gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 302 kali
Download MP3 Music
TEMA MINGGUAN : "Penataan Persekutuan adalah Cerminan Kualitas Pelayanan"
TEMA BULANAN : "Efektifitas Penatalayanan"

BACAAN ALKITAB: Nehemia 7:61-73
7:61 Inilah orang-orang yang berangkat pulang dari Tel-Melah, Tel-Harsa, Kerub, Adon dan Imer, tetapi mereka tidak dapat menyatakan apakah kaum keluarga dan asal-usul mereka termasuk bangsa Israel: 7:62 bani Delaya, bani Tobia, bani Nekoda: enam ratus empat puluh dua orang; 7:63 dan dari antara para imam: bani Habaya, bani Hakos, bani Barzilai. Barzilai itu memperisteri seorang anak perempuan Barzilai, orang Gilead itu, dan sejak itu ia dinamai menurut nama keluarga itu. 7:64 Mereka itu menyelidiki apakah nama mereka tercatat dalam silsilah, tetapi karena itu tidak didapati, maka mereka dinyatakan tidak tahir untuk jabatan imam. 7:65 Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. 7:66 Seluruh jemaah itu bersama-sama ada empat puluh dua ribu tiga ratus enam puluh orang, 7:67 selain dari budak mereka laki-laki dan perempuan yang berjumlah tujuh ribu tiga ratus tiga puluh tujuh orang. Pada mereka ada dua ratus empat puluh lima penyanyi laki-laki dan perempuan. 7:68 Mereka mempunyai tujuh ratus tiga puluh enam ekor kuda, dua ratus empat puluh lima ekor bagal, 7:69 empat ratus tiga puluh lima ekor unta dan enam ribu tujuh ratus dua puluh ekor keledai. 7:70 Sebagian dari kepala kaum keluarga memberi sumbangan untuk pekerjaan itu, sedang kepala daerah memberi sumbangan untuk perbendaharaan seribu dirham emas, lima puluh buah bokor penyiraman, dan lima ratus tiga puluh helai kemeja imam. 7:71 Pula beberapa kepala kaum keluarga memberi sumbangan untuk perbendaharaan pekerjaan itu dua puluh ribu dirham emas dan dua ribu dua ratus mina perak. 7:72 Dan yang disumbangkan oleh orang-orang lain adalah: dua puluh ribu dirham emas, dua ribu mina perak dan enam puluh tujuh helai kemeja imam.
Pembacaan kitab hukum
Hari raya Pondok Daun
7:73 Adapun para imam dan orang-orang Lewi, para penunggu pintu dan para penyanyi, juga sebagian dari rakyat, para budak di bait Allah dan semua orang Israel yang lain menetap di kota-kota mereka. (#8-#1) Ketika tiba bulan yang ketujuh, sedang orang Israel telah menetap di kota-kotanya,


ALASAN PEMILIHAN TEMA
GMIM disebut Gereja yang misioner dan besar sehingga pada tahun 2021 ini akan memasuki dan merayakan 87 tahun bersinode. Memiliki 127 Wilayah. Jemaat 1010, kolom 10.726. Pendeta 2.223 orang Penatua dan Syamas 26.214, GA 254, Jumlah KK 229.813. Anggota Jemaat 803.686 (data 2019 + awal 2020) membutuhkan penatalayanan yang efektif.

Penatalayanan adalah tanggungjawab Gereja me-nyangkut segala pekerjaan untuk mengurus atau mengatur kegiatan pelayanan secara bertanggungjawab. Penatalayanan juga adalah suatu sistem dan proses pelayanan gereja dalam menatalayani segala sumber daya dan dana secara baik dan teratur. Sedangkan kata efektifitas adalah segala kegiatan yang terarah, berjalan baik dan berhasil serta dapat dipertanggung jawabkan.

Untuk mempersiapkan GMIM ke depan apalagi meng-hadapi: Rencana Pelaksanaan Sidang Majelis Sinode juga persiapan tahun 2021 sebagai tahun persiapan Pemilihan Pelsus, dimana Jemaat, Wilayah sampai ke Sinode akan mengikuti tahapan-tahapan antara lain Sensus, Penataan kolom dan lain-lain. Tetapi juga untuk terus menjadi Gereja yang sehat seperti ungkapan-ungkapan ketua BPMS Pdt. DR. Hein Arina dalam beberapa pertemuan maka tema ini di pilih untuk menjadi perenungan kita di minggu berjalan ini yaitu: "Efektifitas Pelayanan". Tema ini menggerakkan kita untuk memahami kenapa gereja memerlukan aturan atau Tata Gereja, dan Pelayan Khusus GMIM terikat dengan aturan-aturan baik sebelum melaksanakan tugas maupun sementara melaksanakan tugas pelayanan.

