gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 531 kali
Download MP3 Music
2 Korintus 5:11-21
Pelayanan untuk pendamaian
5:11 Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata dengan terang dan aku harap hati kami nyata juga demikian bagi pertimbangan kamu. 5:12 Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah. 5:13 Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu. 5:14 Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. 5:15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. 5:16 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian. 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. 5:19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. 5:20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. 5:21 Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.

Penjelasan:
* Dimotivasi oleh Ketakutan (5:11).
Phobos (seperti dalam Kis. 9:31; Ef. 5:21) dengan tepat diterjemahkan sebagai takut.
Yang dimaksudkan adalah ketakutan disertai rasa hormat yang seharusnya merupakan ciri kehidupan orang percaya mengingat keberadaannya di hadapan Kristus sebagai Hakim.
Urutan dan penekanan dari bahasa aslinya adalah sebagai berikut kami berusaha meyakinkan orang; tetapi kepada Allah kami sudah nyata, dan saya berharap bahwa hati nuranimu kami sudah nyata." Paulus berusaha untuk meyakinkan orang (1) tentang hukuman yang akan datang (II Kor. 5:10), atau (2) tentang martabatnya sendiri sebagai pelayan, atau (3) tentang perlunya pemulihan hubungan (5:18-21). Hanya nomor (2) yang tampaknya langsung relevan.

* Dimotivasi oleh Sifat Tidak Mementingkan Diri Sendiri (5:12, 13).
"Memperkenalkan atau merekomendasikan seseorang kepada orang yang lain" (Arndt).
Kata kerja ini demikian khas dalam surat ini (3:1; 4:2; 6:4; 7:11; 10:12, 18; 12:11) sehingga lebih banyak dipakai di sini dibandingkan dengan jumlah di seluruh bagian lain dalam Perjanjian Baru. Rupanya sebagian orang di Korintus bermegah dalam hal-hal lahiriah. Paulus ingin memberikan kepada orang-orang yang dimenangkannya bagi Kristus suatu kesempatan yang sesungguhnya untuk bermegah dengan benar, yaitu di dalam hal-hal batiniah. 13. Plummer telah menerjemahkan ayat ini secara tepat sebagai berikut, "Sebab jika kami tidak menguasai diri, (maka hal itu; bentuk lampau) adalah bagi Allah: atau jika kami menguasai diri (maka itu; bentuk kini) adalah bagi kamu." "Tidak menguasai diri" (bentuk waktu aoris) mungkin mengacu kepada suatu saat ketika musuh-musuhnya menuduh dia tidak waras (bdg. Mrk. 3:21; Kis. 26:24). Memang aneh bahwa dunia bila menganggap seseorang yang sepenuhnya berserah kepada Allah sebagai tidak waras.

* Dimotivasi oleh Kasih (5:14,15).
Dengan kasih Kristus (bdg. Rm. 8:35; Ef. 3:19) marilah kita memahaminya sebagai kasih Kristus sendiri bagi kita. Kata kerja menguasai (sunecho) biasanya berarti "mempersatukan;" tetapi kali ini Arndt menjadikannya berarti "mendorong, memaksa.
Kasih Kristus akan melindungi setiap orang percaya dari hal-hal ekstrem yang tidak sehat. Keputusan Paulus, yang dibuat sekali untuk selamanya ketika ia bertobat, adalah sebagai berikut, "Satu orang sudah mati bagi semua orang karena itu semua orang sudah mati." Kata untuk dalam satu orang sudah mati untuk semua orang menunjukkan penggantian (seperti dalam Yoh. 10:15; 11:50, 51; Rm. 5:6 dst.; Gal. 1:4). Bentuk waktu aoris di dalam orang sudah mati mengidentifikasi orang percaya itu dengan Kristus di dalam kematian-Nya (bdg. Rm. 6:2-11; Gal. 2:19; Kol. 3:3). 15. Orang-orang yang sudah ditebus oleh Dia yang telah mati untuk semua orang seharusnya sekarang hidup sepenuhnya bagi Tuhan mereka, bukan untuk dirinya sendiri (bdg. Rm. 14:4 dst.; I Kor. 6:19, 20; I Tes. 5:10; Why. 14:1-5).

