gmim.lagu-gereja.com
Gereja Masehi Injili di Minahasa

View : 530 kali
Download MP3 Music
MTPJ 25 Feb. s/d 3 Maret 2018 Minggu Sengsara II

TEMA BULANAN : "Penatalayan yang Memiliki Kapabilitas, Integritas dan Komitmen"
TEMA MINGGUAN : "Bukan Memerintah, Melainkan Melayani"

Bacaan Alkitab :
Markus 10:35=45
Permintaan Yakobus dan Yohanes Bukan memerintah melainkan melayani
10:35 Lalu Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya: "Guru, kami harap supaya Engkau kiranya mengabulkan suatu permintaan kami!" 10:36 Jawab-Nya kepada mereka: "Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu?" 10:37 Lalu kata mereka: "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, yang seorang lagi di sebelah kanan-Mu dan yang seorang di sebelah kiri-Mu." 10:38 Tetapi kata Yesus kepada mereka: "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" 10:39 Jawab mereka: "Kami dapat." Yesus berkata kepada mereka: "Memang, kamu akan meminum cawan yang harus Kuminum dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. 10:40 Tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa itu telah disediakan." 10:41 Mendengar itu kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. 10:42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. 10:43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, 10:44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. 10:45 Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."


ALASAN PEMILIHAN TEMA

Berbicara mengenai kebesaran, maka ada perbedaan pengertian antara dunia sekuler (bersifat duniawi) dengan pengertian pela-yanan Kristiani. Dunia mendefinisikan kebesaran seseorang dari segi kuasa, harta, martabat dan kedudukan. Jika anda mampu memerintah orang lain dan orang tersebut mengikuti apa yang anda katakan, maka anda adalah seorang yang berhasil.

Pengertian kebesaran menurut Pelayanan Kristiani bahwa kebe-saran tidak dinilai dari statusnya, kekuasaan yang dimilikinya, martabatnya dan kedudukannya sebagai seorang pembesar. Tuhan menentukan kebesaran seorang hamba-Nya bukan ber-dasarkan banyaknya orang yang melayani dia, melainkan sebe-rapa banyak orang yang dilayani dengan kebaikan dan ketu-lusan hati. Bukan dari banyaknya kuasa yang dimiliki dalam Gereja, melainkan berapa banyak kuasa yang dipakainya untuk melayani sesama. Juga tidak ditentukan oleh seberapa mam-punya seseorang mendapatkan keuntungan dalam hal finansial, tetapi Tuhan mengukur kebesaran hamba-Nya dengan kerelaan-nya untuk kehilangan banyak hal yang berharga dalam hidup-nya demi kesejahteraan orang lain. Oleh sebab itu, budaya pelayanan bukanlah budaya yang populer, bahkan menarikpun tidak bagi dunia sekuler.

Dalam kerajaan duniawi, orang suka memerintah dan mengua-sai orang lain dengan memakai pengaruh pribadi untuk membe-sarkan diri dan kekuasaan. Tetapi dalam kerajaan Yesus, kebe-saran yang sebenarnya mengalir dari pelayanan yang rendah dan dengan sukarela. Prinsip tentang kepemimpinan Kristen ialah: "Pemimpin yang melayani dan bukan memerintah/ dilayani, maka pemimpin akan melayani sebagai pemimpin yang berhati hamba/pelayan  dan siap menderita".

Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)

Yakobus, Yohanes dan Petrus adalah murid-murid pertama yang dipilih Yesus (Markus 1:19) dan dikhususkan. Mereka diajak Yesus ke atas gunung (Markus 9:2-8) dan juga mene-mani-Nya di taman Getsemani (Markus 14:34). Konteks terdekat dari Markus 10:35-45 ialah pemberitahuan ketiga mengenai diserahkannya Anak Manusia kepada orang bukan Yahudi, Dia akan dicerca, disiksa sampai mati dan akan bangkit pada hari ketiga (Markus 10:32-34).

Setelah pemberitahuan tentang penderitaan-Nya, mendekatlah Yakobus dan Yohanes anak-anak Zebedeus kepada Yesus dan mengajukan permintaan. Permintaan ini menurut Matius disam-paikan oleh ibu mereka yakni Salome (Matius 20:20-21), saudara perempuan Maria Ibu Yesus (Markus.15:40). Jadi, mereka  adalah sepupu Yesus.

