gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 552 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN :"Pendidikan Sebagai Misi Gereja Dalam Pembentukan Karakter"
TEMA MINGGUAN :"Mengertilah Kehendak Tuhan"

BACAAN ALKITAB :
Efesus 5:1-21
Hidup sebagai anak-anak terang
5:1 Sebab itu jadilah penurut-penurut Allah, seperti anak-anak yang kekasih 5:2 dan hiduplah di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus juga telah mengasihi kamu dan telah menyerahkan diri-Nya untuk kita sebagai persembahan dan korban yang harum bagi Allah. 5:3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut sajapun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. 5:4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono -- karena hal-hal ini tidak pantas -- tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. 5:5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. 5:6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka. 5:7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka. 5:8 Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang, 5:9 karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran, 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. 5:11 Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu. 5:12 Sebab menyebutkan sajapun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. 5:13 Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang. 5:14 Itulah sebabnya dikatakan: "Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu." 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 5:16 dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. 5:17 Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh, 5:19 dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita 5:21 dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Di zaman "Post Modern" ini, dengan pertukaran informasi begitu cepat dalam kehidupan manusia cyber (manusia yang hidup berdampingan dengan teknologi), gereja seharusnya melihat hal ini sebagai kesempatan untuk melakukan Misi Allah (hal bersaksi, menginjil, mendidik) bukan sebagai tantangan. Kita tahu bahwa per-tukaran informasi yang begitu cepat dapat menyebabkan keresahan bagi orang Kristen itu sendiri; sebagai contoh, banyak pengajar-pengajar sesat yang mulai muncul dan menggunakan media social untuk mempengaruhi orang Kristen dengan ajaran-ajaran yang sesat tentang Kekristenan. Dan hal ini menimbulkan keresahan dalam kehidupan bergereja karena doktrin-doktrin yang sesat, yang berusaha merusak keberimanan dan karakter orang Kristen.

Akhir-akhir ini, ada sebagian orang Kristen tidak lagi menganggap ibadah kolom, keluarga, BIPRA itu sebagai sesuatu yang penting, padahal ibadah kolom merupakan fondasi pengajaran iman yang mula-mula, dimana pengajaran senantiasa diulang-ulang untuk membentuk iman dan karakter seseorang untuk mampu mengerti kehendak Bapa di dalam Kristus Yesus tentang hidup mengasihi.

Oleh karena itu, setiap orang percaya terpanggil untuk mengerti ke-hendak Tuhan di zaman sekarang ini. "Mengerti kehendak Tuhan" adalah hal prinsip dalam kehidupan kekristenan bahkan merupakan puncak kehidupan spirtualitas kita dengan Allah Bapa dan mengerti kehendak Tuhan menjadi tema perenungan kita saat ini.

PEMBAHASAN TEMATIS

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Surat Efesus adalah surat yang istimewa, karena Paulus menulis surat ini dari dalam penjara. Surat kesaksian Paulus kepada Efesus bahwa Paulus boleh terbelenggu dan dipenjarakan, tetapi Injil harus terus diberitakan, tidak dapat dibelenggu oleh apapun dan Injil harus menembus batas-batas ruang dan waktu. Injil inilah yang diharapkan Paulus, akan membentuk cara hidup/pola hidup jemaat di Efesus untuk menjadi penurut-penurut Allah (Efesus 5:1). Menjadi "Penurut-Penurut Allah" adalah suatu bentuk ketaatan secara utuh orang per-caya untuk menyerahkan seluruh hidup (keputusan-keputusan pikiran dan hati) dalam kehendak/kedaulatan/otoritas Allah. Kehendak/ kedaulatan/otoritas Allah tergambar dalam Kasih-Nya sebagaimana yang telah diteladankan Kristus Yesus (Efesus 5:2).

Paulus adalah tokoh yang memiliki komitmen iman luar biasa. Sekali pun dia harus mati demi Kristus, tapi baginya hal itu merupakan suatu keuntungan. Penjara dapat membelenggu tubuh Paulus, namun Penjara tak dapat membendung akan pekabaran Injil bahkan kuasa apapun di dunia ini tak dapat membatasi pekerjaan Allah untuk memanggil orang-orang pilihan yang akan diutus-Nya memberitakan Injil. Inilah yang harus disadari oleh setiap orang Kristen selaku Gereja yang merayakan keselamatan Allah di dalam Yesus Kristus.

