gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 217 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Karya Keselamatan Allah di Bumi Milik Tuhan"
TEMA MINGGUAN : "Pilih yang Benar dengan Iman"

Bacaan Alkitab : Yohanes 18:38b-19:16a
Yesus dihukum mati
(#18-#38b) Sesudah mengatakan demikian, keluarlah Pilatus lagi mendapatkan orang-orang Yahudi dan berkata kepada mereka: "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya. 18:39 Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?" 18:40 Mereka berteriak pula: "Jangan Dia, melainkan Barabas!" Barabas adalah seorang penyamun. 19:1 Lalu Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah Dia. 19:2 Prajurit-prajurit menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya. Mereka memakaikan Dia jubah ungu, 19:3 dan sambil maju ke depan mereka berkata: "Salam, hai raja orang Yahudi!" Lalu mereka menampar muka-Nya. 19:4 Pilatus keluar lagi dan berkata kepada mereka: "Lihatlah, aku membawa Dia ke luar kepada kamu, supaya kamu tahu, bahwa aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya." 19:5 Lalu Yesus keluar, bermahkota duri dan berjubah ungu. Maka kata Pilatus kepada mereka: "Lihatlah manusia itu!" 19:6 Ketika imam-imam kepala dan penjaga-penjaga itu melihat Dia, berteriaklah mereka: "Salibkan Dia, salibkan Dia!" Kata Pilatus kepada mereka: "Ambil Dia dan salibkan Dia; sebab aku tidak mendapati kesalahan apapun pada-Nya." 19:7 Jawab orang-orang Yahudi itu kepadanya: "Kami mempunyai hukum dan menurut hukum itu Ia harus mati, sebab Ia menganggap diri-Nya sebagai Anak Allah." 19:8 Ketika Pilatus mendengar perkataan itu bertambah takutlah ia, 19:9 lalu ia masuk pula ke dalam gedung pengadilan dan berkata kepada Yesus: "Dari manakah asal-Mu?" Tetapi Yesus tidak memberi jawab kepadanya. 19:10 Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Tidakkah Engkau mau bicara dengan aku? Tidakkah Engkau tahu, bahwa aku berkuasa untuk membebaskan Engkau, dan berkuasa juga untuk menyalibkan Engkau?" 19:11 Yesus menjawab: "Engkau tidak mempunyai kuasa apapun terhadap Aku, jikalau kuasa itu tidak diberikan kepadamu dari atas. Sebab itu: dia, yang menyerahkan Aku kepadamu, lebih besar dosanya." 19:12 Sejak itu Pilatus berusaha untuk membebaskan Dia, tetapi orang-orang Yahudi berteriak: "Jikalau engkau membebaskan Dia, engkau bukanlah sahabat Kaisar. Setiap orang yang menganggap dirinya sebagai raja, ia melawan Kaisar." 19:13 Ketika Pilatus mendengar perkataan itu, ia menyuruh membawa Yesus ke luar, dan ia duduk di kursi pengadilan, di tempat yang bernama Litostrotos, dalam bahasa Ibrani Gabata. 19:14 Hari itu ialah hari persiapan Paskah, kira-kira jam dua belas. Kata Pilatus kepada orang-orang Yahudi itu: "Inilah rajamu!" 19:15 Maka berteriaklah mereka: "Enyahkan Dia! Enyahkan Dia! Salibkan Dia!" Kata Pilatus kepada mereka: "Haruskah aku menyalibkan rajamu?" Jawab imam-imam kepala: "Kami tidak mempunyai raja selain dari pada Kaisar!"
Yesus disalibkan
19:16 Akhirnya Pilatus menyerahkan Yesus kepada mereka untuk disalibkan.  



