gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 12120 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN: "Penginjilan, Pendidikan dan Pengucapan Syukur Sebagai

Sarana Kesaksian Gereja"
TEMA MINGGUAN: "Kualitas Hidup Orang Kristen"
Bahan Alkitab : Filipi 4:2-9

Filipi 4:2-9
Nasihat-nasihat terakhir
4:2 Euodia kunasihati dan Sintikhe kunasihati, supaya sehati sepikir dalam Tuhan. 4:3 Bahkan, kuminta kepadamu juga, Sunsugos, temanku yang setia: tolonglah mereka. Karena mereka telah berjuang dengan aku dalam pekabaran Injil, bersama-sama dengan Klemens dan kawan-kawanku sekerja yang lain, yang nama-namanya tercantum dalam kitab kehidupan. 4:4 Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah! 4:5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat! 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. 4:9 Dan apa yang telah kamu pelajari dan apa yang telah kamu terima, dan apa yang telah kamu dengar dan apa yang telah kamu lihat padaku, lakukanlah itu. Maka Allah sumber damai sejahtera akan menyertai kamu.

Penjelasan:
* Flp 4:2 - Euodia dan Sintikhe // kunasihati // Sehati sepikir
Euodia dan Sintikhe adalah dua orang perempuan terkemuka di jemaat Filipi yang belakangan mulai saling menjengkelkan. Pengulangan kunasihati menunjukkan bahwa Paulus tidak berpihak. Sehati sepikir. Kembangkan keselarasan pikiran dan watak (bdg. 2:2).

* Flp 4:3 - Sunsugos // teman yang setia // Berjuang dengan aku // Klemens // kitab kehidupan
Untuk mempermudah terjadinya damai Paulus merujuk kepada Sunsugos yang sesuai dengan arti namanya, benar-benar merupakan seorang teman yang setia. Sunsugos rupanya adalah teman seseorang yang diperoleh ketika dibabtis. Jika hanya sebutan saja, dugaan tentang siapa yang dimaksudkan bisa ditarik mulai dari Silas hingga istri Paulus yang diduga bernama Lidia. Synethlesan. Berjuang dengan aku merupakan kiasan yang diambil dari gelanggang pertempuran gladiator (bdg. 1:27). Klemens mungkin ditambahkan untuk mengingatkan mereka akan peristiwa tertentu. Rujukan kepada kitab kehidupan yang didalamnya terdaftar para anggota persemakmuran surgawi memberikan kesan bahwa Klemens dan kawan-kawan mungkin telah mengorbankan hidup mereka ketika surat ini ditulis.

* Flp 4:4 - senantiasa // bersukacitalah // dalam Tuhan. 5 // kebaikan hati // Tuhan sudah dekat
Chairete adalah sebuah ungkapan perpisahan yang umum dipakai. Penambahan kata senantiasa menunjukkan bahwa yang ada dalam pikiran Paulus adalah artinya yang lebih dalam, bersukacitalah. Pengulangan menunjukkan bahwa keadaan di Filipi adalah sedemikian rupa sehingga nasihat semacam ini rasanya tidak masuk akal. Orang Kristen dapat diperintahkan untuk bersukacita, sebab sumber sukacita mereka bukan dalam situasi tetapi dalam Tuhan. 5. Kata yang agak sulit diartikan epieikes, kebaikan hati menunjuk kepada kesediaan untuk mendengarkan alasan, kesediaan untuk tidak membalas. Motivasi bagi "sikap manis" ini adalah kedatangan kembali Kristus yang sudah dekat. Tuhan sudah dekat. Kata-kata sandi dari gereja mula-mula (bdg. kata Aram yang sama artinya maranatha, dalam I Kor. 16:22).

* Flp 4:6 - Di dalam segala hal // Dengan ucapan syukur
Permusuhan dari kalangan kafir (bdg. 1:28) dapat menimbulkan kekhawatiran. Hal ini harus dihilangkan dengan doa. "Memperhatikan adalah kebajikan, tetapi memelihara kecemasan adalah dosa" (To care is a virtue, but to foster cares in sin, Muller, op. cit., hlm. 141). Di dalam segala hal. Semua yang dapat menimbulkan kekhawatiran jika tidak didoakan. Dengan ucapan syukur. Bersyukur atas apa yang telah dilakukan Allah merupakan sikap yang tepat untuk mengajukan permohonan baru.