Paulus mengecam dan memperingatkan dengan keras terhadap jemaat di Efesus tentang moralitas yang buruk, tidak sesuai dengan kehendak Bapa (Efesus 5:3-7). Segala percabulan, kecemaran, persundalan, serakah bahkan penyembah berhala, tidak akan men-dapat bagian dalam kerajaan Kristus dan Allah. Ini menggambarkan untuk berada dalam kerajaan Kristus, kita harus sungguh-sungguh hidup dalam kekudusan/kesalehan (Pietis) di hadapan Tuhan dan jangan menduakan Tuhan dengan hal-hal duniawi seperti material-isme serta hedonisme. Ayat 8, Paulus menjelaskan akan identitas jemaat Efesus, dahulu kamu adalah kegelapan. Kegelapan (bah. Yun, skotia/skotos) diartikan sebagai kesuraman, gelap, hidup dalam dosa, kejahatan. Mereka juga sebelum mengenal Kristus melalui ajaran Paulus, dahulu adalah orang-orang yang hidup dalam dosa. Namun, setelah mereka mengenal Kristus, Paulus menekankan identitas baru yaitu orang-orang yang terang di dalam Tuhan. Terang (bah.Yun, phos atau photeinos) menunjuk pada terang yang bercahaya melalui karakter yang benar. Terang inilah yang ditekankan oleh Paulus, bahwa kalau jemaat di Efesus sekarang adalah terang di dalam Tuhan, maka dari itu hiduplah didalam terang yang berbuahkan kebaikan, keadilan dan kebenaran. Sekali lagi, Paulus melarang jemaat di Efesus untuk mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan yang menghasil-kan dosa (Efesus 5:11-13). Selanjutnya, Paulus mendidik umat untuk bagaimana seharusnya mereka hidup dan menghargai waktu sebagai pemberian Tuhan. Paulus mengajarkan mereka untuk mengusahakan untuk mengerti kehendak Tuhan. Kata "Usahakanlah" berarti kita secara aktif harus bekerja (mencari tahu) secara sadar, berupaya dalam kesadaran mengerti kehendak Tuhan. Bagaimana kita bekerja, atau mencari tahu mengerti kehendak Tuhan? Kepada jemaat di Efesus, Paulus mengatakan janganlah kita mabuk (hilang kesadaran/ kehilangan penguasaan diri) dan pada akhirnya hawa nafsu berkuasa dalam diri kita. Hal Ini akan menjauhkan kita dari upaya untuk mengerti kehendak Tuhan bahkan jauh dari kehendak-Nya. Tetapi, sebagai anak Terang yang berusaha mengerti kehendak Tuhan, hendaklah dipenuhi dengan Roh, rajinlah berkata-kata yang mengan-dung berkat dan mengucap syukurlah (Efesus 5:18b-20).
Makna dan Implikasi Firman

Menjadi penurut-penurut Allah adalah buah ketaatan yang harus dinampakkan dalam kehidupan setiap orang yang percaya kepada Kristus Yesus.

Ada beberapa hal penting yang menjadi pesan bagi Gereja untuk mengerti kehendak Allah, yaitu :

    Menjadi penurut-penurut Firman, dengan menjadi anak-anak terang yaitu mewarnai hidupnya dengan kasih dan menjauhkan diri dari tindakan-tindakan cemar (sombong, pemabuk, perkataan yang kotor dan seterusnya)
    Memperhatikan pendidikan dengan senantiasa mempersiapkan generasi-generasi sebagai sumber daya manusia yang siap berkompetisi, dengan berbagai kualitas di dunia post modern. Termasuk pendidikan politik bagi warganya agar kita dapat memilih pemimpin yang bertindak menurut kehendak Tuhan (tidak money politics, pelaku gratifikasi dan sebagainya).
    Meletakkan dasar pendidikan karakter yang berfondasi pada karakter Kristus, yaitu hidup takut akan Allah.
    Gereja harus hidup terus dalam pembaharuan yaitu jangan menjadi pendosa tapi petobat yang dikasihi Tuhan. Maka di periode pelayanan yang baru ini, gereja terpanggil menjadi penurut-penurut Allah.
    Gereja yang mengerti kehendak Allah adalah gereja yang mengucap syukur dalam segala hal.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

    Kenapa Rasul Paulus mengatakan "Mengertilah kehendak Tuhan?
    Hal-hal apa saja yang sudah dilakukan oleh keluaraga, gereja dalam pembentukkan karakter untuk mengerti kehendak Tuhan?
    Bagaimana tanggapan saudara dengan para pelayan khusus yang memiliki kemampuan pengetahuan tentang kehendak Tuhan, tetapi tidak tergambar dalam gaya hidupnya?