PEMBAHASAN TEMATIS
* Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Nehemia adalah seorang Yahudi yang dipekerjakan Raja Artahsasta di Puri Susan. Mendapat pekerjaan yang terhormat sebagai juru minum raja tidak membuat ia lupa jati dirinya. Mendengar berita tembok Yerusalem sudah di hancurkan dan pintu-pintu gerbangnya dibakar membuat Nehemia sangat sedih. Kesedihannya tidak dapat ia sembunyikan dan ketika melayani raja ia menyampaikan kerinduannya kepada raja untuk membangun tembok dan pintu kota Yerusalem. Walau pun pada awalnya mendapat tantangan dan perlawanan dari beberapa pihak, tetapi posisi sebagai utusan raja dan bekal surat pengantar raja Artahsasta rencana itu berjalan dengan baik. tetapi juga sangat penting Nehemia bergumul membawa semua dalam doa dan puasanya di hadapan Tuhan (Band. Ezra 10). Berdoa siang malam. Akhirnya doanya dikabulkan Tuhan, ia bersama saudara-saudaranya dapat menyelesaikan pemba-ngunan pintu-pintu gerbang dan tembok kota Yerusalem.

Pembacaan Alkitab kita Nehemia 7:61-73 adalah kesaksian dimana upaya-upaya selanjutnya oleh Nehemia setelah pembangunan itu selesai. Keadaan kota sudah aman dan sekarang mengisi kota itu dengan orang-orang yang akan mendiaminya. Kehadiran kota Yerusalem di pahami sebagai kehadiran pemerintahan Allah, karena itu yang mendiami kota haruslah orang-orang atau keluarga-keluarga yang siap mengikuti pemerintahan Allah. Kemurnian Israel harus dikem-balikan. Berdasarkan hal itu Nehemia membuat penelitian terhadap keluarga-keluarga, asal usul masing-masing keluarga yang akan masuk ke Yerusalem. Kehidupan keluarga Israel ketika terjadi pembuangan dan ketika kota Yerusalem hancur tidak aman, mereka tinggal di kota-kota sekitar, seperti Tel-Melah, Tel-Harsa dan lain-lain. Bertahun-tahun kawin campur yang berakibat sinkritisme tidak dapat dihindari. Nehemia menuntut kemurnian hidup Israel yang akan mendiami kota Yerusalem.

Ayat 61-65 ketika di teliti mereka yang akan masuk mendiami kota-kota Yerusalem, beberapa kelompok keluarga disebut Bani atau keturunan tidak dapat menemukan asal usul mereka sebagai orang Israel. Bahkan di antara mereka, tidak jelas asal usulnya ternyata bertugas sebagai Imam.

Karena tujuan penelitian Nehemia bukan dalam rangka diskriminasi untuk menyingkirkan, tetapi penataan untuk kemur-nian Israel, maka mereka (Imam) yang tidak jelas asal usulnya di putuskan tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, tetapi ada peluang ke depan dengan pengujian menggunakan Urim dan Tumim. Urim dan Tumim kata urami yang berarti terang dan kesempurnaan. Ini adalah benda yang merupakan medium/alat yang dikaitkan pada jubah Imam besar sewaktu-waktu jika diperlukan pencerahan ilahi dengan menggunakan medium ini dapat diperoleh. Orang Yahudi percaya bahwa melalui medium Urim dan Tumim hak-hak Israel apabila di sangsikan atau terancam dapat di pulihkan (bad. Kel. 28:30, Bilangan 27:21, I Samuel 28:6, I Samuel 14:41).

Pentingnya silsilah bagi Israel melalui penataan Nehemia untuk menjaga kemurnian Israel. Dari penelitian ini di dapati: Ada yang termasuk keturunan Israel karena dapat dibuktikan/diketahui tempat asalnya (ayat
26-27). Ada yang diketahui nenek moyang mereka (7:43-56). Ada juga kelom-pok yang tidak jelas.

