gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 4756 kali
Download MP3 Music
Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

TEMA BULANAN:" Membangun Solidaritas Dalam Keluarga"

TEMA MINGGUAN:"Berkat Tuhan Untuk Keluarga"
Bahan Alkitab: Mazmur 128:1-6; Ibrani 13:1-5

Mazmur 128:1-6;

Konteks
Berkat atas rumah tangga
128:1 Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! 128:2 Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu! 128:3 Isterimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu! 128:4 Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN. 128:5 Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu, 128:6 dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel!


* Berkat // Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan

1-4. Berkat bagi Rumah Tangga. Berbahagialah setiap orang yang takut akan Tuhan. Pemazmur mengawali dengan pernyataan bahwa kebahagiaan adalah bagian atau nasib orang yang mengerti takut akan Tuhan dan hidup menurut jalan-jalan-Nya. Orang tersebut baik keadaannya, sebab dia makan dari hasil jerih payahnya sendiri, tidak kehilangan hasil-hasil itu pada masa kekeringan atau membaginya dengan tuan-tuan tanah yang menindas. Istrinya diibaratkan pohon anggur yang berbuah lebat, sementara anak-anaknya dipersamakan dengan tunas yang lembut dari pohon zaitun. Gambaran tentang kepuasan, sukacita, kelimpahan dan keadaan produktif ini melukiskan bagaimana orang-orang yang takut akan Allah menemukan kebahagiaan yang sempurna.

* Mzm 128:5-6 - Engkau melihat kebahagiaan Yerusalem // dari Sion // singkat, Damai sejahtera atas Israel
Berkat-berkat atas Umat. Engkau melihat kebahagiaan Yerusalem. Bagian sangat penting dari berkat yang dinikmati oleh orang yang takut akan Allah tidak hanya berasal dari rumah tangganya - dari Sion. Kebersamaan masyarakat Israel terlihat melalui penyesuaian mazmur ini untuk ibadah bersama. Seperti Mazmur 125, mazmur ini ditutup dengan doa singkat, Damai sejahtera atas Israel.

* Kesalehan dan kebahagiaan
Mazmur 128 ini dekat dengan mazmur sebelumnya karena membicarakan berkat Tuhan atas keluarga dan kerja keras (lih. 127:2). Mazmur 128 menekankan sikap "takut akan Tuhan" (1, 4) sebagai dasar berkat dalam keluarga. Sama seperti mazmur sebelumnya, mazmur ziarah ini bisa dikategorikan mazmur hikmat (band. Ams. 1:7). Ada banyak penafsir yang percaya bahwa mazmur ini juga dipakai sebagai doa bagi pasangan baru dalam acara pernikahan tradisi Israel.

Bagian pertama dari mazmur ini (ay. 1-4) berbicara mengenai akibat hidup takut akan Tuhan. Mereka yang takut akan Tuhan dan bekerja keras akan diberkati (1-2). Iman seseorang kepada pemeliharaan Allah, dan ketekunannya dalam berusaha mendatangkan berkat yang berkecukupan. Keluarga pun ikut diberkati (3) dengan kebahagiaan yang bersumber dari Tuhan sendiri (5a; dari Sion, tempat kediaman Allah). Bagian kedua dari mazmur ini (ay. 5-6) memberikan nuansa yang meluas karena berkat bagi mereka yang takut akan Tuhan bukan hanya dirasakan dalam lingkup rumah tangga, tetapi juga dalam masyarakat dan bangsa. Keluarga yang takut akan Tuhan merupakan pilar-pilar pembentuk bangsa yang kokoh (5) dan membawa kesejahteraan bagi generasi yang akan datang (6).

Di tengah keterpurukan moral bangsa kita, kita harus ingat betapa eratnya hubungan antara iman dan keadaan bangsa ini. Iman yang didasarkan pada takut akan Tuhan akan menghasilkan bangsa yang kuat dan sejahtera. Setiap orang Kristen dipanggil menjadi agen perubahan di tengah-tengah bangsa yang korup ini. Tuhan Yesus Kristus akan mencurahkan berkat-Nya yang melimpah kepada setiap kita yang takut kepada-Nya (Ef. 1:3).