ALASAN PEMILIHAN TEMA

Harga diri sering dipertaruhkan manusia demi mengangkat derajat diri sendiri, sekalipun harta benda, kedudukan, jabatan, pendidikan dan kehidupan keluarga dikorbankan bahkan diper-taruhkan. Nilai dari sebuah "harga diri" seseorang tidak lagi diukur dari norma-norma etis baik dalam struktur sosial maupun dalam tingkat kesadaran jiwa yang mau "merendahkan diri". Sebab harga diri lebih mementingkan pada sifat dan sikap "ego" atau sebuah emosi manusia yang selalu menganggap diri benar dan harus dihargai, didengar bahkan harus mengikuti kehen-daknya.

Dewasa ini nilai dari sebuah harga diri semakin mempri-hatinkan dan tendens dipolitisasi demi sebuah kepuasan kelom-pok, golongan, apalagi diperhadapkan pada sebuah "pilihan".

Harga diri juga memiliki kekuatan positif bila pikiran dan hati serta tindakan kita pada sesuatu yang objektif, ketika me-nempatkan pilihan pada kedudukan yang benar, maka pasti akan menghasilkan hal yang positif dalam hidup. Pilihan subjektifitas dari sebuah nilai lebih mendominasi bahkan menjinakkan manusia pada pilihan-pilihan tertentu. Apalagi ketika kita sedang berada pada pilihan politik maka subjektifitas kita mengalami nilai tinggi, dan jangan heran harga diri "terbeli" oleh sebuah permainan yang secara sistimatis dan pragmatis mempengaruhi ruang hidup kita termasuk "kebenaran" dalam keyakinan iman kita tercoreng oleh sebuah "money-politik" atau "sembako sesaat" yang dapat menyesatkan harga diri kita sehingga kebenaran dalam iman terabaikan. Akhirnya pilihan dalam nilai hidup mengalami dilematis apalagi menyentuh pada kebutuhan-kebutuhan spiritual dimana kebenaran "terdomestikasi" (terjinakkan) oleh kekuatan sekuler yang memasung kebenaran iman. Pilihan yang subjektif di sisi lain menghadirkan sikap apatis bahkan masa bodoh dengan tanggung jawab iman terhadap pilihan yang harus kita ambil.

Pilihan terhadap Barabas yang dikenal sebagai "penyamun" jauh lebih populer dengan kebenaran dalam Yesus yang sedang diperhadapkan pada sebuah "pilihan" rakyat dan penguasa (Pilatus) dimana akhirnya Kebenaran terjual oleh sebuah harga diri. Hal ini yang  disaksikan dalam kitab Yohanes 18:38b-19:16a. Sehingga alasan pemilihan tema pembahasan kita adalah: "Pilih yang Benar dengan Iman" agar gereja dapat berpartisipasi dalam berbagai pilihan untuk menghadirkan Kerajaan Allah di bumi.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Injil Yohanes, adalah injil yang lebih menekankan tentang keilahian Yesus Kristus sebagai Anak Allah. Bahkan secara manusiawi disaksikan dalam kitab ini yang menurut tradisi Kitab Yohanes ditulis sekitar tahun 90-95 Masehi oleh Yohanes anak Zebedeus, salah satu murid Yesus.

Dalam teks perikop pasal 18:38b-19:16a, Yohanes memper-lihatkan sebuah fakta perdebatan dari pilihan antara membe-baskan Yesus atau disalibkan. Dan keputusan ada di tangan Pontius Pilatus. Ayat 38 Pilatus mulai dengan pertanyaan tentang "kebenaran" itu, karena Pilatus tidak menemui kesalahan dalam diri Yesus, tapi jawaban Yesus  tentang kebenaran adalah bukan diukur secara hukum formal dan hukum agama (Taurat dan adat istiadat Yahudi). Tetapi kebenaran berbicara tentang kerajaan Allah (lih ayat 11) yaitu kuasa Allah. Kebenaran (Yun aletheia) tidak tersembunyi "tidak terbatas" dia bersifat kekal. Ibrani "Emeth" keteguhan yang memiliki substansi "kekal" atau lestari.

Memang Pilatus yang diberi kekuasaan untuk mengadili Yesus karena sebagai Gubernur pada waktu itu, yang semula Herodes dan Pilatus tidak bersahabat band. Lukas 23:8-12, namun dengan peristiwa mengadili Yesus mereka berdua akur kembali.

