gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa
Bimbingan Skripsi Komputerisasi.   Pembuatan Toko Online, Web Company Profile. Hub. HP.081285958481 Murdan Sianturi, S.Kom,M.Kom (Tempat Bimbingan di Bekasi)

View : 17860 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Gereja yang Dibaharui Harus Terus Menerus Membaharui Diri"

TEMA MINGGUAN : "Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru"
Bahan Alkitab : Kolose 3 : 5 - 17
ALASAN PEMILIHAN TEMA

Kolose 3:5-17

Manusia baru
3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, 3:6 semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka). 3:7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. 3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. 3:9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; 3:11 dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu. 3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Penjelasan:

* Seperti buah yang baik adalah hasil dari sebuah tanaman yang dinyatakan subur dan segar. Demikian pula dengan kehidupan kekristenan, kasih yang terefleksi dalam aplikasi hidup sehari- hari adalah hasil dari kehidupan yang berpusatkan Kristus. Jadi pertumbuhan Kristen secara kualitatif bukan alternatif, tetapi memang seharusnya demikian.

Dalam bacaan ini Paulus memaparkan kehidupan lama dan kehidupan baru yang sungguh-sungguh kontras, tidak ada sifat dan perilaku yang dapat berjalan seiring, maka yang lama harus ditinggalkan dan yang baru menggantikannya.

Bagaimana Paulus memaparkan aplikasi hidup kekristenan yang sesungguhnya menjadi cermin bagi Kristen? Pertama, kehidupan lama berpusat pada diri sendiri dan bersifat duniawi, sedangkan kehidupan baru berpusat pada Kristus dan bersifat kasih. Dahulu hidup dikuasai hawa nafsu, materi, dan dosa hati - lidah (ayat 5, 8-9), namun kini seharusnya dikuasai kasih (ayat 14) yang memungkinkan Kristen menghasilkan buah roh. Kedua, di dalam Kristus tidak ada lagi kesenjangan dan perbedaan (ayat 11): kebangsaan, agama, budaya, dan status sosial. Kristus telah menaklukkan segala keangkuhan manusia yang menjunjung hal-hal ini, karena di dalam Dia kita menyadari bahwa semua manusia memiliki ketidaklayakan yang sama. Ketiga, panduan mengarungi kehidupan Kristen: dipenuhi belas kasihan (ayat 12), hati penuh pengampunan (ayat 13), kasih (ayat 14), damai sejahtera (ayat 15), firman-Nya menjadi pelita hidup sehingga hati berlimpah pujian dan syukur (ayat 16), dan aktivitas hidup yang berpusatkan Kristus (ayat 17). Apakah perubahan ini merupakan alternatif? Sesungguhnya tidak demikian, karena di dalam Dia kita dimotivasi dan dimampukan hidup sesuai panggilan hidup kita sebagai orang-orang pilihan yang dikuduskan dan dikasihi-Nya (ayat 12).

