gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 658 kali
Download MP3 Music
Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016
TEMA :"Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai"
Bacaan Alkitab :
Zakharia 9:9-10;
Raja Mesias di Sion
9:9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. 9:10 Ia akan melenyapkan kereta-kereta dari Efraim dan kuda-kuda dari Yerusalem; busur perang akan dilenyapkan, dan ia akan memberitakan damai kepada bangsa-bangsa. Wilayah kekuasaannya akan terbentang dari laut sampai ke laut dan dari sungai Efrat sampai ke ujung-ujung bumi.

Penjelasan:

* Za 9:9 - Rajamu datang kepadamu // Ia adil // Dan jaya // Lemah lembut
Rajamu datang kepadamu. Bukan seorang penakluk yang kejam, melainkan Raja Israel yang rendah hati sekarang memenuhi penglihatan dan jarak pandang sang nabi (bdg. Mat. 21:5). Ia adil. Keadilan adalah prasyarat pertama Mesias untuk jabatan-Nya sebagai Raja. Ini adalah dasar bagi semua damai sejahtera di dunia (bdg. Yes. 45:21; Yer. 23:5, 6; Mal. 4:2). Dan jaya (AV., Having salvation). Raja adil ini membawa penebusan yang adil bagi orang-orang milik-Nya. Apa gunanya kedamaian politik bagi hati yang tidak selaras dengan Allah yang hidup? Lemah lembut. Berbeda dengan Aleksander yang sombong, Mesias Israel datang dengan kerendahan hati yang sangat, yang sebagian diwujudkan dalam cara-Nya melakukan perjalanan. Lagi pula, keledai adalah binatang lambang damai (bdg. Kej. 49:11). Ayat 9 digenapi sesuai dengan yang tersurat, yaitu melalui kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang pertama kali.

* Za 9:10 - Ia akan melenyapkan kereta-kereta // Ia akan memberitakan damai // Sampai ke ujung-ujung bumi
Ia akan melenyapkan kereta-kereta. Zakharia dengan diam-diam melangkaui semua abad di antara kedatangan pertama dengan kedatangan kedua dari Sang Mesias kepada umatNya dan dunia. Ketika Dia kembali, Dia akan menghancurkan setiap alat perselisihan duniawi. Ia akan memberitakan damai. Hal yang tidak pernah bisa diselesaikan oleh berbagai konferensi dan perjanjian perlucutan senjata, akan Dia selesaikan dengan firman yang penuh kuasa kepada bangsa-bangsa. Sampai ke ujung-ujung bumi. Kerajaan damai sejahtera-Nya akan meliputi seluruh dunia (bdg. Mzm. 72:8). Alkitab tidak mengenal damai sejahtera yang dibatasi atau ditahan. Ayat ini tidak menggunakan kata sandang tertentu dalam mengungkapkan luasnya wilayah kekuasaan Sang Raja.


Lukas 2:8-11
Gembala-gembala
2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. 2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: 2:11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Penjelasan:
* Semua hina dina yang dialami Kristus diikuti oleh beberapa pengungkapan mengenai kemuliaan-Nya, untuk mengimbangi kehinaan itu dan mengenyahkan sakit aib itu. Karena meskipun Ia merendahkan diri-Nya sendiri, Allah juga mempermuliakan Dia dan memberikan jaminan akan pemuliaan-Nya di masa yang akan datang. Ketika kita melihat Dia dibungkus dengan kain lampin dan dibaringkan di dalam palungan, kita mungkin bisa tergoda untuk berkata, "Pasti ini bukan Anak Allah." Tetapi melihat bagaimana kelahiran-Nya diiringi, seperti yang terjadi di sini, dengan paduan suara malaikat, maka kita pasti akan berkata, "Tidak bisa lain, pasti ini Anak Allah, yang mengenai-Nya telah dikatakan bahwa ketika Ia dibawa ke dunia, biarlah semua malaikat Allah menyembah Dia" (Ibr. 1:6).
    Di dalam Injil Matius kita membaca bagaimana kedatangan Sang Duta ini, Sang Pangeran dari sorga, diberitahukan kepada orang-orang bijak, yang bukan orang Yahudi, melalui sebuah bintang. Di dalam Injil Lukas ini Allah mengutus malaikat-Nya untuk memberitahukan hal itu kepada para gembala yang adalah orang-orang Yahudi. Dengan begitu, Allah memilih untuk berbicara kepada setiap orang dalam bahasa yang paling dipahaminya.