Jabatan Imam adalah hal yang penting dalam kehidupan orang Yahudi. Identitas Imam menjadi faktor yang sangat penting untuk diteliti. Kemurnian hidup seorang Imam menjadi gambaran kemurnian hidup umat. Ayat 66-72 mencantumkan jumlah/angka baik itu dalam hubungan dengan orang/umat, para Imam, budak, penjaga/ penunggu pintu, profesi sebagai penyanyi tetapi juga jumlah harta yang dimiliki mereka yang akan masuk mendiami kota Yerusalem, hal ini menggambarkan kesungguhan dan ketelitian Nehemia menata kehidupan orang Israel.

Pemberian dalam bentuk sumbangan/persembahan adalah hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan orang Israel. (Band. Keluaran. 23:17, Ulangan. 26: 1,2) ketika memasuki Kota Yerusalem para kepala kaum keluarga Israel juga memberikan sumbangan. Ada yang memberi untuk pekerjaan bangunan tetapi ada juga yang memberi untuk perbendaharaan rumah tukang, dan ada yang memberi untuk keperluan dan pakaian Imam. Mereka yang memberi dicatat oleh Nehemia. Ada kepala kaum keluarga, ada kepala daerah (Pejabat) ada orang orang lain. Catatan ini memberi kesaksian: Baik secara persekutuan keluarga, dalam hubungan dengan jabatan bah-kan pun simpatisan, terpanggil bertanggungjawab untuk memberi dengan ketulusan hati.

Suksesnya penatalayanan yang dibuat Nehemia disambut semua pihak. Hal ini nampak pada kesediaan semua pihak yang menerima dan melakukan apa yang diatur. Imam/orang lewi, penjaga pintu, penyanyi, tetapi juga rakyat, budak bait Allah dan semua orang Israel " Menetap" di kota-kota mereka masing-masing. Artinya mereka merasakan kota dimana mereka tinggal sebagai home bukan hanya sebagai house. Home =tempat yang memberi rasa Syalom. Bukan hanya sebuah bangunan.

* Makna dan Implikasi Firman
Dapat dikatakan apa yang dibuat Nehemia untuk bangsa Israel adalah Penatalayanan yang efektif. Sejak awal seperti yang disaksikan Nehemia 1,2. Nehemia melaksanakan tahapan-tahapan kerjanya dengan membuat perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Juga memperhitungkan berbagai tantangan dan peluang, sumber daya, dana, pola pikir dan tingkah laku orang Israel.

Kita menghadapi pelaksanaan Sidang Majelis Sinode Istimewa tentang Tata Gereja 2021, Sensus jemaat dan penataan mulai dari kolom, semua ini adalah upaya gereja dalam rangka penatalayanan yang efektif. Sensus jemaat yang dilanjutkan dengan penataan kolom adalah upaya gereja bukan hanya sekedar mendapat data jumlah karakter jemaat GMIM atau jumlah keluarga GMIM tetapi juga soal kualitas warga GMIM. Mengetahui potensi setiap pribadi dan keluarga jemaat dalam rangka panggilan bersama itu juga menjadi sasaran pelaksanaan sensus dan penataan jemaat.

Pendataan/Penelitian yang dilakukan Nehemia menjadi perenungan kita untuk pelaksanaan sensus ke depan, agar sensus dan penataan tidak hanya melihat jumlah dan potensi jemaat GMIM tetapi juga kualitas Imam dan kecintaan setiap pribadi dan keluarga kepada GMIM. Masih didapati sebagai anggota GMIM tetapi tidak suka beribadah di GMIM, lebih suka beribadah di gereja lain. Mendapat hak sebagai anggota jemaat GMIM tetapi lebih suka memberi persembahan di gereja lain: mungkin akibat kelalaian para Pendeta GMIM atau Pelayan khusus yang tidak menjadi contoh tentang kemurnian hidup. Pelayan khusus Syamas, Penatua, Guru Agama dan Pendeta adalah cerminan yang harus diteladani oleh jemaat. Orang yang diberkati Tuhan dari predikat/jabatan kedudukan ataupun usahanya terpanggil untuk menopang pekerjaan Tuhan. Pemberian persembahan dalam segala bentuk pembangunan gereja/pelayanan termasuk toga untuk Pendeta, adalah Alkitabiah asalkan diberi dengan sukacita dan ketulusan hati.

