perjanjian itu akan mengembalikan kehadiran Allah bersama umat-Nya, kawanan domba gembalaan-Nya (ay. 30,31).

* Seorang gembala lain yang setia kepada tugasnya (ayat 23-24) akan diangkat (kemungkinan Yoyakhin -- 2Raj. 25:27-30). Di bawah pemerintahannya, rakyat akan sejahtera. Namun demikian, domba-domba itu pun memiliki tanggung jawab, suatu seni menjadi domba yang baik (ayat 17-22).
Pasal ini ditutup dengan janji Allah yang merentang sampai ke masa depan ketika bangsa Israel dipulihkan (ayat 25-31). Keadaan yang digambarkan mengingatkan pada Yes. 11:6-9. Tanpa kekerasan -- hanya cinta yang hadir. Manusia tidak lagi memperkosa alam dan sesamanya. Kasih setia Allah kukuh hingga kekal.
Renungkan: Waspadalah! Kekuasaan ala gravitasi seringkali mengatasnamakan cinta. Belajarlah sungguh-sungguh mencintai alam, diri, sesama, dan Allah. Kalahkan manipulasi gravitasi hari ini!


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Tuhan Allah telah menciptakan alam dan segala isinya baik adanya, bila alam itu tertata baik  maka  manusia dan alam pasti merasa tentram dan damai. Karena itu sebagai manusia kita wajib meme-lihara segala sesuatu yang telah diciptakan Tuhan supaya tidak menjadi rusak. Pemeliharaan itu harus melibatkan semua pihak baik warga gereja, masyarakat dan pemerintah. Semua kita dipercayakan Tuhan untuk  mengelolah dan memelihara alam demi kesejahteraan manusia. Damai sejahtera dan kemakmuran kehidupan manusia akan di alami oleh umat Tuhan melalui alam yang diciptakan-Nya. Di dalam Dia dan oleh kepemimpinan-Nya gereja dan persekutuan hidup manusia yang penuh damai sejahtera akan dinikmati di masa yang akan datang.

Untuk mewujudkan ini, maka sikap dan cara pandang kita sebagai gereja terhadap alam sekitar, harus dinyatakan, sambil mengingat pemeliharaan Tuhan bagi kehidupan manusia dan alam itu akan tetap diwujudkan-Nya.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Yehezkiel adalah anak dari keluarga Imam Busi, karena itu Yehezkiel tidak asing dengan tugas pelayanannya. Pada tahun  597 SM, di saat Yehezkiel berusia 25 tahun oleh raja Yoyakim yang menyerahkan Yerusalem ke tangan Babel menyebabkan Yehezkiel diangkut ke Babel sebagai tawanan.

Yehezkiel yang berasal dari keluarga Imam, memang mempunyai kerinduan untuk melayani di Bait Allah. Namun harapan ini sulit sepertinya untuk terwujud ketika statusnya sebagai tawanan. Tapi pada tahun ke-5 sebagai tawanan, disaat ia berusia 30 tahun, Tuhan memanggilnya untuk menjadi seorang nabi. Ia melayani selama kira-kira 23 tahun sebagai seorang nabi yang luar biasa, penuh visi dan imajinasi. Namun pada tahun 587 SM, Babel kembali beraksi dengan menghancurkan Yerusalem menjadi puing puing juga Bait Allah. Hancurnya Bait Allah memberi pengaruh psikologis kepada umat, sebab baik yang masih ada di Yerusalem maupun yang sudah diangkut ke Babel sama-sama memahami bahwa Bait Allah adalah simbol kehadiran Allah. Sehingga ketika Bait Allah hancur, tentu saja umat bertanya tanya dimanakah Allah ?

Nubuat sang nabi yang memberi penegasan bahwa dosa umat yakni korupsi, mau menang sendiri, serta tidak mempedulikan yang lemah membuat Tuhan "menjauh" dari mereka, tapi janji Tuhan tak mungkin berubah, membuat Ia "datang" lagi kepada mereka untuk memulihkan keadaan waktu itu. Bersama Hosea (12:4), diakui bahwa Israel adalah suatu bangsa yang berdosa sejak semula namun kasih Allah menyelamatkan bangsa-Nya (16:4-14), di beri "hati" baru dan Roh-Nya menyemangati umat-Nya agar nama Tuhan dikuduskan dan dimuliakan.