    I. Di sini kita menyaksikan bagaimana keadaan para gembala ketika menerima pemberitahuan ini. Ketika itu mereka sedang tinggal di padang, di pinggiran Betlehem, sedang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam (ay. 8). Malaikat itu tidak diutus kepada imam kepala atau tua-tua (mereka belum siap menerima kabar ini), tetapi kepada sekelompok gembala miskin, yang seperti Yakub, seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah, bukan seperti Esau, seorang yang pandai berburu. Nenek moyang mereka adalah gembala. Musa dan Daud secara khusus dipanggil untuk memerintah umat Allah ketika sedang menjaga domba. Dengan contoh ini Allah ingin menunjukkan bahwa Ia masih menyukai pekerjaan yang tulus ini. Berita mengenai pembebasan Israel keluar dari negeri Mesir disampaikan kepada Musa ketika ia sedang menjaga domba, dan kepada para gembala yang besar kemungkinan adalah orang-orang saleh, disampaikan berita keselamatan yang lebih besar.

    Perhatikanlah:
        . Mereka tidak sedang tidur di atas tempat tidur ketika berita ini disampaikan kepada mereka (meskipun banyak juga yang menerima berita sorga ini ketika sedang berbaring di atas tempat tidur), tetapi sedang tinggal di padang, dan sedang berjaga-jaga. Mereka yang ingin mendengar Allah harus terjaga dan bangun. Mereka benar-benar terjaga, dan karena itu pandangan dan pendengaran mereka tidak dapat ditipu seperti halnya orang-orang yang setengah tidur.
        . Pada saat itu mereka sedang bekerja, bukan sedang beribadah. Mereka sedang melakukan pekerjaan yang menjadi panggilan mereka, yaitu menjaga kawanan ternak mereka, untuk mengamankan ternak ini dari pencuri dan serangan binatang pemangsa. Kemungkinan besar peristiwa ini terjadi pada musim panas, saat untuk membiarkan ternak mereka berada di padang semalam-malaman dan tidak dikandangkan, seperti yang kita lakukan sekarang. Perhatikanlah, kita tidak luput dari kunjungan ilahi bila kita melakukan pekerjaan yang menjadi panggilan kita dengan tulus dan melibatkan Allah di dalamnya.
    II. Betapa terkejutnya mereka dengan kemunculan malaikat itu (ay. 9), Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka, epestē -- berdiri di atas mereka, besar kemungkinan malaikat itu melayang di udara di atas kepala mereka, karena datang langsung dari sorga. Kita membaca di sini, seorang malaikat, seakan-akan sama dengan malaikat yang pernah muncul dan berulang-ulang muncul di pasal sebelumnya, yaitu malaikat Gabriel, karena ia terbang dengan cepat. Tetapi hal ini tidaklah pasti. Kedatangan malaikat di dekat mereka menunjukkan bahwa mereka jarang memikirkan atau mengharapkan terjadinya hal semacam ini. Demikianlah kunjungan-kunjungan mulia dari sorga terjadi, sebelum kita menyadarinya. Agar mereka yakin bahwa yang datang adalah malaikat dari sorga, mereka melihat dan mendengar kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka; kemuliaan yang mengubah malam seperti siang, kemuliaan yang biasanya mengikuti penampakan Allah, sebuah kemuliaan sorgawi, atau kemuliaan yang luar biasa agung, sehingga membuat mereka tidak tahan memandang kecemerlangannya yang menyilaukan. Hal ini membuat mereka sangat ketakutan, dan mati terpana, seperti ketakutan menghadapi kabar buruk. Ketika kita menyadari keadaan kita yang begitu banyak kesalahan, kita mempunyai alasan untuk takut menghadapi setiap berita dari sorga, kalau-kalau yang datang adalah utusan murka Allah.
    III. Pesan yang harus disampaikan malaikat itu kepada para gembala (ay. 10-12).
