gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 604 kali
Download MP3 Music
TEMA BULANAN : "Penatalayan yang Memiliki Kapabilitas, Integritas dan Komitmen"
TEMA MINGGUAN : "Hidup ada Dalam Rancangan Allah"

Bacaan Alkitab :
Matius 26:47-56
Yesus ditangkap
26:47 Waktu Yesus masih berbicara datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. 26:48 Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: "Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia." 26:49 Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi," lalu mencium Dia. 26:50 Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Hai teman, untuk itukah engkau datang?" Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. 26:51 Tetapi seorang dari mereka yang menyertai Yesus mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkannya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya. 26:52 Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang. 26:53 Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku? 26:54 Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?" 26:55 Pada saat itu Yesus berkata kepada orang banyak: "Sangkamu Aku ini penyamun, maka kamu datang lengkap dengan pedang dan pentung untuk menangkap Aku? Padahal tiap-tiap hari Aku duduk mengajar di Bait Allah, dan kamu tidak menangkap Aku. 26:56 Akan tetapi semua ini terjadi supaya genap yang ada tertulis dalam kitab nabi-nabi." Lalu semua murid itu meninggalkan Dia dan melarikan diri.


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Kehidupan masa kini diwarnai dengan persaingan yang dapat berakibat saling menyalahkan sehingga terjadi gesekan dan konflik; Ingin menang sendiri dan mengabaikan pendapat yang lain. Bahkan faktanya, cara-cara kekerasan dilegitimasi sehingga mengakibatkan kerugian bagi seseorang atau kelompok lain. Ada orang suka dengan persekongkolan yang jahat sehingga berdampak pada persekutuan yang tidak harmonis lagi. Hubungan antar sesama manusia telah melewati batas-batas privasi seseorang. Berteman dalam perseku-tuan satu jemaat, di kantor, dipekerjaan bahkan melalui media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, ternyata tidak cukup untuk membangun persahabatan yang baik dengan teman malahan media sosial dijadikan ajang untuk saling memfitnah dan mencaci maki. Hubungan yang akrap menjadi rusak, ketentraman menjadi hilang. Manusia berpikir dia mampu membuat hidupnya menjadi baik lewat upayanya sendiri. Padahal hidup menjadi baik terletak pada anuge-rah Tuhan yang telah berkarya untuk menyelamatkan manusia yang berdosa melalui penderitaan dan salib serta kebangkitan Kristus. Apa yang kita pikirkan dan rencanakan semua itu ada dalam kuasa Tuhan untuk meraih keberhasilan. Untuk itu tema minggu ini adalah Hidup ada dalam Rancangan Tuhan.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Injil Matius menceritakan Yesus Kristus sebagai Anak Manusia, Mesias, untuk membangun Israel Baru, suatu kerajaan yang melampaui batas-batas premodialisme sehingga tidak ada lagi orang Yahudi dan non Yahudi. Sikap Yesus yang terbuka dengan orang-orang lain menyebabkan penolakan dari pihak Yahudi terutama para imam, ahli Taurat dan orang Farisi. Di taman Getsemani, Yesus sudah mengetahui apa yang harus Ia jalani sekalipun dalam kemanusiaan-Nya, hati-Nya sangat sedih. Ia berdoa "Ya Bapa-Ku jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki. Tapi apa yang terjadi tidaklah demikian malahan Yesus ditangkap karena penghianatan Yudas seorang murid Yesus. Yudas datang menemui Yesus dengan membawa rombongan yang besar dengan alat pedang dan pentung untuk menunjukkan kekuataan manusia, padahal tanpa alat ini pun, mereka dapat menangkap Yesus karena mereka banyak. Yudas memanfaatkan ketidaksukaan pemimpin-pemimpin Yahudi untuk memperoleh keuntungan de-ngan menjual Yesus seharga tiga puluh keping perak. Yudas menjadi murid yang tidak tulus mengikut Yesus ia hanya memikirkan nafsu jahatnya. Anehnya lagi imam-imam dan tua-tua bangsa Yahudi yang mengerti tentang "kebenaran Firman", justru melihat Yesus sebagai musuh yang harus dihilangkan. Supaya tidak mencurigakan dan salah tangkap maka Yudas memakai bahasa tubuh (ciumam) untuk menunjukan sasaran penangkapan "orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkap Dia "Dan segera ia maju mendapatkan Yesus dan berkata: "Salam Rabi," lalu mencium Dia. Ayat 48,49). Hal ini mempelihatkan bahwa betapa liciknya Yudas dengan mencium Yesus sehingga memperlihatkan seakan-akan dia adalah "Pahla-wan" dalam penangkapan Yesus. Untuk mencium Yesus, Yudas minta permisi dengan berkata "Salam Rabi" sebagai istilah seorang guru Yahudi yang disegani pada pada waktu itu. Bentuk pengakuan Yudas bahwa Yesus sebagai Rabi ternyata tidak sesuai dengan tindakannya. Ciuman Yudas ini adalah suatu pengkhiatan yang sangat berbahaya, musuh dalam selimut. Yesus tidak mengadakan perlawanan, bahkan Ia menyapa Yudas, "Hai teman, untuk itukah engkau datang? Maka majulah mereka memegang Yesus dan menangkap-Nya. (ayat 50). Suatu sapaan penyerahan diri Yesus kepada orang banyak. "Yesus menyapa Yudas "Hai teman" sebenarnya mengingatkan kembali hubungan awal antara Yesus dengan murid-murid-Nya termasuk Yudas.