Kata mereka, Guru (Yun: didaskalos searti dengan Rabi) kami harap (kepentingan pribadi) Engkau mengabulkan permintaan kami! Yesus berkata: apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu? "Perkenankanlah kami duduk dalam kemuliaan-Mu kelak...". Kemuliaan (Yun: doksa: kehormatan, kemegahan) yang dimaksud dalam hal ini berkaitan dengan kemuliaan Kristus menjadi Raja dan memerintah segala bangsa (band. Daniel 7:14). Permintaan ini berhubungan dengan janji me-ngenai pahala/upah (Matius 19:28). Inilah "persengkongkolan gerejawi" yang pertama untuk mendapatkan kedudukan dalam Gereja. Peluang ini dimulai dari usaha lewat keluarga (ayat 35-37).

"Kamu tidak tahu apa yang kamu minta"!. Mereka tidak tahu yang diperlukan untuk dapat mencapai tempat-tempat kehormatan itu, mereka hanya melihat tujuan akhir, tetapi jalan yang menuju pada kemuliaan tidak mereka lihat. "Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima? Cawan (Yun: ποτήριον: poterion) merupakan lambang penderitan Yesus terhadap dosa manusia melalui kayu salib (band.Matius 26:39). Baptisan (Yun: baptizein: masuk ke dalam air; bebaptismenos: membenamkan). Jawaban ini menjelaskan bahwa Dia akan meminum cawan penolakan terhadap diri-Nya, Dia sedang dibenamkan dalam baptisan penderitaan. Jadi, kata cawan dan baptis mempunyai kesejajaran makna mengenai penderitaan yang ditanggung oleh Tuhan Yesus dan sebagai respon atas permintaan mereka. Yesus sedang memberitahukan bahwa tanpa salib tak akan pernah ada mahkota. Standar untuk kebesaran atau kemuliaan dalam Kerajaan Allah adalah standar salib  (ayat 38).

"Kami dapat" jawab mereka; inilah cetusan keberanian, mereka siap menderita. Memang kamu akan meminum cawan dan baptisan! Jawaban Yesus ini  menubuatkan tentang penderitaan mereka, dimana Yakobus mati dibunuh (Kisah Para Rasul.12:2) dan Yohanes dipenjarakan dan mati teraniaya (Kisah Para Rasul. 4:3;5:18). Tetapi sekalipun mereka sanggup menjalani penderitaan, namun posisi yang mereka minta, Yesus tidak bisa memenuhinya. "Allah telah menyediakannya" (Lat: passivum divinium) bagi orang-orang tertentu bukan karena diminta apalagi memanfaatkan hubungan keluarga (ayat 39-40).

Permintaan tersebut berdampak pada murid lain sehingga mereka marah. Alasannya mereka tidak ingin menjadi yang terakhir, semua menginginkan posisi terhormat, menjadi besar dan terkemuka (band. Markus 9:34). Mengantisipasi situasi ini, Yesus memanggil mereka dengan menggambarkan pemerintah dunia yang bersifat temporer dan memerintah dengan meng-gunakan kekuasaan atas rakyat dengan kejam dan bukan melayani. Kekuasaan selalu ingin mengungguli kekuasaan yang lain, itulah kerajaan dunia, standar kebesarannya adalah kuasa (ayat 41-42).

"Tidaklah demikian di antara kamu". Yesus mau membedakan cara memerintah dan melayani karena para murid berkeinginan menjadi lebih besar daripada yang lain. Jika ingin menjadi besar terkemuka hendaklah ia menjadi pelayan dan hamba untuk semuanya. Menegaskan bahwa siapa ingin menjadi besar dan terkemuka syarat utamanya harus melayani bukan seperti kepemimpinan sekuler yang menggunakan kekuasaan untuk mengeksploitasi rakyat tetapi menjadi pelayan dan hamba dan meneladani Yesus yang memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Kata "pelayan" (Yun. diakonos), mengekspresikan dengan kuat ide pelayanan untuk kepentingan seseorang. "Hamba" (Yun: doulos: budak, hamba, pelayan artinya seseorang bekerja untuk keperluan orang lain, untuk melaksanakan kehendak orang lain). Kata "hamba" menekankan hubungan ketergantungan dan subordinasi tuan dan hamba. Jadi dalam teks ini, kata pelayan dan hamba mengandung arti yang sejajar, kata-kata tersebut dipakai untuk menunjukkan posisi tanpa kuasa (ayat 43-44).