Doakanlah: Keluarga-keluarga Kristen agar menjalankan prinsip firman Tuhan: "takut akan Tuhan" sehingga menjadi kesaksian bagi masyarakat luas dan ikut serta mereformasi kehidupan bangsa agar lebih bermoral dan berintegritas.



Ibrani 13:1-5

Konteks
Nasihat dan doa selamat
13:1 Peliharalah kasih persaudaraan! 13:2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. 13:3 Ingatlah akan orang-orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang-orang hukuman. Dan ingatlah akan orang-orang yang diperlakukan sewenang-wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini. 13:4 Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah. 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."


* Ibr 13:1-6 - kasih persaudaraan // dipelihara // orang (asing) // menjamu malaikat-malaikat // orang-orang hukuman // kamu sendiri juga // janganlah kamu menjadi hamba uang // apa yang ada padamu // dengan yakin kita dapat berkata ... Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?
Situasi yang normal dibahas dahulu. Seperti pada surat I Yohanes, kasih persaudaraan harus dipelihara. Salah satu bukti tetap dari kehidupan Kristen ialah cara orang Kristen berhubungan dengan sesamanya. Karena tidak ada tempat peristirahatan umum, keramahan juga dikemukakan, khususnya dalam hal orang (asing) yang mengenal Kristus. Matius 25:35-40 mengemukakan hal yang paling mirip dengan menjamu malaikat-malaikat (elathon, "tidak sadar").

Tugas-tugas sosial atau hubungan antara manusia ini kemudian diperluas hingga mencakup juga orang-orang di penjara orang-orang hukuman. Ungkapan kamu sendiri juga mengandung arti simpati dan persamaan. Orang-orang percaya diperintahkan untuk berbagi dengan orang-orang hukuman seakan-akan mereka sendiri adalah orang hukuman. Istilah "ikut merasakan" mencakup hal yang dimaksud. Selama orang-orang percaya masih di dalam tubuh jasmaniah ini, setiap orang mungkin saja menderita karena permusuhan atau dipenjarakan. Oleh karena itu mereka disuruh berbagi rasa.

Kemudian, tentu saja, hubungan kemanusiaan yang paling dekat, yakni pernikahan, harus menunjukkan semua keindahan dari kehidupan Kristen. Jika orang-orang Ibrani ini tinggal di Roma atau di kota-kota yang sudah rusak moralnya di bagian Timur Laut Tengah, maka mereka berada di tengah-tengah masyarakat di mana kesucian dan kesetiaan terhadap hubungan pernikahan kurang diperhatikan. Di sisi yang lain juga terdapat berbagai kelompok keagamaan yang menekankan petarakan dan askese. Petarakan bukan sebuah cara mengamankan diri dari kedursilaan; pernikahan yang terhormat merupakan hidup yang paling sempurna. Kesucian di dalam ikatan pernikahan merupakan suatu kesaksian kristiani yang kuat. Orang yang jengak dan liar suatu saat harus mempertanggungjawabkan dosa dan perilaku mereka kepada Allah.

Mengenai keuangan, penulis mengingatkan, janganlah kamu menjadi hamba uang. Aphilargyros artinya "tidak mencintai uang," dan bukan serakah. Gaya hidup atau sikap yang harus dikembangkan ialah kepuasan dengan hal-hal yang tersedia, atau apa yang ada padamu. Jika gelombang penyalahgunaan dilemparkan pada orang-orang Kristen Yahudi ini oleh kalangan lain yang lebih makmur karena mereka kurang makmur. maka inilah nasihat yang sangat praktis dan serius dari Perjanjian Baru. Bukannya menikmati harta milik, orang Kristen hendaknya menikmati kehadiran dan pemeliharaan Allah, sebab Dia tidak akan pernah meninggalkan atau melupakan mereka. Jadi dengan yakin kita dapat berkata ... Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku? Anak kalimat terakhir merupakan pertanyaan yang tepat sekali. Yosua 23:14 dan Mazmur 118:6 memberikan kesaksian tentang kesetiaan Allah.