NAS PEMBIMBING : Amsal 1:7

POKOK - POKOK DOA :

    Upaya-upaya gereja mendidik warganya untuk menjadi penurut kehendak Kristus.
    Kemurnian hidup jemaat di dalam kasih Kristus sebagai cerminan kehidupan keluarga penurut Allah.
    Mengerti kehendak Allah harus tergambar dalam gaya hidup keseharian.
    Mengucap syukur adalah gaya hidup orang percaya.
    Menjauhkan diri dari berbagai hal yang mendatangkan dosa.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

HARI MINGGU BENTUK I

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: NKB No.72 Nama Yesus Berkumandang.

Ses Nas Pembimbing: NKB No.3 Terpujilah Allah

Pengakuan Dosa:NKB No. 10 Dari Kungkungan Malam Gelap

Berita Anugerah Allah: NNBT No. 9 'Ku Akan Selalu Bersyukur

Hukum Tuhan: NKB No. 14 Jadilah Tuhan Kehendak-Mu.

Ses Pengakuan Iman: KJ No. 38 T'lah Kutemukan Dasar Kuat

Persembahan : NNBT No. 15 Hai Seluruh Umat Tuhan

Penutup: NKB No 211 Pakailah Waktu Anugerah Tuhan-Mu.

ATRIBUT :

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab GMIM 2018
1 Korintus 12:1-11(1)
1 Raja-Raja 12:16-17(1)
1 Raja-Raja 12:16-24(1)
1 Yohanes 4:7-21(1)
2 Timotius 2:1-13(1)
2 Timotius 3:10-17(2)
Ayub 5:27(1)
Kejadian 13:1-18(1)
Kejadian 1:1-31(1)
Kejadian 39:1-23(1)
Kejadian 50:15(1)
Kejadian 50:21(1)
Kejadian 6:9-22(1)
Keluaran 4:1-17(1)
Kidung Agung 1:1-8(1)
Kisah Para Rasul 15:33-34(1)
Kisah Para Rasul 17:10-15(1)
Lukas 16:10-18(1)
Lukas 2:1-7(1)
Maleakhi 2:10-16(1)
Markus 10:13-16(1)
Markus 10:35-45(1)
Markus 16:1-2(1)
Matius 16:21-28(1)
Matius 26:47-56(1)
Mazmur 71:17-24(1)
Pengkhotbah 3:1-15(1)
Roma 10:4-15(1)
Roma 1:16-17(1)
Ulangan 31:1-8(1)
Yesaya 28:23-29(2)
Yesaya 6:1-13(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 8 s-d 14 Juli 2018 - Kebajikan Allah (Bersyukur adalah Karakter Orang Percaya) - Mazmur 111:1-10


Sebelum:

MTPJ 24 s-d 30 Juni 2018 - Pendidikan Seumur Hidup - Mazmur 71:17-24



All Pembacaan Alkitab GMIM 2018:

MTPJ 24 Desember 2018 Khotbah Malam Natal - Menyambut Kelahiran Yesus - Lukas 2:1-7

MTPJ 23 s-d 29 Desember 2018 (Minggu Adven 4) - Yesus Kristus Penyelamat Dunia - 1 Yohanes 4:7-21

MTPJ 2 s-d 8 Desember 2018 (Minggu Adven 1)

MTPJ 25 November s/d 1 Desember 2018 - Gunakan Media Sebagai Sarana Pelayanan - Keluaran 4:1-17

RHK Sabtu, 10 November 2018 - Ungkapan yang Menghibur, Menenangkan Hati - Kejadian 50:21

RHK Minggu, 4 November 2018 - Berprasangka Buruk Bukanlah Hal yang Baik - Kejadian 50:15

MTPJ 28 Oktober s/d 3 November 2018 - Stop Hoax - Matius 28:11-15

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

RHK Sabtu, 20 Oktober 2018 - Melangkah dengan Damai - Kisah Para Rasul 15:33-34

MTPJ 14 s-d 20 Oktober 2018 - Media Sebagai Sarana Memelihara Kehidupan Beriman - Kisah Para Rasul 15:22-34

MTPJ 7 s-d 13 Oktober 2018 - Gereja di Era Digital - Kejadian 6:9-22

MTPJ 30 Sept - 6 Oktober 2018 - Gunakan Karunia untuk Kepentingan Bersama - 1 Korintus 12:1-11

Pembacaan Alkitab GMIM MTPJ 23 s-d 29 September 2018 - Cinta Allah Menerobos Perbedaan - Kidung Agung 1:1-8

MTPJ 16 - 22 September 2018 - Panggilan Gereja Memelihara Perdamaian di Tengah Masyarakat Majemuk - Kejadian 13:1-18

MTPJ 2 - 8 September 2018 - Firman Allah Menjadikan Orang Lebih Baik Hati - Kisah Para Rasul 17:10-15