* Flp 4:7 - Damai sejahtera Allah // yang melampaui segala akal, // Akan memelihara
Damai sejahtera Allah ialah ketenangan yang dimiliki Allah dan hanya Allah yang dapat memberikannya. Frasa, yang melampaui segala akal, pada umumnya dipahami sebagai ketidakmampuan mutlak dari pikiran manusia untuk memahami kedalaman damai sejahtera Allah ini. Mungkin lebih tepatnya ungkapan ini berarti bahwa damai sejahtera Allah jauh melampaui semua perencanaan cermat dan gagasan cemerlang kita untuk mengatasi kekhawatiran kita. Akan memelihara. Phoureơ, "memelihara," adalah sebuah istilah militer yang berarti "menjaga atau membentengi." Dengan memakai kiasan yang jitu Paulus melukiskan damai sejahtera Allah sebagai seorang pengawal yang bertugas menjaga di gerbang kehidupan batiniah seseorang - pikiran, kehendak dan perasaan.

* Flp 4:8 - Yang benar // Yang mulia // Yang adil // Yang suci // Yang manis // Yang sedap didengar // Semua yang disebut kebajikan // "Pikirkanlah
Di dalam "paragraf tentang kesehatan batin" (Simcox) ini Paulus mengemukakan sejumlah kebajikan yang mungkin sekali berasal dari tulisan seorang tokoh etika Yunani. Dua dari delapan kebajikan yang tercantum tidak disebutkan di bagian Perjanjian Baru mana pun, dan satu hanya muncul di dalam surat ini saja. Yang benar. Berkaitan dengan sifat yang nyata dan hakiki. Yang mulia. Layak untuk dihormati, dimuliakan. Yang adil. Sesuai dengan konsepsi yang tertinggi tentang apa yang benar (Michael). Yang suci. Tidak tercampur dengan unsur-unsur yang akan merendahkan martabat jiwa. Yang manis. Yang mengilhamkan kasih. Yang sedap didengar. Menurut Michael, "segala sesuatu yang enak untuk didengar." Semua yang disebut kebajikan. Oleh Lightfoot diparafrase menjadi "Apa pun yang masih bernilai di dalam konsepsi kafirmu yang lama tentang kebajikan" (hlm. 162). dengan maksud untuk menekankan pertimbangan Paulus untuk tidak mengabaikan sumber rujukan yang ada. Mereka diperintahkan, "Pikirkanlah (logizomai; maksudnya. resapkan) semua kebajikan kafir tersebut.

* Flp 4:9 - "Lakukanlah itu" // Allah sumber damai sejahtera
Di samping itu mereka diperintahkan, "Lakukanlah itu" (Kata perintah prasette adalah dalam bentuk waktu sekarang), yaitu semua moralitas dam etika khusus Kristen yang telah mereka pelajari dari kehidupan dan ajaran sang rasul. Bukan hanya "damai sejahtera Allah" (ay. 7). namun juga Allah sumber damai sejahtera akan menyertai mereka.

ALASAN PEMILIHAN TEMA

Gereja sebagai kepunyaan Tuhan merupakan kumpulan orang percaya yang telah dipanggil oleh Tuhan Allah keluar dari kegelapan dan masuk kepada terang-Nya yang menyelamatkan. Sayang sekali bahwa begitu banyak orang percaya berhenti sampai pada panggilan ini dan lupa bahwa sesudah dipanggil mereka diutus oleh Allah dengan tugas khusus ke dalam dunia. Berita Alkitab dengan jelas menunjukkan bahwa orang percaya bukan hanya dipanggil melainkan juga diutus untuk membawa kesaksian-Nya kepada dunia di mana Allah telah menempat-kannya.

Perenungan di minggu ini hendak mengingatkan jemaat bahwa dalam pelaksanaan tugas kesaksiannya di tengah dunia, setiap orang percaya dituntut memiliki "kualitas hidup orang Kristen." Penginjilan, pendidikan, dan pengucapan syukur orang percaya sebagai sarana untuk bersaksi haruslah memiliki kualitas yang membuatnya dapat menjadi berkat bagi dunia ini. Kualitas apakah yang dimaksudkan? Harus diakui, kurangnya kualitas telah membuat sebagian orang Kristen tidak mampu menjadi berkat bagi sesamanya, bahkan menjadi batu san-dungan bagi orang lain. Orang Kristen justru menunjukkan gaya hidup yang berbeda dari apa yang dikehendaki Tuhan: perselisihan, individualisme, pesta pora, dan gaya hidup bebas sama seperti dunia. Pekabaran Injil dan pendidikan Kristen yang telah dikumandangkan selama 185 tahun di tanah Minahasa adalah waktu yang sangat panjang, namun harus disadari tantangan terbesar gereja di zaman ini adalah menghasilkan orang percaya dengan kualitas sebagaimana yang dikehendaki Tuhan dalam firman-Nya.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Surat-surat yang dituliskan oleh Rasul Paulus pada dasarnya berangkat dari situasi dan kondisi aktual yang dialami oleh jemaat-jemaat penerima suratnya. Surat-surat tersebut dituliskan Paulus dengan tujuan untuk menjawab masalah dan pergumulan yang dihadapi oleh jemaat. Ini merupakan tugas dan bentuk tanggung jawab Paulus sebagai seorang pendiri jemaat maupun orang yang atasnya telah dipercayakan otoritas rasuli dalam jemaat Kristen.