* Iman dalam praktik
Wujud iman tidak hanya tampak dari keyakinan orang Kristen untuk tidak menyangkal Kristus dan ketekunannya mengikut Dia, tetapi harus juga dapat dilihat dan dipraktikkan dalam hidup sehari-hari. Praktik iman harus dimulai dari lingkungan sendiri, yaitu keluarga dan gereja.

Nasihat-nasihat penulis Ibrani ini bersifat praktis agar iman para pembacanya dapat dilihat oleh orang banyak. Tekanan dari luar, penganiayaan dari orang-orang Yahudi yang membenci kekristenan tidak boleh menjadi alasan untuk hanya peduli pada diri sendiri. Justru mereka harus meneguhkan kasih persaudaraan agar bisa saling menguatkan (ayat 1). Wujud nyata kasih persaudaraan adalah kerelaan memberikan tumpangan kepada sesama anak Tuhan (ayat 2). Mungkin penganiayaan yang datang pada mereka berasal dari keluarga sendiri yang mengusir anak Tuhan ke luar rumahnya. Apabila ini terjadi maka kewajiban sesama anak Tuhan untuk menampung mereka. Terlebih lagi mereka yang dipenjarakan karena iman. Kasih sejati berani mengambil risiko menolong mereka (ayat 3). Sementara itu, mereka harus menjaga kekudusan rumah tangga mereka dan tidak membiarkan masalah keuangan menghancurkan keharmonisan keluarga mereka (ayat 4-5). Kehidupan mereka juga harus kudus agar para musuh Kristen tidak dapat memfitnah mereka. Tuhan sendiri yang akan menanggung dan menjamin hidup mereka. Kristus yang sudah menebus jiwa mereka pasti akan memelihara kehidupan mereka (ayat 5b-6).

Ketika iman diserang dari luar, benteng pertahanan kita adalah Tuhan. Dia beserta kita melalui Roh Kudus-Nya yang tinggal dalam hati orang percaya. Namun, kita harus saling menguatkan dan menopang supaya tidak seorang pun dari kita menjadi lemah dan menyerah. Hadapi musuh dengan hidup kudus dan tidak bercela.

Doaku: Jadikan aku alat kasih-Mu bukan hanya sewaktu hidupku aman, namun pada saat sesamaku membutuhkan kekuatan dan ketabahan bagi imannya.


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Pada saat-saat liburan kita dapat melakukan berbagai aktivitas bahkan rekreasi bersama sebagai satu keluarga: kita dapat beribadah, membaca Alkitab bahkan berbagi cerita untuk lebih mendekatkan diri satu dengan yang lain.

Liburan dan kebersamaan dalam keluarga adalah berkat Tuhan yang terindah, sebab "berkat" bukan hanya berarti uang dan harta, tetapi juga suasana yang senang dan nyaman. Pada kenyataannya keluarga tidak mengalami suasana yang disebut-kan tadi, karena mereka tidak lagi mengandalkan Tuhan, hanya mementingkan mencari harta, orang tua sibuk bekerja dan akhirnya anak-anak terabaikan. Selain itu ada keluarga yang tidak lagi harmonis karena suami dan istri mencari kesenangan  dengan perempuan dan laki-laki lain (bahugel) serta terjebak pada miras (minuman keras), seks bebas, dan lain-lain, sehingga perhatian kepada anak-anak terabaikan.

Keluarga yang harmonis adalah keluarga yang saling mengasihi, anak yang menghormati orang tua dan orang tua yang memberi contoh dan teladan.

Sebagai orang percaya kita memahami bahwa berkat dan kebahagiaan itu adalah anugerah Tuhan bagi setiap keluarga yang mau melakukan apa yang dikehendaki Tuhan. Melalui bacaan dan perenungan firman Tuhan di sepanjang minggu ini kita akan belajar apa arti sesungguhnya dari berkat Tuhan untuk keluarga kita, serta kitapun dipanggil untuk menjadi saluran berkat bagi banyak orang.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