* Dimotivasi oleh Kelahiran Baru (5:16, 17).
Sebelum krisis pertobatannya, Paulus hanya mengenal Kristus menurut ukuran manusia (maksudnya, sebagai sekadar sesama manusia).
Sesudah mengetahui makna dari kematian Kristus (5:15), dia tidak lagi mengenal manusia atau mengenal Kristus menurut ukuran manusia. Wawasan rohani telah mengubah penekanan utama Paulus, keabadian telah menjadi tolok ukur dari segala sesuatu. 17. Orang percaya kini menjadi ciptaan baru. Mengenai istilah baru lihat 3:6. Ungkapan sudah berlalu adalah dalam bentuk waktu aoris dan karenanya berarti suatu perubahan menentukan yang terjadi pada saat kelahiran baru. Kata kerja yang sama (parerchomai) dipakai untuk melukiskan musnahnya langit dan bumi pada saat kiamat (Mat. 5:18; Luk. 21:32, 33, II Ptr. 3:10). Bentuk waktu perfect dalam yang baru sudah datang mendramatisasi perubahan kekal yang dihasilkan pada saat lahir baru.

* Dimotivasi oleh Pendamaian (5:18-21).
Allah adalah sumber dari semuanya ini (bdg. Rm. 11:36; Why. 4:11).
Dengan demikian berbunyi "Yang telah mendamaikan dan telah mempercayakan," dua-duanya adalah tindakan Allah. Pendamaian mendahului tindakan mempercayakan. Orang berdosa diperdamaikan dengan kematian Kristus (bdg. Rm. 5:10). Kata pelayanan (diakonia) sering kali dipakai di dalam surat ini (II Kor. 3:7 dst.; 4:1; 5:18; 6:3; 8:4; 9:1, 12, 13; 11:8). 19. Pikiran dasar dari ayat ini, Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus, dijelaskan secara negatif - dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka dan secara positif - telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Alkitab mengajarkan adanya dosa yang tidak diperhitungkan (Rm. 4:8) dan ada hal yang diperhitungkan sebagai benar (Rm. 4:3, 6, 11, 22; Gal. 3:6) bagi orang yang percaya kepada Kristus.

* 2Kor 5:20 - kami ini adalah utusan-utusan Kristus; // seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami;
Ayat ini menyajikan (1) para utusan - kami ini adalah utusan-utusan Kristus; (2) sarana yang dipakai - seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; (3) pengantara - dalam nama Kristus kami meminta kepadamu; (4) pesan - berilah dirimu didamaikan dengan Allah (jadilah orang yang didamaikan, Alfred Plummer, Op.cit). Kata seakan-akan (hos) tidak menunjukkan adanya keraguan; istilah tersebut dapat diterjemahkan secara lebih tepat dengan karena.

* 2Kor 5:21
Kalimat Yunani aslinya berbunyi sebagai berikut: Dia yang tidak mengenal dosa dijadikan dosa untuk kita, agar kita dapat menjadi benar di dalam Dia.
Dia yang tidak berdosa menjadi (diperhitungkan sebagai) berdosa untuk orang berdosa supaya orang berdosa dapat (diperhitungkan sebagai) menjadi tidak berdosa di dalam Dia Yang Tidak Berdosa. Inilah inti dari Injil, sebuah ayat yang setara pentingnya dengan Yohanes 3:16. Di dalam Perjanjian Lama, Allah memperhitungkan orang percaya sebagai benar diajarkan melalui didikan (Kej. 15:6; bdg. Rm. 4:3, 9), melalui nubuat (Yes. 53:11; 61:10; Yer. 23:6), dan melalui lambang (Zak. 3:1-5).

* Tenaga pendorong pelayanan Apa itu?

Bila dalam pasal 4:1 Paulus menjelaskan penyebab ia tidak tawar hati dalam pelayanan, kini ia menjelaskan hal-hal yang mendorong dia untuk terus giat melayani.