Ayat 45, Yesus menggunakan gelar "Anak Manusia" (Raja Dunia: menerangkan watak dan misi-Nya, band.Daniel.7:13) gelar yang dikenakan kepada Yesus Kristus untuk menyatakan ke-mesiasan-Nya. Frase "bukan datang untuk dilayani melainkan untuk melayani" menggambarkan satu kehidupan inkarnasi-Nya dimana Ia tidak datang sebagai Raja dimana setiap pribadi/ orang melayani dirinya tetapi Dia datang sebagai hamba untuk melayani orang lain. Melayani (Yun: diakoneō: "mencukupi kebutuhan" atau arti sempitnya "melayani di meja makan"). Yesus bukan hanya mengajarkan para murid untuk menjadi pemimpin yang melayani, melainkan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. Tebusan (Yun: Lytron) berarti ganti rugi, silih, yang diberikan untuk mengembalikan hutang yang tak terbayar dengan cara biasa; "harga sebuah pembebasan" juga seringkali digunakan sebagai pembayaran untuk membebaskan para budak, kata ini memiliki konsep teologis yang digunakan oleh Pengalaman Israel dalam mengalami pembebasan di tanah Mesir.

Makna dan Implikasi Firman

Melayani berarti mengabdi atau menghamba kepada Tuhan dan kepada orang lain, atau pola hidup yang bukan lagi hidup untuk diri sendiri melainkan hidup untuk Tuhan dan orang lain. Melayani adalah mengosongkan diri dan menempatkan kepen-tingan sendiri di bawah kepentingan Tuhan dan kepentingan orang lain. Jadi, melayani merupakan sebuah panggilan iman Gereja sebagai hamba Kerajaan yang terpanggil untuk melayani jemaat/masyarakat melalui keterlibatannya dalam memperjuang-kan "tanda-tanda" Kerajaan Allah".

Panggilan kita ialah melayani bukan untuk dilayani, memerintah dan menguasai. Kita dipilih menjadi pelayan dan hamba bukan raja. Oleh sebab itu kepemimpinan kristen harus berpusat pada Yesus Kristus yang memberikan kehidupan-Nya untuk menjadi tebusan bagi manusia. Dengan menekankan suatu prinsip kebesaran melalui pelayanan  bukan memerintah dan bukan menikmati pelayanan tapi Dia datang untuk melayani. Kerelaan-Nya untuk menaklukkan seluruh hidup dan pelayanan-Nya pada gaya hidup kehambaan merupakan teladan yang harus diikuti oleh semua pengikut-pengikut-Nya. Sehingga "kebesaran hanya dapat dicapai melalui pelayanan. Dan inilah yang dimaksudkan oleh ungkapan "Quam bene vivas, non quam diu refert", bahwa: Kebesaran seseorang itu baru teruji jika ia memberi dirinya untuk melayani, bukan untuk dilayani.

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:       

    Apa kata perikop tentang "bukan memerintah melainkan melayani" ?
    Bagaimana kita memahami konsep hamba dan pelayan dalam pelayanan gereja sekarang, adakah itu dipraktekkan dengan baik? Kalau tidak bagaimana cara mengatasinya?

NAS PEMBIMBING: Yesaya 52:13-15

POKOK-POKOK DOA:

    Menjauhkan diri dari ambisi negatif yang berdampak pada perselisihan
    Para Pemimpin dan Pelayan melayani bukan memerintah
    Pemimpin, pelayan dan jemaat siap berkorban dalam pelayanan

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: MINGGU SENGSARA II

NYANYIAN YANG DIUSULKAN:

Persiapan: KJ No.460 Jika Jiwaku Berdoa

Ses. Nas Pemb : KJ. No. 35  Tercurah Darah Tuhanku

Pengakuan Dosa: KJ. No. 368  Pada Kaki Salib-Mu

Pemberitaan Anugerah Allah: NKB. No. 73  Kasih Tuhanku Lembut

Ajakan Mengikuti Yesus di Jalan Sengsara: NKB. No. 125 Kudengar Panggilan Tuhan

Ses Doa, Pembacaan Alkitab: KJ No. 54 Tak Kita Menyerahkan.

Persembahan      : KJ. No. 367 PadaMu, Tuhan dan Allahku.

Nyanyian Penutup: KJ. No. 436 Lawanlah Godaan.