  • Mazmur 128:1-6

Mazmur ini merupakan nyanyian ziarah (dimulai dari pasal 120-134). Dikatakan sebagai nyanyian ziarah secara harfiah artinya "nyanyian kenaikan" karena digunakan oleh umat ketika melakukan perjalanan ziarahnya ke Yerusalem, dimana Bait Allah berada dan umat hendak merayakan hari raya. Khususnya pasal 128:1 ini diawali dengan konsep orang yang berbahagia adalah orang yang takut akan Tuhan dan menurut jalan yang ditunjukkan-Nya (bandingkan Amsal 28:14). Kebahagiaan yang sesungguhnya hanya ada di dalam Tuhan. Pernyataan ini ditujukan kepada para bapa (suami dalam keluarga), bahwa apabila ia takut akan Tuhan dan melakukan apa yang dikehendaki Tuhan, maka berkat yang lain akan menyusul, yakni : kekuatan dan kemampuan dalam bekerja sehingga akan makan hasil keringat/jerih payahnya (ayat 2). Istrinya akan menjadi seperti "pohon anggur yang subur" (lambing/simbol yang berarti memberi-kan kebahagiaan bagi suaminya). Anak-anaknya seperti "tunas pohon zaitun" (tunas pohon zaitun mudah berkem-bang dan memberikan minyak pada waktunya. Zaitun melambangkan daya hidup dan berkelanjutan (bandingkan Mazmur. 52:10). Dalam Alkitab diungkapkan bahwa "anggur dan minyak" adalah lambang berkat Allah yang tak terhalangi (bandingkan Ulangan 8:8; Hosea 2:22).

Berkat Tuhan dalam keluarga diberikan ketika laki-laki (kepala keluarga) yang hidup takut akan Tuhan. Sebab sebagai kepala keluarga, suami punya tanggung jawab yang besar, ia bukan hanya bekerja, tetapi juga akan mengajak keluarganya untuk percaya sepenuhnya kepada Tuhan, ia menjadi imam dalam keluarga (ay. 4). Sebagai "imam" maka suami berkewajiban mengajak seisi keluarga untuk ber-ibadah, seperti halnya umat Israel yang beribadah di Sion, di Bait Allah, di mana Allah hadir dan dapat dijumpai, sebab dari sanalah berkat itu akan dicurahkan. Di Bait Allah itu hukum Tuhan diperdengarkan dan akan ada kebahagiaan di tengah-tengah keluarga yang berdampak pada suatu komu-nitas umat Tuhan yakni umat Israel yang diam di Yerusalem.

  • Ibrani 13:1-5

Surat Ibrani diperkirakan ditulis setelah tahun 60 dan sebelum tahun 95 M. Surat Ibrani menekankan tentang Yesus yang adalah imam besar yang sempurna, Ia mempersembahkan diri-Nya untuk pengampunan dosa manusia (9:23-10:18). Dengan kematian dan kebangkitan Yesus, maka terbukalah jalan untuk manusia datang kepada Tuhan (4:14-5:10; 7:1-8:13). Dalam surat Ibrani juga kita mengerti bahwa iman adalah "dasar dari segala sesuatu" (11:1) serta kita menjumpai tokoh-tokoh iman di masa lampau (11:2-40).

Khusus dalam pasal 13:1-5 ini kita diajak untuk melihat bagaimana implementasi iman Kristen dalam kehi-dupan sehari-hari, yakni: peliharalah kasih persaudaraan (ayat 1), merupakan kalimat perintah, sebagai suatu ajakan untuk melihat bahwa persaudaraan itu sangat penting, sekalipun berbeda pemahaman, tetapi yang namanya saudara tetaplah saudara. Memberi tumpangan kepada orang lain (ayat 2), bangsa Yunani memberi gelar kepada Zeus, yakni Zeus Xenios, artinya Zeus, dewa orang asing. Pemahamannya bahwa para pengembara dan orang asing berada di bawah perlindungan raja dan para dewa. Pada masa Israel kuno orang sering bepergian dan harus ber-malam di tempat yang sama sekali asing baginya, ketika menerima orang asing, maka penulis surat Ibrani menga-takan "telah menjamu malaikat-malaikat". Pemahaman ini juga muncul dalam cerita Abraham dan Sara yang men-jamu Malaikat (Kejadian 18:1 dan seterusnya). Juga ketika Malaikat menjumpai Manoah untuk memberitahukan kela-hiran Simson (Hakim-Hakim 13:3 dan seterusnya).