Suasana penangkapan Yesus makin tidak kondusif oleh karena ada seorang dari mereka yang menyertai Yesus dengan serta merta mengulurkan tangannya, menghunus pedangnya dan menetakkan-nya kepada hamba Imam Besar sehingga putus telinganya (Ayat 51). Sebagai murid, mereka merasa bertanggungjawab untuk membela Yesus. Bagi Yesus sangat berbahaya mengunakan kekerasan untuk membela diri sehingga Yesus berkata: Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barang siapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang Ayat 52. Memasukan kembali pedang ke sarung mau menunjukkan bahwa Yesus menghendaki orang per-caya tidak mengunakan kekuatannya untuk membela dirinya tetapi menyerahkan hidupnya kepada Allah. Yesus memperingatkan bahwa siapa menggunakan pedang, akan binasa oleh pedang, siapa yang merangcang kejahatan akan dimakan oleh kejahatan. Yesus bukan berarti tidak dapat berbuat apa-apa seperti yang Ia telah lakukan dengan mengadakan banyak tanda mujizat sebelummnya tetapi Dia harus tunduk pada rancangan Allah sebagaimana dinubuatkan kitab suci. Yesus menyinggung sikap segerombolan orang yang hendak menangkap-Nya mengambarkan sikap manusia yang sering menggangap sebagai penjahat/musuh. Yesus menjelas-kan bahwa tiap-tiap hari Ia duduk mengajar di Bait Allah tapi mereka takut menangkap Yesus. Sekalipun hal ini sudah ada dalam rancangan Tuhan Allah tetapi tidak seharusnya para murid Yesus meninggalkan-Nya apapun resikonya. Orang yang tidak memahami rancangan Tuhan cenderung lari dari tanggungjawab.

Makna dan Implikasi Firman

Hidup dalam rancangan Allah adalah merupakan pernyataan iman bahwa Tuhan yang berkuasa atas manusia. Kita dapat saja merancang sesuatu yang benar dimata Allah dan memberi nilai hidup bagi banyak orang. Tapi jika sebaliknya hal tersebut menjadi suatu kejahatan dan tidak menjadi berkat. Ada orang sudah lama berteman namun karena kepentingan berbeda sehingga saling menjatuhkan. Hal ini terdapat juga dikalangan orang Kristen yang sebenarnya telah merima keselamatan melalui Kasih karunia Allah namun masih suka saling "baku cungkel" dalam satu pesekutuan apapun. Bahkan kejahatan tidak saja dilakukan oleh seseorang tapi melalui persekongkolan orang banyak.