        . Ia memberikan kata-kata penegasan untuk menghentikan ketakutan mereka, "Jangan takut, karena kami tidak akan mengatakan hal-hal yang menakutkanmu; kamu tidak perlu takut kepada musuh-musuhmu, dan jangan takut kepada sahabat-sahabatmu."
        . Ia melengkapi mereka dengan sukacita yang berlimpah-limpah, "Sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar, dengan sungguh-sungguh aku menyatakan, dan sungguh layak bila kamu menyambutnya, karena kabar ini akan memberikan kesukaan besar untuk seluruh bangsa, bukan hanya kepada bangsa Yahudi saja; bahwa hari ini telah lahir bagimu, pada saat ini, seorang Juruselamat, Sang Juruselamat yang telah begitu lama dinanti-nantikan, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud" (ay. 11). Yesus adalah Kristus, Sang Mesias, Yang Diurapi. Ia adalah Tuhan, Tuhan di atas segalanya. Ia adalah Raja yang berkuasa. Bahkan, Ia adalah Allah, karena Tuhan dalam Perjanjian Lama berpadanan dengan Yehova. Ia adalah seorang Juruselamat, dan Ia akan menjadi Juruselamat bagi mereka yang menerima Dia sebagai Tuhan. "Juruselamat itu telah lahir, Ia dilahirkan hari ini, dan karena merupakan kesukaan besar untuk seluruh bangsa, hal ini tidak boleh dirahasiakan, kamu harus menyatakannya, harus memberitahukannya kepada siapa pun yang kamu sukai. Ia dilahirkan di suatu tempat yang telah dinubuatkan sebelumnya, di kota Daud. Ia dilahirkan bagimu, pertama-tama bagimu wahai orang-orang Yahudi, untuk memberkatimu; untukmu wahai para gembala, meskipun kamu miskin dan tidak berharga di dunia ini." Hal ini merujuk pada Yesaya 9:5, Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita. Bagimu, wahai umat manusia, bukan bagi kami, malaikat-malaikat. Ia tidak mengambil rupa malaikat dalam diri-Nya. Ini benar-benar sukacita bagi seluruh bangsa, sukacita besar. Yang telah lama dinanti-nantikan, akhirnya datang juga. Biarlah langit dan bumi bersukacita di hadapan Tuhan ini, sebab Ia datang.
        . Malaikat ini memberikan tanda untuk menegaskan iman mereka mengenai hal ini. "Bagaimana kita dapat menemukan anak ini di kota Betlehem yang sekarang dipenuhi oleh keturunan Daud?" Kamu akan menemukan Dia dengan tanda ini: "Ia terbaring di dalam palungan, pasti belum pernah ada seorang bayi yang baru dilahirkan dibaringkan di tempat seperti ini." Tentunya para gembala ini berharap malaikat itu akan berkata, "Meskipun Ia masih seorang bayi, kamu akan menemukan Dia mengenakan jubah kebesaran, dibaringkan dalam sebuah rumah terbaik di kota, berbaring dalam kemewahan, dikelilingi sejumlah besar pengunjung dalam segala kemewahan kekayaan mereka." "Tidak, kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." Ketika Kristus masih berada di atas muka bumi ini, Ia membuat diri-Nya sendiri berbeda, dan membuat diri-Nya ternama hanya dengan keteladanan kehinaan-Nya.

------------------------------

Saudara jemaat yang dikasihi oleh Tuhan kita Yesus Kristus, malam ini sangat spesial buat kita semua yang beribadah, karena kita semua sementara menikmati kasih Tuhan yang dashyat. Dia yang menghentar kita ada di malam Natal penuh makna,  kasih, keakraban dan jalinan kasih mesra yang tulus di hati kita masing-masing. Di malam Natal ini, kita semua bersukacita karena iman percaya kita, kembali disegarkan dengan Firman Allah yang meneguhkan peng-harapan dan hidup kita, sehingga menyambut Natal Yesus Kristus di malam ini akan mencerahkan kerohanian kita untuk mampu membuka hati, perasaan dan seantero kehidupan kita dengan orang lain terlebih kepada Tuhan Yesus.