ATRIBUT:

Warna dasar ungu dengan simbol XP (Khi-Rho), cawan pengucapan, salib dan mahkota duri.

Label:   Markus 10:35-45 





Daftar Label dari Kategori Pembacaan Alkitab GMIM 2018
1 Korintus 12:1-11(1)
1 Raja-Raja 12:16-17(1)
1 Raja-Raja 12:16-24(1)
1 Yohanes 4:7-21(1)
2 Timotius 2:1-13(1)
2 Timotius 3:10-17(2)
Ayub 5:27(1)
Kejadian 13:1-18(1)
Kejadian 1:1-31(1)
Kejadian 39:1-23(1)
Kejadian 50:15(1)
Kejadian 50:21(1)
Kejadian 6:9-22(1)
Keluaran 4:1-17(1)
Kidung Agung 1:1-8(1)
Kisah Para Rasul 15:33-34(1)
Kisah Para Rasul 17:10-15(1)
Lukas 16:10-18(1)
Lukas 2:1-7(1)
Maleakhi 2:10-16(1)
Markus 10:13-16(1)
Markus 10:35-45(1)
Markus 16:1-2(1)
Matius 16:21-28(1)
Matius 26:47-56(1)
Mazmur 71:17-24(1)
Pengkhotbah 3:1-15(1)
Roma 10:4-15(1)
Roma 1:16-17(1)
Ulangan 31:1-8(1)
Yesaya 28:23-29(2)
Yesaya 6:1-13(1)








Pelatihan Online EasyWorship 2009 mulai 06 April 2015
- Soal Latihan 1 EasyWorship 2009 - Pembuatan Slide Tata Ibadah
- Register | Login




Selanjutnya:

MTPJ 4 - 10 Maret 2018 Minggu Sengsara III - Komitmen Mengikut Yesus


Sebelum:

MTPJ 18 - 24 Februari 2018 Minggu Sengsara I - Panggilan Untuk Ikut Menderita - 2 Timotius 2:1-13



All Pembacaan Alkitab GMIM 2018:

MTPJ 24 Desember 2018 Khotbah Malam Natal - Menyambut Kelahiran Yesus - Lukas 2:1-7

MTPJ 23 s-d 29 Desember 2018 (Minggu Adven 4) - Yesus Kristus Penyelamat Dunia - 1 Yohanes 4:7-21

MTPJ 2 s-d 8 Desember 2018 (Minggu Adven 1)

MTPJ 25 November s/d 1 Desember 2018 - Gunakan Media Sebagai Sarana Pelayanan - Keluaran 4:1-17

RHK Sabtu, 10 November 2018 - Ungkapan yang Menghibur, Menenangkan Hati - Kejadian 50:21

RHK Minggu, 4 November 2018 - Berprasangka Buruk Bukanlah Hal yang Baik - Kejadian 50:15

MTPJ 28 Oktober s/d 3 November 2018 - Stop Hoax - Matius 28:11-15

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

MTPJ 21 s-d 27 Oktober 2018 - Bijak Menggunakan Teknologi - Yesaya 28:23-29

RHK Sabtu, 20 Oktober 2018 - Melangkah dengan Damai - Kisah Para Rasul 15:33-34

MTPJ 14 s-d 20 Oktober 2018 - Media Sebagai Sarana Memelihara Kehidupan Beriman - Kisah Para Rasul 15:22-34

MTPJ 7 s-d 13 Oktober 2018 - Gereja di Era Digital - Kejadian 6:9-22

MTPJ 30 Sept - 6 Oktober 2018 - Gunakan Karunia untuk Kepentingan Bersama - 1 Korintus 12:1-11

Pembacaan Alkitab GMIM MTPJ 23 s-d 29 September 2018 - Cinta Allah Menerobos Perbedaan - Kidung Agung 1:1-8

MTPJ 16 - 22 September 2018 - Panggilan Gereja Memelihara Perdamaian di Tengah Masyarakat Majemuk - Kejadian 13:1-18

MTPJ 2 - 8 September 2018 - Firman Allah Menjadikan Orang Lebih Baik Hati - Kisah Para Rasul 17:10-15

MTPJ 26 Agust s/d 1 Sept 2018 Komitmen Iman Di Tengah Keberagaman - Maleakhi 2:10-16