Kesetiaan, ketaatan mengikuti segala aturan Tata gereja yang berlaku adalah gambaran dari kemurnian hati untuk berjalan bersama dalam panggilan Tuhan. Kesetiaan Yesus Kristus melaksanakan rencana Bapa, memikul salib, siap menderita, sengsara harus menjadi contoh bagi kita.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

1. Apa tanggapan saudara tentang pendataan yang disertai penelitian yang dilakukan Nehemia terhadap orang-orang yang akan mendiami kota Yerusalem sesuai bacaan Kitab Nehemia 7 : 61-73
2. Dihubungkan dengan pembacaan kita Nehemia 7:61-73 apa pendapat saudara tentang efektifitas penatalayanan gereja kita (GMIM)?
Berikan tanggapan tentang sensus dan pemetaan kolom yang akan kita laksankan tahun ini!

NAS PEMBIMBING: Roma 3 : 20-22a

POKOK-POKOK DOA:
* Rencana pelaksanaan SMSI Perubahan Tata Gereja 2021 agar semua dapat melihat ini sebagai hal penting untuk tanggungjawab bersama.
* Persiapan jemaat, wilayah, sinode memasuki periode pelayanan yang baru ke depan.
* Pemberian diri Yesus Kristus lewat penderitaan salib dan kematian, terus menjadi motivasi sebagai gereja dalam tugas bersekutu, bersaksi dan melayani

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:
MINGGU SENGSARA II.

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:
Persiapan : NNBT No. 7 Mari Puji Tuhan Yesus
Ses Nas Pembimbing : Naper 5 Yesus Hu Yang Ajaib
PengakuanDosa : Bukan Dengan Barang Fana"
Pemberitaan Anugerah Allah : KJ No. 178 Kar'na Kasih-Nya Padaku
Ajakan Mengikut Yesus Di Jalan Sengsara: KJ No. 375 Saya Mau Ikut Yesus
Persembahan: KJ. No. 370 Ku Mau Berjalan Dengan Juruselamatku
Penutup : NNBT No. 34 Tuhanlah Perlindunganku

ATRIBUT:
Warna dasar ungu dengan simbol XP (Khi-Rho), cawan pengucapan, salib dan mahkota duri.

Label:   Nehemia 7:61-73 





Daftar Label dari Kategori Khotbah MTPJ GMIM 2021
1 Petrus 1:3-12(1)
1 RAJA RAJA 10(1)
1 Raja-Raja 10:1-13(1)
1 Tesalonika 5:12-22(1)
1 Yohanes 1:1-10(1)
25:14-30(1)
Amsal 22:1-6(1)
Ezra 7:1-28a(1)
IBRANI 1:5-14(1)
Keluaran 2:11-22(1)
Kisah Para Rasul 16:13-18(1)
Kisah Para Rasul 7:54-8:3(1)
Lukas 17:11-19(2)
Lukas 23:26-32(1)
Lukas 24:1-12(1)
Matius 16:13-20(1)
Matius 25:14-30(1)
Matius 26:69-75(2)
Matius 28:16-20(2)
Mazmur 138:1-8(1)
Mazmur 37:22-26(1)
Nehemia 7:61-73(1)
Wahyu 21:1-8(1)
Yohanes 21:1-14(2)
Yunus 1:1-17(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3


Sebelum:

MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10



All Khotbah MTPJ GMIM 2021:
Khotbah GMIM Minggu, 21 November 2021 - Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
MTPJ 21-27 November 2021 - TEMA MINGGUAN : Pengajaran Seumur Hidup (Long Life Education) - Ulangan 6:1-25 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 14 November 2021 - JANGAN MENDUA HATI - Yakobus 1:1-8 LIRIK
MTPJ Minggu, 14 November - Sabtu, 20 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Jangan Mendua Hati - Yakobus 1:1-8 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 07 November 2021 - Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - Titus 2:1-10 LIRIK
MTPJ GMIM Minggu, 07 November - Sabtu, 13 November 2021 - TEMA MINGGUAN: Bina Keluarga Dengan Ajaran Sehat - TITUS 2:1-10 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 31 Oktober 2021 - Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
MTPJ Minggu, 31 Oktober - Sabtu, 6 November 2021 - Tema Mingguan: Kenakanlah Manusia Baru - Efesus 4:17-32 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 24 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 24 Oktober - 30 Oktober 2021 - Jagalah Kelakuan Sesuai Firman Tuhan - Mazmur 119:9-16 LIRIK
MTPJ Minggu, 17 Oktober - Sabtu, 23 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 17 Oktober 2021 - Merendahkan Diri Di Bawah Tangan Tuhan - 1 Petrus 5:1-11 LIRIK
MTPJ Jumat, 15 Oktober 2021 (Khotbah GMIM Pemilihan Pelsus) - Dipilih Untuk Berbuah - Yohanes 15:16 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 10 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Diteladani - 1 Timotius 3 1-13 LIRIK
MTPJ 10 - 16 Oktober 2021 - Memilih Orang Yang Di Teladani - 1 Timotius 3:1-13 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 03 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 3-9 Oktober 2021 - Pilihlah Orang Yang Cakap Dan Takut Akan Tuhan - Keluaran 18:13-27 LIRIK
MTPJ 30 September 2021 (HUT Ke-87 GMIM Bersinode) - Jangan Suam-Suam Kuku - Wahyu 3:14-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 26 September 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
MTPJ 26 September - 2 Oktober 2021 - Gereja, Pemegang Kunci Kerajaan Sorga - Matius 16:13-20 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
MTPJ 19-25 September 2021 - Tugas Pelayan Memperingatkan Cara Hidup Jemaat - Yehezkiel 3:16-21 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 12 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
MTPJ 12 - 18 September 2021 - Konsekuensi Mengikut Yesus - Matius 4:18-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 - Khotbah GMIM Minggu, 5 September 2021 LIRIK
MTPJ 5 - 11 September 2021 - Jangan Menjadi Pemecah-belah Persekutuan - Yudas 1:17-25 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 29 Agustus 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
MTPJ 29 Agustus - 4 September 2021 - Regenerasi Pelayanan Sesuai Kehendak Allah - 2 Raja-Raja 2:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 22 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1.a LIRIK
MTPJ 22-28 Agustus 2021 - Melayani Demi Kepentingan Kristus - Filipi 2:19-3:1a LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 15 Agustus 2021 - Perlindungan Hukum Bagi Warga Negara - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
MTPJ 15-21 Austus 2021 - Diperlengkapi Untuk Memperkokoh Gereja dan Bangsa - Kisah Para Rasul 22:23-29 LIRIK
KHOTBAH GMIM Minggu, 8 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 8-14 Agustus 2021 - Mengubah Mental Kekerasan Menjadi Melayani - Keluaran 2:11-22 LIRIK
MTPJ 1-7 Agustus 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaa - Yunus 1:1-17 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 25 Juli 2021 - Pembentukan Integritas Kehambaan - Yunus 1:1-17 LIRIK
MTPJ 25-31 Juli 2021 - Kebenaran Versus Dusta - Kisah Para Rasul 5:1-11 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 18 Juli 2021 - PENDIDIKAN ANAK YANG BERKARAKTER - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 18-24 Juli 2021 - Pendidikan Anak yang Berkarakter - Amsal 4:1-17 LIRIK