Yehezkiel mendapat tugas yang berat yaitu sebagai penjaga Israel, untuk mengingatkan umat tentang bahaya yang mengancam akibat dosa mereka. Dia harus melakukannya sebab kalau tidak, dialah yang akan dianggap bersalah karena tanggungjawab itu diberikan Tuhan kepadanya. Pasal 34 ini untuk kita pahami, harus-lah dilihat ayat sebelumnya, dimana Tuhan melihat domba-domba gembalaannya, yang telah kehilangan figur gembala yang baik, telah berlaku liar dan tak terkendali (17 - 19). Domba berkelahi satu sama lain. Domba yang kuat memukul dan menindas yang lemah. Domba yang gemuk merampas padang rumput yang subur dari yang kurus. Karena itu Tuhan akan menjadi Hakim untuk mengadili perkara di antara umat-Nya (20-22). Tuhan pun akan mengangkat seorang pemimpin yang mewakili-Nya dengan membangkitkan keturunan Daud atas tahta umat-Nya. Tuhan akan menjadi ALLAH mereka dan Daud menjadi raja mereka (24). Tuhan akan mengadakan perjanjian damai dan meniadakan ancaman binatang buas supaya mereka boleh hidup tenang dan tentram (25). Tuhan akan menyediakan berkat di sekitar kehidupan mereka, dengan menurun-kan hujan pada waktunya, pohon pohon di ladang akan berbuah, tanahnya akan memberikan hasilnya dan mereka akan hidup tenang sambil menikmati kesejahteraan yang disiapkan Tuhan bagi umat ciptaan-Nya (26-27). Tuhan akan mendirikan taman kebahagian supaya tidak ada yang akan mati kelaparan dan umat-Ku menge-tahui bahwa Akulah Tuhan dan kamu adalah domba-domba-Ku.
Makna dan Implikasi Firman

Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita sangat merasakan betapa berat pergumulan yang ditanggung bangsa kita, bencana datang silih berganti  gempa bumi, banjir lonsor, dan lain-lain.  Belum lagi kejahatan yang terjadi seperti pembunuhan, pemerkosaan, pencurian.  Syair lagu yang  berkata " mungkin Tuhan mulai bosan melihat tingkah kita yang selalu salah dan bangga dengan dosa-dosa atau alam mulai enggan bersahabat dengan kita". Ungkapan ini mengajak kita untuk mengevaluasi diri sebagai pemimpin ataupun masyarakat. Bahwa alam sekitar harus dipelihara dan dijaga kelestarian, keindahan dan keseimbangan agar memberi nuasa yang menghidupkan bukan membawa bencana.

Realita bergereja, harus diakui secara jujur bahwa pergumulan gereja yang kini kita hadapi disebabkan karena sudah tidak ada keseimbangan kehidupan yang miskin dan yang kaya, yang miskin semakin miskin dan yang kaya semakin kaya. Kesenjangan terjadi dimana-mana, dan umat manusia/orang percaya sudah tidak peduli lagi akan hal itu, dimanakah imanmu?

Cara yang cerdas dan cermat  menyingkapi hal ini adalah kembali kepada Allah untuk berbenah dijalan yang benar, karena Tuhan telah mengadakan perjanjian damai sejahtera dengan kita. Pemeliharaan Tuhan untuk menyediakan berkat dan keselamatan bagi umat dan alam serta penerapan kasih terhadap sesama manusia. Tuhan menyediakan taman kebahagian supaya setiap orang percaya dan melakukan kehendaknya akan terbebas dari penderitaan, dan tetap mengakui Tuhan adalah Allah sang penyelamat.

 PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

    Apakah yang dapat kita pahami tentang pemeliharaan Tuhan bagi kehidupan manusia dan alam menurut bacaan kita ini ?
    Bagaimana sikap gereja (orang percaya) menghadapi tantangan yang menyepelehkan pemeliharaan Tuhan bagi manusia dan alam ?