Filipi 4:2-9 adalah bagian dalam surat yang dituliskan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi, yakni ketika ia telah dipenjarakan karena iman dan pemberitaan Injil Yesus Kristus yang dibawanya. Filipi 4:2-9 secara khusus berisi nasihat-nasihat Rasul Paulus kepada jemaat Filipi yang dapat dibagi dalam tiga bagian besar: (1) Panggilan agar hidup bersatu (4:2-3); (2) Nasihat agar bersukacita dan membuang kekuatiran (4:4-7); serta (3) Ketaatan dan damai sejahtera di dalam Allah.

Jemaat Filipi pada dasarnya memiliki pergumulan yang tidak ringan. Jemaat ini harus menghadapi kenyataan bahwa orang-orang yang dianggap memiliki otoritas dalam jemaat-yakni Euodia dan Sintikhe terlibat dalam perselisihan. Perse-lisihan ini jelas bukanlah perkara kecil sebab Paulus sampai harus meminta Sunsugos dan Klemens untuk menolong kedua-nya dalam perselisihan ini. Rasul Paulus dengan tegas mena-sihati Euodia dan Sintikhe agar supaya sehati sepikir di dalam Tuhan dan meninggalkan segala bentuk perselisihan yang tidak berguna. Mengapa hal ini penting? Sebab perselisihan tersebut dapat menghalangi kesaksian jemaat sebagai orang percaya yang telah diselamatkan. Jelaslah bahwa panggilan untuk sehati sepikir ini menunjuk secara langsung pada apa yang dikehendaki Allah di dalam Kristus, yakni agar orang percaya membuang kepentingannya sendiri, terlebih yang menyebabkan perselisihan (Filipi 2:1-4).

Surat Filipi dikenal juga sebagai "surat sukacita," sehingga tidaklah mengherankan bila Paulus meminta jemaat Filipi agar hidup dalam sukacita dan membuang segala bentuk kekuatiran. Penekanan agar jemaat terus hidup di dalam suka-cita ditegaskan dua kali oleh Paulus dalam ayat 4, "Bersuka-citalah senantiasa (Yunani: pantote berarti "selalu") di dalam Tuhan!" Paulus mengingatkan jemaat Filipi bahwa situasi dan kondisi yang berubah tidak boleh menjadi patokan sukacita, melainkan pada Tuhan yang tidak pernah berubah. Inilah sikap hidup yang akan mengusir kekuatiran dan menjadi kesaksian pada orang-orang di sekitar mereka. Kesaksian tersebut akan semakin nyata dalam kehidupan jemaat yang hidup dalam ketaatan dan mencerminkan kekudusan, yakni di dalam apa yang mereka pikirkan, ucapkan, dan lakukan (ayat 8-9). Pada bagian ini, Rasul Paulus menekankan bahwa yang memampu-kan jemaat untuk menjadi saksi adalah Tuhan Allah sendiri dan damai sejahtera-Nya yang menyertai orang percaya dalam tang-gung jawab kesaksiannya. Bagi Paulus, tiga elemen ini jelas ber-sifat fundamental dalam kesaksian orang percaya: persatuan, sukacita, dan ketaatan. Inilah yang menunjukkan kualitas hidup orang percaya di tengah dunia.

