gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 404 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN :"Peran Gereja Dalam Menghadirkan Tanda-tanda Kerajaan Allah"
TEMA MINGGUAN :"Pemerintah adalah Hamba Allah"

BACAAN ALKITAB : Roma 13:1-7

Kepatuhan kepada pemerintah
13:1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 13:2 Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. 13:3 Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. 13:4 Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 13:5 Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita. 13:6 Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. 13:7 Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Pemerintah diartikan sebagai sistem yang  menjalankan wewenang dan kekuasaan mengatur kehidupan sosial, ekonomi dan politik suatu negara. Definisi ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuannya adalah untuk menciptakan kedamaian, keteraturan, keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Gereja dan pemerintah merupakan dua lembaga yang berasal dari Allah untuk melaksanakan kehendak-Nya. Orang Kristen memiliki dua kewarganegaraan yaitu  sebagai warga negara dan warga Kerajaan Allah. Sebagai warga negara, orang Kristen dipanggil untuk taat kepada pemerintah. Ketaatan warga gereja terhadap pemerintah tidak terpisahkan dari panggilan dan misi-Nya. Sebagai warga Kerajaan Allah, gereja tidak boleh kehilangan suara kenabiannya terhadap pemerintah jika menyimpang dari tujuannya.

Allah menetapkan pemerintah sebagai hamba Allah untuk melaksanakan keadilan, menegakkan hukum dan  melindungi yang baik di dalam masyarakat. Walaupun pada kenyataannya ada pemerintah yang jahat, itu bukan institusinya tetapi orangnya yang jahat. Pada saat pemerintah menuntut sesuatu yang bertentangan dengan Firman Allah,  maka orang Kristen harus lebih menaati Allah daripada manusia (Kisah 5:29).

Sebagai upaya menindaklanjuti panggilan profetis (kenabian) gereja dalam membangun bangsa dan  mengembangkan sikap positif warga gereja terhadap pemerintah  maka tema minggu ini  "Pemerintah adalah hamba Allah".

 

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Paulus menulis surat Roma di masa pemerintahan Nero menjadi Kaisar Romawi tahun 54-68 M. Ia bersikap sangat kejam terhadap orang Kristen. Kendati demikian, Paulus menasehati orang Kristen bersikap baik, bahkan  takluk kepada pemerintah.

Kata "takluk" (Yun hupotasse-taat, patuh) berarti menaati atau tunduk. Juga menunjukkan sikap yang patut dari seorang Kristen kepada Allah (Yakobus 4:7), gereja kepada Kristus (Efesus 5:24), pemimpin gereja (1 Korintus 16:16), dan budak kepada tuannya (1 Petrus 2:18). Melawan pemerintah sama dengan melawan ketetapan Allah. Tindakan jahat ini mendatangkan hukuman Allah atas dirinya. Ketaatan kepada pemerintah bukan hanya untuk menghindari murka Allah melainkan juga oleh dorongan suara hati yang meneguhkan tindakannya. (ayat 1-2)

Paulus mengingatkan supaya jemaat takluk atau taat kepada pemerintah (Yun. exousia: penguasa duniawi). Takluk dalam arti mengakui otoritas pemerintah dan mematuhi segala peraturan serta undang-undang yang ditetapkannya. Penekanannya bahwa pemerintah berasal dari Allah yang ditetapkan-Nya untuk kebaikan manusia, yaitu: menjalankan keadilan, menyelesaikan pertikaian, melindungi orang yang tidak bersalah, menghukum yang melanggar aturan dan menjaga ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat. Selaku warga negara wujud ketaatan pada pemerintah adalah  berbuat baik, yakni: taat pada peraturan/undang-undang dan tidak usah takut terhadap kekuasaan pemerintah (ayat 3).

Dalam ayat 4-5, disebutkan dua kali bahwa pemerintah adalah hamba Allah, yang diberikan  hak dan otoritas untuk mengatur atau memerintah. Hamba Allah (Yun diakonos=pelayan) artinya pemerintah harus bertindak sesuai dengan kehendak Allah. Ia harus melayani masyarakat dengan bersikap adil, melindungi kebaikan  dan menghukum orang yang berbuat jahat atau melanggar hukum.