MTPJ 19 s-d 25 Agustus 2018

MTPJ 12 - 18 Agustus 2018

MTPJ 5 s-d 11 Agustus 2018

MTPJ 22 s-d 28 Juli 2018 - Markus 10:13-16

MTPJ 15 s d 21 Juli 2018 - Pengalaman Membentuk dan Memperteguh Hidup dalam Pengharapan Iman - Pengkhotbah 3:1-15

MTPJ 8 s-d 14 Juli 2018 - Kebajikan Allah (Bersyukur adalah Karakter Orang Percaya) - Mazmur 111:1-10

MTPJ 1 s-d 7 July 2018 - Hidup sebagai anak-anak terang (Mengertilah Kehendak Tuhan) - Efesus 5:1-21

MTPJ 24 s-d 30 Juni 2018 - Pendidikan Seumur Hidup - Mazmur 71:17-24

MTPJ 17 s-d 23 Juni 2018 - Firman Mempersatukan dan Menyelamatkan Bangsa - Roma 10:4-15

MTPJ 12 Juni 2018 (HUT PI dan Pendidikan Kristen ke-187) - Injil Yang Menyelamatkan - Roma 1:16-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

MTPJ 10 s/d 16 JUNI 2018 - Firman Allah Sebagai Sumber Pendidikan Karakter - 2 Timotius 3:10-17

RHK Sabtu, 9 Juni 2018 - Keterbatasan Pengetahuan Manusia - Ayub 5:27

MTPJ 3 s/d 9 Juni 2018 - Allah Mendidik Umat-Nya - Ayub 5:17-27

MTPJ 27 Mei s/d 2 Juni 2018

MTPJ 20 - 26 Mei 2018 ( Hari Raya Pentakosta1)

MTPJ 6 - 12 Mei 2018 - Kesetiaan Dimulai dari Hal-hal Kecil - Lukas 16:10-18

MTPJ 29 April s/d 5 Mei 2018 - Pemimpin yang Bijaksana Mendengar Setiap Aspirasi - 1 Raja-Raja 12:16-24

RHK Minggu, 22 April 2018 Doa dan Puasa adalah Panggilan Iman Ester 4:1-3

Pembacaan Alkitab GMIM Minggu, 29 April 2018 - Belajar Mendengar 1 Raja-Raja 12:16-17

MTPJ 8 - 14 April 2018

MTPJ 1 - 7 April 2018 Hari Raya Paskah 1 (Hari Anak GMIM)

RHK Minggu, 1 April 2018

Jumat Agung 30 Maret 2018 - Setia Sampai Mati - Bacaan Alkitab : Yohanes 19 : 28 - 30

MTPJ 25 - 31 Maret 2018 - Hidup ada Dalam Rancangan Allah - Minggu Sengsara VI

MTPJ 18 - 24 Maret 2017 Minggu Sengsara V

RHK 11 - 17 Maret 2018 Minggu Sengsara IV - Syarat Mengikut Yesus - Matius 16:21-28

MTPJ 4 - 10 Maret 2018 Minggu Sengsara III - Komitmen Mengikut Yesus

MTPJ 25 Feb. s/d 3 Maret 2018 Minggu Sengsara II - Markus 10:35-45

MTPJ 18 - 24 Februari 2018 Minggu Sengsara I - Panggilan Untuk Ikut Menderita - 2 Timotius 2:1-13

MTPJ 11 - 17 Februari 2018

MTPJ 28 Januari s/d 3 Februari 2018 - Ini Aku, Utuslah Aku - Yesaya 6:1-13

MTPJ 21 - 27 Januari 2018 - Pola Hidup Sehat MendatangkanKecerdasan

MTPJ 14 - 20 Januari 2018 - Kejadian 39:1-23 - Meraih Sukses dengan Iman

MTPJ 7 - 13 Januari 2018 - Tuhan Mencipta, Manusia Memelihara - Kejadian 1:1-31

MTPJ 31 Desember 2017 s/d 6 Januari 2018 - Kemarin, Hari Ini dan Besok Dalam Tangan Tuhan - Ulangan 31:1-8