Pemerintah dan Gereja harus bekerja keras untuk memberantas penyakit masyarakat seperti kekerasan dalam rumah tangga, pencurian, korupsi, peselingkuhan, merusak lingkungan sehingga banyak yang mengalami kerugian. Belum juga intoleran dan radikalisme dengan paham yang bertentangan dengan nilai kristiani dan Pancasila telah merusakan sebagian tatanan hidup di Negara Indonesia. Rasa iri, dengki dan kebencian masih ada orang yang suka mempraktekkannya termasuk dengan cara-cara kekerasan. Apalagi dalam dunia politik sering terdengar "musuh dalam selimut" karena terjadi persaingan yang tidak sehat untuk memperebutkan jabatan atau kedudukan. Termasuk dalam pelayanan gereja.

Rancangan Allah adalah untuk keselamatan dan menerima hidup yang kekal, akan tetapi manusia sering berpikir bahwa baik atau buruk tergantung pada dirinya. Untuk mewujudkan keinginan manusia dapat saja menghalalkan segala cara. Manusia sering lupa bahwa ia diciptakan untuk menghadirkan syalom "damai sejahtera". Bahkan Yesuspun harus datang untuk menyelamatkan manusia. Sayangnya karena tidak sejalan dengan pikiran dan keinginan manusia, Dia dikhianati dan disalibkan. Inilah kegagalan manusia yang nyata dalam kepribadian Yudas. Tiga puluh keping perak bukanlah jawaban atas keinginannya yang oleh karenanya berakibat pada gantung diri. Kepentingan pribadi sangat mengganggu kepen-tingan bersama sebagai satu tubuh Kristus di GMIM. Hal ini terlihat di media sosial yang dijadikan ajang untuk ujaran kebencian, padahal kita dapat mengunakannya untuk saling menguatkan dan memba-ngun keutuhan bersama. Dapat saja ada anggota jemaat yang sudah lama bersahabat, ketika bertemu tidak saja bersalaman, tetapi mencium pipi kiri dan kanan. Inipun tidak membuat persahabatan semakin erat karena terjadi konflik kepentingan sehingga persaha-batan yang telah lama dibangun hancur seketika. Sebagai warga gereja dan Pelayan Khusus dapat saja seperti penyamun dalam gereja, yang artinya prorgam gereja sudah disepakati dalam sidang-sidang gereja tetapi tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Bahkan lebih berbahaya lagi ketika ada "kekerasan" dalam jemaat mengunakan pedang dan pentung yang menjelma dalam bentuk saling mencaci maki. Kita diajarkan untuk membalas kejahatan dengan kebaikan sama seperti Yesus tidak melawan untuk ditang-kap, diadili, disalibkan mati dan bangkit pada hari ketiga dan naik ke sorga duduk di sebelah kanan Allah Bapa dan mencurahkan Roh Kudus kepada umat dan Gereja.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:

    Kisah penangkapan Yesus dalam Matius 26:47-56 yang dihubungkan dengan terwujudnya kehendak Allah dalam Yesus maka, apa maksud Yesus mengatakan bahwa: Jika begitu bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam kitab suci yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian ayat 54?
    Masih adakah anggota gereja mengunakan "pedang dan pentung" untuk menghalangi rancangan Tuhan, dan apa yang perlu kita lakukan ?

NAS PEMBIMBING: Amsal 19:21

POKOK - POKOK DOA :

    Rancangan Tuhan bagi Badan Pekerja Majelis Sinode Periode Pelayanan 2018-2022
    Keutuhan dan Persekutuan Gereja Masehi Injili di Minahasa supaya tetap berlangsung dengan baik.
    Keluarga-keluarga GMIM supaya tetap diberkati Tuhan menjadi keluarga yang harmonis.

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: MINGGU SENGSARA VI

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: NNBT No. 4 Naikkan Doa Pada Allah

Ses. Nas Pemb: S'mua Baik

Pengakuan Dosa: KJ No. 35 Tercurah Darah Tuhanku

Pemberitaan Anugerah Allah: DSL 115 Putih Bersih

Ajakan Mengikuti Yesus di Jalan Sengsara: KJ No. 344 Ingat Akan Nama Yesus

Ses Doa, Pembacaan Alkitab: PKJ No. 15 Kusiapkan Hatiku Tuhan

Persembahan: NKB No. 83 Nun Di Bukit Yang Jauh

Nyanyian Penutup: Pengharapanku

ATRIBUT:

Warna dasar ungu dengan simbol XP (Khi-Rho), cawan pengucapan, salib dan mahkota duri.