---------------------------------------------

Menjadi anggota gereja atau orang kristen memang merupakan suatu berkat. Kita dianggap terpilih dalam komunitas kesela-matan Tuhan. Bagi kita kebanyakan orang Kristen di Minahasa lebih khusus di Gereja Masehi Injili di Minahasa, itu kita telah alami. Kita menjadi generasi ke lima orang Kristen di Minahasa. Kita lahir sudah menjadi Kristen. Tetapi menjadi pertanyaan apakah lebel Kristen sudah menjadikan hidup kita sudah kristiani dan sesuai dengan ajaran Alkitab. Bahasa praktis, apakah kemarahan, kegeraman, kejahatan, kata-kata kotor dan saling mendustai, diskriminasi, sikap membeda-bedakan berdasarkan suku, status sosial, dan seterusnya, tidak ada lagi dalam kehidupan keseharian kita? Pertanyaan dapat lebih banyak  dan luas dalam hidup kita. Jika demikian maka kita terdorong untuk mencari tahu dan merenungkan perikop ini dalam tema mingguan "Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru". Manusia baru maksudnya, manusia yang hidup dalam belas kasihan, kelembutan, kesabaran dan hidup dalam pertobatan, yang selalu dibaharui setiap hari.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Pertanyaan mendasar dalam kehidupan jemaat Kolose adalah sesudah menerima Kristus dalam kehidupan pribadi dan berjemaat maka ternyata jemaat masih perlu dibimbing oleh nasihat firman Tuhan. Menjadi pengikut Kristus yang sebenarnya berarti ada perubahan yaitu pergeseran atau perpindahan dari manusia lama kepada manusia baru. Apa artinya? Rasul Paulus mengatakan mematikan manusia lama (identik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan yang duniawi yang menunjuk pada hal dosa; di sini disebut indikatornya percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat, keserakahan, penyembahan berhala (ayat 5), marah, geram, kejahatan, fitnah, kata kotor, dusta (ayat 8). Semua ini harus ditinggalkan, diusahakan dimatikan (Yunani : nek-ro'-o, artinya menghilangkan kuasa, dibuat tidak berdaya, tidak bernafas). Sesungguhnya itu ada dalam diri manusia lama yang belum menerima Kristus dan jamahan kuasa Roh Kudus. Dalam konteks perikop ini perubahan dari manusia lama ke manusia baru diwujudkan secara sosial artinya perubahan itu direa-lisasikan dalam interaksi horizontal antara seorang individu kepada individu yang lain. Dalam surat Kolose menunjuk pada orang Kristen berlatar belakang Yahudi dengan Yunani, bersunat dan tak bersunat, Barbar/Skit (orang kurang beradab/ biadab). Perubahan itu (=menjadi manusia baru) bukanlah semata-mata mengandalkan kemampuan sendiri dari orang percaya (orang Kristen) tetapi mengandalkan kuasa Roh Kudus dimana Kristus ada dalam hidup orang-orang Kristen dan interaksi orang Kristen  dengan sesamanya (ayat 11)

Sebaliknya "mengenakan" (Yunani: enduo, artinya mengena-kan baju lain atau mengganti baju)  manusia baru (ayat 10) adalah manusia yang telah menerima dan mengalami hidup baru. Indikatornya adalah ada belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran (ayat 12) ; sifat dan sikap serta komitment atau tekad melawan kecenderungan untuk mendendam dan kemampuan orang Kristen untuk mengampuni orang yang bersalah. Kristus adalah Tuhan yang telah mencontohkan pengampunan itu sendiri (ayat 13). Kristus adalah sumber damai sejahtera yang mengarahkan  interaksi hidup orang Kristen.  Kristus diam di dalam kita yang berkonsekuensi mengajar, menegur dan hidup gembira/bersyukur (bernyanyi) dan terutama sebelum berkata dan berbuat mesti mengandalkan kuasa nama Yesus ("the power of the Name of Jesus")!

Makna dan Implikasi Firman

  • Hidup yang dikuasai oleh nafsu duniawi seperti percabulan, iri hati, dendam, serakah, pertanda manusia itu belum dikuasai Kristus. Semua perbuatan ini harus dimatikan atau dihilangkan dengan cara mengendalikan pikiran, perasaan, keinginan, kemauan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai moral atau etika kristiani.
  • Hidup yang masih dikuasai nafsu duniawi bertentangan dengan hakikat kemuridan dan keterpilihan orang Kristen, sebab kita adalah orang-orang yang dipanggil menjadi satu tubuh untuk hidup dalam damai sejahtera.
  • Hidup baru adalah usaha terus menerus (bukan hanya sekali saja, ayat 10) dan direalisasikan dalam hidup di tengah keluarga, tempat kerja dan di kolom, jemaat dan masyarakat supaya kita secara riel menjadi garam dan terang dunia. Hal ini bisa terjadi jika perkataan Tuhan tinggal dalam hati orang percaya.
  • Hidup yang bertekad untuk taat pada Tuhan nyata dalam perubahan hidup baru sesuai kehendak Tuhan dalam interaksinya dengan sesama. Misalnya aktif dalam pelayanan, persekutan dan kesaksian. Hidup saling melayani, memaafkan, mendoakan, memberi bantuan dan saling menopang satu sama lain.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:       

  1. Apa artinya hidup baru menurut perikop ini?
  2. Bagaimana usaha kita secara praktis dan dalam hidup sehari-hari mewujudkan hidup baru itu dan hidup yang terus menerus diperbaharui oleh Tuhan? 