Jemaat di Roma diingatkan juga untuk membayar pajak dan berbagai kewajiban lainnya dalam masyarakat. Kewajiban membayar pajak telah ditegaskan Yesus ketika orang-orang Yahudi mencobai-Nya dengan pertanyaan apakah diperbolehkan membayar pajak kepada kaisar atau tidak? Jawaban Yesus adalah berikanlah kepada Kaisar  apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah (Matius 22:17,21) Jadi membayar pajak adalah kewajiban setiap warga kepada negara, karena pajak diperlukan untuk penyelenggaraan pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat. Para pemungut pajak disebut sebagai pelayan Allah (Yun -leitourgos), mereka tidak boleh memungut lebih dari apa yang sudah ditetapkan kepada masyarakat.

Akhirnya Paulus memberi nasehat supaya orang Kristen menghormati semua orang yang menjalankan kekuasaan atas nama Allah demi kebaikan manusia. Rasa hormat dan penghargaan kepada mereka yang berhak menerimanya  tidak melebihi rasa takut akan Allah (ayat 6-7).
Makna dan Implikasi Firman

Menaati pemerintah dengan menjadi warga negara yang baik adalah cara hidup yang patut dilakukan oleh orang Kristen. Ketaatan ini sesuai dengan kehendak Allah. Sebaliknya sikap melawan atau memberontak hanya akan menimbulkan berbagai persoalan.

Pemerintah sebagai hamba Allah harus berusaha dengan baik untuk mewujudkan tatanan hidup masyarakat yang damai, teratur, sejahtera dan berkeadilan bagi seluruh rakyatnya. Namun tidak ada pemerintah yang sempurna. Bagaimana pun baik atau buruknya pemerintah, orang percaya harus tetap menghormati mereka. Jika ada penguasa dalam lembaga pemerintah menyalahgunakan wewenang maka mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kepada Allah sebagai pelayan-pelayan-Nya. Ungkapan pemerintah adalah wakil Allah tidak alkitabiah. Pernyataan ini mengindikasikan kecenderungan seseorang yang berkuasa merasa seperti Allah atau bertindak seperti Allah.

Memaknai perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia, pemerintah harus mempertegas lagi visinya demi mengantar bangsa Indonesia untuk membangun dan mendatangkan sejahtera. Program strategis untuk pertumbuhan ekonomi, kemandirian pangan, pengembangan pariwisata, kelautan/perikanan, pendidikan dan kesehatan dari hulu ke hilir kiranya bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Pajak sebagai bagian dari pendapatan negara harus  dipergunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat dan kesinambungan pembangunan di segala bidang bukan untuk dikorupsi demi kepentingan pribadi.

Kendati setiap orang Kristen "takluk" kepada pemerintah bukan berarti ia kehilangan suara kenabiannya (profetis) terhadap pemerintah yang lalim, korup dan tidak adil. Gereja terpanggil untuk berpartisipasi dalam berbagai aspek pembangunan bangsa dan terus mengingatkan pemerintah untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (good government) dan pemerintahan yang bersih (clean government). Adapun tugas gereja/orang Kristen terhadap negara/pemerintah antara lain: Mengkritisi dan menegur pemerintah yang lalim dan korup, mendoakan pemerintah yang mengatur dunia ini agar masyarakat dapat hidup tenang, memberikan pendampingan rohani bagi  para pejabat negara supaya hidup takut akan Tuhan.

Alkitab secara konsisten mengajarkan bahwa orang Kristen harus lebih takut kepada Allah daripada manusia. Kendati demikian penghargaan dan rasa hormat dari ketulusan hati  patut kita berikan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah agar mereka mendapatkan keleluasaan bekerja  demi kebaikan manusia terutama demi kemuliaan nama Tuhan.