Teriakan demonstrasi masa salibkan Dia, salibkan Dia, bahkan meminta membebaskan Barabas seorang penjahat sepertinya jauh lebih berharga daripada tuntutan orang-orang Yahudi pada Yesus yang tidak terbukti melanggar hukum formal. Berulang kali Pilatus dalam pemeriksaan tidak menemukan kesalahan hukum pada diri Yesus (ayat 38b; 19:4). Sesuai tradisi peristiwa pengadilan Yesus terjadi pada tanggal 14 Nisan (Tahun Gregorian antara Maret-April) yaitu hari Raya Roti tidak beragi dalam Paskah Yahudi, maka kebiasaan pemerintahan Romawi melalui Gubernur Yudea selalu membebaskan orang tahanan. Dan Barabas yang diminta orang banyak untuk dibebaskan (18:40).

Kekuatan masa di bawah pimpinan para imam-imam kepala memainkan peranan penting menunjukan politik identitas di hadapan Pilatus. Dalil-dalil agama di dalam melegitimasi gagasan kehendak kelompok menggunakan issu agama dan instrumennya untuk mengalahkan hukum positif Romawi, hal itu terbukti ketika Barabas yang melanggar hukum formal dibebaskan oleh ke-kuatan hukum agama yang menuduh Yesus melakukan "penistaan agama" (ayat 7) karena terbukti menyebut diri sebagai "Anak Allah". Sekalipun ada upaya Pilatus untuk membebaskan Yesus dari sudut pandang Hukum positif Romawi (ayat 12) tetapi Pilatus ingin memainkan politik "dua kaki" Yaitu : Pertama, membakar emosi massa dengan "menyesah" dan "menampar" Yesus saat dimahkotai duri dengan baju Ungu bagaikan Raja orang Yahudi (ayat 2,3) agar Kaisar mendapat dukungan (lihat ayat 15) dan kedua, Pilatus dengan kekuasaanya akan didukung oleh orang banyak.

Itu sebabnya dalam dialog Pilatus dan Yesus tidak menyentuh substansi dari persoalan yang dituduhkannya. Justru tentang asal usul yang tidak ada kaitannya, apalagi Pilatus ingin menunjukan kewibawaan dihadapan Yesus dengan istilah "kuasa" atau jabatan, kedudukan yang menurut Pilatus dapat menyelesaikan persoalan (ayat 10) tetapi jawaban Yesus pada Pilatus tentang "kuasa" justru sangat berbeda. Yesus ingin menunjukan bahwa kuasa Pilatus tidak diperhitungkan dalam penggenapan Mesias, "tetapi siapa yang menyerahkan Aku kepadamu lebih besar dosanya" (ayat 11) mereka adalah imam besar, imam-imam kepala dan orang-orang Yahudi, disanalah penggenapan mesianis itu, bahwa Kerajaan Allah akan dimulai dengan penolakan oleh bangsa Yahudi itu sendiri. Jawaban terakhir dari pertanyaan Pilatus yang menghina itu (ayat 15) "haruskah aku menyalibkan rajamu?", dijawab oleh orang-orang Yahudi raja mereka adalah Kaisar : yang menurut tradisi Yahudi pengakuan terhadap orang asing adalah hal yang najis atau bentuk murtad. Yohanes ingin memperlihatkan kematian Yesus memiliki hubungan penting dengan perayaan Paskah Yahudi, artinya Yesus dihukum oleh hukum Taurat, tetapi dengan hukum Taurat Yesus menggenapi-Nya dengan Paskah yang sesungguh-Nya.