Pembacaan Alkitab GMIM Januari 2019




Nyanyian Ibadah Gereja
English Hymns, CFC SONGS *, AG (Aradhana Geethamulu), YSMS (Тебе пою оМй Спаситель), YJ (Юность-Иисусу), ADV (Himnario Adventista), HC (Держись Христа), SS (ДУХовни Песни), SR, SP, SPSS (Spiewajmy Panu wyd. dziesiate), RRZ (Runyankole Rukiga, Zaburi),
Lagu Koor - Paduan Suara Gereja, JB (Jiwaku Bersukacita: Pujian Sekolah Minggu), KMM, KJ, PKJ, GB, Nyanyian Rohani, Nafiri Rohani, NKB, KC, MNR1, MNR2, MAZMUR MP3 GKI, NP (Nyanyian Pujian), Lagu Tiberias, Nafiri Kemenangan, Lagu GMS, PPK, PPPR, KPPK, NKI, NRM, Buku Ende, BN (Buku Nyanyian HKBP), Buku Lagu Perkantas, KPKL, KPKA, KPJ, KRI, KPRI, KLIK, NNBT, DSL, LS, PKJ TORAJA, NJNE, Doding Haleluya, LKEE, Suara Gembira, , Kidung Kabungahan GKP, Puji Syukur, Madah Bakti,
Tagalog Worship Song
Kenya Worship Songs
Ghana Worship Songs
Urgandan Christian Song
Russian Worship Songs
Chinese Praise and Worship Song
Lagu Rohani Bahasa Iban di Malaysia
Thai Christian Song
Hebrew Christian Song
Arab Christian Song
Christian Songs In Dutch
German Christian Songs
Hindi Worship Song
Japanese Christian Song
Italian Christian Song
Lagu Rohani Batak
Lagu Rohani Ambon
Greek Worship Songs
French Worship Songs
Spanish Worship Songs

Jacqlien Celosse, Franky Sihombing, Sari Simorangkir, Maria Shandi, Nikita, Jonathan Prawira, Sidney Mohede, Edward Chen, MENU UTAMA:
Contoh Doa GMIM(2)
Contoh Tata Ibadah GMIM(18)
Doa Doa GMIM(3)
Dua Sahabat Lama (DSL)(34)
Kumpulan Lagu Ibadah Kreatif dan KKR (KLIK)(467)
Lagu Pilihan(11)
MTPJ 2019(32)
NYANYIKANLAH NYANYIAN BARU BAGI TUHAN (NNBT)(51)
Pembacaan Alkitab GMIM 2017(123)
Pembacaan Alkitab GMIM 2018(53)
Pembacaan Alkitab GMIM 2019(11)
Tentang GMIM(3)

Arsip Pembacaan Alkitab GMIM 2018..