POKOK-POKOK DOA :

  • Setiap usaha gereja untuk menanggalkan manusia lama dan upaya mengenakan manusia baru.
  • Pelayanan gereja terhadap para korban perilaku duniawi dan panggilan bertobat bagi orang yang masih tetap hidup dalam kegelapan.
  • Upaya bangsa dan negara menegakkan kebenaran dan keadilan serta perlawanan terhadap radikalisme. 

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK V

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Mari Menghadap Hadirat-Nya: Kumasuk Ruang Mahakudus

Bersekutu Dalam Nama-Nya: PKJ No. 2 Agunglah

Persekutuan Yang Mengaku Dosa: NNBT No.10. Ya Tuhan Yang Kudus.

Jaminan-Nya Menguatkan: NKB No.14 Jadilah Tuhan Kehendak-Mu

Ses Doa Mohon Tuntunan Roh: NNBT No.13. Ya Allah Bapa, Ya Yesus Tuhan.

Sambutan Atas Pemberitaan Firman: NKB No. 199 Sudahkah Yang Terbaik Kuberikan

Berilah Yang Baik: KJ No. 450 Hidup Kita Yang Benar Tembang Tekad: KJ. No. 370 Kumau Berjalan Dengan Juruselamatku. 

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.


Label:   Kolose 3:5-17 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab
1 Korintus 15:1-11(1)
1 Korintus 1:1-9(1)
1 Korintus 1:4(1)
1 Korintus 1:8(2)
1 Petrus 2:1-10(1)
1 Samuel 2:8-9; Yakobus 2:5-11(1)
1 Tawarikh 29:1-9(1)
2 Korintus 8:1-9(1)
2 Samuel 7:18-29(1)
Amsal 3:1-10(1)
Amsal 9:1-18(1)
Ayub 36:1-15(1)
azmur 92:14(1)
Filipi 4:2-9(1)
Kejadian 11:1-9(1)
Kejadian 8:1-22(1)
Kisah Para Rasul 3:1-10(1)
Kisah Para Rasul 4:32-37(1)
Kolose 1:3-14(1)
Kolose 3:18-25(1)
Kolose 3:5-17(1)
Lukas 1:39(1)
Lukas 1:39-45(1)
Lukas 1:40(1)
Lukas 1:41-42a(1)
Lukas 1:42b(1)
Lukas 1:43(1)
Lukas 1:44(1)
Lukas 24:13-35(1)
Lukas 2:21-40(1)
Markus 12:41-44(1)
Markus 15:1-20a(1)
Matius 1:20(1)
Matius 1:24(1)
Matius 1:25(1)
Matius 28:16-20(1)
Matius 3:1-12(1)
Matius 3:1-2(1)
Matius 3:10(1)
Matius 3:11-12(1)
Matius 3:3(1)
Matius 3:4-6(1)
Matius 3:7-8(1)
Matius 3:9-10(1)
Mazmur 106:1-12(2)
Mazmur 25:1-22(1)
Mazmur 25:14(1)
Mazmur 25:15-18(1)
Mazmur 25:19-22(1)
Mazmur 25:4-6(1)
Mazmur 25:7-9(1)
Mazmur 34:1-23(1)
Mazmur 40:17-18; Lukas 4:16-19(1)
Mazmur 92:6-16(1)
Nahum 1:11(1)
Nahum 1:12(1)
Nahum 1:13(1)
Nahum 1:15b(1)
Nahum 1:9-10(1)
Nahum 1:9-15(1)
Obaja 1:1-16(1)
Obaja 1:11-12(1)
Obaja 1:15-16(1)
Obaja 1:3-4(1)
Obaja 1:5-7(1)
Obaja 1:8-10(1)
Pengkhotbah 11:1-8(1)
Roma 8:1-17(1)
Ulangan 16:1-17(1)
Ulangan 8:1-20(1)
Wahyu 2:8-11(1)
Yeremia 10:6-16(1)
Yeremia 12:1 -17(1)
Yeremia 12:10-11(1)
Yeremia 12:12-13(1)
Yeremia 12:14(1)
Yeremia 30:1-11(1)
Yesaya 11:1-10(1)
Yesaya 11:10(1)
Yesaya 11:2-4(1)
Yesaya 11:5(1)
Yesaya 11:6-7(1)
Yesaya 11:8(1)
Yesaya 11:9(1)
Yesaya 35:1-10(1)
Yesaya 49:1-7(1)
Yoel 3:12-13(1)
Yoel 3:18 (1)
Yoel 3:19(1)
Yoel 3:9-21(1)
Yohanes 17:126(1)
Yohanes 21:1-14(1)
Yohanes 6:48-59(1)
Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab:
Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Sabtu, 31 Desember 2016 31 Dec 2016 - Matius 1:25

Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Jumat, 30 Desember 2016 - Yusuf Mengambil Maria Sebagai Isterinya Matius 1:24

RHK Kamis, 29 Desember 2016 Allah Menyertai Kita Matius 1:22-23

RHK Selasa, 27 Desember 2016 - Allah Sumber Pertolongan - Matius 1:20

Khotbah 26 Desember 2016, Hari Natal 2 - Lukas 2:21-40

Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016 TEMA :Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai - Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11

RHK Jumat, 23 Desember 2016 - Kegirangan Memuliakan Tuhan - Lukas 1:44

RHK Kamis, 22 Desember 2016 - Kerendahan Hati - Lukas 1:43

RHK Rabu, 21 Desember 2016 - Memberkati Melalui Pujian - Lukas 1:42b

RHK Senin, 19 Desember 2016 - Salam: Sapaan Kasih - Lukas 1:40

RHK Selasa, 20 Desember 2016 Roh Kudus Melingkupi Elisabeth Lukas 1:41-42a

MTPJ 18 - 24 Desember 2016 Minggu Adven IV - Menyambut Yesus Dengan Kasih Persaudaraan - Lukas 1:39-45

RHK Minggu, 18 Desember 2016 - Mempererat Tali Persaudaraan - Lukas 1:39

RHK Jumat, 16 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Waspada Terhadap Kuasa Kegelapan - Matius 3:10

RHK Sabtu, 17 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hidup Rendah Hati - Matius 3:11-12

RHK Kamis, 15 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Tetap Menyegarkan Hidup Beriman - Matius 3:9-10

RHK Rabu, 14 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Menghasilkan Buah Pertobatan - Matius 3:7-8

RHK Selasa, 13 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Mempersembahkan Talenta Bagi Kemuliaan Tuhan - Matius 3:4-6

RHK Senin, 12 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya - Matius 3:3

MTPJ 11 - 17 Desember 2016 Minggu Adven III - Menyambut Yesus Dengan Pertobatan - Matius 3:1-12

RHK Minggu, 11 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hati yang Bertobat - Matius 3:1-2

RHK Sabtu, 10 Desember 2016 - Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia - Yesaya 11:10

RHK Jumat, 9 Desember 2016 - Jauhkan Perilaku Jahat dan Perilaku Busuk - Yesaya 11:9

RHK Kamis, 8 Desember 2016 - Yang Kuat Tidak Menyakiti yang Lemah - Yesaya 11:8

RHK Rabu, 7 Desember 2016 - Belajar dari Binatang - Yesaya 11:6-7

RHK Selasa, 6 Desember 2016 - Lakukan: Keadilan, Kejujuran, kebenaran dan Kesetiaan - Yesaya 11:5

RHK Senin, 5 Desember 2016 Hidup dalam Tuntunan Roh Kudus - Yesaya 11:2-4

MTPJ 4-10 Desember 2016 Minggu Adven II - Menyongsong Raja Damai - Yesaya 11:1-10

RHK Sabtu, 3 Desember 2016 - Ketulusan dan Kejujuran Hidup - Mazmur 25:19-22

RHK Jumat, 2 Desember 2016 - Mohon Ampun dan Pengasihan Tuhan - Mazmur 25:15-18

RHK Kamis, 1 Desember 2016 - Tuhan Sahabat Karib - Mazmur 25:14

RHK Selasa, 29 November 2016 - Tuhan itu Baik dan Benar - Mazmur 25:7-9

RHK Senin, 28 November 2016 - Jalan Kebenaran dan Kasih Setia Tuhan - Mazmur 25:4-6

MTPJ 27 November s/d 3 Desember 2016 Minggu Adven 1 - Orang Yang Menantikan Tuhan Tidak akan Mendapat Malu - Mazmur 25:1-22