Makna dan Implikasi Firman

Menjadi orang percaya merupakan sebuah anugerah besar sekaligus tanggung jawab yang tidak mudah. Anugerah, sebab keselamatan orang percaya di dalam Yesus Kristus dikerjakan dan diberikan oleh Tuhan Allah sendiri tanpa andil sedikit pun dari manusia berdosa. Tanggung jawab, sebab orang percaya yang sudah diselamatkan haruslah hidup dalam ke-taatan penuh kepada Allah yang telah menyelamatkannya, yakni sebagai bentuk ungkapan syukurnya kepada Allah. Tanggung jawab ini sudah seharusnya pula dibarengi dengan kualitas hidup orang percaya. Surat-surat Paulus menunjukkan hal ini, yakni bahwa orang percaya yang sudah diselamatkan akan mengalami perubahan hidup yang dikerjakan terus-menerus oleh Roh Kudus. Bukankah aneh bila seseorang yang mengaku Kristen dan sudah diselamatkan karena iman di dalam Yesus Kristus, namun tidak menunjukkan perubahan hidup dalam pertobatan? Warga jemaat GMIM jelas memiliki kesamaan dengan jemaat Filipi dalam hal pergumulan-pergumulan yang harus dihadapi dalam komunitas orang percaya.

Dalam semangat peringatan 185 tahun HUT PI dan Pendidikan Kristen, warga jemaat GMIM diajak untuk hidup dalam persatuan dan meninggalkan segala bentuk perselisihan atas nama kepentingan pribadi. Hal ini merupakan suatu de-sakan mengingat bahaya perpecahan yang dapat saja terjadi di dalam jemaat-jemaat dan institusi gereja secara khusus. Kualitas persatuan ini haruslah juga diikuti dengan kehidupan yang dijalani dalam sukacita (bukan pesta pora) dan ketaatan dalam hidup setiap hari. Inilah yang menjadikan warga GMIM memiliki kualitas hidup sebagai orang Kristen dan memungkinkannya menjadi kesaksian di tengah dunia ini.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:       

  1. Kualitas hidup orang Kristen yang bagaimanakah yang mau dikatakan Paulus dalam bacaan Alkitab ini?
  2. Adakah hal-hal yang dapat menghalangi kualitas hidup Kristen dalam kehidupan berkeluarga, berjemaat dan berma-syarakat?
  3. Bagaimanakah mewujudnyatakan kehidupan Kristen yang berkualitas lewat tindakan-tindakan konkrit di tengah kehi-dupan jemaat?

POKOK-POKOK DOA:

  • Persatuan dan kesatuan dalam hidup berjemaat dan ber-masyarakat agar terhindar dari segala bentuk perpecahan.
  • Kehidupan jemaat yang semakin bertumbuh dalam ketaatan dan kesetiaan di hadapan Tuhan dan hidup yang penuh kasih terhadap sesama.
  • GMIM yang semakin teguh dan bersatu dalam tugas pelayanan di tengah dunia.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK IV 

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: NKB No. 3 Terpujilah Allah

Sesudah Doa Pembukaan: NNBT. No. 6 Allah Bapa yang Kumuliakan

Ses Pengakuan Dosa dan Pengampunan: KJ No. 37a Batu Karang Yang Teguh

Persembahan: NNBT. No. 15 Hai Seluruh Umat Tuhan

Nyanyian Penutup: NNBT. No. 35 Tuhan, Kau Gembala Yang Baik

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.