Label:   Matius 26:47-56 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab GMIM 2018
1 Korintus 12:1-11(1)
1 Raja-Raja 12:16-17(1)
1 Raja-Raja 12:16-24(1)
1 Yohanes 4:7-21(1)
2 Timotius 2:1-13(1)
2 Timotius 3:10-17(2)
Ayub 5:27(1)
Kejadian 13:1-18(1)
Kejadian 1:1-31(1)
Kejadian 39:1-23(1)
Kejadian 50:15(1)
Kejadian 50:21(1)
Kejadian 6:9-22(1)
Keluaran 4:1-17(1)
Kidung Agung 1:1-8(1)
Kisah Para Rasul 15:33-34(1)
Kisah Para Rasul 17:10-15(1)
Lukas 16:10-18(1)
Lukas 2:1-7(1)
Maleakhi 2:10-16(1)
Markus 10:13-16(1)
Markus 10:35-45(1)
Markus 16:1-2(1)
Matius 16:21-28(1)
Matius 26:47-56(1)
Mazmur 71:17-24(1)
Pengkhotbah 3:1-15(1)
Roma 10:4-15(1)
Roma 1:16-17(1)
Ulangan 31:1-8(1)
Yesaya 28:23-29(2)
Yesaya 6:1-13(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

Jumat Agung 30 Maret 2018 - Setia Sampai Mati - Bacaan Alkitab : Yohanes 19 : 28 - 30


Sebelum:

MTPJ 18 - 24 Maret 2017 Minggu Sengsara V



All Pembacaan Alkitab GMIM 2018:

MTPJ 24 Desember 2018 Khotbah Malam Natal - Menyambut Kelahiran Yesus - Lukas 2:1-7

MTPJ 23 s-d 29 Desember 2018 (Minggu Adven 4) - Yesus Kristus Penyelamat Dunia - 1 Yohanes 4:7-21

MTPJ 2 s-d 8 Desember 2018 (Minggu Adven 1)

MTPJ 25 November s/d 1 Desember 2018 - Gunakan Media Sebagai Sarana Pelayanan - Keluaran 4:1-17

RHK Sabtu, 10 November 2018 - Ungkapan yang Menghibur, Menenangkan Hati - Kejadian 50:21

RHK Minggu, 4 November 2018 - Berprasangka Buruk Bukanlah Hal yang Baik - Kejadian 50:15

MTPJ 28 Oktober s/d 3 November 2018 - Stop Hoax - Matius 28:11-15

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

RHK Sabtu, 20 Oktober 2018 - Melangkah dengan Damai - Kisah Para Rasul 15:33-34

MTPJ 14 s-d 20 Oktober 2018 - Media Sebagai Sarana Memelihara Kehidupan Beriman - Kisah Para Rasul 15:22-34

MTPJ 7 s-d 13 Oktober 2018 - Gereja di Era Digital - Kejadian 6:9-22

MTPJ 30 Sept - 6 Oktober 2018 - Gunakan Karunia untuk Kepentingan Bersama - 1 Korintus 12:1-11

Pembacaan Alkitab GMIM MTPJ 23 s-d 29 September 2018 - Cinta Allah Menerobos Perbedaan - Kidung Agung 1:1-8

MTPJ 16 - 22 September 2018 - Panggilan Gereja Memelihara Perdamaian di Tengah Masyarakat Majemuk - Kejadian 13:1-18

MTPJ 2 - 8 September 2018 - Firman Allah Menjadikan Orang Lebih Baik Hati - Kisah Para Rasul 17:10-15

MTPJ 26 Agust s/d 1 Sept 2018 Komitmen Iman Di Tengah Keberagaman - Maleakhi 2:10-16

MTPJ 19 s-d 25 Agustus 2018

MTPJ 12 - 18 Agustus 2018

MTPJ 5 s-d 11 Agustus 2018

MTPJ 22 s-d 28 Juli 2018 - Markus 10:13-16

MTPJ 15 s d 21 Juli 2018 - Pengalaman Membentuk dan Memperteguh Hidup dalam Pengharapan Iman - Pengkhotbah 3:1-15

MTPJ 8 s-d 14 Juli 2018 - Kebajikan Allah (Bersyukur adalah Karakter Orang Percaya) - Mazmur 111:1-10