Selanjutnya juga dijelaskan bagaimana umat Tuhan menunjukkan solidaritasnya bagi mereka yang tengah di hukum, menerima perlakuan yang sewenang-wenang (ayat 3). Serta yang tidak kalah pentingnya adalah menghormati kesucian pernikahan dengan tidak melakukan perzinahan (ayat 4). Karena perzinahan melawan kekudusan perka-winan. Perzinahan adalah tindakan persetubuhan di luar nikah yang merusak kekudusan pernikahan. Ayat 5, mengungkapkan dengan jelas untuk "jangan menjadi hamba uang", sebab bukankah "akar segala kejahatan adalah cinta uang?" (1 Timotius 6:10). Ayat ini juga menjelaskan tentang ada rasa kecukupan dalam menjalani kehidupan ini, supaya tidak egois dan tidak mementingkan diri sendiri.

Makna dan Implikasi Firman

    Kita hendaknya kembali ke pemahaman Alkitab, bahwa para bapak/suami dalam keluarga punya peran yang sangat strategis, yang dimulai dari kehidupan yang takut dan meng-andalkan Tuhan. Suka bekerja dengan tekun dan sabar, memakan hasil jerih payah sendiri. Ibu/istri yang mau setia dalam Tuhan pasti akan menerima berkat. Anak-anak yang merindukan persekutuan dengan Tuhan, hidup dekat dengan Tuhan, giat belajar dan berusaha, maka masa depan yang cerah akan menjadi bagian mereka. Keluarga yang berbahagia tidak sekedar hanya memiliki harta benda, tetapi juga keluarga yang takut dan melakukan apa yang dikehendaki oleh Tuhan.Pada masa kini, kita diperhadapkan dengan berbagai kemelut serta badai hidup keluarga. Begitu banyak keluarga Kristen yang akhirnya bercerai, anak-anak yang tidak lagi mendapat kasih sayang orang tua sehingga mereka terjerat dalam seks bebas, miras, narkoba dan sebagainya. Pendidikan dalam keluarga terabaikan, seakan-akan tidak lagi ada harapan.

    Keluarga yang diberkati adalah keluarga yang juga mempunyai rasa solidaritas dan kepekaan sosial yang diwujudkan dalam hal memberikan pertolongan bagi sesama. Sehingga tidak ada sifat individualistis yang dipraktekkan oleh keluarga-keluarga Kristen. Bahwa ketika kita peduli dengan sesama kita yang membutuhkan pertolongan, bahkan bagi mereka yang miskin dan melarat maka kita juga akan diberkati oleh Tuhan.

PERTANYAAN DISKUSI

  1. Jelaskan pengertian kita mengenai "keluarga yang diberkati" berdasarkan bacaan saat ini!
  2. Apakah yang dapat kita lakukan sebagai keluarga yang diberkati oleh Tuhan?

NAS PEMBIMBING :  Mazmur 127:1a

POKOK-POKOK DOA :

  • Keluarga-keluarga yang bermasalah supaya tidak bercerai dan kembali berdamai satu terhadap yang lain.
  • Berkat Tuhan kiranya dicurahkan kepada keluarga yang takut dan setia melakukan kehendak Tuhan.
  • Kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan per-tolongan. 

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN : HARI MINGGU BENTUK IV 

NYANYIAN YANG DIUSULKAN :

Persiapan: NNBT No. 5 "Sorak-Sorailah"

Ses. Nas Pembimbing: KJ. No. 447 Dalam Rumah Yang Gembira"

Pengakuan Dosa: NNBT No. 11 Ya Allahku, Kami Mengaku Dosa

Berita Anugerah: NNBT 32 Dunia S"makin Berkabut

Pembacaan Alkitab: KJ No. 318 Berbahagia Tiap Rumah Tangga

Persembahan       : KJ No. 289 Tuhan, Pencipta Semesta

Penutup: KJ No. 249 Serikat Persaudaraan 

ATRIBUT YANG DIGUNAKAN

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang






Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab 2015
1 Samuel 26:23-24; Matius 13:36-43(1)
Amsal 23:12-16; Wahyu 14:6-7(1)
Amsal 3:11-12; Titus 2:11-15(1)
Daniel 12:1-4; Lukas 24:25-27(1)
Kejadian 18:16-33(1)
Mazmur 119:163-168; Yakobus 3:13-18(1)
Mazmur 27:1-4 ;Yohanes 8:12-14(1)
Mikha 7:7-8; 1Korintus 4:1-5(1)
Ulangan 6:1-9; Efesus 2:19-22(1)
Yeremia 17:1-15(1)
Yesaya 60:1-3; Yohanes 1:1-5(1)
Yesaya 9:1-2; 1 Petrus 3:10-12(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login