Label:   Filipi 4:2-9 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab
1 Korintus 15:1-11(1)
1 Korintus 1:1-9(1)
1 Korintus 1:4(1)
1 Korintus 1:8(2)
1 Petrus 2:1-10(1)
1 Samuel 2:8-9; Yakobus 2:5-11(1)
1 Tawarikh 29:1-9(1)
2 Korintus 8:1-9(1)
2 Samuel 7:18-29(1)
Amsal 3:1-10(1)
Amsal 9:1-18(1)
Ayub 36:1-15(1)
azmur 92:14(1)
Filipi 4:2-9(1)
Kejadian 11:1-9(1)
Kejadian 8:1-22(1)
Kisah Para Rasul 3:1-10(1)
Kisah Para Rasul 4:32-37(1)
Kolose 1:3-14(1)
Kolose 3:18-25(1)
Kolose 3:5-17(1)
Lukas 1:39(1)
Lukas 1:39-45(1)
Lukas 1:40(1)
Lukas 1:41-42a(1)
Lukas 1:42b(1)
Lukas 1:43(1)
Lukas 1:44(1)
Lukas 24:13-35(1)
Lukas 2:21-40(1)
Markus 12:41-44(1)
Markus 15:1-20a(1)
Matius 1:20(1)
Matius 1:24(1)
Matius 1:25(1)
Matius 28:16-20(1)
Matius 3:1-12(1)
Matius 3:1-2(1)
Matius 3:10(1)
Matius 3:11-12(1)
Matius 3:3(1)
Matius 3:4-6(1)
Matius 3:7-8(1)
Matius 3:9-10(1)
Mazmur 106:1-12(2)
Mazmur 25:1-22(1)
Mazmur 25:14(1)
Mazmur 25:15-18(1)
Mazmur 25:19-22(1)
Mazmur 25:4-6(1)
Mazmur 25:7-9(1)
Mazmur 34:1-23(1)
Mazmur 40:17-18; Lukas 4:16-19(1)
Mazmur 92:6-16(1)
Nahum 1:11(1)
Nahum 1:12(1)
Nahum 1:13(1)
Nahum 1:15b(1)
Nahum 1:9-10(1)
Nahum 1:9-15(1)
Obaja 1:1-16(1)
Obaja 1:11-12(1)
Obaja 1:15-16(1)
Obaja 1:3-4(1)
Obaja 1:5-7(1)
Obaja 1:8-10(1)
Pengkhotbah 11:1-8(1)
Roma 8:1-17(1)
Ulangan 16:1-17(1)
Ulangan 8:1-20(1)
Wahyu 2:8-11(1)
Yeremia 10:6-16(1)
Yeremia 12:1 -17(1)
Yeremia 12:10-11(1)
Yeremia 12:12-13(1)
Yeremia 12:14(1)
Yeremia 30:1-11(1)
Yesaya 11:1-10(1)
Yesaya 11:10(1)
Yesaya 11:2-4(1)
Yesaya 11:5(1)
Yesaya 11:6-7(1)
Yesaya 11:8(1)
Yesaya 11:9(1)
Yesaya 35:1-10(1)
Yesaya 49:1-7(1)
Yoel 3:12-13(1)
Yoel 3:18 (1)
Yoel 3:19(1)
Yoel 3:9-21(1)
Yohanes 17:1–26(1)
Yohanes 21:1-14(1)
Yohanes 6:48-59(1)
Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab:
Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Sabtu, 31 Desember 2016 31 Dec 2016 - Matius 1:25

Khotbah 31 Desember 2016 , Malam Akhir Tahun TEMA : Kasih Setia Tuhan di Sepanjang Kehidupan - Mazmur 106:1-12

RHK Jumat, 30 Desember 2016 - Yusuf Mengambil Maria Sebagai Isterinya Matius 1:24

RHK Kamis, 29 Desember 2016 Allah Menyertai Kita Matius 1:22-23

RHK Selasa, 27 Desember 2016 - Allah Sumber Pertolongan - Matius 1:20

Khotbah 26 Desember 2016, Hari Natal 2 - Lukas 2:21-40

Khotbah Malam Natal 24 Desember 2016 TEMA :Bersorak-sorak Menyambut Sang Raja Damai - Zakharia 9:9-10; Lukas 2:8-11

RHK Jumat, 23 Desember 2016 - Kegirangan Memuliakan Tuhan - Lukas 1:44

RHK Kamis, 22 Desember 2016 - Kerendahan Hati - Lukas 1:43

RHK Rabu, 21 Desember 2016 - Memberkati Melalui Pujian - Lukas 1:42b

RHK Senin, 19 Desember 2016 - Salam: Sapaan Kasih - Lukas 1:40

RHK Selasa, 20 Desember 2016 Roh Kudus Melingkupi Elisabeth Lukas 1:41-42a

MTPJ 18 - 24 Desember 2016 Minggu Adven IV - Menyambut Yesus Dengan Kasih Persaudaraan - Lukas 1:39-45

RHK Minggu, 18 Desember 2016 - Mempererat Tali Persaudaraan - Lukas 1:39

RHK Jumat, 16 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Waspada Terhadap Kuasa Kegelapan - Matius 3:10

RHK Sabtu, 17 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hidup Rendah Hati - Matius 3:11-12

RHK Kamis, 15 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Tetap Menyegarkan Hidup Beriman - Matius 3:9-10

RHK Rabu, 14 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Menghasilkan Buah Pertobatan - Matius 3:7-8

RHK Selasa, 13 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Mempersembahkan Talenta Bagi Kemuliaan Tuhan - Matius 3:4-6

RHK Senin, 12 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Meluruskan Jalan Bagi-Nya - Matius 3:3

MTPJ 11 - 17 Desember 2016 Minggu Adven III - Menyambut Yesus Dengan Pertobatan - Matius 3:1-12

RHK Minggu, 11 Desember 2016 - Menanti Yesus dengan Hati yang Bertobat - Matius 3:1-2

RHK Sabtu, 10 Desember 2016 - Rumah Keluarga Kristen: Tempat yang Mulia - Yesaya 11:10