Jemaat Tuhan, umat Israel bersorak, bersukacita, bergirang, memuji Tuhan, dengan inti pujian dalam ajakan: Lihat ! Rajamu datang kepadamu; Ia adil dan jaya, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda. Bukankah ini adalah luapan kegembiraan,  bahwa seorang raja sudah datang dan luapan sukacita tercurah karena yang  dijemput adalah seorang Raja yang adil. Para penjemput rata-rata adalah putri Yerusalem dan Sion memiliki paras yang cantik bagaikan ratu dunia. Menjemput Raja, tentu dengan tarian, pujian, dan rupa-rupa asesoris/dekorasi dan berbagai aroma wewangian yang baik dan bermutu. Menjemput kedatangan Raja, harus dengan wajah yang riang ceria dan penuh senyum, karena Sang Raja juga datang dengan menebar senyum. Bagi putri Yerusalem dan Sion, ajakan untuk bersorak-sorak adalah suatu seremoni yang mesti dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Raja yang Adil, Jaya, penuh kelembutan, walaupun hanya di atas keledai. Raja ini bukan raja duniawi yang kejam, tidak dengan kereta kuda perang dan diiringi oleh pasukan berkuda yang lengkap. Tetapi Raja yang sangat baik, Peramah, penuh kasih, pembawa damai, mengasihi dan menyayangi umat-Nya.

Jemaat yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, Raja yang disampaikan dalam kitab Zakharia adalah Raja damai yang akan melenyapkan kereta dari Efrat dan kuda-kuda dari Yerusalem dan busur perang. Dan kekuasaan-Nya dari laut ke laut, dari sungai Efrat sampai ke ujung bumi. Suatu pemerintahan yang sungguh sangat luas, pemerintahan untuk seluruh bumi, pemerintahan dari  Raja Damai yang berkuasa untuk semua ciptaan, pemerintahan yang sistemnya berbeda dengan yang di dunia. Itulah Raja Mesias, Raja diatas segala raja. Kehadiran Raja Damai di Sion dan di Yerusalem, dinantikan oleh umat sebagaimana dinubuatkan oleh Zakharia. Umat lama merindukan suatu keadaan Damai, keadaan yang kondusif, menanti datangnya suasana yang baru, pola tatanan kehidupan masyarakat yang baru, setelah lama mereka dalam ketidakpastian, kebimbangan dan tekanan dari pihak lain. Maka muncullah berita pengharapan bagi umat, yang membuat mereka bersemangat, termotivasi untuk bangkit dari keterpurukan, kegalauan dan kekecewaan yang mendalam. Itulah sebabnya umat Israel bergirang, bersorak, karena ada harapan baru yang akan dialami.

Jemaat yang diberkati Tuhan, malam ini adalah malam Natal untuk kesekian kalinya kita rayakan. Bukan hanya rutin belaka dan secara seremoni biasa kita lakukan, melainkan malam ini, kita simak makna kedatangan Raja Damai dan harapan baru yang dijanjikan-Nya. Raja damai yang kita nantikan telah lahir di Betlehem sebagaimana kata malaikat; hari ini telah lahir bagimu Juruselamat yaitu Kristus Tuhan di kota Daud. Mari kita sambut Sang Raja Damai, buka hati dan pikiran untuk kedamaian, jauhkan rasa takut, dengki dan amarah, singkirkan sengketa dan konflik  di antara kita, ciptakan hubungan harmonis yang satu terhadap yang lain, hilangkan sifat dan sikap yang angkuh, iri, sombong. Langkahkan kaki ke bait-Nya, ajak seluruh keluarga untuk menyambut lahirnya Sang Mesias, Juruselamat, Penebus dosa, jangan tunda waktunya, jangan buang peluang ini. Malam Natal ini, punya arti tersendiri, Tuhan Yesus datang di hati kita, sudahkah kita mempersiapkan palungan-Nya? Raja Damai datang di rumah kita masing-masing, sudah siapkah kita menyambut dengan hati yang bersih? Kalau masih ada dendam dan dusta, kalau masih ada kepicikan dan kemunafikan, kalau masih ada  dosa-dosa yang so bakarat, mohonkan peng ampunan dan terima pembaharuan melalui Firman Tuhan malam ini.