Pertama, Paulus tahu bahwa suatu saat ia dan semua orang akan berhadapan dengan takhta pengadilan Kristus. Itu memunculkan rasa 'takut akan Tuhan' dalam hatinya, yang kemudian memotivasi dia untuk mencari 'orang-orang terhilang' dan meyakinkan mereka tentang Injil. Ia tahu Allah memahami motivasinya, karena itu ia berharap agar jemaat Korintus memahami pula pelayanan dan motivasinya yang murni (11), serta merasa bangga karenanya (12). Sebab semuanya ia lakukan bagi kemuliaan Allah dan kepentingan mereka juga (13).

Hal lain yang memberdayakan Paulus dalam pelayanan adalah 'kasih Kristus yang menguasai dia'. Yang Paulus maksud bukan kasihnya kepada Kristus, tetapi pergumulan akan kasih Kristus yang rela mati untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang (14), agar mereka diperdamaikan dengan Allah (17) dan menjadi ciptaan yang baru (16). Orang yang memberikan dirinya digerakkan oleh kasih Kristus ini terlibat dalam pelayanan pendamaian. Inilah tugas yang Allah percayakan kepada Paulus (18-19) sebagai utusan-Nya (20-21). Dengan rela hati, ia pun menerimanya karena tahu bahwa orang yang telah diselamatkan hidupnya oleh Yesus, harus hidup untuk Dia dan melayani Dia (15).

Kasih Kristus juga memberi Paulus cara penilaian yang baru terhadap sesamanya (16-17). Berbagai embel-embel dan gelar yang sering orang banggakan, bukan lagi yang utama. Sesama orang beriman harus dilihat sebagai milik Kristus, yaitu orang yang sudah mengecap kasih-Nya. Terhadap sesama yang belum beriman kepada Kristus, ingatlah bahwa Kristus berkorban bagi mereka juga. Mereka perlu tahu bahwa hidup mereka berharga sebab Kristus juga berkorban bagi mereka. Kiranya kasih Kristus yang Paulus hayati ini juga menjadi tenaga pendorong kita dalam pelayanan.






Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2022








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Khotbah GMIM Minggu, 11 September 2022 - Wariskanlah Perintah Tuhan Kepada Anak Cucu, Cicit - Ulangan 4:1-20


Sebelum:

Khotbah GMIM Minggu, 28 Agustus 2022 - Nasihat dan Doa Untuk Melakukan Kehendak Tuhan - Ibrani 13:17-25




All Garis Besar:
All Khotbah MTPJ GMIM 2022:
MTPJ GMIM Minggu, 9 Oktober 2022 - MENGHALAU GODAAN DENGAN FIRMAN TUHAN - Matius 4:1-11 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu 2 Oktober 2022 - Firman Tuhan dan Janji Pemulihan - Yeremia 30:1-24 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 25 September 2022 - Mensyukuri Berkat Tuhan Dengan Memberi Persembahan - Ulangan 26:1-11 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2022 - HENDAKLAH KAMU KAYA DALAM PELAYANAN KASIH - 2 Korintus 8:1-15 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ GMIM 18-24 September 2022 - 2 Korintus 8:1-15 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 11 September 2022 - Wariskanlah Perintah Tuhan Kepada Anak Cucu, Cicit - Ulangan 4:1-20 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 4 September 2022 - BERILAH DIRIMU DIDAMAIKAN DENGAN ALLAH - 2 Korintus 5:11-21 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 28 Agustus 2022 - Nasihat dan Doa Untuk Melakukan Kehendak Tuhan - Ibrani 13:17-25 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 21 Agustus 2022 - JANGAN MENGHAKIMI - ROMA 14:1-12 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 21 - 27 Agustus 2022 - Roma 14:1-12 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 14 Agustus 2022 - GEREJA SEBAGAI PEMBERITA KEBEBASAN - Yesaya 61:1-11 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 14-20 Agustus 2022 LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 7 Agustus 2022 - Berjalan Menurut Titah Tuhan - Bilangan 9:15-23 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 5 Agustus 2022 - HARI KESEHATAN GMIM LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 31 Juli 2022 - Persembahkanlah Korban Syukur dengan Ucapan Bibir Yang MemuliakanNy - Ibrani 13:1-16 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 30 Juli - 6 Agustus 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 24 Juli 2022 - Mengucap Syukurlah untuk Kemuliaan Tuhan - 1 KORINTUS 10:14-33 LIRIK