MTPJ 11 - 17 Juli 2021 - Etika Pengucapan Syukur - 1 Tesalonika 5:12-22 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 04 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
MTPJ 4 Juli - 10 Juli 2021 - Kesadaran Mengucap Syukur dan Memuliakan Allah - Lukas 17:11-19 LIRIK
Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-raja 3:16-28 LIRIK
MTPJ 27 Juni - 3 Juli 2021 - Hikmat Allah Menuntun untuk Bertindak Benar - 1 Raja-Raja 3:16-28 LIRIK
Khotbah GMIM - Minggu, 20 Juni 2021 - Allah Tidak Memandang Bulu - ROMA 2: 1-16 LIRIK
MTPJ 20-26 Juni 2021 - Menerima dan Memberlakukan Keadilan Allah - Roma 2:1-16 LIRIK
MTPJ 13 - 19 Juni 2021 - Allah Adil di tengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7:1-18 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 13 Juni 2021 - Allah Adil Ditengah Kejahatan dan Kelaliman Manusia - Mazmur 7 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 06 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
MTPJ 6 Juni - 12 Juni 2021 - Tanggung Jawab Mengolah Talenta dalam Keadilan Allah - Matius 25:14-30 LIRIK
Khotbah GMIM Minggu, 30 Mei 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 30 Mei - 5 Juni 2021 - Kasih Setia Tuhan, Fondasi Kekuatan Iman - Mazmur 138:1-8 LIRIK
MTPJ 24 Mei 2021 (Hari Petakosta ke II - Hari Persatuan Pria/Kaum Bapa GMIM) LIRIK
MTPJ 23 - 30 Mei 2021 LIRIK
Khotbah Minggu, 16 Mei 2021 - TONGKAT KERAJAAN TUHAN ADALAH TONGKAT KEBENARAN - IBRANI 1:5-14 LIRIK
MTPJ Minggu, 16 Mei 2021 - 22 Mei 2021 - Tongkat Kerajaan Tuhan adalah Tongkat Kebenaran - Ibrani 1:5-14 LIRIK
Khotbah Minggu, 09 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
MTPJ 9 - 15 Mei 2021 - Jadilah Duta Kristus - Matius 28:16-20 LIRIK
Belajar Dari Orang Berhikmat - KHOTBAH 1 RAJA RAJA 10 LIRIK
MTPJ 2 - 8 Mei 2021 - Belajar Dari Orang Berhikmat - 1 Raja-Raja 10:1-13 LIRIK
MTPJ Minggu, 25 April - 1 Mei 2021 - Keadilan Yang Menghidupkan - Ulangan 24:6-22 LIRIK
Keadilan Yang Menghidupkan - ULANGAN 24:6-22 LIRIK
MTPJ 18 - 24 April 2021 - Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 LIRIK
Buktikan Kemurnian Imanmu - 1 Petrus 1:3-12 - KHOTBAH 1 PETRUS 1.3-12 LIRIK
Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 11 - 17 April 2021 - Ketaatan Membangkitkan Semangat Berkarya - Yohanes 21:1-14 LIRIK
MTPJ 4 - 10 April 2021 - Paskah I (Hari Anak GMIM) - Beritakan, Yesus Bangkit - Lukas 24:1-12 LIRIK
MTPJ Minggu, 28 Maret - Minggu, 3 April 2021 (Minggu Sengsara VI) - Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
Tangisilah Dirimu! - Lukas 23:26-32 LIRIK
JANGAN MENYANGKAL YESUS KRISTUS - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 21 - 27 Maret 2021 ( Minggu Sengsara V) - Jangan Menyangkal Yesus Kristus - Matius 26:69-75 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Maret 2021 - Minggu Sengsara IV - Akulah DIA! - Yohanes 18:1-11 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Maret 2021 - Penderitaan Sebagai Konsekuensi Kesetiaan Iman - Kisah Para Rasul 7:54-8:3 LIRIK
MTPJ 28 Februari - 6 Maret 2021 (Minggu Sengsara II) - Efektifitas Penatalayanan - Nehemia 7:61-73 LIRIK
MTPJ 14 - 20 Februari 2021 - Persekutuan dengan Kristus Menuntun Hidup dalam Terang - 1 Yohanes 1:1-10 LIRIK
MTPJ 7 - 13 Februari 2021 - Sinergi Pemerintah dan Gereja dalam Menata Pelayanan - Ezra 7:1-28a LIRIK
MTPJ 31 Januari - 6 Februari 2021 - Kewirausahaan Kristen yang Menopang Pelayanan - Kisah Para Rasul 16:13-18 LIRIK
MTPJ Jumat, 28 Januari 2021 (Hari Persatuan Remaja GMIM) - Diberkati Menjadi Alat Berkat - Amsal 22:1-6 LIRIK
MTPJ 17 - 23 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 10 Januari - 16 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 3 Januari - 9 Januari 2021 LIRIK
MTPJ 2 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari ke Dua) - Mazmur 37:22-26 Penjelasan Ayat LIRIK
MTPJ 1 Januari 2021 (Permulaan Tahun Hari Pertama) - Menyambut Era Baru - Wahyu 21:1-8 LIRIK


MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(22)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(47)
Khotbah MTPJ GMIM 2021(83)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Khotbah MTPJ GMIM 2021..

Register   Login  

mtpj 8 november 2021,   Dodoku GMIM MTPJ,   Khotbah GMIM Minggu ini,   MTPJ GMIM 2021,   mtpj,   mtpj gmim bulan nopember 2021,