Maka di atas kursi "Gabata" (Litostrotos, atau kursi batu) Yesus diserahkan kepada orang untuk disalibkan (ayat 16).
Makna dan Implikasi Firman

    Kebenaran diri dan kebenaran iman adalah dua aspek yang sangat berbeda dalam diri seseorang apalagi bila hal itu diperhadapkan pada suatu pilihan, dimana kebenaran diri lebih pada sikap ego manusia yang ingin menonjolkan kekuatan bahkan kekuasaan seseorang. Sementara kebe-naran iman menunjukan sikap seseorang yang lebih mem-prioritaskan keyakinannya kepada Tuhan yang mengatur segala sesuatu menjadi baik.
    Harga diri atau sikap membenarkan diri cenderung dalam sebuah pilihan selalu memaksakan kehendaknya dari pada kebenaran Tuhan. Akibatnya subjektifitas dalam menghadir-kan kebenaran tercemar dalam ruang-ruang sosial ekonomi bahkan politik. Pada tahap ini manusia tidak lagi memper-hitungkan apakah pemimpin seorang penjahat (seperti yang ditampilkan dalam pembebasan antara Yesus dan Barabas) atau memiliki masa kelam dalam masyarakat, bahkan yang tidak memiliki skill kepemimpinan tapi karena ada kepentingan yang lebih menonjolkan sebuah pilihan pada kebenaran diri, maka sering kita temui dalam sistim politik dimana menentukan pemimpin pada akhirnya pilihan yang kita tentukan mengalami distorsi (kerusakan).
    Dilain pihak ketika kita diperhadapkan pada struktur masyarakat yang membutuhkan pilihan kita terjebak dengan sikap apatis dengan pilihan, sikap cuci tangan dan meng-abaikan potensi talenta dan karunia yang diberikan Tuhan akhirnya sering gagal kita manfaatkan. Kecenderungan sikap diam dalam mengambil pilihan dalam berbagai aspek hidup adalah bentuk kejahatan terselubung yang ditentang oleh iman Kristiani. Gereja dipanggil Tuhan untuk menjadi garam dan terang (band Matius 5:13-16). Bahkan mengambil bagian dalam penentuan pilihan yang didasari oleh kebenaran iman. Inilah tanggung jawab gereja dalam menyelamatkan karya Allah dalam bumi ciptaan-
    Memperjuangkan kebenaran itu berarti setiap pilihan kita didasari oleh iman. Dengan demikian siapapun yang telah kita pilih, kita telah melewati persiapan dalam pergumulan iman, bahwa "kita jangan membuang kebenaran demi harga diri kita" bahwa kebenaran di dalam Yesus adalah hidup dan bukan terletak pada kekuatan atau kuasa sekuler, kelompok dan golongan atau sesuku, sekampung, keluarga bahkan se-partai. Ayat 11 Yesus memberi perbedaan kuasa Pilatus dan kuasa dari Tuhan. Itu sebabnya gereja memiliki kuasa Yesus yang dapat berpartisipasi dalam pilihan tetapi juga menentukan arah tatanan hidup kita melalui aspek ekonomi sosial bahkan politik. Kekuatan politik tidak terletak pada kekuasaan pimpinan struktur partai, tetapi kekuatan sebuah partai terletak pada kekuasaan menghadirkan orang orang benar, baik dan bertanggung jawab mengelola bumi ciptaan-Nya menjadi lebih baik.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

    Jelaskan kekuasaan Pontius Pilatus dalam memutuskan pilihan, apakah dia benar menurut perikop bacaan ini?
    Apa yang melatarbelakangi pilihan kita, jika akhirnya mengecewakan?
    Hal-hal apakah yang dapat membuat pilihan kita benar?