MTPJ GMIM 24 - 30 Juli 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 17 Juli 2022 - Mengucap Syukur Menurut Cara yang Berkenan - Ibrani 12:18-29 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 17 - 23 Juli 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 10 Juli 2022 - Kecaplah Dan Lihatlah, Tuhan Itu Baik - Mazmur 34:1-23 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ GMIM 10 - 16 Juli 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 3 Juli 2022 - BERPEGANGLAH PADA AJARAN SEHAT - 1 Timotius 1:3-11 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 3 - 9 Juli 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 26 Juni 2022 - Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pemberian Tuhan - Keluaran 31:1-11 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ GMIM 26 Juni - 2 Juli 2022 LIRIK

Khotbah GMIM, Minggu, 19 Juni 2022 - Orang yang percaya musti se tinggal tu cara hidop dulu kong beking tu butul - Efesus 4:17-24 Penjelasan Ayat LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 12 Juni 2022 - Api Injil Memurnikan dan Memampukan Menilai Zaman – Lukas 12:49-59 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 05 Juni 2022 - BERITAKANLAH INJIL DENGAN SEGALA RESIKO – MATIUS 10:16-33 LIRIK

MTPJ GMIM 5 Juni - 11 Juni 2022 - Matius 10:16-33 (Hari Pentakosta I) LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 29 Mei 2022 - ANAK ADALAH MAHKOTA – Amsal 17:1-17 LIRIK

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 22 Mei 2022 - Berjalan Bersama Dalam Terang Firman - Lukas 24:13-35 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ GMIM 22 - 28 Mei 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 15 Mei 2022 - HIKMAT MENUNTUN ORANG KE JALAN YANG BENAR - Amsal 2:1-22 LIRIK

MTPJ GMIM 15 - 21 Mei 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 8 Mei 2022 - Mengabarkan Injil Adalah Upahku - 1 Korintus 9:1-18 LIRIK

MTPJ 8 Mei - 14 Mei 2022 - 1 Korintus 9:1-18 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 1 Mei 2022 - PELAYANAN YANG FOKUS KEPADA TUHAN - 1 Raja-Raja 19:9-18 LIRIK

MTPJ 1-7 Mei 2022 - Solidaritas Yang Paripurna - Pelayanan Yang Berfokus Kepada Tuhan LIRIK

Khotbah GMIM Minggu 24 April 2022 - Berita Injil Adalah Kepastian Yang Kokoh - 1 Tesalonika 1:1-10 LIRIK

MTPJ GMIM 24-30 April 2022 - 1 Tesalonika 1:1-10 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 16 April 2022 - JADILAH PEWARTA KEBANGKITAN - Markus 16:1-8 LIRIK

MTPJ 17-23 April 2022 (Paskah I/ Hari Anak GMIM) - Jadilah Pewarta Kebangkitan - Markus 16:1-8 LIRIK

MTPJ Jumat, 15 April 2022 (Khotbah Jumaat Agung) - Solidaritas Yang Paripurna - Yohanes 19:28-30 LIRIK

MTPJ 15 April 2022 (Khotbah Perjamuan Kudus) - Jadilah Saksi yang Benar - Yohanes 19:31-37 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 10 April 2022 - TERSALIB WALAUPUN TIDAK BERSALAH - Lukas 23:33-43 LIRIK

MTPJ 10-16 April 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 3 April 2022 - KEBENARAN MEREDUP DEMI KEPENTINGAN - Markus 15:1-15 Penjelasan Ayat LIRIK

MTPJ 3 - 9 April 2022 (Minggu Sengsara V) LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 27 Maret 2022 - (Minggu Sengsara IV) - Hindarilah Dendam - Markus 6:14-29 LIRIK

MTPJ 27 Maret - 2 April 2022 (Minggu Sengsara IV) LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 20 Maret 2022 - Membangun Kebersamaan Pelayanan Berdasarkan Kasih Kristus - Filemon 1:4-22 LIRIK