 NAS PEMBIMBING: Maleakhi 2:5

 POKOK-POKOK DOA:

    Pemimpin yang mengandalkan Tuhan akan diberkati sesuai janji Tuhan.
    Kesejahteraan adalah Anugerah Tuhan, kita harus menjaganya supaya kita tetap menikmati pemeliharaan-

 TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

HARI MINGGU BENTUK II

 NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Kemuliaan : KJ. No.7 Ya Tuhan Kami Puji Nama-Mu Besar

Doa Penyembahan : KJ No 400 Kudaki Jalan Mulia

Pengakuan Dosa.  NKB No. 19 Dalam Lautan Yang Kelam

Janji Anugerah Allah: KJ.No. 40 Ajaib Benar Anugerah-Mu

Puji-pujian:  KJ No. 356 Tinggalah Dalam Yesus

Ses Pemb Alkitab : KJ. No.53.Tuhan Allah T'lah Berfirman

Pengakuan Iman. : NNBT No.34 Tuhanlah Perlindunganku

Persembahan : KJ No. 289 Tuhan Pencipta Semesta

Penutup : KJ No. 355 Yesus Memanggil

 ATRIBUT:

Warna dasar Hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori MTPJ 2019
1 Tawarikh 17:16-27(1)
1 Tawarikh 6:31(1)
Bilangan 27:1-11(1)
Bilangan 27:1-2(1)
Efesus 2:11-22(1)
Lukas 15:11-32(1)
Maleakhi 3:1-12(1)
Markus 1:1-8(1)
Mazmur 128:1-6(1)
Mazmur 146:1-10(1)
Mazmur 37:34-40(1)
Mazmur 96:1-13(1)
Roma 13:1-7(1)
Ulangan 15:12-18(1)
Wahyu 21:9-27(1)
Yeremia 29:1-14(1)
Yeremia 29:1-3(1)
Yohanes 3:16-18(1)
Zakharia 8:1-19(2)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ Minggu, 27 Januari 2019 - Kota yang Diberkati - Yeremia 33:1-9


All MTPJ 2019:
MTPJ Minggu, 29 Desember 2019 s/d Sabtu, 4 Januari 2020 - /Nyanyikanlah dan Ceritakanlah: Allah adalah Raja atas Kosmos - Mazmur 96:1-13



MTPJ Selasa, 24 Desember 2019 (Malam Natal - Anak Allah Datang Memberi Hidup Kekal - Yohanes 3:16-18 Penjelasan Ayat



MTPJ Minggu 22- Sabtu 28 Desember 2019 Minggu Adven 4 - Kedatangan Mesias Untuk Melayani - Markus 1:1-8



MTPJ 8-14 Desember 2019 (Minggu Adven 2) - Kembalilah Kepada-Ku, Aku Akan Kembali Kepada-Mu - Maleakhi 3:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 1-7 Desember 2019 - Allah Datang untuk Merangkul dan Memulihkan - Mikha 4:6-14 - Minggu Adven 1



MTPJ 17-23 November 2019 - Tuhan itu Baik pada Umat-Nya, tetapi Menghukum Lawan-Nya - Nahum 1:1-8



MTPJ 10-16 November 2019 - Mengamalkan Iman dengan Tidak Memandang Muka - Yakobus 2:1-13



MTPJ 03-09 November 2019 - Diusir dari Taman Kebahagiaan - Kejadian 3:1-24



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 22 - 28 September - Jadilah Teladan - 1 Timotius 4:1-16



MTPJ 15 - 21 September 2019 - Bangkitlah, Jadilah Terang - Yesaya 60:1-22



MTPJ 8 - 14 September 2019 - Rumah Sorgawi Bagi yang Setia - Wahyu 21:9-27



RHK Minggu, 1 September 2019 - Pemimpin yang Berintegritas - Ezra 8:15



MTPJ 25 - 31 Agustus 2019 - Penatalayanan yang Profesional - 1 Tawarikh 6:31-53



RHK Minggu, 25 Agustus 2019 - Pujian Jemaat untuk Tuhan - 1 Tawarikh 6:31



MTPJ 18 - 24 Agustus 2019 - Pemerintah adalah Hamba Allah - Roma 13:1-7



MTPJ 11 - 17 Agustus 2019 - Perjuangan Kaum Perempuan Mendobrak Tradisi Ketidakadilan - Bilangan 27:1-11