RHK Jumat, 9 Desember 2016 - Jauhkan Perilaku Jahat dan Perilaku Busuk - Yesaya 11:9

RHK Kamis, 8 Desember 2016 - Yang Kuat Tidak Menyakiti yang Lemah - Yesaya 11:8

RHK Rabu, 7 Desember 2016 - Belajar dari Binatang - Yesaya 11:6-7

RHK Selasa, 6 Desember 2016 - Lakukan: Keadilan, Kejujuran, kebenaran dan Kesetiaan - Yesaya 11:5

RHK Senin, 5 Desember 2016 Hidup dalam Tuntunan Roh Kudus - Yesaya 11:2-4

MTPJ 4-10 Desember 2016 Minggu Adven II - Menyongsong Raja Damai - Yesaya 11:1-10

RHK Sabtu, 3 Desember 2016 - Ketulusan dan Kejujuran Hidup - Mazmur 25:19-22

RHK Jumat, 2 Desember 2016 - Mohon Ampun dan Pengasihan Tuhan - Mazmur 25:15-18

RHK Kamis, 1 Desember 2016 - Tuhan Sahabat Karib - Mazmur 25:14

RHK Selasa, 29 November 2016 - Tuhan itu Baik dan Benar - Mazmur 25:7-9

RHK Senin, 28 November 2016 - Jalan Kebenaran dan Kasih Setia Tuhan - Mazmur 25:4-6

MTPJ 27 November s/d 3 Desember 2016 Minggu Adven 1 - Orang Yang Menantikan Tuhan Tidak akan Mendapat Malu - Mazmur 25:1-22

RHK Sabtu, 26 November 2016 - Merayakan Keselamatan - Nahum 1:15b

RHK Kamis, 24 November 2016 - Jatuh dan Tak Bisa Bangkit Lagi - Nahum 1:14

RHK Rabu, 23 November 2016 - Dilepaskan dari Beban dan Belenggu - Nahum 1:13

RHK Selasa, 22 November 2016 - Yang Kuat yang Terkalahkan - Nahum 1:12

RHK Senin, 21 November 2016 - Perancang Kejahatan - Nahum 1:11

MTPJ 20-26 November 2016 - Otoritas Firman Dalam Persekutuan - Nahum 1:9-15

RHK Minggu, 20 November 2016 - Jangan Menentang Tuhan - Nahum 1:9-10

RHK Sabtu, 19 November 2016 Hari Tuhan - Obaja 1:15-16

RHK Jumat, 18 November 2016 Jangan Menindas Orang yang Menderita - Obaja 1:13-14

RHK Kamis, 17 November 2016 Jangan Memandang Rendah - Obaja 1:11-12

RHK Rabu, 16 November 2016 - Penindas akan Dilenyapkan - Obaja 1:8-10

RHK Selasa, 15 November 2016 - Terperangkap Keangkuhan Obaja 1:5-7

RHK Senin, 14 November 2016 - Keangkuhan akan Menjatuhkan - Obaja 1:3-4

MTPJ 13 - 19 November 2016 - Karakter Buruk Merusak Jati Diri dan Persekutuan - Obaja 1:1-16

RHK Jumat, 11 November 2016 - Tuhan adalah Pembela Yoel 3:19

RHK Kamis, 10 November 2016

RHK Rabu, 9 November 2016

RHK Selasa, 8 November 2016

RHK Senin, 7 November 2016 - Yoel 3:12-13

MTPJ 6-12 November 2016 - Yoel 3:9-21 - Umat Dikuduskan, Alam Diberkati

RHK Sabtu, 5 November 2016

RHK Kamis, 3 November 2016

RHK Rabu, 2 November 2016

31 Oktober 2016 Hari Alkitab dan Reformasi Gereja

MTPJ Minggu, 30 Oktober-5 November 2016 - Menanggalkan Manusia Lama dan Mengenakan Manusia Baru - Kolose 3:5-17

RHK Jumat, 28 Oktober 2016 - Tak Bercacat Sampai pada Hari Tuhan - 1 Korintus 1:8

RHK Kamis, 27 Oktober 2016 - Jangan Kekurangan Satu Karunia pun! - 1 Korintus 1:8

RHK Selasa, 25 Oktober 2016 - Bersyukur atas Anugerah Allah bagi Sesama 1 Korintus 1:4