MTPJ GMIM 20 - 26 Maret 2022 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 13 Maret 2022 - Meratap Tanda Pertobatan - Zakharia 12:1-14 LIRIK

MTPJ 13-19 Maret 2022 + (Minggu Sengsara II) LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 6 Maret 2022 - MEMBANGUN SPIRITUAL MELALUI PUASA DIAKONAL - Yesaya 58:1-12 LIRIK

MTPJ GMIM 6-12 Maret 2022 (Minggu Sengsara I) LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 27 Februari 2022 - SOLIDARITAS DALAM PELAYANAN - 1 Korintus 1:10-17 LIRIK

MTPJ GMIM 27 Februari - 5 Maret 2022 LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 20 Februari 2022 - Keteladanan dan Kompetensi Pelayan Khusus – Titus 1:1-16 LIRIK

MTPJ GMIM 20 - 26 Februari 2022 LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 13 Februari 2022 - Integritas dan komitmen pelayan Tuhan – 2 Korintus 11:7-33 - oleh Pdt. Yolanda Komimbing S.Th LIRIK

MTPJ GMIM 13-19 Februari 2022 LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 06 Februari 2022 - Jabatan Pelayanan adalah Persembahan Ujukan Bagi Tuhan – Bilangan 8:5-22 LIRIK

MTPJ 6-12 FEBRUARI 2022 - Jabatan Pelayanan adalah Persembahan Ujukan Bagi Tuhan - Bilangan 8:5-22 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 30 Januari 2022 - Keteraturan Menghadirkan Damai Sejahtera - 1 Korintus 14:26-40 (oleh Ibu PDT TIRSA TAIRAS, MTH) LIRIK

MTPJ 30 Januari - 5 Februari 2022 - Keteraturan Menghadirkan Damai Sejahtera - 1 Korintus 14:26-40 LIRIK

MTPJ 23 - 29 Januari 2022 - Komitmen Dan Konsistensi Melayani - Lukas 14:25-35 LIRIK

Khotbah GMIM Minggu, 16 Januari 2022 - Kekuatan Doa - Kisah Para Rasul 4:23-31 LIRIK

MTPJ 16 - 22 Januari 2022 - Kekuatan Doa - Kisah Para Rasul 4:23-31 LIRIK

KHOTBAH GMIM - Minggu, 09 Januari 2022 - Hormatilah Pelayan Tuhan - 1 Timotius 5:17-25 LIRIK

MTPJ 09 - 15 Januari 2022 - Hormatilah Pelayan Tuhan - 1 Timotius 5:17-25 LIRIK

Khotbah GMIM - Minggu, 2 Januari 2022 - Menjadi Kuat Karena Hidup dalam Tuhan - 2 Tawarikh 27:1-9 LIRIK

MTPJ GMIM 2 JANUARI - 8 JANUARI 2021 - Menjadi Kuat Karena Hidup dalam Tuhan - 2 Tawarikh 27:1-9 LIRIK

MTPJ 1 JANUARI 2022 – Peace Starts With Me (Perdamaian Mulai Dari Diri Sendiri) - Kejadian 32:1-21 - (KHOTBAH PERMULAAN TAHUN) LIRIK



MENU UTAMA:
Berita GMIM 2022(2)
Contoh Doa GMIM(7)
Contoh Tata Ibadah GMIM(28)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(95)
Khotbah MTPJ GMIM 2022(76)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
Lagu Rohani GMIM(1)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(124)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(7)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2022..

Register   Login  

https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1036,   renungan gmim untuk ibadah remaja,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1375#.Ylqy7_f7MWM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?tag=Khotbah%20MTPJ%20GMIM%202022,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1852,   khotbah gmim Filemon 1 : 4-22,   buku lagu pemuda gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1851,   teks mars pria kaum apa gmim,   tata ibadah pemuda gmim,   Tata ibadah menyambut NATAL gmim 2021,   tata ibadah menyambut natal remaja gmim,   MTPJ GMIM minggu adven 2,   khotbah gmim markus 4 : 35-41,   Renungan pemuda Remaja GMIM 2021,   mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,