MTPJ 26 Agust s/d 1 Sept 2018 Komitmen Iman Di Tengah Keberagaman - Maleakhi 2:10-16

MTPJ 19 s-d 25 Agustus 2018

MTPJ 12 - 18 Agustus 2018

MTPJ 5 s-d 11 Agustus 2018

MTPJ 22 s-d 28 Juli 2018 - Markus 10:13-16

MTPJ 15 s d 21 Juli 2018 - Pengalaman Membentuk dan Memperteguh Hidup dalam Pengharapan Iman - Pengkhotbah 3:1-15

MTPJ 8 s-d 14 Juli 2018 - Kebajikan Allah (Bersyukur adalah Karakter Orang Percaya) - Mazmur 111:1-10

MTPJ 1 s-d 7 July 2018 - Hidup sebagai anak-anak terang (Mengertilah Kehendak Tuhan) - Efesus 5:1-21

MTPJ 24 s-d 30 Juni 2018 - Pendidikan Seumur Hidup - Mazmur 71:17-24

MTPJ 17 s-d 23 Juni 2018 - Firman Mempersatukan dan Menyelamatkan Bangsa - Roma 10:4-15

MTPJ 12 Juni 2018 (HUT PI dan Pendidikan Kristen ke-187) - Injil Yang Menyelamatkan - Roma 1:16-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

RHK Sabtu, 9 Juni 2018 - Keterbatasan Pengetahuan Manusia - Ayub 5:27

MTPJ 3 s/d 9 Juni 2018 - Allah Mendidik Umat-Nya - Ayub 5:17-27

MTPJ 27 Mei s/d 2 Juni 2018

MTPJ 20 - 26 Mei 2018 ( Hari Raya Pentakosta1)

MTPJ 6 - 12 Mei 2018 - Kesetiaan Dimulai dari Hal-hal Kecil - Lukas 16:10-18

MTPJ 29 April s/d 5 Mei 2018 - Pemimpin yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi - 1 Raja-Raja 12:16-24

RHK Minggu, 22 April 2018 Doa dan Puasa adalah Panggilan Iman Ester 4:1-3

Pembacaan Alkitab GMIM Minggu, 29 April 2018 - Belajar Mendengar 1 Raja-Raja 12:16-17

MTPJ 8 - 14 April 2018

MTPJ 1 - 7 April 2018 Hari Raya Paskah 1 (Hari Anak GMIM)

RHK Minggu, 1 April 2018

Jumat Agung 30 Maret 2018 - Setia Sampai Mati - Bacaan Alkitab : Yohanes 19 : 28 - 30

MTPJ 25 - 31 Maret 2018 - Hidup ada Dalam Rancangan Allah - Minggu Sengsara VI

MTPJ 18 - 24 Maret 2017 Minggu Sengsara V

RHK 11 - 17 Maret 2018 Minggu Sengsara IV - Syarat Mengikut Yesus - Matius 16:21-28

MTPJ 4 - 10 Maret 2018 Minggu Sengsara III - Komitmen Mengikut Yesus

MTPJ 25 Feb. s/d 3 Maret 2018 Minggu Sengsara II - Markus 10:35-45

MTPJ 18 - 24 Februari 2018 Minggu Sengsara I - Panggilan Untuk Ikut Menderita - 2 Timotius 2:1-13

MTPJ 11 - 17 Februari 2018

MTPJ 28 Januari s/d 3 Februari 2018 - Ini Aku, Utuslah Aku - Yesaya 6:1-13

MTPJ 21 - 27 Januari 2018 - Pola Hidup Sehat MendatangkanKecerdasan

MTPJ 14 - 20 Januari 2018 - Kejadian 39:1-23 - Meraih Sukses dengan Iman

MTPJ 7 - 13 Januari 2018 - Tuhan Mencipta, Manusia Memelihara - Kejadian 1:1-31

MTPJ 31 Desember 2017 s/d 6 Januari 2018 - Kemarin, Hari Ini dan Besok Dalam Tangan Tuhan - Ulangan 31:1-8

Pembacaan Alkitab GMIM Januari 2019



MENU UTAMA:
Berita GMIM 2022(2)
Contoh Doa GMIM(7)
Contoh Tata Ibadah GMIM(28)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(65)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
Lagu Rohani GMIM(1)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(124)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(7)

Arsip Pembacaan Alkitab GMIM 2018..

Register   Login  

https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1036,   renungan gmim untuk ibadah remaja,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1852,   khotbah gmim Filemon 1 : 4-22,   buku lagu pemuda gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   teks mars pria kaum apa gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,