MTPJ 23 - 29 Oktober 2016 - Memelihara Kekudusan Bergereja 1 Korintus 1:1-9

RHK Jumat, 21 Oktober 2016 - Yeremia 12:14

RHK Kamis, 20 Oktober 2016 - Yeremia 12:12-13

RHK Rabu, 19 Oktober 2016 - Gembala yang Baik - Yeremia 12:10-11

RHK Selasa, 18 Oktober 2016 - Hidup yang Mengandalkan Tuhan - Yeremia 12:7-9

MTPJ 16-22 Oktober 2016 - Tuhan Menghukum dan Memulihkan untuk Keadilan - Yeremia 12:1 -17

MTPJ 9 - 15 Oktober 2016 - Jabatan adalah Anugerah Tuhan

MTPJ 2-8 Oktober 2016 - Tubuh dan Darah Kristus yang Menyelamatkan - Yohanes 6:48-59

MTPJ 25 September s/d 1 Oktober 2016 - Gereja yang Kudus, Am dan Rasuli - 1 Petrus 2:1-10

MTPJ 18-24 September 2016 - Gereja yang Membawa Kabar Bahagia - Matius 5:1-12

MTPJ 11 - 17 September 2016 - Umat yang Terus Berkarya Pengkhotbah 11:1-8

MTPJ 4 - 10 September 2016 - Pengakuan Umat: Tuhan Semesta Alam Yeremia 10:6-16

MTPJ 28 Agustus s/d 3 September 2016 - Hikmat Tuhan Membawa Berkat - Amsal 3:1-10

MTPJ 21-27 Agustus 2016 - Hidup dalam Kasih Karunia - Kisah Para Rasul 4:32-37

MTPJ 14 - 20 Agustus 2016 - Kerelaan Memberi - Markus 12:41-44

RHK Minggu, 14 Agustus 2016 Yesus Mengetahui Setiap Persembahan - Markus 12:41a

MTPJ 7 - 13 Agustus 2016 - Bersyukur Atas Penyelamatan Tuhan - Yesaya 35:1-10

MTPJ 31 Juli-6 Agustus 2016 - Keluarga Yang Diberkati Untuk Menjadi Berkat - 2 Samuel 7:18-29

RHK Jumat, 29 Juli 2016 - Ditanam di Bait Tuhan Mazmur 92:14

MTPJ 24 - 30 Juli 2016 - Berbuah Sampai Masa Tua - Mazmur 92:6-16

MTPJ 17 - 23 Juli 2016 - Mazmur 65:2-14 - Bersyukur Atas Berkat Tuhan

MTPJ 10-16 Juli 2016 - Pengucapan Syukur Memperkuat Persekutuan, Kesaksian dan Pelayanan - Ulangan 16:1-17

MTPJ 3-9 Juli 2016 - Buah Pekabaran Injil - Kolose 1:3-14

MTPJ 26 Juni - 2 Juli 2016 - Kualitas Hidup Orang Kristen - Filipi 4:2-9

MTPJ 19-25 Juni 2016 - Hikmat Yang Membangun - Amsal 9:1-18

MTPJ 12 - 18 Juni 2016 - Menabur Benih Injil Matius 28:16-20

MTPJ 5-11 Juni 2016 Ketaatan Membawa Berkat, Ketidaktaatan Membawa Malapetaka - Ulangan 8:1-20

MTPJ 29 Mei - 4 Juni 2016 Memberi Karena Cinta - 1 Tawarikh 29:1-9

MTPJ 22-28 Mei 2016 Kesatuan Dalam Keanekaragaman Yohanes 17:1-26

16 Mei 2016 Pentakosta 2 & HAPSA P/KB - Bapa Pelopor Perdamaian Kolose 3:18-25

MTPJ 15 - 21 Mei 2016 Pentakosta 1 - Kuasa Yang Menghidupkan - Roma 8:1-17

MTPJ 8 - 14 Mei 2016 Komunikasi Dapat Menyatukan dan Mengacaukan - Kejadian 11:1-9

MTPJ 1 - 7 Mei 2016 Diberdayakan Bukan Diperdayakan Kisah Para Rasul 3:1-10

MTPJ 24 - 30 April 2016 Melawan Radikalisme -Bahan Alkitab : Lukas 6:27-36

MTPJ 17 - 23 April 2016 - Kejadian 8:1-22 - Selamatkan Bumi

MTPJ 10 - 16 April 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 21:1-14

MTPJ 3 - 9 April 2016 - Berjalan Bersama Yesus Yang Telah Bangkit - Lukas 24:13-35