NAS PEMBIMBING: Efesus 4:14-15

POKOK-POKOK DOA:

    Untuk bumi ciptaan-Nya agar dapat dikelola oleh orang-orang yang bertanggung jawab
    Mereka yang memiliki hak dalam pemilihan dapat memilih dengan benar berdasarkan iman
    Gereja Tuhan dapat berperan dalam aspek ekonomi sosial dan politik

 TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

MINGGU SENGSARA VI

NYANYIAN YANG DIUSULKAN

Persiapan: KJ No.353 Sungguh Lembut Tuhan Yesus Memanggil

Ses. Nas Pembimbing: NKB No. 34 Setia-Mu Tuhanku Tiada Bertara

Ses Pengakuan Dosa: NKB No. 17 Agunglah Kasih Allahku

Ses Pemberitaan Anugerah Allah: NNBT No. 7 Mari Puji Tuhan Yesus

Ajakan Untuk Mengikut Yesus di Jalan Sengsara: DSL 99 Pikul Salib

Ses Pembacaan Alkitab: NKB. No.116 Siapa Yang Berpegang

Persembahan: KJ No. 169 Memandang Salib Rajaku

Penutup: NNBT. No. 28 Ya Tuhan Tolong Aku

ATRIBUT

Warna dasar ungu dengan simbol XP (Khi-Rho), cawan pengucapan, salib dan mahkota duri.





Daftar Label dari Kategori MTPJ 2019
1 Tawarikh 17:16-27(1)
1 Tawarikh 6:31(1)
Bilangan 27:1-11(1)
Bilangan 27:1-2(1)
Efesus 2:11-22(1)
Lukas 15:11-32(1)
Maleakhi 3:1-12(1)
Markus 1:1-8(1)
Mazmur 128:1-6(1)
Mazmur 146:1-10(1)
Mazmur 37:34-40(1)
Mazmur 96:1-13(1)
Roma 13:1-7(1)
Ulangan 15:12-18(1)
Wahyu 21:9-27(1)
Yeremia 29:1-14(1)
Yeremia 29:1-3(1)
Yohanes 3:16-18(1)
Zakharia 8:1-19(2)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 22 April 2019 Hari Raya Paskah II & Hari Persekutuan Pemuda GMIM


Sebelum:

MTPJ, 24-30 Maret 2019 Minggu Sengsara III



All MTPJ 2019:
MTPJ Minggu, 29 Desember 2019 s/d Sabtu, 4 Januari 2020 - /Nyanyikanlah dan Ceritakanlah: Allah adalah Raja atas Kosmos - Mazmur 96:1-13



MTPJ Selasa, 24 Desember 2019 (Malam Natal - Anak Allah Datang Memberi Hidup Kekal - Yohanes 3:16-18 Penjelasan Ayat



MTPJ Minggu 22- Sabtu 28 Desember 2019 Minggu Adven 4 - Kedatangan Mesias Untuk Melayani - Markus 1:1-8



MTPJ 8-14 Desember 2019 (Minggu Adven 2) - Kembalilah Kepada-Ku, Aku Akan Kembali Kepada-Mu - Maleakhi 3:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 1-7 Desember 2019 - Allah Datang untuk Merangkul dan Memulihkan - Mikha 4:6-14 - Minggu Adven 1



MTPJ 17-23 November 2019 - Tuhan itu Baik pada Umat-Nya, tetapi Menghukum Lawan-Nya - Nahum 1:1-8



MTPJ 10-16 November 2019 - Mengamalkan Iman dengan Tidak Memandang Muka - Yakobus 2:1-13



MTPJ 03-09 November 2019 - Diusir dari Taman Kebahagiaan - Kejadian 3:1-24



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 22 - 28 September - Jadilah Teladan - 1 Timotius 4:1-16



MTPJ 15 - 21 September 2019 - Bangkitlah, Jadilah Terang - Yesaya 60:1-22



MTPJ 8 - 14 September 2019 - Rumah Sorgawi Bagi yang Setia - Wahyu 21:9-27



RHK Minggu, 1 September 2019 - Pemimpin yang Berintegritas - Ezra 8:15



MTPJ 25 - 31 Agustus 2019 - Penatalayanan yang Profesional - 1 Tawarikh 6:31-53



RHK Minggu, 25 Agustus 2019 - Pujian Jemaat untuk Tuhan - 1 Tawarikh 6:31



MTPJ 18 - 24 Agustus 2019 - Pemerintah adalah Hamba Allah - Roma 13:1-7



MTPJ 11 - 17 Agustus 2019 - Perjuangan Kaum Perempuan Mendobrak Tradisi Ketidakadilan - Bilangan 27:1-11