Saudaraku yang mengasihi Tuhan, di malam Natal ini, lihat di samping kiri kananmu dan di sekelilingmu, jabatlah tangannya dan katakan: "Haleluya, Raja Damai telah Datang, sambutlah!" Inilah salam malam Natal di tahun 2016 bagi kita semua warga GMIM yang menyambut Sang Raja Damai. Kiranya kedamaian menjadi bagian kita keluarga dan jemaat, sehingga besok pada hari Natal Yesus Kristus, kita semua datang bersekutu dan memuji nama-Nya. Mari kita bersorak-sorak menyambut kelahiran-Nya. Terpujilah Tuhan Yesus, Juruselamat dunia. Amin.

Label:   Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab
1 Korintus 15:1-11(1)
1 Korintus 1:1-9(1)
1 Korintus 1:4(1)
1 Korintus 1:8(2)
1 Petrus 2:1-10(1)
1 Samuel 2:8-9; Yakobus 2:5-11(1)
1 Tawarikh 29:1-9(1)
2 Korintus 8:1-9(1)
2 Samuel 7:18-29(1)
Amsal 3:1-10(1)
Amsal 9:1-18(1)
Ayub 36:1-15(1)
azmur 92:14(1)
Filipi 4:2-9(1)
Kejadian 11:1-9(1)
Kejadian 8:1-22(1)
Kisah Para Rasul 3:1-10(1)
Kisah Para Rasul 4:32-37(1)
Kolose 1:3-14(1)
Kolose 3:18-25(1)
Kolose 3:5-17(1)
Lukas 1:39(1)
Lukas 1:39-45(1)
Lukas 1:40(1)
Lukas 1:41-42a(1)
Lukas 1:42b(1)
Lukas 1:43(1)
Lukas 1:44(1)
Lukas 24:13-35(1)
Lukas 2:21-40(1)
Markus 12:41-44(1)
Markus 15:1-20a(1)
Matius 1:20(1)
Matius 1:24(1)
Matius 1:25(1)
Matius 28:16-20(1)
Matius 3:1-12(1)
Matius 3:1-2(1)
Matius 3:10(1)
Matius 3:11-12(1)
Matius 3:3(1)
Matius 3:4-6(1)
Matius 3:7-8(1)
Matius 3:9-10(1)
Mazmur 106:1-12(2)
Mazmur 25:1-22(1)
Mazmur 25:14(1)
Mazmur 25:15-18(1)
Mazmur 25:19-22(1)
Mazmur 25:4-6(1)
Mazmur 25:7-9(1)
Mazmur 34:1-23(1)
Mazmur 40:17-18; Lukas 4:16-19(1)
Mazmur 92:6-16(1)
Nahum 1:11(1)
Nahum 1:12(1)
Nahum 1:13(1)
Nahum 1:15b(1)
Nahum 1:9-10(1)
Nahum 1:9-15(1)
Obaja 1:1-16(1)
Obaja 1:11-12(1)
Obaja 1:15-16(1)
Obaja 1:3-4(1)
Obaja 1:5-7(1)
Obaja 1:8-10(1)
Pengkhotbah 11:1-8(1)
Roma 8:1-17(1)
Ulangan 16:1-17(1)
Ulangan 8:1-20(1)
Wahyu 2:8-11(1)
Yeremia 10:6-16(1)
Yeremia 12:1 -17(1)
Yeremia 12:10-11(1)
Yeremia 12:12-13(1)
Yeremia 12:14(1)
Yeremia 30:1-11(1)
Yesaya 11:1-10(1)
Yesaya 11:10(1)
Yesaya 11:2-4(1)
Yesaya 11:5(1)
Yesaya 11:6-7(1)
Yesaya 11:8(1)
Yesaya 11:9(1)
Yesaya 35:1-10(1)
Yesaya 49:1-7(1)
Yoel 3:12-13(1)
Yoel 3:18 (1)
Yoel 3:19(1)
Yoel 3:9-21(1)
Yohanes 17:126(1)
Yohanes 21:1-14(1)
Yohanes 6:48-59(1)
Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab:
Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Sabtu, 31 Desember 2016 31 Dec 2016 - Matius 1:25

Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Jumat, 30 Desember 2016 - Yusuf Mengambil Maria Sebagai Isterinya Matius 1:24

RHK Kamis, 29 Desember 2016 Allah Menyertai Kita Matius 1:22-23

RHK Selasa, 27 Desember 2016 - Allah Sumber Pertolongan - Matius 1:20

Khotbah 26 Desember 2016, Hari Natal 2 - Lukas 2:21-40

Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016 TEMA :Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai - Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11