RHK Sabtu, 26 November 2016 - Merayakan Keselamatan - Nahum 1:15b

RHK Kamis, 24 November 2016 - Jatuh dan Tak Bisa Bangkit Lagi - Nahum 1:14

RHK Rabu, 23 November 2016 - Dilepaskan dari Beban dan Belenggu - Nahum 1:13

RHK Selasa, 22 November 2016 - Yang Kuat yang Terkalahkan - Nahum 1:12

RHK Senin, 21 November 2016 - Perancang Kejahatan - Nahum 1:11

MTPJ 20-26 November 2016 - Otoritas Firman Dalam Persekutuan - Nahum 1:9-15

RHK Minggu, 20 November 2016 - Jangan Menentang Tuhan - Nahum 1:9-10

RHK Sabtu, 19 November 2016 Hari Tuhan - Obaja 1:15-16

RHK Jumat, 18 November 2016 Jangan Menindas Orang yang Menderita - Obaja 1:13-14

RHK Kamis, 17 November 2016 Jangan Memandang Rendah - Obaja 1:11-12

RHK Rabu, 16 November 2016 - Penindas akan Dilenyapkan - Obaja 1:8-10

RHK Selasa, 15 November 2016 - Terperangkap Keangkuhan Obaja 1:5-7

RHK Senin, 14 November 2016 - Keangkuhan akan Menjatuhkan - Obaja 1:3-4

MTPJ 13 - 19 November 2016 - Karakter Buruk Merusak Jati Diri dan Persekutuan - Obaja 1:1-16

RHK Jumat, 11 November 2016 - Tuhan adalah Pembela Yoel 3:19

RHK Kamis, 10 November 2016

RHK Rabu, 9 November 2016

RHK Selasa, 8 November 2016

RHK Senin, 7 November 2016 - Yoel 3:12-13

MTPJ 6-12 November 2016 - Yoel 3:9-21 - Umat Dikuduskan, Alam Diberkati

RHK Sabtu, 5 November 2016

RHK Kamis, 3 November 2016

RHK Rabu, 2 November 2016

31 Oktober 2016 Hari Alkitab dan Reformasi Gereja

MTPJ Minggu, 30 Oktober-5 November 2016 - Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru - Kolose 3:5-17

RHK Jumat, 28 Oktober 2016 - Tak Bercacat Sampai pada Hari Tuhan - 1 Korintus 1:8

RHK Kamis, 27 Oktober 2016 - Jangan Kekurangan Satu Karunia pun! - 1 Korintus 1:8

RHK Selasa, 25 Oktober 2016 - Bersyukur atas Anugerah Allah bagi Sesama 1 Korintus 1:4

MTPJ 23 - 29 Oktober 2016 - Memelihara Kekudusan Bergereja 1 Korintus 1:1-9

RHK Jumat, 21 Oktober 2016 - Yeremia 12:14

RHK Kamis, 20 Oktober 2016 - Yeremia 12:12-13

RHK Rabu, 19 Oktober 2016 - Gembala yang Baik - Yeremia 12:10-11

RHK Selasa, 18 Oktober 2016 - Hidup yang Mengandalkan Tuhan - Yeremia 12:7-9

MTPJ 16-22 Oktober 2016 - Tuhan Menghukum dan Memulihkan untuk Keadilan - Yeremia 12:1 -17

MTPJ 9 - 15 Oktober 2016 - Jabatan adalah Anugerah Tuhan

MTPJ 2-8 Oktober 2016 - Tubuh dan Darah Kristus yang Menyelamatkan - Yohanes 6:48-59

MTPJ 25 September s/d 1 Oktober 2016 - Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli - 1 Petrus 2:1-10

MTPJ 18-24 September 2016 - Gereja yang Membawa Kabar Bahagia - Matius 5:1-12

MTPJ 11 - 17 September 2016 - Umat yang Terus Berkarya Pengkhotbah 11:1-8

MTPJ 4 - 10 September 2016 - Pengakuan Umat: Tuhan Semesta Alam Yeremia 10:6-16

MTPJ 28 Agustus s/d 3 September 2016 - Hikmat Tuhan Membawa Berkat - Amsal 3:1-10