RHK Minggu, 11 Agustus 2019 - Menyelesaikan Persoalan dengan Prosedur yang Tepat - Bilangan 27:1-2



MTPJ 5 Agustus 2019 Hari Kesehatan GMIM - Kemerdekan yang Saling Membebaskan - Ulangan 15:12-18



MTPJ 4 - 10 Agustus 2019 - Mengusahakan Kesejahteraan Kota - Yeremia 29:1-14



RHK Minggu, 4 Agustus 2019 - Menjadi Pembawa Kabar Sukacita - Yeremia 29:1-3



MTPJ 28 Juli s/d 3 Agustus 2019 - Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan - Mazmur 37:34-40



MTPJ 21 - 27 Juli 2019 - Beribadah dan Menghormati Tuhan Mendatangkan Berkat - Imamat 26:1-13



MTPJ 23-29 Juni 2019



MTPJ 16 - 22 Juni 2019



MTPJ 10 Juni 2019 (Hari Raya Pentakosta 2) dan HAPSA P/KB GMIM



MTPJ 2 - 8 Juni 2019 - Keluarga yang Diberkati - Mazmur 128:1-6



MTPJ 19-25 Mei 2019 - Gereja yang Membangun Bangsa - Efesus 2:11-22



MTPJ 12 - 18 Mei 2019 - Berdoa untuk Keluarga - 1 Tawarikh 17:16-27



MTPJ 5 - 11 Mei 2019 - Pemulihan yang Holistik - Yehezkiel 47:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 22 April 2019 Hari Raya Paskah II & Hari Persekutuan Pemuda GMIM



MTPJ 14 - 20 April 2019 (Minggu Sengsara VI) - Yohanes 18:38b-19:16a



MTPJ, 24-30 Maret 2019 Minggu Sengsara III



MTPJ, 17 - 23 Maret 2019 Minggu Sengsara II



MTPJ, 10 - 16 Maret 2019 (Minggu Sengsara I)



MTPJ 24 Feb - 2 Maret 2019 - Lebih dari Pemenang - Roma 8:28-39



MTPJ, 17 - 23 Februari 2019 - Andalkan Allah dan Bukan Manusia - Mazmur 146:1-10



MTPJ 10 - 16 Februari 2019



MTPJ Minggu, 3 Februari 2019 - Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir - Wahyu 22:6-17



MTPJ Minggu, 27 Januari 2019 - Kota yang Diberkati - Yeremia 33:1-9



MTPJ Minggu, 13 Januari 2019 - Pemeliharaan Tuhan bagi Kehidupan Manusia dan Alam - Yehezkiel 34:24-31






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah Minggu GMIM 2020(1)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip MTPJ 2019..

Register   Login  

tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   tata ibadah natal GMIM,   tata ibadah pra natal GMIM,   mtpj yesaya 35:1-10,   mtpj yesaya 35:1-10,   tata ibadah remaja gmim,   tata cara ibadah pkb gmim,   tata ibadah remaja gmim,   liturgi natal GMIM terbaru,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Susunan Tata Ibadah GMIM minggu hari ini 24 November 2019,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   liturgi natal gmim,   tata ibadah GMIM,   pembacaan alkitab gmim minggu ini,   pembacaan alkitab gmim,   liturgi ibadah pemuda natal gmim,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Liturgi Ibadah Natal anak sekolah minggu GMIM,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars wki gmim,   tata ibadah Natal Gereja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   tata ibadah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim,   pembacaan gmim minggu ini,   liturgi ibadah minggu gmim,   khotbah gmim minggu ini,   obor pemuda gmim edisi Oktober 2019,   tata gereja gmim 2017 bab 17,   tata gereja gmim 2017 bab 2,   mtpj 3 november 2019,