RHK Minggu, 11 Agustus 2019 - Menyelesaikan Persoalan dengan Prosedur yang Tepat - Bilangan 27:1-2



MTPJ 5 Agustus 2019 Hari Kesehatan GMIM - Kemerdekan yang Saling Membebaskan - Ulangan 15:12-18



MTPJ 4 - 10 Agustus 2019 - Mengusahakan Kesejahteraan Kota - Yeremia 29:1-14



RHK Minggu, 4 Agustus 2019 - Menjadi Pembawa Kabar Sukacita - Yeremia 29:1-3



MTPJ 28 Juli s/d 3 Agustus 2019 - Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan - Mazmur 37:34-40



MTPJ 21 - 27 Juli 2019 - Beribadah dan Menghormati Tuhan Mendatangkan Berkat - Imamat 26:1-13



MTPJ 23-29 Juni 2019



MTPJ 16 - 22 Juni 2019



MTPJ 10 Juni 2019 (Hari Raya Pentakosta 2) dan HAPSA P/KB GMIM



MTPJ 2 - 8 Juni 2019 - Keluarga yang Diberkati - Mazmur 128:1-6



MTPJ 19-25 Mei 2019 - Gereja yang Membangun Bangsa - Efesus 2:11-22



MTPJ 12 - 18 Mei 2019 - Berdoa untuk Keluarga - 1 Tawarikh 17:16-27



MTPJ 5 - 11 Mei 2019 - Pemulihan yang Holistik - Yehezkiel 47:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 22 April 2019 Hari Raya Paskah II & Hari Persekutuan Pemuda GMIM



MTPJ 14 - 20 April 2019 (Minggu Sengsara VI) - Yohanes 18:38b-19:16a



MTPJ, 24-30 Maret 2019 Minggu Sengsara III



MTPJ, 17 - 23 Maret 2019 Minggu Sengsara II



MTPJ, 10 - 16 Maret 2019 (Minggu Sengsara I)



MTPJ 24 Feb - 2 Maret 2019 - Lebih dari Pemenang - Roma 8:28-39



MTPJ, 17 - 23 Februari 2019 - Andalkan Allah dan Bukan Manusia - Mazmur 146:1-10



MTPJ 10 - 16 Februari 2019



MTPJ Minggu, 3 Februari 2019 - Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir - Wahyu 22:6-17



MTPJ Minggu, 27 Januari 2019 - Kota yang Diberkati - Yeremia 33:1-9



MTPJ Minggu, 13 Januari 2019 - Pemeliharaan Tuhan bagi Kehidupan Manusia dan Alam - Yehezkiel 34:24-31






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah Minggu GMIM 2020(1)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip MTPJ 2019..

Register   Login  

tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   tata ibadah natal GMIM,   tata ibadah pra natal GMIM,   mtpj yesaya 35:1-10,   mtpj yesaya 35:1-10,   tata ibadah remaja gmim,   tata cara ibadah pkb gmim,   tata ibadah remaja gmim,   liturgi natal GMIM terbaru,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Susunan Tata Ibadah GMIM minggu hari ini 24 November 2019,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   liturgi natal gmim,   tata ibadah GMIM,   pembacaan alkitab gmim minggu ini,   pembacaan alkitab gmim,   liturgi ibadah pemuda natal gmim,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Liturgi Ibadah Natal anak sekolah minggu GMIM,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars wki gmim,   tata ibadah Natal Gereja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   tata ibadah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim,   pembacaan gmim minggu ini,   liturgi ibadah minggu gmim,   khotbah gmim minggu ini,   obor pemuda gmim edisi Oktober 2019,   tata gereja gmim 2017 bab 17,   tata gereja gmim 2017 bab 2,   mtpj 3 november 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2019,   mtpj gmim bulan november2019,   bacaan mingguan gmim november 2019,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata gereja gmim 2016,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   khotbah minggu ini gmim,