MTPJ 1 s-d 7 July 2018 - Hidup sebagai anak-anak terang (Mengertilah Kehendak Tuhan) - Efesus 5:1-21

MTPJ 24 s-d 30 Juni 2018 - Pendidikan Seumur Hidup - Mazmur 71:17-24

MTPJ 17 s-d 23 Juni 2018 - Firman Mempersatukan dan Menyelamatkan Bangsa - Roma 10:4-15

MTPJ 12 Juni 2018 (HUT PI dan Pendidikan Kristen ke-187) - Injil Yang Menyelamatkan - Roma 1:16-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

RHK Sabtu, 9 Juni 2018 - Keterbatasan Pengetahuan Manusia - Ayub 5:27

MTPJ 3 s/d 9 Juni 2018 - Allah Mendidik Umat-Nya - Ayub 5:17-27

MTPJ 27 Mei s/d 2 Juni 2018

MTPJ 20 - 26 Mei 2018 ( Hari Raya Pentakosta1)

MTPJ 6 - 12 Mei 2018 - Kesetiaan Dimulai dari Hal-hal Kecil - Lukas 16:10-18

MTPJ 29 April s/d 5 Mei 2018 - Pemimpin yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi - 1 Raja-Raja 12:16-24

RHK Minggu, 22 April 2018 Doa dan Puasa adalah Panggilan Iman Ester 4:1-3

Pembacaan Alkitab GMIM Minggu, 29 April 2018 - Belajar Mendengar 1 Raja-Raja 12:16-17

MTPJ 8 - 14 April 2018

MTPJ 1 - 7 April 2018 Hari Raya Paskah 1 (Hari Anak GMIM)

RHK Minggu, 1 April 2018

Jumat Agung 30 Maret 2018 - Setia Sampai Mati - Bacaan Alkitab : Yohanes 19 : 28 - 30

MTPJ 25 - 31 Maret 2018 - Hidup ada Dalam Rancangan Allah - Minggu Sengsara VI

MTPJ 18 - 24 Maret 2017 Minggu Sengsara V

RHK 11 - 17 Maret 2018 Minggu Sengsara IV - Syarat Mengikut Yesus - Matius 16:21-28

MTPJ 4 - 10 Maret 2018 Minggu Sengsara III - Komitmen Mengikut Yesus

MTPJ 25 Feb. s/d 3 Maret 2018 Minggu Sengsara II - Markus 10:35-45

MTPJ 18 - 24 Februari 2018 Minggu Sengsara I - Panggilan Untuk Ikut Menderita - 2 Timotius 2:1-13

MTPJ 11 - 17 Februari 2018

MTPJ 28 Januari s/d 3 Februari 2018 - Ini Aku, Utuslah Aku - Yesaya 6:1-13

MTPJ 21 - 27 Januari 2018 - Pola Hidup Sehat MendatangkanKecerdasan

MTPJ 14 - 20 Januari 2018 - Kejadian 39:1-23 - Meraih Sukses dengan Iman

MTPJ 7 - 13 Januari 2018 - Tuhan Mencipta, Manusia Memelihara - Kejadian 1:1-31

MTPJ 31 Desember 2017 s/d 6 Januari 2018 - Kemarin, Hari Ini dan Besok Dalam Tangan Tuhan - Ulangan 31:1-8

Pembacaan Alkitab GMIM Januari 2019




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi), PKS (Pwuhken Koul Sarawi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , LIRIK LAGU ROHANI SUNDA, Kidung Kabungahan GKP, Kidung RIA GKJW, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(20)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Khotbah MTPJ GMIM 2020(41)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(42)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Pembacaan Alkitab GMIM Setahun(6)
Tentang GMIM(4)
xxx(6)

Arsip Pembacaan Alkitab GMIM 2018..