RHK Jumat, 23 Desember 2016 - Kegirangan Memuliakan Tuhan - Lukas 1:44

RHK Kamis, 22 Desember 2016 - Kerendahan Hati - Lukas 1:43

RHK Rabu, 21 Desember 2016 - Memberkati Melalui Pujian - Lukas 1:42b

RHK Senin, 19 Desember 2016 - Salam: Sapaan Kasih - Lukas 1:40

RHK Selasa, 20 Desember 2016 Roh Kudus Melingkupi Elisabeth Lukas 1:41-42a

MTPJ 18 - 24 Desember 2016 Minggu Adven IV - Menyambut Yesus Dengan Kasih Persaudaraan - Lukas 1:39-45

RHK Minggu, 18 Desember 2016 - Mempererat Tali Persaudaraan - Lukas 1:39

RHK Jumat, 16 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Waspada Terhadap Kuasa Kegelapan - Matius 3:10

RHK Sabtu, 17 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hidup Rendah Hati - Matius 3:11-12

RHK Kamis, 15 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Tetap Menyegarkan Hidup Beriman - Matius 3:9-10

RHK Rabu, 14 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Menghasilkan Buah Pertobatan - Matius 3:7-8

RHK Selasa, 13 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Mempersembahkan Talenta Bagi Kemuliaan Tuhan - Matius 3:4-6

RHK Senin, 12 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya - Matius 3:3

MTPJ 11 - 17 Desember 2016 Minggu Adven III - Menyambut Yesus Dengan Pertobatan - Matius 3:1-12

RHK Minggu, 11 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hati yang Bertobat - Matius 3:1-2

RHK Sabtu, 10 Desember 2016 - Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia - Yesaya 11:10

RHK Jumat, 9 Desember 2016 - Jauhkan Perilaku Jahat dan Perilaku Busuk - Yesaya 11:9

RHK Kamis, 8 Desember 2016 - Yang Kuat Tidak Menyakiti yang Lemah - Yesaya 11:8

RHK Rabu, 7 Desember 2016 - Belajar dari Binatang - Yesaya 11:6-7

RHK Selasa, 6 Desember 2016 - Lakukan: Keadilan, Kejujuran, kebenaran dan Kesetiaan - Yesaya 11:5

RHK Senin, 5 Desember 2016 Hidup dalam Tuntunan Roh Kudus - Yesaya 11:2-4

MTPJ 4-10 Desember 2016 Minggu Adven II - Menyongsong Raja Damai - Yesaya 11:1-10

RHK Sabtu, 3 Desember 2016 - Ketulusan dan Kejujuran Hidup - Mazmur 25:19-22

RHK Jumat, 2 Desember 2016 - Mohon Ampun dan Pengasihan Tuhan - Mazmur 25:15-18

RHK Kamis, 1 Desember 2016 - Tuhan Sahabat Karib - Mazmur 25:14

RHK Selasa, 29 November 2016 - Tuhan itu Baik dan Benar - Mazmur 25:7-9

RHK Senin, 28 November 2016 - Jalan Kebenaran dan Kasih Setia Tuhan - Mazmur 25:4-6

MTPJ 27 November s/d 3 Desember 2016 Minggu Adven 1 - Orang Yang Menantikan Tuhan Tidak akan Mendapat Malu - Mazmur 25:1-22

RHK Sabtu, 26 November 2016 - Merayakan Keselamatan - Nahum 1:15b

RHK Kamis, 24 November 2016 - Jatuh dan Tak Bisa Bangkit Lagi - Nahum 1:14

RHK Rabu, 23 November 2016 - Dilepaskan dari Beban dan Belenggu - Nahum 1:13

RHK Selasa, 22 November 2016 - Yang Kuat yang Terkalahkan - Nahum 1:12

RHK Senin, 21 November 2016 - Perancang Kejahatan - Nahum 1:11

MTPJ 20-26 November 2016 - Otoritas Firman Dalam Persekutuan - Nahum 1:9-15

RHK Minggu, 20 November 2016 - Jangan Menentang Tuhan - Nahum 1:9-10

RHK Sabtu, 19 November 2016 Hari Tuhan - Obaja 1:15-16

RHK Jumat, 18 November 2016 Jangan Menindas Orang yang Menderita - Obaja 1:13-14

RHK Kamis, 17 November 2016 Jangan Memandang Rendah - Obaja 1:11-12

RHK Rabu, 16 November 2016 - Penindas akan Dilenyapkan - Obaja 1:8-10

RHK Selasa, 15 November 2016 - Terperangkap Keangkuhan Obaja 1:5-7

RHK Senin, 14 November 2016 - Keangkuhan akan Menjatuhkan - Obaja 1:3-4

MTPJ 13 - 19 November 2016 - Karakter Buruk Merusak Jati Diri dan Persekutuan - Obaja 1:1-16