28 Maret 2016 Paskah II

MTPJ 27 Maret - 2 April 2016 Paskah 1 - 1 Korintus 15:1-11

25 Maret 2016 Jumat Agung

MTPJ 20 - 26 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Markus 15:1-20a

MTPJ 13 - 19 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Yohanes 16:16-33

MTPJ 6 - 12 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 34:1-23

MTPJ 28 Februari - 5 Maret 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Wahyu 2:8-11

MTPJ 21-27 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 14-20 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Ayub 36:1-15

MTPJ 7-13 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kisah Para Rasul 17:22-34

MTPJ 31 Januari s/d 06 Februari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 24-30 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 17-23 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 2 Korintus 8:1-9

MTPJ 10-16 Januari 2016 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 03-09 Januari 2016 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(34)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(3)

Arsip Pembacaan Alkitab..


Register
Login



contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   contoh Tata Cara ibadah Kolom GMIM,   tata ibadah gmim 2019,   lyrik mars pkb gmim,   lyrik mars pkb gmim,   mtpj gmim oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim 2019,   download lagu anak panah pemuda gmim,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   MTPJ Bulan Oktober 2019,   tata ibadah gmim,   mars guru sekolah minggu gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   Nada dasar lagu mars wki gmim,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   pengajaran baptisan kufus GMIM,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah gmim,   lagu gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   contoh doa pnyembahan gmim,   tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   buku tata ibadah gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   Nyanyian pembukaan ibadah Gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   hymne pemuda gmim paduan suara Zaitun kiawa,   download tata gereja gmim 2016 pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata ibadah kreatif gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lirik mars wki sinode gmim,   mars wki gmim,   anak sekolah minggu gmim lyric,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   download video doa bapa kami gmim,   tata cara ibadah pemudagmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   tata gereja gmim 2017,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah kolom gmim,   renungan pelita pria kaum bapa gmim september 2019,   Lirik lagu hymne pria kaum bapa gmim,   Doa gmim,   Doa gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   not angka hymne pemuda gmim,   tata cara ibadah kaum bapa GMIM,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   ata ibadah kolom GMIM,   renungan wki gmim 2019,   renungan wki gmim 2019,   susunan lagu ibadah gmim,   susunan lagu ibadah gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   MTPJ GMIM september 2019,   download slide tata cara ibadah gmim,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   Lirik lagu mars remaja gmim,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   midi hymne remaja gmim,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   download sing for jesus mp3 GMIM,   lirik lagu mars kaum bapa gmim,   hymne pemuda gmim pdf,   hymne pemuda gmim chord,   midi hymne remaja gmim,   doa pkb gmim,   renungan asm gmim bulan Agustus 2019,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim,   lirik aku anak sekolah minggu gmim,   lagu rohani gmim,   mars anak sekolah minggu gmim,   renungan lentera gmim 2019,   lagu pembacaan alkitab gmim,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Pembacaan Alkitab gmim,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   hymne pemuda gmim partitur,   tata cara ibadah gmim,   contoh tata ibadah gmim hut proklamasi ke-74,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   rhk gmim 11 agustus 2019,   rhk gmim minggu 11 agustus 2019,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   mars kaum ibu gmim,   tata ibadah minggu gmim,   download tata gereja gmim 2016,   tata gereja gmim 2016 pdf,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata cara ibadah GMIM,   renungan gmim pria kaum bpk 2019,   doa syafaat gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   contoh tata ibadah gmim ,   not lagu choir mars remaja gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   renungan pkb gmim,   tatacara gmim ibadah bentuk 3 dengan lagu,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   kumpulan tata ibadah gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   mars pkb gmim lirik,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   TATA IBADAH GMIM,   peraturan Gereja GMIM tentang katekisasi,   liturgi ibadah gmim,   chord mars pemuda gmim,   download slide tata cara ibadah gmim,   renungan pelita pkb gmim januari 2019,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   liturgi kolom GMIM sinode,   tata cara ibadah kolom gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   liturgi remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lagu lagu gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   liturgi ibadah kolom gmim,   lirik lagu pengucapan syukur gmim,   Lirk hymne remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   lirik mars wki gmim,   hymne pemuda gmim partitur satb,   hymne remaja gmim lirik,   download lagu hymne pemuda gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   hymne pemuda gmim alto note,   hymne pemuda gmim alto,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah WKI gmim lengkap dengan doa,   lirik dan chord hymne pemuda gmim,   Mtpj gmim filipi 4:2-9,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   Lirik lagu dan chord himne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   lagu-lagu kpi gmim,   tata cara ibadah protestan GMIM 2019,