Register   Login  

lagu Gmim,   lagu Gmim,   tataibadah pernikahan gmim,   ibadah minggu bentuk ke iv (22 november 2020) jemaat gmim sion winangun,   tata ibadah HUT WKI Sinode GMIM ke 83 2020,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   hymne pemuda gmim yerusalem batukota,   contoh tatacara ibadah Unsur GMIM 2020,   liturgi ibadah pria kaum bapa gmim,   tata ibadah kaum bapak gmim,   contoh tugas khotbah ibadah malam penghiburan mtpj,   tata ibadah gmim,   liturgi gmim kolom ,   liturgi tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   tata ibadah gmim bentuk 2 minggu 12 juli 2020 dodoku,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   mars wanita gereja gmim,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim sentrum bitung ibadah pagi juni 28 ,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   gmim imanuel bahu ibadah minggu 21 juni,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Stola gmim sesudah kenaikan Yesus,   predestinasi gmim,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   TATA IBADAH HARI MINGGU GMIM,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   MTPJ GMIM Kesatuan hati ,   kumpulan lagu rohani gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   Tata ibadah gmim hari minggu 3mei,   tata ibadah kolom gmim,   kumpulan lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   GMIM Liturgi Ibadah Hut,   mars remaja gmim chord,   tata ibadah gmim,   mars remaja gmim chord gitar,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   pembacaan alkitab gmim pada hari ini,   ibadah jumat agung gmim sobat kristus,   liturgi jumad agung GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah jumad agung GMIM,   lagu minggu sengsara gmim,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   Tata ibadah Minggu sengsara 4 GMIM,   tata ibadah kolom gmim,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   MTPJ 29 MARET - 5 APRIL 2020,   lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   NNBT GMIM MP3,   download nnbt GMIM full album,   tata ibadah kolom gmim,   Lagu rohani gmim,   tata ibadah kolom gmim,   lagu rohani gmim,   lagu rohani gmim,   tatacara minggu sengsara gmim,   Tata cara ibadah kolom jemaat gmim,   tata ibadah GMIM,   lirik mars pria kaum bapa gmim mp3,   tata ibadah pagi gmim di pengeras suara,   Tata Greja gmim,   Pencipta mars remaja gmim,   tata ibadah pkb gmim 2019,   tata ibadah pkb gmim 2018,   tata ibadah gmim,    hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   Renungan hamba yang menderita Yesaya 52 MTPJ,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   mars kaum bapa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   tata ibadah gmim bentuk 2,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah gmim,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   LIRIK LAGU KLIK GMIM,   lirik lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah kolom gmim,   tata ibadah kolom gmim,   bacaan alkitab GMIM,minggu 23 februari 2020,   khotbah pria kaum bapa gmim 2020,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   Mtpj gmim Kejadian 39 :1-23,   tata cara ibadah gmim,   lirik mars pkb gmim,   Kumpulan lagu kreatif gmim remaja,   tata gereja gmim 2016,   chord hymne remaja gmim,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   MTPJ GMIM Hamba yang murah hati,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim Komitmen melayani,   Mtpj Gmim tentang pelayan yang murah hati,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim pelayan yang melayani dan berbuah,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   Mtpj gmim Integritas seorang pelayan,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   tata cara ibadah pria kaum bapa gmim 2020,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 5-11 juni 2016,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   rhk gmim senin 8 juni 2015,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   mtpj gmim 2020,   liturgi ibadah gmim,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   renungan gmim mtpj 25 januari 2020,   tata ibadah perjamuan kudus gmim,   mtpj 26-1 januari 2020,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   liturgi nyanyian di gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   tata ibadah baptisan GMIM,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=985,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   mtpj 29 desember 2019 gereja masehi injili minahasa,   Atribut stolam mimbar gmim januari 2020,   tata ibadah menyambut natal gmim 2019,   tata cara ibadah natal bentuk 1 gmim,   tata ibadah pohon terang keluarga gmim,   tata ibadah malam tahun baru gmim,   liturgi natal gmim 2019,   tata ibadah natal 2 gmim,   tata ibadah baptisan gmim,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   https://gmim.lagu-gereja.com/index.php?ipage=988,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   Mtpj Gmim Khotbah Natal keluarga pelayan,   tata ibadah menyambut natal gmim,   tata ibadah natal 26 desember gmim,   pembacaan alkitab gmim januari 2020,   mtpj desember - januari 2020,   gmim,   tata cara ibadah pra natal PKB GMIM,   tata cara ibadah menyambut natal gmim,   liturgi ibadah natal 2019 gmim,