Register
Login



chord lagu mars pemuda gmim,   chord lagu mars pemuda gmim,   tata gereja gmim 2017,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah kolom gmim,   renungan pelita pria kaum bapa gmim september 2019,   Lirik lagu hymne pria kaum bapa gmim,   Doa gmim,   Doa gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   contoh doa syafaat gmim,   not angka hymne pemuda gmim,   tata cara ibadah kaum bapa GMIM,   lagu mars pria kaum bapa gmim,   ata ibadah kolom GMIM,   renungan wki gmim 2019,   renungan wki gmim 2019,   susunan lagu ibadah gmim,   susunan lagu ibadah gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   MTPJ GMIM september 2019,   download slide tata cara ibadah gmim,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   tata ibadah gmim,   tata ibadah gmim,   Lirik lagu mars remaja gmim,   Pembukaan Tata Gereja GMIM,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   midi hymne remaja gmim,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   mtpj gmim 15-24 agustus 2019,   download sing for jesus mp3 GMIM,   lirik lagu mars kaum bapa gmim,   hymne pemuda gmim pdf,   hymne pemuda gmim chord,   midi hymne remaja gmim,   doa pkb gmim,   renungan asm gmim bulan Agustus 2019,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim kolom,   liturgi wki gmim,   lirik aku anak sekolah minggu gmim,   lagu rohani gmim,   mars anak sekolah minggu gmim,   renungan lentera gmim 2019,   lagu pembacaan alkitab gmim,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   hymne pemuda gmim lirik dan chord,   tata ibadah pengajaran baptisan gmim,   Pembacaan Alkitab gmim,   khotbah gmim minggu ini,   khotbah gmim minggu ini,   hymne pemuda gmim partitur,   tata cara ibadah gmim,   contoh tata ibadah gmim hut proklamasi ke-74,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   Balok not hymne pemuda gmim. pdf,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   rhk gmim 11 agustus 2019,   rhk gmim minggu 11 agustus 2019,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   mars kaum ibu gmim,   tata ibadah minggu gmim,   download tata gereja gmim 2016,   tata gereja gmim 2016 pdf,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata cara ibadah GMIM,   renungan gmim pria kaum bpk 2019,   doa syafaat gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   not lagu choir mars remaja gmim,   contoh tata ibadah gmim ,   not lagu choir mars remaja gmim,   chord lagu mars remaja gmim,   renungan pkb gmim,   tatacara gmim ibadah bentuk 3 dengan lagu,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   kumpulan tata ibadah gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   mars pkb gmim lirik,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   pembacaan gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah anak sekolah minggu gmim,   tata ibadah kolom gmim 2018,   tata ibadah kolom gmim 2018,   TATA IBADAH GMIM,   peraturan Gereja GMIM tentang katekisasi,   liturgi ibadah gmim,   chord mars pemuda gmim,   download slide tata cara ibadah gmim,   renungan pelita pkb gmim januari 2019,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   lirik hymne aku anak sekolah minggu gmim,   liturgi kolom GMIM sinode,   tata cara ibadah kolom gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   tata cara ibadah gmim 2019,   liturgi remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lagu lagu gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   tata cara baptisan dewasa gmim,   liturgi ibadah kolom gmim,   lirik lagu pengucapan syukur gmim,   Lirk hymne remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2018,   lirik mars wki gmim,   hymne pemuda gmim partitur satb,   hymne remaja gmim lirik,   download lagu hymne pemuda gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   hymne pemuda gmim alto note,   hymne pemuda gmim alto,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   lirik lagu mars wanita kaum ibu sinode gmim,   tata ibadah WKI gmim lengkap dengan doa,   lirik dan chord hymne pemuda gmim,   Mtpj gmim filipi 4:2-9,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   perenungan gmim hakim hakim 4:1-23 untuk bulan juni- juli 2019,   Lirik lagu dan chord himne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   lagu-lagu kpi gmim,   tata cara ibadah protestan GMIM 2019,   bukitzaitun-ranomut.gmim.or.id,   chord lagu mars remaja gmim,   lirik mars wanita kaum ibu gmim,   lirik lagu anak sekolah minggu gmim,   partitur hymne pemuda gmim pdf,   daftar nama BPMJ Wilayah di GMIM,   lagu-lagu gmim,   lagu-lagu gmim,   mars pemuda gmim download,   renungan pelita pkb gmim 2018,   renungan pelita pkb gmim 2019,   renungan pria kaum bapa gmim 2018,   renungan pria kaum bapa gmim 2018,   klat lagu hymne pemuda gmim,   klat lagu hymne pemuda gmim,   klat hymne pemuda gmim,   lirik mars kaum bapa gereja gmim,   LIRIK LAGU MENJADI REMAJA TELADAN GMIM,   download partitur hymne pemuda gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   kunci gitar lagu pemuda GMIM,   kunci gitar lagu pemuda GMIM,   khotbah wanita kaum ibu gmim,   liric mars pria kaum bapa gmim,   tata ibadah Wanita Kaum Ibu GMIM,   lirik mars kaum ibu gmim,   lagu gmim tentang kenaikan kristus,   partitur hymne pemuda gmim,   lirik lagu mars wanita sinode gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim 2019,   lirik lagu mars sekolah minggu gmim,   lirik hymne remaja gmim,   renungan wanita kaum ibu gmim,   lirik lagu mars guru sekolah minggu jemaat GMIM,   lagu wanita kaum ibu sinode gmim,   tata cara ibadah wki gmim,   mars kaum ibu sinode gmim,   renungan lentera gmim,   RENUNGAN MTPJ I TAWARIKH 17 : 16-27,   not angka hymne pemuda gmim,   klat hymne pemuda gmim,   mars kaum ibu sinode gmim,   TATA IBADAH WANITA KAUM IBU GMIM,   lirik lagu hymne pemuda gmim sol mi sa si,   mars wanita kaum ibu gmim,   mars wki gmim,   renungan lentera gmim,   mars anak sekolah minggu gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   lirik lagu mars remaja gmim,   partitur hymne pemuda gmim,   tata ibadah syukur 40 hari gmim,   renungan pelita pkb gmim 2019,   tata ibadah baptisan dewasa gmim,   lagu lagu minggu sengsara gmim,   renungan lentera gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,   lirik mars pria kaum bapa gmim,