MTPJ 21-27 Agustus 2016 - Hidup dalam Kasih Karunia - Kisah Para Rasul 4:32-37

MTPJ 14 - 20 Agustus 2016 - Kerelaan Memberi - Markus 12:41-44

RHK Minggu, 14 Agustus 2016 Yesus Mengetahui Setiap Persembahan - Markus 12:41a

MTPJ 7 - 13 Agustus 2016 - Bersyukur Atas Penyelamatan Tuhan - Yesaya 35:1-10

MTPJ 31 Juli-6 Agustus 2016 - Keluarga Yang Diberkati Untuk Menjadi Berkat - 2 Samuel 7:18-29

RHK Jumat, 29 Juli 2016 - Ditanam di Bait Tuhan Mazmur 92:14

MTPJ 24 - 30 Juli 2016 - Berbuah Sampai Masa Tua - Mazmur 92:6-16

MTPJ 17 - 23 Juli 2016 - Mazmur 65:2-14 - Bersyukur Atas Berkat Tuhan

MTPJ 10-16 Juli 2016 - Pengucapan Syukur Memperkuat Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan - Ulangan 16:1-17

MTPJ 3-9 Juli 2016 - Buah Pekabaran Injil - Kolose 1:3-14

MTPJ 26 Juni - 2 Juli 2016 - Kualitas Hidup Orang Kristen - Filipi 4:2-9

MTPJ 19-25 Juni 2016 - Hikmat Yang Membangun - Amsal 9:1-18

MTPJ 12 - 18 Juni 2016 - Menabur Benih Injil Matius 28:16-20

MTPJ 5-11 Juni 2016 Ketaatan Membawa Berkat, Ketidaktaatan Membawa Malapetaka - Ulangan 8:1-20

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2016 Memberi Karena Cinta - 1 Tawarikh 29:1-9

MTPJ 22-28 Mei 2016 Kesatuan Dalam Keanekaragaman Yohanes 17:1-26

16 Mei 2016 Pentakosta 2 & HAPSA P/KB - Bapa Pelopor Perdamaian Kolose 3:18-25

MTPJ 15 - 21 Mei 2016 Pentakosta 1 - Kuasa Yang Menghidupkan - Roma 8:1-17

MTPJ 8 - 14 Mei 2016 Komunikasi Dapat Menyatukan dan Mengacaukan - Kejadian 11:1-9

MTPJ 1 - 7 Mei 2016 Diberdayakan Bukan Diperdayakan Kisah Para Rasul 3:1-10

MTPJ 24 - 30 April 2016 Melawan Radikalisme -Bahan Alkitab : Lukas 6:27-36

MTPJ 17 - 23 April 2016 - Kejadian 8:1-22 - Selamatkan Bumi

MTPJ 10 - 16 April 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 21:1-14

MTPJ 3 - 9 April 2016 - Berjalan Bersama Yesus Yang Telah Bangkit - Lukas 24:13-35

28 Maret 2016 Paskah II

MTPJ 27 Maret - 2 April 2016 Paskah 1 - 1 Korintus 15:1-11

25 Maret 2016 Jumat Agung

MTPJ 20 - 26 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Markus 15:1-20a

MTPJ 13 - 19 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 16:16-33

MTPJ 6 - 12 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 34:1-23

MTPJ 28 Februari - 5 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Wahyu 2:8-11

MTPJ 21-27 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 14-20 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Ayub 36:1-15

MTPJ 7-13 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kisah Para Rasul 17:22-34

MTPJ 31 Januari s/d 06 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 24-30 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 17-23 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 2 Korintus 8:1-9

MTPJ 10-16 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 03-09 Januari 2016 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(24)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(3)

Arsip Pembacaan Alkitab..