RHK Jumat, 11 November 2016 - Tuhan adalah Pembela Yoel 3:19

RHK Kamis, 10 November 2016

RHK Rabu, 9 November 2016

RHK Selasa, 8 November 2016

RHK Senin, 7 November 2016 - Yoel 3:12-13

MTPJ 6-12 November 2016 - Yoel 3:9-21 - Umat Dikuduskan, Alam Diberkati

RHK Sabtu, 5 November 2016

RHK Kamis, 3 November 2016

RHK Rabu, 2 November 2016

31 Oktober 2016 Hari Alkitab dan Reformasi Gereja

MTPJ Minggu, 30 Oktober-5 November 2016 - Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru - Kolose 3:5-17

RHK Jumat, 28 Oktober 2016 - Tak Bercacat Sampai pada Hari Tuhan - 1 Korintus 1:8

RHK Kamis, 27 Oktober 2016 - Jangan Kekurangan Satu Karunia pun! - 1 Korintus 1:8

RHK Selasa, 25 Oktober 2016 - Bersyukur atas Anugerah Allah bagi Sesama 1 Korintus 1:4

MTPJ 23 - 29 Oktober 2016 - Memelihara Kekudusan Bergereja 1 Korintus 1:1-9

RHK Jumat, 21 Oktober 2016 - Yeremia 12:14

RHK Kamis, 20 Oktober 2016 - Yeremia 12:12-13

RHK Rabu, 19 Oktober 2016 - Gembala yang Baik - Yeremia 12:10-11

RHK Selasa, 18 Oktober 2016 - Hidup yang Mengandalkan Tuhan - Yeremia 12:7-9

MTPJ 16-22 Oktober 2016 - Tuhan Menghukum dan Memulihkan untuk Keadilan - Yeremia 12:1 -17

MTPJ 9 - 15 Oktober 2016 - Jabatan adalah Anugerah Tuhan

MTPJ 2-8 Oktober 2016 - Tubuh dan Darah Kristus yang Menyelamatkan - Yohanes 6:48-59

MTPJ 25 September s/d 1 Oktober 2016 - Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli - 1 Petrus 2:1-10

MTPJ 18-24 September 2016 - Gereja yang Membawa Kabar Bahagia - Matius 5:1-12

MTPJ 11 - 17 September 2016 - Umat yang Terus Berkarya Pengkhotbah 11:1-8

MTPJ 4 - 10 September 2016 - Pengakuan Umat: Tuhan Semesta Alam Yeremia 10:6-16

MTPJ 28 Agustus s/d 3 September 2016 - Hikmat Tuhan Membawa Berkat - Amsal 3:1-10

MTPJ 21-27 Agustus 2016 - Hidup dalam Kasih Karunia - Kisah Para Rasul 4:32-37

MTPJ 14 - 20 Agustus 2016 - Kerelaan Memberi - Markus 12:41-44

RHK Minggu, 14 Agustus 2016 Yesus Mengetahui Setiap Persembahan - Markus 12:41a

MTPJ 7 - 13 Agustus 2016 - Bersyukur Atas Penyelamatan Tuhan - Yesaya 35:1-10

MTPJ 31 Juli-6 Agustus 2016 - Keluarga Yang Diberkati Untuk Menjadi Berkat - 2 Samuel 7:18-29

RHK Jumat, 29 Juli 2016 - Ditanam di Bait Tuhan Mazmur 92:14

MTPJ 24 - 30 Juli 2016 - Berbuah Sampai Masa Tua - Mazmur 92:6-16

MTPJ 17 - 23 Juli 2016 - Mazmur 65:2-14 - Bersyukur Atas Berkat Tuhan

MTPJ 10-16 Juli 2016 - Pengucapan Syukur Memperkuat Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan - Ulangan 16:1-17