 

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI

    Apa yang dimaksud tentang pemerintah berasal dari Allah dan ditetapkan oleh-Nya menurut perikop bacaan ini ?
    Bagaimanakan peran pemerintah sebagai hamba Allah ?
    Bagaimana tanggungjawab orang percaya terhadap kewajiban membayar pajak kepada Negara

 

NAS PEMBIMBING: Titus 3:1

POKOK-POKOK DOA

    Pemerintah sebagai hamba Allah
    Partisipasi masyarakat dalam membangun bangsa
    Bersikap hormat kepada pemerintah
    Ketaatan membayar pajak

 

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN:

HARI MINGGU BENTUK III

 

NYANYIAN YANG DIUSULKAN

Nyanyian Masuk: NKB No. 1 Hai Kristen, Nyanyilah

Pengakuan Dosa: NKB No. 13 O Allahku, Jenguklah Diriku

Berita Anugerah: NKB No. 21 Ku Diberikan Kidung Baru

Ses Doa Pembacaan Alkitab: KJ No. 53 Tuhan Allah T'lah Berfirman

Ses Pembacaan Alkitab: KJ No.52 Sabda Tuhan Allah

Persembahan : KJ No. 336      Indonesia, Negaraku

Nyanyian Penutup: NKB No.207 Taat, Setia, Bertekad Yang Bulat

 

ATRIBUT:

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang

Label:   Roma 13:1-7 





Daftar Label dari Kategori MTPJ 2019
1 Tawarikh 17:16-27(1)
1 Tawarikh 6:31(1)
Bilangan 27:1-11(1)
Bilangan 27:1-2(1)
Efesus 2:11-22(1)
Lukas 15:11-32(1)
Maleakhi 3:1-12(1)
Markus 1:1-8(1)
Mazmur 128:1-6(1)
Mazmur 146:1-10(1)
Mazmur 37:34-40(1)
Mazmur 96:1-13(1)
Roma 13:1-7(1)
Ulangan 15:12-18(1)
Wahyu 21:9-27(1)
Yeremia 29:1-14(1)
Yeremia 29:1-3(1)
Yohanes 3:16-18(1)
Zakharia 8:1-19(2)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 25 - 31 Agustus 2019 - Penatalayanan yang Profesional - 1 Tawarikh 6:31-53


Sebelum:

MTPJ 11 - 17 Agustus 2019 - Perjuangan Kaum Perempuan Mendobrak Tradisi Ketidakadilan - Bilangan 27:1-11



All MTPJ 2019:
MTPJ Minggu, 29 Desember 2019 s/d Sabtu, 4 Januari 2020 - /Nyanyikanlah dan Ceritakanlah: Allah adalah Raja atas Kosmos - Mazmur 96:1-13



MTPJ Selasa, 24 Desember 2019 (Malam Natal - Anak Allah Datang Memberi Hidup Kekal - Yohanes 3:16-18 Penjelasan Ayat



MTPJ Minggu 22- Sabtu 28 Desember 2019 Minggu Adven 4 - Kedatangan Mesias Untuk Melayani - Markus 1:1-8



MTPJ 8-14 Desember 2019 (Minggu Adven 2) - Kembalilah Kepada-Ku, Aku Akan Kembali Kepada-Mu - Maleakhi 3:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 1-7 Desember 2019 - Allah Datang untuk Merangkul dan Memulihkan - Mikha 4:6-14 - Minggu Adven 1



MTPJ 17-23 November 2019 - Tuhan itu Baik pada Umat-Nya, tetapi Menghukum Lawan-Nya - Nahum 1:1-8



MTPJ 10-16 November 2019 - Mengamalkan Iman dengan Tidak Memandang Muka - Yakobus 2:1-13



MTPJ 03-09 November 2019 - Diusir dari Taman Kebahagiaan - Kejadian 3:1-24



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 29 Sept - 5 Okt 2019 - Menabur Damai Sejahtera, Menuai Berkat - Zakharia 8:1-19