All Pembacaan Alkitab 2015:

MTPJ 20-26 Desember 2015 Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mazmur 27:1-4 ;Yohanes 8:12-14

MTPJ 13-19 Desember 2015 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Mikha 7:7-8; 1Korintus 4:1-5

MTPJ 6 - 12 Desember 2015 - Terang Tuhan Menyinari Kegelapan Bumi - Yesaya 60:1-3; Yohanes 1:1-5

MTPJ 29 November s/d 5 Desember 2015 - TEMA BULANAN: `Terang Yesus Kristus Bagi Bangsa` - Yesaya 9:1-2; 1 Petrus 3:10-12

MTPJ 22 - 28 November 2015 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - 1 Samuel 26:23-24; Matius 13:36-43

MTPJ 8-14 November 2015 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat - Kejadian 18:16-33

MTPJ 1 - 7 November 2015 - TEMA BULANAN: `Solidaritas Dalam Pengabdian Untuk Kebenaran` - Mazmur 119:163-168; Yakobus 3:13-18

31 Oktober 2015 Hari Alkitab & Reformasi Gereja - Reformasi Untuk Transformasi - Yeremia 17:1-15

MTPJ 25 - 31 Oktober 2015 - Mazmur 119:12-16; 2 Timotius 3:15-17

MTPJ 18-24 Oktober 2015 - Yeremia 2:9-13; Yohanes 7:37-44 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 11 - 17 Oktober 2015 - Daniel 12:1-4; Lukas 24:25-27 - Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat

MTPJ 4 - 10 Oktober 2015

MTPJ 27 Sept - 3 Okt 2015

MTPJ 20 - 26 September 2015

MTPJ 13 - 19 September 2015

MTPJ 26 Juli - 1 Agustus

MTPJ 5 - 11 Juli 2015 TEMA BULANAN: `Membangun Solidaritas Dalam Keluarga` Ulangan 6:1-9; Efesus 2:19-22

MTPJ 28 Juni - 4 Juli 2015 TEMA BULANAN: `Penginjilan dan Pendidikan Sebagai Upaya Membangun Solidaritas Kebangsaan` - Amsal 23:12-16; Wahyu 14:6-7

MTPJ 21-27 Juni 2015 - TEMA BULANAN: `Penginjilan dan Pendidikan Sebagai Upaya membangun Solidaritas Kebangsaan` - Amsal 3:11-12; Titus 2:11-15




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(4)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Pembacaan Alkitab 2015..

Register   Login  

mtpj kolose 3,   mtpj kolose 3,   khotbah gmim Amsal amsal 6 : 1-11,   TATA IBADAH GMIM MINGGU KE II,   tata ibadah gmim tahun baru pertama,   lagu minggu sengsara gmim,   lagu minggu sengsara gmim,   contoh tata ibadah minggu bentuk 1 gmim,   tata ibadah natal dan tahun baru gmim,   contoh tata ibadah natal I GMIM 2020,   tata ibadah natal dan tahun baru GMIM,   gmim,   tata ibadah natal gmim,   ibadah menyambut natal gmim yerusalem batukota,   tata cara ibadah natal kolom gmim,   ibadah menyambut natal yesus kristus kolom 1-6 gmim yerusalem batukota,   Liturgi Ibadah Natal 25 sinode gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lirik mars guru sekolah minggu GMIM,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim desember 2020,   tata ibadah perayaan natal gmim 2020,   tata ibadah menyambut natal kolom gmim minggu advent ke 3,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   tata ibadah minggu advent ke 2 gmim,   TATA IBADAH Natal GMIM,   lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,