songbatak.com- Top of JUDIKA

Register
Login
songbatak.com-karaoke


renungan asm gmim bulan Agustus 2019,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim,   lirik aku anak sekolah minggu gmim,   lagu rohani gmim,   mars anak sekolah minggu gmim,   renungan lentera gmim 2019,   lagu pembacaan alkitab gmim,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Pembacaan Alkitab gmim,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   hymne pemuda gmim partitur,   tata cara ibadah gmim,   contoh tata ibadah gmim hut proklamasi ke-74,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   rhk gmim 11 agustus 2019,   rhk gmim minggu 11 agustus 2019,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   mars kaum ibu gmim,   tata ibadah minggu gmim,   download tata gereja gmim 2016,   tata gereja gmim 2016 pdf,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata cara ibadah GMIM,   renungan gmim pria kaum bpk 2019,   doa syafaat gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   contoh tata ibadah gmim ,   not lagu choir mars remaja gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   renungan pkb gmim,   tatacara gmim ibadah bentuk 3 dengan lagu,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   kumpulan tata ibadah gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   mars pkb gmim lirik,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   TATA IBADAH GMIM,   peraturan Gereja GMIM tentang katekisasi,   liturgi ibadah gmim,   chord mars pemuda gmim,   download slide tata cara ibadah gmim,   renungan pelita pkb gmim januari 2019,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   liturgi kolom GMIM sinode,   tata cara ibadah kolom gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   liturgi remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lagu lagu gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   liturgi ibadah kolom gmim,   lirik lagu pengucapan syukur gmim,   Lirk hymne remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   lirik mars wki gmim,   hymne pemuda gmim partitur satb,   hymne remaja gmim lirik,   download lagu hymne pemuda gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   hymne pemuda gmim alto note,   hymne pemuda gmim alto,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah WKI gmim lengkap dengan doa,   lirik dan chord hymne pemuda gmim,   Mtpj gmim filipi 4:2-9,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   Lirik lagu dan chord himne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   lagu-lagu kpi gmim,   tata cara ibadah protestan GMIM 2019,   bukitzaitun-ranomut.gmim.or.id,   chord lagu mars remaja gmim,   lirik mars wanita kaum ibu gmim,   lirik lagu anak sekolah minggu gmim,   partitur hymne pemuda gmim pdf,   daftar nama BPMJ Wilayah di GMIM,   lagu-lagu gmim,   lagu-lagu gmim,   mars pemuda gmim download,   renungan pelita pkb gmim 2018,   renungan pelita pkb gmim 2019,   renungan pria kaum bapa gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2018,   klat lagu hymne pemuda gmim,   klat lagu hymne pemuda gmim,   klat hymne pemuda gmim,   lirik mars kaum bapa gereja gmim,   LIRIK LAGU MENJADI REMAJA TELADAN GMIM,   download partitur hymne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   kunci gitar lagu pemuda GMIM,   kunci gitar lagu pemuda GMIM,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   liric mars pria kaum bapa gmim,   tata ibadah Wanita Kaum Ibu GMIM,   lirik mars kaum ibu gmim,   lagu gmim tentang kenaikan kristus,   partitur hymne pemuda gmim,   lirik lagu mars wanita sinode gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   lirik hymne remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim,   lirik lagu mars guru sekolah minggu jemaat GMIM,   lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata cara ibadah wki gmim,   mars kaum ibu sinode gmim,   renungan lentera gmim,   RENUNGAN MTPJ I TAWARIKH 17 : 16-27,   not angka hymne pemuda gmim,   klat hymne pemuda gmim,   mars kaum ibu sinode gmim,   TATA IBADAH WANITA KAUM IBU GMIM,   lirik lagu hymne pemuda gmim sol mi sa si,   mars wanita kaum ibu gmim,   mars wki gmim,   renungan lentera gmim,   mars anak sekolah minggu gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah baptisan dewasa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   renungan lentera gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 7-13 april,   mtpj 7-13 april,   not balok hymne pemuda gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lagu rohani gmim ksk,   susunan ibadah katekisasi gmim,   mtpj markus 10:32-45,   liturgi ibadah wki gmim,   tata cara ibadah pemuda gmim bentuk praise and worship,   liturgi ibadah wki gmim,   lirik lagu amin versi gmim kristus manado,   lirik lagu amin versi gmim kristus manado,   renungan pria kaum bapa gmim 2018,   lirik lagu mars wanita kaum ibu gmim,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   Khotbah sengsara GMIM dari yohanes 16:16-33,   mars pemuda gmim,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   lirik mars wki gmim,   mars wki gmim,   tata cara ibadah wki gmim,   tata cara ibadah wki gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   doa syafaat ibadah kaum ibu gmim,   doa syafaat ibadah kaum ibu gmim,   doa syafaat ibadah kaum ibu gmim,   lagu lagu pembukaan ibadah kristen gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   renungan lentera gmim,   contoh tata cara ibadah pkb gmim bulan maret 2019,   contoh tata cara ibadah pkb gmim bulan maret 2019,   donwload lagu mars pemuda gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1043,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=1043,   tata cara ibadah wanita kaum ibu gmim,   kunci gitar hymne pemuda gmim,