MTPJ 22 - 28 September - Jadilah Teladan - 1 Timotius 4:1-16



MTPJ 15 - 21 September 2019 - Bangkitlah, Jadilah Terang - Yesaya 60:1-22



MTPJ 8 - 14 September 2019 - Rumah Sorgawi Bagi yang Setia - Wahyu 21:9-27



RHK Minggu, 1 September 2019 - Pemimpin yang Berintegritas - Ezra 8:15



MTPJ 25 - 31 Agustus 2019 - Penatalayanan yang Profesional - 1 Tawarikh 6:31-53



RHK Minggu, 25 Agustus 2019 - Pujian Jemaat untuk Tuhan - 1 Tawarikh 6:31



MTPJ 18 - 24 Agustus 2019 - Pemerintah adalah Hamba Allah - Roma 13:1-7



MTPJ 11 - 17 Agustus 2019 - Perjuangan Kaum Perempuan Mendobrak Tradisi Ketidakadilan - Bilangan 27:1-11



RHK Minggu, 11 Agustus 2019 - Menyelesaikan Persoalan dengan Prosedur yang Tepat - Bilangan 27:1-2



MTPJ 5 Agustus 2019 Hari Kesehatan GMIM - Kemerdekan yang Saling Membebaskan - Ulangan 15:12-18



MTPJ 4 - 10 Agustus 2019 - Mengusahakan Kesejahteraan Kota - Yeremia 29:1-14



RHK Minggu, 4 Agustus 2019 - Menjadi Pembawa Kabar Sukacita - Yeremia 29:1-3



MTPJ 28 Juli s/d 3 Agustus 2019 - Keluarga: Ikutlah Jalan Tuhan - Mazmur 37:34-40



MTPJ 21 - 27 Juli 2019 - Beribadah dan Menghormati Tuhan Mendatangkan Berkat - Imamat 26:1-13



MTPJ 23-29 Juni 2019



MTPJ 16 - 22 Juni 2019



MTPJ 10 Juni 2019 (Hari Raya Pentakosta 2) dan HAPSA P/KB GMIM



MTPJ 2 - 8 Juni 2019 - Keluarga yang Diberkati - Mazmur 128:1-6



MTPJ 19-25 Mei 2019 - Gereja yang Membangun Bangsa - Efesus 2:11-22



MTPJ 12 - 18 Mei 2019 - Berdoa untuk Keluarga - 1 Tawarikh 17:16-27



MTPJ 5 - 11 Mei 2019 - Pemulihan yang Holistik - Yehezkiel 47:1-12 Penjelasan Ayat



MTPJ 22 April 2019 Hari Raya Paskah II & Hari Persekutuan Pemuda GMIM



MTPJ 14 - 20 April 2019 (Minggu Sengsara VI) - Yohanes 18:38b-19:16a



MTPJ, 24-30 Maret 2019 Minggu Sengsara III



MTPJ, 17 - 23 Maret 2019 Minggu Sengsara II



MTPJ, 10 - 16 Maret 2019 (Minggu Sengsara I)



MTPJ 24 Feb - 2 Maret 2019 - Lebih dari Pemenang - Roma 8:28-39



MTPJ, 17 - 23 Februari 2019 - Andalkan Allah dan Bukan Manusia - Mazmur 146:1-10



MTPJ 10 - 16 Februari 2019



MTPJ Minggu, 3 Februari 2019 - Tuhan Yesus adalah Yang Awal dan Yang Akhir - Wahyu 22:6-17



MTPJ Minggu, 27 Januari 2019 - Kota yang Diberkati - Yeremia 33:1-9



MTPJ Minggu, 13 Januari 2019 - Pemeliharaan Tuhan bagi Kehidupan Manusia dan Alam - Yehezkiel 34:24-31






Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah Minggu GMIM 2020(1)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
MTPJ GMIM 2020(7)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(4)

Arsip MTPJ 2019..


Register   Login  

Konsultasi PEMBUATAN WEB
Hubungi saya di 0812 8595 8481 (via WA)


tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata ibadah pra natal gmim 2019,   mtpj zakaria 8"20-23,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   tata ibadah menyambut natal wki gmim,   TATA IBADAH NATAL PEMUDA GMIM,   tata ibadah pra natal gmim,   Not pianika mars anak sekolah minggu gmim,   liturgi natal sekolah minggu gmim,   tata ibadah hut jemaat gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   mptj gmim desember 2019,   tata ibadah gmim desember 2019 sd januari 2020,   mtpj 8 desember 2019,   tata cara natal gmim 2019,