MTPJ 3-9 Juli 2016 - Buah Pekabaran Injil - Kolose 1:3-14

MTPJ 26 Juni - 2 Juli 2016 - Kualitas Hidup Orang Kristen - Filipi 4:2-9

MTPJ 19-25 Juni 2016 - Hikmat Yang Membangun - Amsal 9:1-18

MTPJ 12 - 18 Juni 2016 - Menabur Benih Injil Matius 28:16-20

MTPJ 5-11 Juni 2016 Ketaatan Membawa Berkat, Ketidaktaatan Membawa Malapetaka - Ulangan 8:1-20

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2016 Memberi Karena Cinta - 1 Tawarikh 29:1-9

MTPJ 22-28 Mei 2016 Kesatuan Dalam Keanekaragaman Yohanes 17:1-26

16 Mei 2016 Pentakosta 2 & HAPSA P/KB - Bapa Pelopor Perdamaian Kolose 3:18-25

MTPJ 15 - 21 Mei 2016 Pentakosta 1 - Kuasa Yang Menghidupkan - Roma 8:1-17

MTPJ 8 - 14 Mei 2016 Komunikasi Dapat Menyatukan dan Mengacaukan - Kejadian 11:1-9

MTPJ 1 - 7 Mei 2016 Diberdayakan Bukan Diperdayakan Kisah Para Rasul 3:1-10

MTPJ 24 - 30 April 2016 Melawan Radikalisme -Bahan Alkitab : Lukas 6:27-36

MTPJ 17 - 23 April 2016 - Kejadian 8:1-22 - Selamatkan Bumi

MTPJ 10 - 16 April 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 21:1-14

MTPJ 3 - 9 April 2016 - Berjalan Bersama Yesus Yang Telah Bangkit - Lukas 24:13-35

28 Maret 2016 Paskah II

MTPJ 27 Maret - 2 April 2016 Paskah 1 - 1 Korintus 15:1-11

25 Maret 2016 Jumat Agung

MTPJ 20 - 26 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Markus 15:1-20a

MTPJ 13 - 19 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 16:16-33

MTPJ 6 - 12 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 34:1-23

MTPJ 28 Februari - 5 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Wahyu 2:8-11

MTPJ 21-27 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 14-20 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Ayub 36:1-15

MTPJ 7-13 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kisah Para Rasul 17:22-34

MTPJ 31 Januari s/d 06 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 24-30 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 17-23 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 2 Korintus 8:1-9

MTPJ 10-16 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 03-09 Januari 2016 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah Minggu GMIM 2020(1)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip Pembacaan Alkitab..

Register   Login  

tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   tata ibadah menyambut natal bentuk 2 gmim desember 2019 sampai january 2020,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   khotbah jermia 33 14 16 gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi tata ibadah malam tahun baru gmim,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   gereja Gmim pembacaan pada minggu ini,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   pembacaan alkitab minggu ini gmim,   tata ibadah natal GMIM,   tata ibadah pra natal GMIM,   mtpj yesaya 35:1-10,   mtpj yesaya 35:1-10,   tata ibadah remaja gmim,   tata cara ibadah pkb gmim,   tata ibadah remaja gmim,   liturgi natal GMIM terbaru,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Susunan Tata Ibadah GMIM minggu hari ini 24 November 2019,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   Mtpj gmim tentang bahagia karena harapan terkabul,   liturgi natal gmim,   tata ibadah GMIM,   pembacaan alkitab gmim minggu ini,   pembacaan alkitab gmim,   liturgi ibadah pemuda natal gmim,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Liturgi Ibadah Natal anak sekolah minggu GMIM,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars wki gmim,   tata ibadah Natal Gereja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   tata ibadah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim,   pembacaan gmim minggu ini,   liturgi ibadah minggu gmim,   khotbah gmim minggu ini,   obor pemuda gmim edisi Oktober 2019,   tata gereja gmim 2017 bab 17,   tata gereja gmim 2017 bab 2,   mtpj 3 november 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2019,   mtpj gmim bulan november2019,   bacaan mingguan gmim november 2019,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata gereja gmim 2016,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   khotbah minggu ini gmim,